Tempat Wisata Alam Bandung Selatan Nuansa Keindahan Alam Semesta Yang Mempesona

0
107
Tempat Wisata Bandung Jawabarat – Sama halnya dengan Wisata Alam Bandung Barat, kawasan wisata kabupaten bandung selatan merupakan objek wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berlibur ke sejumlah tempat rekreasi yang ada di kota bandung dan sekitarnya.

Kawasan wisata alam bandung selatan sangat beragam dan yang paling terkenal dengan keindahan wisata alamnya adalah kawasan wisata ciwidey dan sejumlah tempat wisata alam di pangalengan.

Mulai dari tempat wisata pegunungan yang menawarkan panorama keindahan alam dan kesejukan, tempat camping hingga objek wisata hiburan keluarga seperti kolam renang bandung di alam terbuka dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai salah satu kawasan tempat wisata di bandung yang selalu ramai dan dipadati banyak wisatawan ketika akhir pekan apalagi ketika musim liburan tiba, di sekitar lokasi wisata alam di bandung selatan, kini telah banyak tersedia fasilitas penunjang wisata lainnya untuk kenyamanan wisatawan. Baca Juga Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Menarik Dan Romantis Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Terdapat berbagai tempat wisata kuliner di bandung selatan yang terkenal seperti salah satunya Kampung sawah, serta banyak berdirinya sejumlah tempat penginapan murah di daerah ciwidey  masih di sekitar kawasan bandung selatan.

Daftar Tempat Wisata Alam Bandung selatan Yang Menarik Untuk Dikunjungi: 

1). Kawah Putih

Kawah putih adalah objek wisata alam bandung yang beralamat di jalan situ patengan, Rancabali Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kawasan wisata ciwidey menjadikannya sebagai lokasi favorit wisata para pelancong yang sedang liburan ke bandung.

Jika anda berlibur ke kawah putih, hal pertama yang akan menjadi istimewa adalah salah satu tempat paling misterius di bandung ini merupakan objek wisata berupa kawah bekas letusan gunung purba sunda dengan panorama alam indah berupa hamparan pasir putih di sekitar air kawah yang selalu berubah warna.

Keindahan panorama alam kawah putih yang sangat eksotis dan unik, telah menjadikannya sebagai lokasi favorit sejumlah fotografer profesional untuk acara prosesi pemotretan prewedding. Dan selain itu yang membuat istimewa kawah putih adalah sejarah serta misterinya yang selama ini melingkupinya.

Tempat wisata favorit keluarga di bandung selatan ini juga telah difasilitasi dengan tempat penginapan berupa pondokan dan cottage, yang tentunya bisa anda gunakan sebagai tempat peristirahatan jika anda hendak menghabiskan waktu di kawasan wisata alam bandung kawah putih ciwidey.

2). Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu objek wisata alam bandung selatan Cimanggu beralamat di jalan Raya Rancabali Ciwidey Bandung. Tempat wisata di bandung selatan ini merupakan primadona wisata warga bandung dan juga wisatawan luar kota dan juga mancanegara untuk menghabiskan waktu berendam di air panas alami.

Cimanggu merupakan sebuah kawasan wisata yang lokasinya persis berada di bawah kaki pegunungan ciwidey, sehingga jika anda berada di sana, kemudian berenang di kolam dengan air panas yang mengandung belerang yang menyehatkan kulit, anda akan bisa sambil menikmati panorama alam sekitar yang selalu berkabut dan berhawa sangat dingin. Baca juga Menikmati Pemandangan Di Tebing Keraton Kota Bandung Yang Memukau

Fasilitas wisata cimanggu sangat lengkap. Sejumlah tempat penginapan dan pondokan yang siap anda singgahi jika anda merasa  ingin menghabiskan waktu dengan bermalam atau memilih waktu peristirahatan di tempat penginapan di cimanggu telah tersedia dengan baik.

3). Ranca Upas Ciwidey

Alamat objek wisata alam ranca upas adalah di jalan Ciwidey, Rancabali ciwidey bandung. Tempat wisata di bandung selatan yang populer ini adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang dirancang khusus sebagai objek wisata alam terbuka lengkap dengan pusat wisata kuliner, hiburan keluarga serta kawasan konservasi satwa langka.

Sebagai objek wisata alam bandung, ranca upas adalah sebagai lokasi favorit para pecinta alam yang suka menaklukan suhu udara dingin malam hari dengan cara berkemah atau camping di alam terbuka, kawasan wisata ciwidey yang sangat terkenal dengan udara yang sangat dingin pada saat malam hari.

wisata menarik lainnya dari ranca upas adalah sebagai salah satu lokasi wisata keluarga yang menarik karena tersedia kolam renang dengan waterboom di kampung cai. Merasakan berenang di air panas alami sambil menikmati pemandangan sekitar ciwidey yang hijau dan berhawa sejuk, pasti pengalaman yang unik dan berbeda.

Di Ranca upas juga, telah tersedia banyak tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka makanan untuk tempat bersantap anda selepas bermain atau melakukan outbond di sekitar ranca upas. Setelahnya anda juga bisa menikmati lokasi penangkaran rusa di ranca upas.

4). Situ Patenggang

Situ patenggang adalah salah satu situ di bandung yang indah yang berlokasi tidak jauh dengan sekitar 10 menit dari ranca upas dan 15 menit dari kawah putih dan 35 km dari pusat kota bandung.

Situ patenggang adalah objek wisata alam bandung yang berada di atas pegunungan pada ketinggian 1.600 mdpl. Banyak wisatawan yang datang ke sini karena ingin menikmati suasana tenang, berhawa sejuk dan berkabut sambil menikmati panorama alam yang asri dengan latar belakang tebing gunung yang tinggi dan hamparan perkebunan teh.

Situ patenggang juga telah difasilitasi dengan penginapan sebagai tempat yang bisa anda jadikan tempat peristirahatan bagi anda yang ingin menghabiskan malam di sana. Rasakan sensasi bermalam di pinggir danau yang luas dan tenang, terlebih sambil menikmati minuman khas ciwidey yaitu bandrek, dijamin malam menjadi hangat dan sangat romantis.

5). Gunung Puntang

Gunung Puntang merupakan tujuan wisata alam bandung yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah objek wisata alam di sekitar pangalengan, yaitu Gunung puntang. Inilah salah satu lokasi tempat wisata sejarah di bandung yang sering dijadikan lokasi camping dan juga haiking dan trekking.

Jika anda berkunjung ke Gunung puntang, kesan pertama yang akan anda dapatkan adalah sebuah kawasan yang sangat alami, kawasannya banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang sangat lebat dan rindang, serta anda akan banyak menemukan sejumlah bangunan-bangunan tua bekas peninggalan rumah-rumah belanda zaman dulu.

Lokasi ini juga bisa dikatakan sebagai tempat paling menyeramkan di bandung, akan tetapi mitos dan kepercayaan demikian tidak pernah menyurutkan banyak wisatawan terutama para mahasiswa dan para pecinta alam untuk menaklukannya dengan cara berkemah atau camping di sana. Di Gunung puntang juga tersedia sejumlah tempat makan berupa warung-warung serta pondokan.

Jika penasaran seperti apa dan bagaimana misteri, sejarah dan aneka aktifitas wisata yang bisa anda lakukan di gunung puntang ini, silahkan berkunjung ke tempat wisata Gunung Puntang bandung jawabarat. Simak Juga Talaga Sendang Geulis Cikahuripan Jawa Barat, Panorama Keindahan Alam Yang Alami Dan Sejuk

Itulah 5 tujuan tempat wisata alam di bandung selatan favorit wisatawan yang liburan ke Bandung, tepatnya ke kawasan ciwidey dan Pangalengan. Masih banyak sekali objek-objek wisata alam di bandung selatan yang bisa anda kunjungi juga, seperti Gunung malabar, kampung batu malakasari banjaran, situ cileunca, kebun petik strawberry dan yang lainnya. 

Tapi dengan daftar rekomendasi di atas, semoga saya sudah bisa memberikan gambaran destinasi wisata di liburan mendatang.

Jangan lewatkan setelah puas menikmati keindahan panorama wisata bandung selatan di sepanjang jalan menuju arah pulang terdapat beberapa fasilitas wisata kuliner yang wajib di kunjungi. karena merupakan ikon dari wisata bandung selatan dan menu makanan yang di tawarkan variatif sangat cocok di kunjungi bersama keluarga.

Salah satunya seperti rumah makan cilampeni di daerah katapang, kemudian ada Kopo square pusat wisata kuliner bernuansa alam di tengah kota bandung serta Mikko mall yang keduanya hanya berjarak kurang 100 meter dari pintu tol kopo.