Pantai Pangandaran Tempat Wisata Terpopuler Di Jawa Barat

0
37
Pantai Pangandaran tempat wisata terpopuler dan juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pecahan dari Kab. Ciamis sebelumnya. Pantai ini menjadi tempat liburan yang menyenangkan, tidak heran kalau pantai ini selalu ramai saat weekend.

Kalau anda pergi berlibur ke Pantai Pangandaran pastikan bahwa anda sudah memesan tempat menginap, karena biasana kalai weekend pantai ini selalu ramai anda akan kesulita untuk mencari penginapan dan hotel.

Pantai pangandaran ada di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Wow, sangat luar biasa sekali bukan? Dari sekian banyak pantai di Jawa Barat, ternyata pantai pangandaran lah yang menjadi yang terbaik dari yang lainnya.


Silsilah Pantai Pangandaran

Sekilas mengenai pantai pangandaran, tempat wisata di Jawa Barat ini menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara sudah sejak lama. Pantai yang terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. 

Resor ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta, sangat ideal sekali untuk menjadi tujuan wisata keluarga anda.

Pada mulanya, semenanjung nan elok ini adalah kota nelayan kecil, dimana nelayan berangkat pagi kemudian akan kembali pada sore hari dengan membawa asil tangkapannya. Aktifitas ini masih berjalan hingga kini, kalau anda ingin merasakan sensasi nelayan, anda juga bisa mencoba menarik jala ke pantai.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

Anda tidak perlu khawatir mengenai rute pejalanan menuju pantai pangandaran, karena kita bisa menuju pantai pangandaran dengan mudah, jika anda tidak menggunakan kendaran pribadi, anda juga bisa menggunakan moda transportasi umum. Berikut ini beberapa alternatif pilihan untuk menuju pantai pangandaran yang bisa anda gunakan: 

Jalur Darat Menggunakan Bus

Bus Jurusan Bandung – Tasikmalaya-Banjar – Pengandaran
Jakarta Bus Jurusan Kp.Rambutan – Pangandaran
Bus Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran #Bus Jurusan Lubuklinggau – Pangandaran – Cijulang
Bus Solo – Cilacap – Kalipucang – Pulau Pangandaran 
Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air
Bandung Bandara Husen Sastranegara – Pangandaran Bandara Nusawiru
Jakarta Bandara Halim Perdanakusuma – Pangandaran Bandara Nusawiru
Harga Tiket Pantai Pangandaran

Harga tiket bervariasi, tergantung kendaran yang anda gunakan, berikut ini beberapa tarif tiket untuk masuk ke pantai pangandaran:

Bus Besar Rp 130.500,-
Bus Sedang Rp 79.500,-
Bus Kecil Rp 52.500,-
Mobil L300 Rp 40.700,-     
Mobil Kijang Rp 27.700,-
Mobil Sedan Rp 14.700,-
Sepeda Motor Rp 6.100,-
Perorangan (pejalan kaki) Rp 3.000,-

NB : Harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah

Kuliner di Pantai Pangandaran

Seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang liburan ke pantai pangandaran, kuliner yang dijajakan juga semakin bervariasi, tentu saja dengan cita rasa yang lezat dan nikmat. Anda dapat menikmati aneka kuliner seafood dengan bumbu spesial ditemani es kelapa muda sambil menikmati ombak yang menghantam karang di pinggir pantai. 

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner di Pantai Pangandaran yang bisa anda coba:

Restaurant Relax  Jl. Bulak Laut No. 74 (Tlp: (0265) 630377)
Holiday Resto Jl. Bulak Laut No. 50 (Tlp: (0265) 639285)
Chez Mama Cilacap Jl. Kidang Pananjung No. 197 (Tlp: (0265) 639098)
Eka Bamboo Cafe Jl. Pamugaran (Tlp: (0265) 639419)

Tempat Belanja di Pantai Pangandaran

Selain tempat kuliner, di pantai pangandaran juga ada tempat berbelanja souvenir maupun aksesoris. Ada banyak penjual t-shirt, celana pendek, topi dan semua jenis pakaian renang. Mereka juga menyediakan berbagai kerajinan laut, seperti gelang dan kalung yang terbuat dari kerang laut, miniatur papan surfing dan semua jenis suvenir yang unik. 

Ada juga toko-toko yang menjual ikan asin seperti “Jambal Roti” ikan asin yang terkenal dari Pangandaran.