Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Di Coba (Part 1)

0
91
Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Di Coba – Bogor terkenal dengan julukan sebagai Kota Hujan di Indonesia, karena curah hujan yang tinggi dan intensitasnya juga tinggi. Karena kota ini lembab dan sering turun hujan, tidak heran kalau ada banyak tanaman atau tumbuhan yang hidup dengan indahnya di Bogor.

Ada banyak tempat wisata di Bogor yang menarik untuk kita kunjungi, selain itu, Bogor juga memiliki banyak tempat makan yang enak dan patutu kita coba. Sebelumnya kita sudah jalan-jalan keliling Bogor untuk menikmati objek wisata yang ada. kali ini kita akan makan-makan ke tempat wisata kuliner di Bogor yang sayang sekali untuk dilewatkan. 



Wisata kuliner Bogor sangat terkenal dengan makan khasnya yang murah meriah, dan sangat mudah kita temukan. Bagi wisatawan domestik dan mancanegara, ada beberapa makanan yang wajib anda coba jika sedang atau akan ke Bogor.

Berikut ini 15 Kuliner Bogor yang bisa anda coba, sebenarnya masih ada banyak lagi wisata kuliner bogor tetapi sepertinya 15 sudah cukup untuk sementara. Kalau anda punya rekomendasi tempat makan enak di Bogor, tidak ada salahnya untuk membagikannya kepada kami, supaya bisa kami tambahkan.

Tempat Wisata Kuliner Bogor

1). Sop Buah Pak Ewok 

Tempat makan enak di Bogor yang pertama adalah warungnya pak Ewok. Warung pak Ewok menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Bogor oleh pelancong yang datang. Menu andalah disini adalah sop buah yang terkenal dengan segar dan murahnya. Dengan jargon ‘Segar,

Tempat makan ini sudah cukup lama eksis, ada banyak menu yang bisa anda coba disini, seperti batagor, pempek, nasi ayam, nasi timbel, roti goreng, otak-otak, roti cane, siomay, mie ayam jamur, sate ayam, nasi bogana, steak iga bakar, dan juga dim sum.

Menu andalannya, sup buah, hanya dibandrol dengan harga Rp 8.000 kalau sop buah durian Rp.13000 saja. Kalau anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang saja ke warung Sop Buah Pak Ewok beralamat di Jalan Tunggul Nomor 5, Taman Kencana Bogor.

2). Asinan Jagung Bakar   

Tempat makan di Bogor selanjutnya adalah warung asinan jagung bakar. Kuliner yang satu ini terbilang unik karena biasanya asinan itu ya berbahana dasar bauh atau sayuran, tapi ini kok malah jagung yang dibakar ya. Tidak heran kalau asinan jagung bakar menjadi salah satu kuliner yang diburu oleh penalcong yang datang ke Bogor untuk liburan.

Selain wisatawan, asinan ini juga sangat disukai oleh masyarakat Bogor pada umumnya.Kuliner Bogor yang satu ini murah meriah, dan dijajakan di kaki lima, sehingga anda tidak perlu khawatir jebol kantongnya saat jajan disini, untuk dapat menikmatinya, silahkan datang keGang Roda Suryakencana.

Asinan jagung bakar sendiri merupakan usaha turun temurun sejak tahun 1968, wah sudah lama sekali ya. Tidak heran kalau asinan yang satu ini ada banyak penggemarnya, untuk gambaran saja, asinana ini cara membuatnya yaitu, jagung manis bakar ini kemudian disiram dengan air cabai dan cuka, kemudian diberikan gula pasir sehingga menciptakan rasa yang segar, asam, dan manis. Biasanya Asinan Jagung Bakar ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore setiap hari.

3). Agri Park  

Anak muda, pelajar, sampai keluarga. Untuk masuknya pun tidak dikenakan biaya.
Silahkan datang saja ke alamat Jalan Taman Kencana Nomor 3, Bogor. Disini aneka kuliner Bogor dan dari luar Bogor disajikan oleh kafe-kafe dan warung-warung seperti soerabi bohay, saung ngariung, agri cafe, burger queen, sha sha cafe, dan DS corner.

Anda belum tahu dengan menunya? Disini disediakan beraneka makanan seperti nasi bakar, nasi ayam asap, nasi kalong, gurame goreng, sapi goreng, ayam pepes, cream sup jamur, salad, siomay, pempek, batagor, nasi goreng, mie goreng, bihun godog, kambing bakar, iga bakar, bakso, sampai dengan spaghetti dan jus. Selain untuk wisata kuliner, di Agri Park Anda juga dapat mengajak anak-anak bermain sambil belajar ilmu pertanian.

Bagaimana? Sangat menarik untuk dicoba bukan? Agri partk merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib kita kunjungi.

4). Death by Chocolate & Spaghetti

Dengar namanya kok serem banget ya. Apa kita akan mati setelah mencoba kuliner di tempat ini? Tentu saja tidak, Death by Chocolate & Spaghetti (DBC) merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang paling unik. Kafe yang satu ini didesain agak seram dan terkesan misterius.

Tentu saja cocok untuk kaula muda dan pasangan keluarga baru kalau untuk orang tua jadinya ga selera makan lah. Lokasi resto ini ada di area Taman Kencana Bogor, tempatnya di Jalan Ciremai Nomor 22. Yang menambah unik kafe ini adalah pramusajinya, mereka berpenampilan seperti hantu bahkan buku menunya juga berbentuk seperti batu nisan kuburan. Baca juga : Wisata Kuliner Dan Makanan Enak Wajib Di Coba Saat Mengunjungi Kota Garut

Sesuai dengan namanya, menu andalan di tempat makan ini adalah cake coklat yang dibuat menyerupai bentuk kuburan, lengkap dengan batu nisan yang terbuat dari coklat. Selain cake coklat, menu favorit lainnya adalah pancake tengkorak dan pancake sarang laba-laba. Selain itu ada juga puding hati manusia, es bola mata frankenstein, puding coklat, puding bola mata setan, ice fruit caramel, es pisang, mochi ice cream, salad, nasi hitam, cumi lada hitam, dan juga spaghetti bakar.

5). Momo Milk

Momo milk termasuk kuliner Bandung yang tidak boleh anda lewatkan. Kfae Momo milk ini sangat menyajikan aneka varian rasa susu, kalau anda kurang suka dengan rasa vanila, bisa mencoba rasa karamel, melon, anggur, oreo, mangga, dan lain-lain.

Meskipun namanya momo milk, disini juga ada aneka panganan enak yang bisa kita santap seperti milkshake, teh, yoghurt, batagor, kentang goreng, siomay, pancake, roti bakar, mie ayam, sampai dengan nasi goreng dan cheesy melt chicken.
Kalau anda ingin mencobanya silahkan datang aja ke Taman Kencana Bukit Tunggul Nomor 11.

Bagaimana? Anda ingin mampir kesini? Sangat cocok untuk tempat makan dan minum bersama keluarga atau rombongan.

6). Pia Apple Pie

Satu lagi kuliner Bogor yang tidak boleh anda lewatkan, pie, anda bisa mencoba aneka pie di pia apple pie yang ada di seberang Kedai Kita yang menawarkan pizza kayu bakar, nanti akan kita ulas juga tentunya. Alamat tepatnya ada di Jalan Pangrango Nomor 10.

Disini anda bisa mencoba aneka dengan varian pple pie, chicken pie, pie crust, chocolate pie, strawberry pie, cheese pie, apple salad, apple fried rice, spaghetti saus apel, pisang bakar, puding karamel, yogurt, dan juga cream soup. Selain pie standar, Pia Apple Pie juga menawarkan pie berbentuk love (hati).
Sangat sayang sekali kalau anda berada di Bogor tapi tidak mampir ke tempat ini.

7). Lasagna Gulung

Anda masih asing dengan lasagna gulung? Lokasi kuliner Bogor yang satu ini ada di Jalan Salak, tidak jauh dari Taman Suryakencana, tepatnya di sebelah restoran Macaroni Panggang. Kuliner ini terdiri dari beberapa rasa, di antaranya lasagna gulung tuna, lasagna gulung ayam, lasagna gulung kerang, dan lasagna gulung beef.

Untuk sekedar informasi saja Lasagna Gulung adalah tempat wisata kuliner yang pemiliknya masih sama dengan Macaroni Panggang. Makanan yang masih termasuk dalam keluarga pasta ini memang dimasak dengan cara digulung menggunakan keju, saus susu, dan juga saus tomat khas Lasagna Gulung sehingga rasanya tidak diragukan lagi enaknya.

Selain lasagna gulung, restoran ini juga menyajikan nasi goreng, asinan jagung, ikan asin, roll cake, sandwich, bruschetta, cannelloni, salad gulung, siomay seafood, nasi kukus, nasi timbel, bistik tuna, dan juga sup.

8). Macaroni Panggang

Anda mau mencoab Macaroni Panggang? Kalau begitu anda harus coba Macaroni Panggang yang ada di  Jalan Salak Nomor 24. Selain Macaroni Panggang, cafe ini juga menyajikan aneka kuliner lezat lainnya seperti ayam panggang, iga panggang, jamur panggang, kerang panggang, otak-otak panggang, nasi goreng, lontong sayur, nasi timbel, salad, dan omelet.

Kafe yang menjadi tempat nongkrong bagi anak-ana muda untuk mengobrol, atau untuk menikmati sajian spesialnya yaitu macaroni panggang special yang atasnya dipenuhi dengan keju panggang. Macaroni panggang yang ditawarkan di sini mempunyai 3 ukuran yang dapat dipilih, yaitu small, medium, dan large.

9. Rumah Cupcakes & BBQ

Rumah Cupcakes ini sekarang sedang menjadi primadona pelancong dan warga Bogor. Lokasi Rumah Cupcakes ini ada di Jalan Sanggarbuana Nomor 4 ini terkenal dengan cupcakes-nya. Tempat wisata kuliner yang menggunakan rumah peninggalan zaman kolonial bewarna putih ini juga menyuguhkan interior yang menarik dengan warna dominan putih.

Ada banyak sekali pilihan rasa yang bisa anda cobain seperti strawberry, blueberry, chocolate, red velvet, blue velvet, dan lain lain. Selain cupcakes, tempat wisata kuliner di Bogor ini juga menyajikan: BBQ ribs, roti sosis BBQ, nasi sapi BBQ, nasi rawon, cream soup, omelet, seafood, hingga hidangan penutup yang enak.

Saat sedang berkunjung atau akan berkunjung ke Bogor, tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Rumah Cupcakes ini. Selamat mencoba ya.

10). Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Ini dia kuliner Bogor yang sudah disinggung di atas tadi, pizza kayu bakar. Kafe yang bernama Kedai kita ini berlokasi di Jalan Pangrango Nomor 21 Bogor ini bukan sekedar kedai biasa. Tempat makan ini menawarkan pengalaman wisata kuliner di Bogor yang unik dengan menyajikan menu pizza kayu bakar.

Memang, menu andalannya adalah pizza, namun ada makanan lain yang tidak akalah lezatnya yaitu nasi goreng, sup buntut, sate ayam, cap cay, fu yung hai, kangkung, ayam goreng mentega, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, kerang saus padang, gurame goreng, ikan nila bakar, sampai dengan udang asam manis madu. Kalau mau tahu menu lainnya, silahkan saja datang ke Kedai Kita, meskipun kedai Kita, tapi harus bayar kalau makan disini :D.

Naman pizza di kedai kita cukup unik, karena cara membuatnya dibakar dengan menggunakan kayu dalam sebuah tungku, pizza di Kedai Kita menawarkan pizza yang gurih dan lezat. Ukuran pizza di Kedai Kita cukup besar dan terdiri dari 7 potong pizza tipis yang ditaburi keju. Harga pizza kayu bakar Kedai Kita adalah 60.000 Rupiah.

11). Cungkring

Satu lagi kuliner Bogor yang terkenal, yaitu cungkring. Hah? Kok cungkring ya? Apa yang makan orang kurus-kurus ya? Tentu saja tidak, cungkring adalah kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate ayam. Selain itu, bisa juga disantap dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Baca Juga 15 Tempat Wisata Kuliner di Malang Paling Terkenal

Kalau anda mau mencoba kuliner yang satu ini silahkan datang pada jam 7 ke Jalan Suryakencana, karena biasanya sudah ludes jam 9 pagi, jadi siapa cepat dia dapat.
Oh ya, kuliner Bogor yang satu ini banyak yang jual kok, anda bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut.

12). Waroeng Taman

Anda kalau mau mencoba kuliner yang berbeda dari yang lain yang disini tempatnya, waroeng taman, slogannya aja ‘Bukan Warung Biasa’. Nah untuk tempatnya ada di Jalan Taman Kencana 1, Bogor. Dengan suasana hijau dan dipenuhi tanaman, Waroeng Taman menawarkan menu berupa nasi goreng, bistik, mie ayam, sup iga, puyunghai, gado-gado, pempek, es krim, puding, es buah, dan lain-lain.

Tempat makan di Bogor ini berkonsep semi indoor, yaitu restoran dengan atap, namun tidak mempunyai dinding sehingga suasana sejuk kota Bogor akan sangat terasa di tempat ini. Harga makanan di tempat wisata kuliner ini tidaklah mahal, hanya sekitar 25.000 Rupiah per porsinya.

13). Bapatong

Kalau bakso biasanya mungkin kita sudah sangat sering menyantapnya. Bagaimana kalau Bapatong? Bapatong yang merupakan singkatan dari bakso kupat gentong merupakan kuliner Bogor yang cuku unik.

Bapatong berbeda dari bakso pada umumnya, yaitu terdapat potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya. Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit, makanan yang biasanya disantap hangat ditemani dengan es dower ini sangatlah cocok untuk  makan siang.

Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar. Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya 15.000 Rupiah saja. Bapatong dapat  ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor.

14). Ayam Goreng Aroma

Siapa sih yang tidak suka ayam goreng? Ada banyak sekali resto ataupun kafe yang menyajikan ayam sebagai menu andalan mereka, nah salah satunya adalah resto yang menyajikan ayam goreng aroma yang ada di Taman Kencana, Ayam Goreng Aroma tidak menawarkan ayam goreng biasa melainkan menawarkan ayam goreng yang gurih dengan aroma harum, dilengkapi dengan sambal yang pedas.

Selain ayam goreng, Anda juga dapat memesan sate udang, tumis jamur, bakwan jagung, tutut rebus, tahu, tempe, empal, dan lain lain. Selain di Taman Kencana, cabang Ayam Goreng Aroma juga dapat ditemukan di Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Dramaga, dan Jalan Raya Wangun.

15). Sop Duren Lodaya

Duren? Hmmm, nyam-nyam, enak sekali apalagi kalau diolah menjadi anema minuaman atau pangan pasti tambah enak lagi. Salah satunya adalah kafe yang berada di Jalan Bangbarung Raya No.69 Bogor Utara, Jawa Barat.

Disini anda bisa mencoba Sop Duren Lodaya yang merupakan salah satu surga kuliner yang berada di  Bogor yang suka atau hobi dengan makanan yang berbahan dasar durian. Sepertinya memang Sop Duren Lodaya ini sangat ramai sejak pertama kali di buka di tahun 2013 yang lalu.


Di wisata kuliner Bogor Sop Duren Lodaya ini terdapat beberapa menu andalan durian yang ada seperti durian kacang ijo roti yang tentu saja sangat luar biasa dengan buah duriannya yang sangat lembut dan juga di campur dengan es yang menyegarkan. Beberapa hal yang menarik lagi dari menu Sop Duren Lodaya adalah topping roti tawar pandan dan juga parutan keju yang sangat lezat bisa anda nikmati di tempat ini.