Sungai Tamborasi Kolaka, Wisata Menarik Sungai Terpendek Di Dunia

0
45
Wisata Kolaka – Kolaka Sulawesi Tenggara, mungkin kabupaten ini banyak yang belum mengenalnya sebagai daerah wisata. Tapi ternyata daerah ini layak dikatakan salah satu surga terindah yang ada di Indonesia.

sumber : otonomi.co.id
Salah satu objek wisata yang paling menarik dan mempesona adalah Sungai Tamborasi. Sungai Indah yang menyandang predikat sungai terpendek di Dunia. Sungai ini terletak di desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka.
a photo by @jejakjejakpajokka via instagram
Desa ini berjarak sekitar 242 kilometer dari Ibukota Sulawesi Tenggara, Kendari. Untuk mencapai ke lokasi Desa Tamborasi Anda harus melakukan perjalanan darat sekitar empat setengah jam. Jika Anda berada di Kota Kolaka maka Desa Tamborasi berjarak sekitar 87 kilometer dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih dua jam.

a photo by @novaldrs via instagram
Baca juga 15 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat yang Paling Menarik

Ketika menginjakkan kaki ke desa Tamborasi, Anda akan melihat sebuah lukisan alam yang benar-benar luar biasa. Bebukitan dengan pepohonan hijau dan biru jernihnya air laut membuat daerah ini bak surga wisata yang belum terekspos pesonanya.

sumber : travel.kompas.com

Sebuah Sungai terpendek yang memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat tak ditemukan di tempat lain di Indonesia. Menurut beberapa sumber bahwa sungai ini hanya sepanjang 24 meter. Tapi ada juga yang mengatakan sungai ini memiliki panjang sekitar 60 meter.

sumber : imgrum.net

Letaknya yang berdampingan dan dipisahkan oleh seonggok pasir putih pantai membuat panorama di sungai ini begitu mempesona. Di tempat ini Anda dapat mandi dengan dua sensasi air. Air yang terasa dingin berasal dari sumber mata air yang berada di hulu sungai. Dan air yang terasa hangat berasal dari laut yang menjadi muara di hilir sungai ini.


a photo by @paallodita via instagram
Di tempat ini Anda bisa melakukan cliff Jumping karena di pinggir sungai ini terdapat sebuah tebing yang bisa Anda panjat untuk melompat ke sungai yang indah ini.
a photo by @wira_muhamad29 via instagram

Saat senja tiba, sunset yang indah dan semilir angin pantai membuat suasana pergantian siang menjadi malam terasa begitu nikmat. 

a photo by @vittoleeminho via instagram

Berbicara fasilitas di tempat ini tersedia beberapa gazebo tempat beristirahat Anda yang begitu nyaman. Memang untuk hotel belum ada di tempat ini. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada beerapa rumah makan yang menyediakan penginapan yang cukup layak untuk Anda tempati.

a photo by @lianasofiani via instagram

Perjalanan yang jauh menuju desa ini memang terasa amat melelahkan, tapi lelah tesebut akan hilang ketika Anda melihat keajaiban alam yang ada di Desa ini.

a photo by @nurulhikmahnirwan_ via instagram

Hal terbaik dan terindah yang ada di muka bumi Tamborasi ini jangan hanya kita lihat dan nikmati saja keindahannya, tetapi harus kita jaga dan kita lestarikan. Agar menjadi warisan tak ternilai bagi penerus bangsa ke depannya. Baca juga