Padang Mangateh, New Zealand-nya Indonesia

0
73
Wisata Padang Mangateh – Keindahan alam Indonesia memang tak diragukan lagi. Banyak tempat-tempat di Indonesia yang mirip dengan yang ada di negara-negara lain. Salah satunya adalah Padang Mangateh yang dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia.

Sumber : @imronsatya via Instagram
Pesona tempat ini memang menawarkan keajaiban alam yang amat menakjubkan. Hal yang tak biasa tersebut membuat tempat ini menjadi tempat yang dikunjungi oleh program wisata terkemuka di Indonesia. 

Tak dipungkiri, setelah tampil di acara tersebut tempat ini semakin ramai dikunjungi. Padang Mangateh ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang tak biasa. Suasana santai akan begitu terasa ketika Anda yang menginjakkan kaki di tempat ini.

Apa saja keindahan yang dapat Anda temui di Padang Mangateh Payakumbuh. Berikut ini uraikan pesona keindahannya untuk And nikmati.

1. Rerumputan yang Luas dan Peternakan Sapi
Sumber : @wisatasumbar__ via Instagram
Tidak perlu jauh-jauh pergi wisata ke luar negeri jika Anda ingin melihat peternakan sapi. Anda cukup berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Di tempat ini Anda dapat melihat peternakan sapi yang luas layaknya di New Zealand.

Sangat banyak orang bilang kalau peternakan sapi bernama Padang Mengatas ini sebagai New Zealand-nya Indonesia. Indah sekali, itulah kesan yang akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di tempat ini. 

Padang Mangateh ini merupakan peternakan sapi yang didirikan di zaman Hindia Belanda tepatnya pada tahun 1916. Jauh lebih dulu dari merdekanya negeri ini. Pada awalnya, tempat ini merupakan tempat pengembangbiakkan kuda.

Pada tahun 1935 barulah tempat ini dijadikan tempat pengembangbiakan sapi setelah Belanda mendatangkan sapi dari India. Namun, sayang percobaan tersebut gagal dan tempat ini sempat ditutup.

Pada tahun 1950 barulah pemerintah Indonesia menghidupkan kembali tempat ini sebagai salah satu tempat pengembangbiakan sapi terbesar di Indonesia. Dan akhir-akhir ini, akibat peran sosial media tempat ini menjadi booming karena menawarkan hal yang unik dan sulit ditemui di daerah lainnya di Indonesia.

2. Bukit Eksotis yang Mengelilingi
Berada di lereng Gunung Sago dan dikelilingi bukit Barisan, Padang Mangateh menawarkan pemandangan alam yang tak biasa. Indah begitulah kesan yang akan Anda rasakan ketika melihat bentang alam di tempat ini.

Dengan luas lahan sekitar 280 hektare, tempat ini terlihat eksotis dengan rerumputan luas yang mengelilinginya. Pemandangan bukit barisan juga menambah kesan eksotis tempat ini. Saat terik matahari memancar, tempat ini benar-benar terlihat indah.
3. Sarana Edukasi

sumber : ondehmandeh.com
Salah satu hal yang menarik adalah tempat ini dapat dijadikan wisata edukasi bagi Anda dan keluarga. Tempat yang dinobatkan sebagai lahan pengembangbiakan sapi terluas se-Asia Tenggara ini dikelola oleh kementerian pertanian. 

Lokasi ini mampu menampung sekitar 2000 ekor sapi untuk dikembangbiakan. Lokasi ini merupakan tempat pembibitan, peternakan dan penelitian sapi nasional. Ada tiga jenis sapi yang dikembangbiakan di tempat ini yaitu Sapi Limosin, Sapi Simental dan Sapi Pesisir. Semuanya merupakan jenis sapi unggul.

Di tempat ini Anda akan melihat bagaimana pengembangbiakkan sapi yang dikelola sangat profesional. Sapi di tempat ini dikawinkan dengan inseminasi buatan dan ajaibnya lagi sperma sapi yang digunakan merupakan sperma pilihan yang didatangkan khusus dari luar negeri.

Berkunjung ke tempat ini dijamin akan menambah pengetahuan Anda. Banyak sisi-sisi menarik yang belum Anda temui di tempat lain dan mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Wisata indah dengan pesona yang begitu memberikan pelajaran berharga bagi Anda.

Hal Menarik yang Di Padang Mangateh
1. Berkeliling
Banyak hal yang dapat Anda rasakan ketika melihat tempat ini. Rerumputan yang luas dapat Anda nikmati dengan berkeliling menggunakan sepeda, motor ataupun mobil. Kagum dn takjub mungkin itulah hal yang akan Anda rasakan.
2. Berfoto
Foto adalah salah satu hal wajib yang Anda lakukan di tempat ini. Banyak tempat-tempat di Padang Mangateh yang dapat Anda jadikan spot menarik lokasi foto. Spot foto tersebut seperti berfoto di tengah jalan yang dikelilingi rerumputan yang luas, berfoto dengan satu pohon yang berada ditengah rerumputan, atau berfoto di tengah sapi ternak dan spot foto menarik lainnya.

Berfoto di tempat ini akan meninggalkan kesan yang amat mendalam bagi perjalanan wisata Anda. Tempat yang amat indah dan sangat menyejukkan mata ini benar-benar karya Tuhan yang harus kita Syukuri.

Tips Ke Padang Mangateh

Sumber : @desmanton via Instagram
Walaupun udara di tempat ini cucup sejuk, terik matahari tetap saja dapat membakar kulit Anda. Untuk itu jangan lupa gunakan sun block untuk menjaga kulit Anda agar tetap sehat. Selain itu bawalah bekal minuman, agar Anda tak kehausan di tempat ini. Saat pagi sampai sore ketika cerah adalah waktu yang tepat mengunjungi tempat ini.

Lokasi Padang Mangateh
Padang Mangateh terletak di Jl. Padang Mengatas, Desa Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Berjarak 9 kilometer dari Payakumbuh lewat Jl. Moh. Yamin dan Jl. Raya Payakumbuh – Lintau.

Dataran tinggi yang memukau, cerita sejarah yang membekas, hingga kuliner lezat akan Anda temukan di dekat lokasi wisata ini. Icon peternakan Indonesia ini layak Anda jadikan tempat pertama yang menjadi pilihan wisata Anda di Payakumbuh atau Lima Puluh Kota.

Walaupun sangat luas, Anda tak usah takut tersesat karena di tempat ini banyak petunjuk jalan. Indah dan berkesan, semoga tempat ini tetap indah dan terjaga kelestariannya sampai kapan pun. Nah, bagi Anda para petualang sejati maka tempat ini wajib Anda kunjungi. Baca juga 10 Tempat Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat Paling Menarik dan Indah.