Pengguna Android Vs Ios, Siapa Lebih Setia?

0
50

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta – Sebagai dua sistem operasi ponsel terbesar dunia, iOS dan Android selalu mengatakan fitur-fitur terbaik di dalamnya. Mana yang menciptakan pelanggannya lebih setia?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukkan, pengguna Android mempunyai tingkat loyalitas pelangan yang cenderung berada di tingkat atas semenjak awal 2016. Levelnya ketika ini berada di persentase 91%.

Dikutip Gobekasi dari TechCrunch, Jumat (9/3/2018), angka tersebut sekaligus membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan iOS yang hanya mendapat 86%.

Persentase ini didasarkan pada sikap konsumen di Amerika Serikat pada 2017 yang tetap setia dengan satu sistem operasi sesudah mereka memutuskan mengganti ponselnya.

CIRP menggaris bawahi jikalau tingkat penggantian perangkat berbeda dengan total orang yang mengganti ponselnya.

Pengguna Android Vs iOS, Siapa Lebih Setia?Foto: TechCrunch

Jika dirinci, dari Januari 2016 sampai Desember 2017, loyalitas pengguna Android berada di kisaran 89%-91%. Sedangkaan kesetiaan pemakai iOS mempunyai jangkauan yang lebih rendah, adalah 85%-88%.

“Mengingat ketika ini hanya ada dua sistem operasi yang menguasai pasar, para konsumen pun terlihat untuk menentukan salah satu, mempelajarinya, membeli perangkatnya, kemudian setia pada pilihannya tersebut,” ujar Mike Levin, co-founder dari CIRP.

Ia menambahkan, Apple dan Google harus memikirkan cara untuk sanggup terus menjual produk dan layanan keduanya kepada para pelanggan setia mereka.

Hal ini pun terlihat dari sikap keduanya yang memang mencoba terus meningkatkan pendapatannya dengan bersumber pada konsumen setianya.

Bagi Apple, pertumbuhan yang ditunjukkan oleh layanan ibarat Apple Music, Apple Pay, iCloud, Apple Care, dan App Store bisa menciptakan mereka menorehkan rekor pendapatan di sektor jasa pada November lalu.

Sedangkan untuk Android, banyaknya ponsel yang mengadaptasi sistem operasi ciptaan Andy Rubin ini menciptakan para pelanggan setia mempunyai keleluasaan dalam mencoba banyak sekali varian smartphone tanpa menjadi ‘pembelot’ untuk mencoba pengalaman baru.

Menariknya, jikalau melihat waktu yang lebih lampau, 2013 misalnya, sejatinya pengguna iOS tampak lebih setia dibanding pemakai Android.

Fenomena tersebut pun mulai berubah pada pertengahan 2014, dan semenjak ketika itu Android bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan, loyalitas konsumennya di atas iOS.