Wisata Ranu Kumbolo Gunung Semeru Yang Terkenal Angker Dan Penuh Misteri

0
27
Wisata ranu kumbolo merupakan satu objek wisata paling terkenal di daerah Jawa Timur khususnya bagi mereka yang menyukai wisata alam yang masih perawan. Selain itu wisata ini juga dianggap menarik karena ia berada di jalur pendakian gunung semeru dan masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kondisi alam yang masih perawan lengkap dengan udara yang segar akan membebaskan segala pikiran pusing yang disebabkan oleh kehidupan modern yang penuh dengan kesibukan.

Oleh karena itu, objek wisata danau ranu kumbolo semeru ini populer untuk dipilih meskipun lokasinya agak susah dijangkau oleh kebanyakan anak-anak muda.

Ada banyak kelebihan lain juga yang dimiliki oleh wisata danau ranu kumbolo Jawa Timur meskipun daerah wisata ini tidaklah dijadikan ikon resmi pariwisata Jawa Timur yang biasanya disematkan pada Kota Batu Malang dengan perkebunan apel-nya.

Selain itu memang objek wisata di daerah Jawa Timur yang menarik memang sangat banyak, termasuk dengan gunung bromo.

Meskipun demikian, danau ranu kumbolo tetap memiliki kelebihannya tersendiri dibandingkan dengan berbagai objek wisata yang lain meskipun tentu saja ada juga kekurangannya yaitu lokasinya yang cenderung lebih susah dicapai tapi itu merupakan tantangan tersendiri bagi orang yang ingin mengunjunginya

Karena beratnya medan untuk mencapai Ranu Kumbolo ataupun Puncak Mahameru membuat pengelola, yakni Dinas Perhutani Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menerapkan peraturan yang cukup ketat.

Yang perlu travelers siapkan mulai dari foto copy KTP 3 lembar, surat sehat dari dokter, dan juga materai yang digunakan untuk menandatangani surat pernyataan untuk mematuhi semua peraturan yang ditetapkan pihak Perhutani.

Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang mudah kering namun tetap nyaman, seperti pakaian yang berbahan polyster. Jangan kenakan jeans ya, karena tak hanya berat namun juga cukup lama keringnya.

Air menjadi perbekalan yang jangan sampai terlewat. Karena meski nanti akan menemukan sumber mata air yang tak pernah kering di Ranu Kumbolo, namun sebelum ke sana, travelers harus menaklukan sejumlah tantangan yang membuat kalian cepat lelah dan haus.

Untuk rute pendakian mencapai Ranu Kumbolo ada dua trayek yang bisa travelers gunakan, yakni melalui Bukit Ayek-ayek dan Watu Rejeng. Kita saranin sih menggunakan Watu Rejeng, meski membutuhkan waktu yang lebih lama namun jalur ini lebih aman untuk pendaki pemula.

Namun dengan pesona yang ditawarkan Ranu Kumbolo, rasanya memang semua rintanga dan tantangan tersebut layak untuk dihadapi. Danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini menawarkan pesona matahari terbit yang begitu menakjubkan.

Cukuplah sebagai pengobat buat mereka yang tak sanggup mencapai puncak mahameru. Ingat gak pada masa kecil kita suka banget gambar matahari terbit dari diantara dua gunung. Kurang lebih gambaran matahari terbit di danau Ranu Kumbolo seperti itu, yang membedakan view-nya tentu lebih real dan cantik banget.

Dan bukan terbit di tengah-tengah dua gunung melainkan di dua bukit. Sinar jingga matahari yang mengintip malu diantara perbukitan hijau memantul di air danau yang jernih. Kemudian ada bukit cinta yang katanya jika kita mendaki bukit tersebut dengan membayangkan sang pujaan hati tanpa menengok ke belakang maka kisah cinta kita akan happy ending.

Masih banyak lagi pesona yang ditawarkan dari danau seluas 15 hektar tersebut, yang akan godain travelers untuk bisa sampai ke puncak lagi. Namun Ranu Kumbolo emang bener-bener oase di Gunung Semeru. Pasalnya dari danau inilah biasanya para pendaki yang hendak melanjutkan perjalanan ke puncak mengambil air bersih.

Dan untuk menjaga kebersihan air di danau telah dipasang papan peringatan untuk tidak buang air kecil, buang air besar, mandi dengan mengguakan sabun dan sejumlah bahan kimia di sana. Semua itu dimaksudkan untuk menjaga kelesatarian dan kejernihan Ranu Kumbolo.

Di malam hari pemandangan yang ditawarkan Ranu Kumbolo juga tak kalah menakjubkan. Di sini travelers bisa menikmati gugusan bintang dengan begitu jelas yang gak mungkin bisa didapatkan di kota besar.

Misteri Danau Ranu Kumbolo Yang Terkenal Angker

Ada sebagian pendaki yang bilang bahwa danau ranu kumbolo angker dan sangat penuh misteri. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, konon ceritanya di danau ini terdapat sesosok wanita yang diyakini merupakan penunggu ranu kumbolo. Dia sesekali akan muncul di saat bulan purnama.

Memang banyak sekali cerita misteri di gunung semeru yang beredar di kalangan pendaki seperti keberadaan patung arcopodo yang misterius, misteri blank 75 yang sering membuat para pendaki tersesat dan misteri danau ranu kumbolo yang penuh dengan nuansa mistis.

Ada sebuah kejadian nyata yang dialami penulis, pada saat itu penulis sedang melakukan bakti sosial (baksos) di Desa Ranupani pada bulan Agustus 2004. Saat itu di desa Ranupane terdapat sepasang pengantin yang baru menikah dan pergi ke danau ranu kumbolo untuk melakukan sesajen dengan membawa berbagai macam makanan yang akan dipersembahkan kepada penunggu danau ranu kumbolo.

Setelah membakar dupa di pelataran yang terdapat di pinggiran danau ranu kumbolo, sepasang pengantin baru tersebut mandi di danau ranu kumbolo, tapi ternyata si pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau dan setelah beberapa lama muncul kembali dalam keadaan tidak bernyawa.

Paket wisata danau ranu kumbolo sebenarnya sederhana. Meskipun demikian, satu hal yang mungkin bisa menjadi masalah adalah paketnya yang biasanya satu paket dengan paket pendakian gunung semeru. Hal itu akan sedikit menyusahkan bagi mereka yang berusia lanjut.

Oleh karena itu, paket wisata ranu kumbolo ini populer khususnya di kalangan anak muda yang memang menginginkan jenis wisata yang sekaligus juga menantang. Maka wisata ini juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mereka yang suka bertualang di alam bebas. Tapi jika anda hanya ingin mengunjungi danau ranu kumbolo saja, itu juga tidak akan jadi masalah.

Tentu saja paket wisata ranu kumbolo akan lebih menyenangkan jika dilakukan dalam bentuk grup. Hal itu sebenarnya disebabkan oleh menariknya mendaki gunung secara berkelompok dari pada mendaki sendirian kecuali tentunya pada beberapa orang tertentu.

Tentu saja biaya yang harus diperhitungkan untuk mengambil wisata ranu kumbolo yang pertama adalah biaya akomodasi menuju titik awal pendakian Semeru. Hal ini perlu diperhitungkan untuk menghemat tenaga yang dibutuhkan untuk masa pendakian itu sendiri.