Zenfone 5 Resmi Dirilis, Seolah-Olah Banget Iphone X

0
50

Zenfone 5. Foto: Anand TechZenfone 5. Foto: Anand Tech

Jakarta – Seperti yang telah dibocorkan sebelumnya, Asus mengungkap kehadiran Zenfone 5 (2018) di ajang Mobile World Congress. Pabrikan asal Taiwan itu bahkan sekaligus merilis tiga unit smartphone.

Ketiganya ialah versi standar Zenfone 5 ZE620KL (2018), Zenfone 5Q (Lite) dan versi tertinggi Zenfone 5Z. Apa saja bedanya?

Zenfone 5 dan Zenfone 5Z mempunyai tampilan depan yang sangat menyerupai dengan iPhone X. Mengusung desain layar penuh dengan bingkai yang tipis, duo Zenfone tersebut mempunyai tonjolan (notch) untuk earpiece speaker dan kamera depan.

Sementara untuk Zenfone 5Q (disebut Lite di luar Amerika) mempunyai ukuran bodi yang lebih besar alasannya masih menyisakan bingkai bab bawah dan atas yang masih cukup tebal. Dari segi layar Zenfone 5 dan 5Z mempunyai ukuran 6,2 inch sedangkan Zenfone 5 Lite berukuran 6 inch.

Zenfone 5 Resmi Dirilis, Mirip Banget iPhone XBagian belakang Zenfone 5. Foto: Anand Tech

Kemiripan antara Zenfone 5 dan Zenfone 5Z juga sanggup dilihat dari penempatan kamera utamanya. Keduanya mempunyai kamera utama ganda yang berada di sisi kiri ponsel secara vertikal. Bedanya Asus menempatkan flash di bawah, sementara Apple berada di tengah antara kamera. Selain itu terdapat sensor sidik jari di dekatnya.

Berbeda dengan Zenfone 5 Lite, Asus menyematkan kamera ganda di bab tengah dan flash sebelah kiri ponsel yang disusul oleh sensor pemindai sidik jari di bawahnya.

Spesifikasi

Asus Zenfone 5 Lite memakai prosesor octa-core Snapdragon 630 dengan clock 2,2 GHz serta ditunjang oleh RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Kemudian dari baterainya, Asus menyediakan kapasitas daya sebesar 3.300 mAh.

Kameranya memakai dual-lens 16 megapixel dengan diafragma f/2.2 di bab belakang dan kamera 20 megapixel di bab depan. Smartphone ini telah menjalankan OS Android Oreo 8.0.

Zenfone 5 Resmi Dirilis, Mirip Banget iPhone XZenfone 5 Lite. Foto: Anand Tech

Sementara Asus Zenfone 5 mendapat prosesor yang sedikit lebih tinggi yakni octa-core 1,8 GHz, Snapdragon 636. Selain itu RAM-nya pun lebih lega sebesar 6 GB dengan ROM yang masih sama, 64 GB. Baterainya 3.300 mAh.

Di sektor fotografinya, Zenfone 5 mempunyai kamera utama ganda 12 megapixel dan 8 megapixel (wide angle 120 derajat). Kemudian kamera di depannya 8 megapixel. Zenfone 5 pun telah menjalankan Android Oreo 8.0.

Sebagai versi yang tertinggi, Zenfone 5Z memakai prosesor tercanggih Snapdragon 845 berotak octa-core 2,8 GHz. Prosesor itu dipasangkan dengan RAM jumbo 8 GB dan ROM 256 GB dan juga baterai 3.300 mAh.

Kamera yang dipakai masih menyerupai versi standarnya yakni dual-lens 12 megapixel (f/1.8) dan 8 megapixel (wide angle 120 derajat) di bab belakang, dan 8 megapixel di bab depan untuk video call dan selfie.

Zenfone 5Z juga sudah menjalankan Android 8.0 Oreo, demikian dikutip Gobekasi dari Phone Arena, Rabu (28/2/2018). Untuk sementara belum ada informasi kapan ketiga Zenfone tersebut bakal masuk ke pasar Indonesia.