Pasangmata.Com Dukung Petabencana Sebar Isu Bencana

0
35

PetaBencana. Foto: istimewaPetaBencana. Foto: istimewa

Jakarta – Banyaknya info hoax yang beredar di sosial media menciptakan galau dan saling curiga di masyarakat. Dari pada share info hoax mending memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar kebaikan. Seperti informasi seputar tragedi di suatu wilayah.

Lewat smartphone, tablet, atau laptop yang terhubung dengan internet seseorang sanggup melaporkan informasi seputar bencana.

Hal ini sudah dilakukan oleh Yayasan Peta Bencana lewat platform PetaBencana.id. PetaBencana.id ialah pengembangan dari PetaJakarta.org yang merupakan platform peta kebencanaan yang gratis dan terbuka.

Pasangmata.com Dukung PetaBencana Sebar Info BencanaFoto: istimewa

Platform itu diluncurkan pada Februari 2016 kemudian dengan didukung oleh USAID dan berhubungan dengan Pacific Disaster Center (PDC), Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), serta sumbangan penelitian dari MIT Urban Risk Lab.

Selain wilayah Jabodetabek, PetaBencana.id juga telah aktif di Kota Bandung, Kota Semarang, dan Kota Surabaya. Saat ini, pengguna sanggup melaporkan banjir melalui saluran media umum yang terkenal menyerupai Twitter, Telegram, Facebook Messenger dan aplikasi lokal www.pasangmata.com.

Pasangmata.com sebagai salah satu media jurnalisme warga milik detikcom membantu memudahkan warga untuk mengembangkan informasi tragedi di sekitarnya dan bersama mengurangi risiko. Laporan-laporan yang sudah terverifikasi akan pribadi diintegrasikan ke dalam peta online di https://www.petabencana.id/

Mari sebarkan kebaikan dengan memperlihatkan info tragedi melalui pasangmata.com. Download aplikasinya di playstore dan apps store sekarang juga.