Mengulik Kecerdasan Buatan Di Oppo F7

0
54

Foto: Gobekasi/Muhammad Alif GoenawanFoto: Gobekasi/Muhammad Alif Goenawan

Mumbai – Oppo resmi merilis dua smartphone terbarunya, yakni F7 dan F7 128 GB. Oleh Oppo, kedua ponsel ini dibenamkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang diklaim lebih canggih dari seri sebelumnya.

Teknologi kecerdasan buatan menjadi sorotan di dunia teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Pemanfaatannya banyak diaplikasikan untuk banyak sekali sektor.

Oppo sendiri memandang teknologi kecerdasan sebagai tren yang bakal diakomodir oleh vendor smartphone dalam beberapa tahun ke depan.

Oppo F7Oppo F7 Foto: Gobekasi/Muhammad Alif Goenawan

Nah, salah satu pemanfaatannya dirasa cocok untuk mendukung perkembangan fotografi smartphone. Pendapat ini disampaikan oleh pakar teknologi asal India, Rajiv Makh.

“AI yaitu game changer di semua bidang, termasuk juga di smartphone. AI ini akan menjadi bab dari tren di smartphone dalam beberapa tahun ke depan. Pemanfaatannya akan sangat berkhasiat jika diterapkan pada fotografi smartphone,” ujar Makh di peluncuran F7 di Dome NSCI, Mumbai, India, Senin (26/3/2018).


Kecerdasan buatan di F7 dibenamkan pada kamera depan dan belakang. Salah satunya yaitu Smart AI Recognition yang bisa memindai 296 titik pada wajah, termasuk T-zone (bagian dahi dan hidung), mata, dan U-zone (bagian pipi dan dagu).

Tak hingga di situ saja, kecerdasan buatan F7 juga bisa mengenali umur, gender, dan warna kulit. Adapula peningkatan fitur beautification dimana tak hanya satu orang, tapi juga bisa digunakan untuk group selfie.

Masih bicara fitur kamera, adapula yang namanya Vivid Mode. Mode ini memungkinkan pengambilan gambar wajah lebih natural dengan membuat warna background lebih keluar lagi. Jadi, bisa dibilang wajah tak lagi terlihat menyerupai dempulan.

Terakhir, kecerdasan buatan juga menghadirkan stiker AR (augmented reality) untuk kamera depan. Kecerdasan buatan juga membantu pengguna untuk membuat album berbasis wajah dan lokasi, serta digunakan untuk sistem keamanan (facial unlock).

Kedua tipe F7 ini dibekali dengan kamera belakang 16 MP dengan bukaan f/1.8. Namun, yang menjadi andalan yaitu kamera depannya yang mempunyai lensa 25 MP.

Kamera depan F7 ini disebut sebagai kamera smartphon pertama yang memakai lensa 25 MP dan sensor Sony IMX576.

[Gambas:Video 20detik]