Microsoft Malah Banyak Jualan Android Ketimbang Windows

0
67

Website Microsoft. Foto: istimewaWebsite Microsoft. Foto: istimewa

Jakarta – Hal unik ditemukan di halaman resmi Microsoft di mana sebagian besar produk smartphone yang dijual ternyata didominasi oleh Android. Padahal, Microsoft sendiri mempunyai sistem operasi Windows Phone.

Informasi tersebut ditemukan oleh Phone Arena yang dikutip Gobekasi, Kamis (1/3/2018). Dari situs Microsoft yang tertera di wilayah Amerika Serikat, terlihat bahwa perusahaan itu sekarang menjual Samsung Galaxy S8, S8+, Note 8, serta Razer Phone.

Hanya ada dua varian smartphone Windows yang sekarang masih tersisa di situsnya ibarat HP Elite x3, dan Alcatel Idol 4S yang keduanya dirilis pada 2016. Selain itu kedua produk itu pun terlihat mendapat diskon.

Microsoft sendiri memang telah memutuskan untuk berhenti jualan smartphone Windows. Itu dipertegas oleh Joe Belfiore, Corporate Vice President di Operating Systems Group Microsoft, yang menyampaikan pihaknya telah menghentikan fokus di hardware dan software Windows Mobile pada Oktober lalu.

Ketimbang melanjutkan produksi smartphone Windows, Microsoft menentukan fokus pada pengembangan software untuk Android atau iOS, contohnya saja Microsoft Office atau Microsoft Launcher.

Sebenarnya bukan hanya Microsoft saja yang mengalah di industri produksi smartphone. BlackBerry, legenda smartphone Qwerty, juga melaksanakan hal yang sama.

Bedanya, perusahaan asal Kanada itu menjual kekayaan intelektualnya kepada perusahaan lain supaya dapat menciptakan smartphone dengan mempertahankan merek BlackBerry. Selain itu BlackBerry pun sekarang sudah beralih ke OS Android.