Pulau Bunaken Pesona Taman Bawah Laut Menado Indonesia

0
66
Liburan ke kota menado jangan lewatkan berkunjung ke pulau Bunaken karena menawarkan pesona dan pemandangan di bawah laut yang mempesona dan di jamin akan ketagihan.

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kotaManado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken.

Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken  berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut.

Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Sayang sekali akibat nama besarnya, banyak orang Indonesia yang bahkan tidak pernah menginjakkan kakinya di Tanah Lumimuut, merasa telah mengenal dan tahu tentang Bunaken, bicara tentang Taman Nasional Bunaken, berarti berbicara tentang International Heritage and a miracle of Bunaken.

Banyak peneliti dari luar negeri sangat menyayangkan kesalahan informasi dari Indonesia. Bunaken lebih dari pada sekedar tahu dalam buku, Bunaken adalah pengalaman menyelam.

Terumbu karang di alam bawah laut Bunaken adalah bagian penting dari kekuatan wisata Bunaken. Terumbu karang ini menjadi tempat hidup 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Spesies ikan yang umum dijumpai adalah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan sebagainya.

Karakter unik Taman Laut Bunaken adalah kedalaman lautnya yang mencapai hingga 1000 m.
Pada bagian dalam laut, Anda dapat menyaksikan berbagai jenis ikan besar, ada ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga paus.

Jika Anda beruntung, bahkan Anda dapat melihat spesies ikan yang tergolong langka dan hampir punah, seperti dugong, kura-kura, dan ikan raja laut (coelacanth).

Snorkel dan Diving di Bunaken

Ada banyak tempat persewaan alat snorkel dan diving di Bunaken, harga mulai dari Rp 150 ribu per orang untuk per hari. Rata-rata harga penyewaan alat sudah fixed dan berlaku sama di berbagai tempat penyewaan di Bunaken.

Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, Anda juga dapat membayar sebesar Rp 350 ribu. Untuk mendapatkan pemandu snorkel, Anda akan dikenai biaya yang sama besarnya dengan biaya sewa peralatan snorkel.

Jika Anda belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), maka pemandu akan siap mengajari Anda teknik-teknik menyelam.

Akitivitas Lain Wisata Bunaken 

Sebenarnya, hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja sudah menjadi pengalaman yang menarik. Sebab, tempat wisata di Manadoini memang memiliki panorama pantai yang indah.

Air lautnya yang kehijauan, panorama alam sekitar laut di Bunaken akan meninggalkan kesan yang kuat bagi Anda. Jika Anda suka jalan-jalan mengarungi lautan Bunaken, maka Anda dapat menaiki Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken.

Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran, ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Tentu saja, Anda harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk dapat mengambil pengalaman wisata bahari ini.

Namun, nikmatnya akan sepadan dengan biayanya! Kegiatan wisata yang demikian juga dapat Anda temui di tempat wisata Pulau Siladen di Manado.

Tiket Masuk Wisata Bunaken

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Anda harus memiliki tanda masuk dan tiket Pulau Bunaken yang dapat diperoleh di kota Manado atau juga langsung di Taman Nasional Bunaken.

Harga tiket masuk wisata Bunaken adalah Rp 2 ribu per orang per hari untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan bagi wisatawan asing, harga tiket masuk Bunaken adalah Rp 50 ribu per orang per hari atau dapat langsung dibeli untuk satu tahun sebesar Rp 150 ribu per tahun.

Transportasi Bunaken Manado

Akses transportasi menuju tempat wisata Bunaken Manado sangat mudah. Bandara Sam Ratulangi melayani rute penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao di Filipina.

Terminal penumpang di bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Untuk menuju kota Manado, Anda dapat menggunakan taksi dengan biaya Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dari bandara tersebut.

Sedangkan cara menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, ada dua pilihan tempat berangkat, yaitu dari Pasar Bersehati atau dari Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp 300 – 400 ribu.

Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yaitu berkisar Rp 600 – 800 ribu. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan kapal tradisional dengan biaya hanya Rp 50 ribu per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Jika Anda hendak langsung ke lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, maka akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika Anda berangkat dari Marina, Anda akan menaiki kapal pesiar, dan inilah sebab mengapa biayanya lebih besar, dan menempuh perjalanan selama 10-15 menit untuk dapat sampai di Pulau Bunaken.

Penginapan dan Hotel di Bunaken

Tentu saja Anda mungkin tertarik mencari penginapan atau hotel murah di Bunaken. Namun, sebenarnya Anda dapat memilih untuk menginap di kota Manado atau di Bunaken. Jika pilihannya di kota Manado, maka akan terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel melati berbiaya Rp 100 ribu per malam hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam.

Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken, Anda dapat mengambil cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di sepanjang pantai di sana. Harga sewa cottage bervariasi, tergantung dengan jarak cottage ke lokasi taman laut.

Semakin dekat lokasi cottage dengan taman laut, maka semakin mahal harga sewanya.
Lazimnya, harga sewa dihitung per orang di sana. Rata-rata besarnya biaya sewa cottage di Bunaken adalah berkisar Rp 150 ribu hingga 350 ribu per orang per malam. Harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari dengan menu dominan seafood.

Bagaimana tertarik untuk mengadakan acara liburan ke pulau bunaken menado indonesia ?