Tempat Wisata di Batubara Sumut yang Paling Keren

0
147
Tempat wisata di Batubara – Batubara merupakan salah satu bagian dari provinsi Sumatera Utara yang memiliki potensi wisata sangat besar. Keindahan alam dan pesona budayanya dijamin akan membuat Anda bahagia berada di daerah ini.

Kabupaten Batubara merupakan salah satu kabupaten yang baru dimekarkan di Sumatera Utara. Meskipun tak sepopuler daerah lain di Sumatera Utara untuk urusan pariwisata, ternyata daerah ini memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya.

Untuk menuju ibukota kabupaten Batubara yaitu kota Limapuluh, Anda harus menempuh jarak sejauh 121 kilometer dari pusat kota Medan. Waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan kondisi jalan cukup baik.

Apa saja tempat indah yang dapat Anda kunjungi sesampainya di Batubara. Berikut ini pilihkan 7 tempat wisata terbaik di Kabupaten Batubara.

1. Keindahan Pulau Pandang

sumber : @fahrihardiyatno via Instagram

Mungkin tak banyak yang tau kalau Batubara mempunyai pulau cantik nan eksotis. Pulau ini bernama Pulau Pandang. Pulau mungil dengan alam hijau asri, pasir pantai putih, air laut biru jernih dan memiliki terumbu karang yang cukup indah.

Untuk ke Pulau ini, Anda diharuskan menempuh perjalanan sejauh 136,7 km melewati Jl. Lintas Timur Sumatera menuju ke pelabuhan Bom Tanjung Tiram.

Dari dermaga pelabuhan Anda dapat menyewa kapal sewaan dengan harga sewa sekitar Rp2.500.000,-. Biaya tersebut tentunya cocok bagi Anda yang berangkat rombongan.

Butuh waktu sekitar 3 jam lebih untuk sampai di Pulau ini. Rasa lelah Anda akan terbayar ketika melihat pulau cantik di Selat Malaka ini.

Hamparan pasir putih dengan batuan yang tersusun membuat pulau ini terlihat benar-benar indah. Pulau ini merupakan salah satu surga bagi yang gemar melakukan aktivitas memancing dan snorkeling.

Bicara fasilitas, Anda tak perlu khawatir. Di pulau ini terdapat banyak fasilitas penginapan yang dapat dijadikan tempat menginap yang nyaman bagi Anda.

Selain penginapan fasilitas lainnya juga tak kalah lengkap di pulau ini. Anda akan merasakan suasana amat tenang dan damai di pulau yang masih sepi ini.

2. Pesona Menakjubkan Pulau Salah Namo

sumber : @nhafymc via Instagram

Salah satu dari pulau terdepan Indonesia di Sumatera Utara ini Anda akan menyaksikan sebuah keelokan pulau dengan tebing-tebing curam dan batu-batu cukup besar di sekeliling pulau serta hutan lebat di tengahnya.

Pulau Salah Namo merupakan pulau tak berpenghuni yang sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan private trip. Lokasinya lebih dekat jika dibandingkan dengan pulau Pandang.

Menjelajahi pulau Salah Namo akan memberikan kesan yang begitu berharga bagi perjalanan wisata Anda. Di tempat ini telah dibangun dermaga, penginapan, mushola dan sederet fasilitas lainnya yang dapat memanjakan liburan Anda.

3. Pantai Bunga Indah, Tempat Nongkrong Asyik

sumber : @zihanalamri via Instagram

Salah satu pantai indah lainnya yang dapat Anda kunjungi di Batubara adalah Pantai Bunga Indah. Sebuah pantai yang saat ini sangat ramai dikunjungi masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah.


Pantai Bunga merupakan salah satu pantai indah dengan pasir putih serta fasilitas wisata cukup menarik. Pantai ini terletak di jalan Pariwisata Tanjung Tiram, Kecamatan Batu Bara, Kabupaten Batu Bara.

Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan tiupan angin yang sangat menyejukkan. Di pondokan yang tersedia Anda dapat memandangi lautan lepas yang begitu sejuk dipandang mata.

4. Kesejukan Danau Laut Tador


sumber : @ibnu_fatahillah via Instagram

Salah satu tempat yang memberikan suasana yang begitu nyaman adalah Danau Laut Tador. Objek wisata ini menawarkan keasrian dan hutan hijau yang menyejukkan hati.

Meskipun tak sebesar dan seindah danau Toba, danau ini sangat layak Anda kunjungi. Selain hijau, pulau mungil yang berada di tengahnya merupakan view indah yang mampu menghilangkan kepenatan Anda.

5. Indahnya Pantai Jono

sumber : TempatAsik.com

Inilah pantai yang dinobatkan pantai terluas di Sumatera Utara. Di pantai selebar 330 meter dan panjang sekitar 2 kilometer ini Anda akan menemukan keindahan pasir putih yang luar biasa dan kuliner laut yang sangat lezat.

Selain itu, di pantai ini Anda dapat bebas bermain di bibir pantai. Permainan tersebut seperti sepakbola, volly dan beragam permainan seru lainnya.

Pantai Jono terletak di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Batu Bara. Berjarak sekitar 117 kilometer dari pusat kota Medan. Hanya dengan Rp2.000,- Anda dapat memasuki pantai yang indah ini.

Beragam fasilitas pondokan, mushola, dan restoran berpadu indah dengan pepohonan hijau cemara yang tersusun rapi di pinggirnya. Jika ke Batubara, sayang rasanya jika Anda tidak berkunjung ke pantai ini.

6. Singapore Land Waterpark Batubara

sumber : @bangandre8875 via Instagram

Salah satu wahana permainan air yang sangat menarik di Sumatera Utara ada di Kabupaten Batubara yaitu bernama  Singapore Land Waterpark. Waterpark yang mengadopsi gaya bak miniatur Singapura ini memiliki berbagai fasilitas menarik.


Di depan Anda akan menjumpai patung yang mirip dengan patung Merlion yang ada di Singapura. Selanjutnya Anda juga akan menemukan bangunan yang juga meniru Marina Bay Sands yang ada di Singapura.

Setelah masuk, Anda akan menemui beragam fasilitas seperti wahana permainan air berupa kolam renang, perosotan, air mancur dan jenis permainan menarik lainnya.

sumber : @singaporelandwaterpark via Instagram

Selain itu tersedia pula beragam fasilitas seperti meja yang disewakan untuk berkumpul dengan biaya sewa Rp50.000,-, Gazebo yang disewakan seharga Rp75.000,-, fasilitas parkir, toilet, food court, mushola dan sederet fasilitas lainnya yang akan membuat Anda nyaman tentunya.

Menariknya, beberapa titik di tempat ini dijadikan spot foto menarik dan amat instagramable. Suasana nyaman dan lingkungan bersih membuat Anda betah berlama-lama di waterpark yang tak terlalu luas ini.

Untuk memasuki Singapore Land Waterpark ini Anda diharuskan membayar Rp50.000 pada hari biasa dan Rp70.000,- pada saat weekend.

Singapore Land Waterpark terletak di jalan Asian Highway 25 No. 17, Desa Perkebunan Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara.

Berjarak sekitar 145 kilometer dari kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dan berjarak 18 kilometer dari Kisaran dengan waktu tempuh sekitar 20 menit melewati jalan Lintas Timur Sumatera.

7. Keindahan Pantai Datuk Batubara

sumber : anthonynh.blogspot.com

Salah satu tempat yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi di Batubara adalah pantai Datuk. Pantai ini memiliki panorama indah dan sebuah meriam peninggalan sejarah yang menarik untuk Anda lihat. Selain itu berenang di pantai ini merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan.

Pantai Datuk terletak di Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Batubara. Mengunjungi tempat ini tentunya salah satu pilihan tepat untuk melepas penat dengan memandangi lautan lepas Batubara.

Itulah 7 tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi di Batubara. Keindahan kabupaten Batubara merupakan anugerah Tuhan yang patut kita syukuri dan selalu kita jaga kelestariannya. Baca juga Wow Tempat Wisata Bukit Indah Simarjunjung yang Menawan.