Wow ! Inilah 7 Tempat Wisata di Kolaka yang Sangat Keren

0
24
Tempat Wisata di Kolaka dan Kolaka Utara – Keindahan alam Sulawesi Tenggara memang tak diragukan lagi. Keindahan alam dan pesona budayanya membuat Anda akan bahagia ketika menginjakkan kaki di provinsi ini.

sumber : hd-hintergrundbilder.blogspot.com


Sebuah potret keindahan Indonesia timur yang begitu memanjakan mata dan patut jadi referensi liburan Anda. Dua kabupaten di Sulawesi Tenggara yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa adalah kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara.


Daerah ini memiliki pesona yang menakjubkan dan sangat layak dinikmati dalam waktu yang lama. Di Kolaka Anda akan menemukan sebuah keindahan yang tak biasa. Mulai dari daratan yang menyejukkan mata sampai ke wisata bahari yang mengagumkan.


Rasanya mengunjungi daerah ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda. Apa saja tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Kolaka dan Kolaka Utara. Kali ini akan memberikan referensi bagi Anda yang ingin ke dua daerah ini. 


1. Pesona yang Menyejukkan Danau Biru Kolaka

sumber : @mytrip_myadvntr via Instagram

Melangkahkan kaki ke Kolaka, tempat pertama yang masih begitu perawan dan indah adalah Danau Biru. Danau Biru ini berada di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara. Berjarak sekitar 250 kilometer dari kota Kendari dan 84 kilometer dari Kota Kolaka.

Melewati perkampungan dan jalan yang cukup sempit, akses ke daerah ini terbilang tak begitu sulit. Dari Kolaka Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua kemudian sesampainya di desa Anda dapat memarkir kendaraan Anda tak jauh dari lokasi. 


Selanjutnya Anda dapat melakukan perjalanan selama 5 menit menaiki dan menuruni sebuah bukit karang. Sesampai di lokasi Danau Biru ini rasa lelah Anda akan terbayar karena pesonanya yang begitu indah.


Dikelilingi oleh bebatuan karang yang indah dan air yang biru bening bak kaca. Tak sabar rasanya untuk menikmati danau berdiameter sekitar 164 meter ini. Berenang dan menyelam di danau ini menjadi sebuah aktivitas yang begitu mengasyikkan.


Pemandian alami ini sangat sayang untuk Anda lewati di Kolaka Utara meskipun fasilitas yang tersedia masih terbilang sangat minim. Berfoto di Danau ini tentunya akan menjadikan pengalaman wisata tak akan terlupakan bagi Anda.


2. Keunikan Sungai Tamborasi


sumber : SultraKini.com

Inilah sungai terpendek di Dunia yang pernah bahas sebelumnya. Sebuah sungai unik dengan keindahan alam yang begitu memukau berada tak jauh dari Danau Biru. Tepatnya berada di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka.

Pesona keindahan alam Sungai Tamborasi begitu menyejukkan mata Anda. Letaknya bersebelahan dengan laut lepas membuat sungai ini sangat eksotis untuk dinikmati. Apalagi kala senja menyapa, berada di tempat ini terasa amat romantis dan begitu membuat rileks.


Baca juga Sungai Tamborasi Kolaka, Wisata Menarik Sungai Terpendek di Dunia.


3. Keindahan Pantai Mandra

sumber : travel.kompas.com

Pantai Mandra, itulah nama salah satu pusat wisata di Kolaka ini. Sebuah nama pantai yang diambil dari seorang artis yang beken di tahun 1990. Mandra merupakan salah satu saksi berubahnya tempat ini dari kawasan bakau menjadi pantai yang ramai seperti saat ini.

Tak jauh beda dengan daerah lainnya, pantai Mandra merupakan ikon wisata di Kolaka. Pantai Mandra terletak di kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk memandangi keindahan alam Kolaka, menikmati kekhasan kuliner Kolaka dan wisata terapi.

4. Suasana Relaks Tugu Kakao

sumber : bugistraveler.com

Salah satu tempat yang layak Anda kunjungi selanjutnya adalah Tugu Kakao. Tugu yang menggambarkan keunggulan dan potensi daerah sebagai salah satu penghasil kakao terbesar di Sulawesi.


Kalau di Makasar kita mengenal kawasan Pantai Losari, maka di Kolaka ada Tugu Kakao. Dari Tugu Kakao Anda dapat memandangi keindahan laut sambil berwisata kuliner. Tugu ini terletak di Kelurahan Sea, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka.

5. Kecantikan Pulau Padamarang

sumber : @snindriani via Instagram

Pulau Padamarang adalah pesona wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Surga bagi pecinta wisata bahari yang ingin menikmati keindahan pantai dan alam bawah laut. Sebuah gugusan Pulau yang masih perawan dan kondisi alam yang masih sangat asri.

Untuk menyeberang ke Pulau ini Anda tak perlu khawatir karena banyaknya nelayan yang menyeberang ke Pulau yang tak jauh dari daratan Kota Kolaka ini. Hanya menyeberang selama 30 menit Anda akan menyaksikan pulau yang masih perawan ini.

Perpaduan indah pasir pantai dan air laut bak kristal diperkaya dengan keanekaragaman karang di bawah lautnya. Pesona lainnya adalah kuliner dan keramahan masyarakat pulau ini sangat membuat nyaman perjalanan wisata Anda.

6. Eksotisme Pantai Pitura

sumber : @uccinktonji via Instagram

Pantai Pitura tak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Pantai berpasir cokelat ini sangat indah dengan bentang yang cukup luas.

sumber : @hamli_este via Instagram

Di tempat ini Anda dapat berenang di laut dengan ombak yang tak terlalu besar dan pasir yang landai. Di sepanjang pantai dikelilingi pepohonan hijau yang menambah keindahan tempat ini. Pantai ini terletak di Kecamatan Watubangga yang berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Kalaka.

7. Keasrian Alam di Air Terjun Uluiwoi

sumber : mapalausnkolaka.blogspot.co.id

Air Terjun Uluiwoi merupakan hidden paradise yang berada di tengah hutan Kolaka Timur. Indah dan sangat menyenangkan jika Anda berhasil menemukan lokasi air terjun yang sangat mempesona ini.

Air terjun ini terletak di wilayah Desa Likuwalanapo, Kecamatan Uesi, Kolaka Timur. Perlu perjalanan tiga jam dari kota Kolaka dan dilanjutkan dengan trekking melewati hutan yang indah selama kurang lebih dua jam. Air terjun ini merupakan surga bagi Anda yang gemar berpetualang.

Itulah 7 tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi jika berada di Kolaka. Selamat menjelajah dan jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan alam dengan tidak mengotorinya dengan sampah. Baca juga Wow ! Inilah 7 Surga Tempat Wisata Di Bombana.