Talaga Sendang Geulis Cikahuripan Jawa Barat, Panorama Keindahan Alam Yang Alami Dan Sejuk

0
27
Sendang Geulis Kahuripan saat ini namanya mulai diperhitungkan sebagai salah satu destinasi wisata air terbaik di Jawa Barat. Keindahan kolam renang di tengah sawah merupakan daya tarik utama para wisatawan berkunjung ke wisata air Sendang Geulis Kahuripan.

Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke tempat yang bernuansa lembab dan penuh air, sepertinya ada bisa mencoba untuk mengunjungi sebuah tempat wisata Talaga unik dan menarik bernama Talaga Cikahuripan.

Tempat ini memang memiliki sejumlah sebutan menarik seperti Sendang Geulis Kahuripan dan ada juga yang menyebut Sirah Cai Kahuripan. Namun nama ikonik yang sering disebut-sebut adalah Talaga Cikahuripan.

Baca juga : Pantai Pangandaran Tempat Wisata Terpopuler Di Jawa Barat

Talaga Cikahuripan sendiri adalah sebuah nama yang jika diartikan dengan bahasa setempat memiliki makna sebagai danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan. Selain itu Talaga Cikahuripan ini memang juga sering disebut sebagai mata air cantik.

Karena memang air di Sendang Geulis Kahuripan ini sangat-sangat jernih dan bersih dari berbagai sampah. Tak hanya itu, rimbunnya pepohonan dan sejumlah tumbuhan membuat tampilan Talaga Cikahuripan ini semakin luar biasa pemandangan alam di sekiatar tempat ini.

Tubuh yang awalnya terasa sakit-sakitan dan pegal dengan berendam di Talaga Cikahuripan ini maka anda akan merasakan sensai kesegaran dan rasa pegal-pegalpun perlahan akan hilang.

Namun anda harus bertahan karena air di Talaga Cikahuripan ini memiliki suhu yang sangat dingin terasa sampai menusuk tulang. Banyak orang yang berendam atau sekedar berenang di Talaga Cikahuripan ini untuk mencari cara agar kulit mereka tetap awet muda dan sehat.

Air dari Talaga Cikahuripan ini juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti pengairan sawah, irigasi dan sejumlah kebutuhan air untuk rumah tangga. Air di Talaga Cikahuripan ini juga memiliki sejumlah manfaat menarik.

Pertama adalah dipercaya oleh masyarakat setempat bisa menyehatkan kulit dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit kulit. Bahkan untuk relaksasi tubuh juga bisa dirasakan di Talaga Cikahuripan ini.

Sementara keunikan lain dari Talaga Cikahuripan ini adalah terdapat sebuah kolam renang yang letaknya berada di tengah sawah dan perbukitan Talaga Cikahuripan. Air dari kolam renang ini jelas datang langsung dari sumber mata air Talaga Cikahuripan.

Hanya saja kolam renang ini masih kurang terawat sehingga airnya cukup kotor terkena berbagai endapan lumpur sawah disekitarnya. Jika saja bisa dikelola lebih baik maka kolam renang ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata menarik.

Baca juga : Daftar Wisata Anak Di Bandung Seru Dan Menarik

Talaga Cikahuripan ini memiliki tiket masuk sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 10 ribu. Dengan harga semurah itu anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa ditambah sumber mata air super jernih dari Talaga Cikahuripan tersebut.

Fasilitas di Talaga Cikahuripan ini juga sudah tergolong lengkap sehingga anda tidak perlu khawatir. Di dalamnya terdapat toilet, mushola, tempat parkir memadai, dan sejumlah saung untuk anda istirahat.

Untuk rute jalanan menuju akses Talaga Cikahuripan ini juga sangat baik dengan kontur jalanan jarang mengalami kerusakan serius. Sayangnya rute ke Talaga Cikahuripan ini cukup sulit jika anda tidak membekali diri dengan informasi lengkap.

Alamat lengkap dari Talaga Cikahuripan ini adalah di Kecamatan Cikalong Wetan dan saat ini Talaga Cikahuripan dikelola langsung oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat, Bandung Utara.