Ribuan Iphone Senilai Rp 1 Triliun Diselundupkan Lewat Drone

0
62

Drone. Foto: ReutersDrone. Foto: Reuters

Shenzhen – Aksi sekelompok penyelundup smartphone di China berhasil dibekukan pihak berwajib. Aksinya terbilang unik sebab memakai pesawat tak berawak alias drone.

Dengan drone, mereka menyelundupkan iPhone senilai USD 80 juta atau setara Rp 1 triliun untuk dikirimkan ke Hong Kong. Namun agresi tersebut pribadi dicegah oleh petugas bea cukai di Shenzen, China.

Ada 26 tersangka dalam perkara ini. Mereka memanfaatkan drone guna menerbangkan dua kabel sepanjang 200 meter untuk menarik tas berisi iPhone di perbatasan antara Hong Kong dan China.

Dikutip Gobekasi dari Ubergizmo Senin, (2/4/2018), ini merupakan perkara pertama di China yang memakai drone sebagai alat kejahatan dalam penyelundupan lintas batas.


Para penyelundup ini melaksanakan aksinya pada tengah malam dan membutuhkan beberapa detik untuk mengangkut tas kecil yang berisi sekitar 10 iPhone dengan drone.

Kepada polisi, para tersangka mengaku mampu menyelundupkan sebanyak 15.000 iPhone hanya dalam satu malam.

Tahun 2017 lalu, China telah memberlakukan hukum ketat terkait penggunaan drone untuk mencegah tragedi drone melintas ke jalur penerbangan pesawat.

Dan juga hukum yang mengharuskan pemilik pesawat tanpa awak tersebut untuk mendaftarkan drone dengan berat tertentu atas nama orisinil pengguna.

Bea Cukai di Shenzhen pun menyampaikan bahwa mereka akan terus memantau jenis penyelundupan gres dengan perangkat ibarat drone dan juga akan memakai drone untuk mendeteksi kegiatan penyelundupan.