Makanan Khas Indonesia Terkenal Dengan Citra Rasa Yang Unik Dan Special

0
51
Makanan Khas Indonesia – Indonesia terkenal dengan tempat wisata air terjun, pantai dan pegunungan dengan pemandangan yang indah serta memiliki udara yang sejuk.

Yang lebih terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara salah satunya adalah wisata kuliner dari indonesia yang ke aneka ragaman serta memiliki citra rasa yang unik dan khas yang tidak dapat di temukan di negara-negara lain kecuali terdapat di wisata kuliner indonesia. Baca juga Daftar Makanan Khas Indonesia Populer Dan Terkenal Sampai Mancanegara

Berikut nama-nama makanan khas indonesia yang enak dan populer : 

1). Kerak Telor

Makanan khas indonesia yang satu ini merupakan khas makanan dari betawi, Pasalnya makanan bernama Kerak Telor ini merupakan makanan atau jajanan yang berasal dari sana. Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini di buat dengan menggunakan beras ketan yang di masak dengan menggunakan wajan.

Setelah itu makanan ini di campur dengan telur ayam atau bisa juga mengunakan telur bebek, kemudian di campur pula dengan bumbu dan beberapa bahan lain seperti misalkan serundeng, udang, bawang goreng dan bumbu yang lainnya.

Mempunyai rasa yang gurih dan agak manis yang tentu makanan khas indonesia yang satu ini bisa membuat lidah anda bergoyang, rasanya salah satu makanan khas indonesia yang kami rekomendasikan untuk anda.

2). Tempoyak

Makanan indonesia yang rasanya wajib untuk di masukkan juga dalam daftar makanan khas indonesia pada bahasan saat ini adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Tempoyak.

Makanan yang bernama Tempoyak ini merupakan makanan yang di buat dari durian, jadi akan sangat pas apabila anda seorang penggemar durian. Berasal dari sumatra yakni di daerah palembang, lampung dan jambi, hal ini memang di karenakan di kota tersebut banyak sekali terdapat buah durian.

Sebenarnya makanan khas indonesia Tempoyak ini merupakan hasil fermentasi dari buah durian uniknya Tempoyak ini di campur dengan ikan pindang atau bisa juga pepes ikan mas. Ketahui juga 10 Makanan Khas Cina Paling Enak dan Populer Di Kalangan Wisatawan Kuliner Dunia

Bahkan bagi anda yang suka dengan masakan pedas, anda bisa mencampurkan Tempoyak ini dengan sambal. Dijamin rasanya yang khas dan unik menjadi salah satu pilihan untuk Anda dapat menikmati makanan khas indonesia yang satu ini.

Sangat cocok di hidangkan dan di makan bersama-sama atau bersama keluarga.

3). Ayam Cincane

Makanan khas indonesia yang selanjutnya menjadi bahasan adalah sebuah makanan khas indonesia yang terkenal dengan nama Ayam Cincane. Sejatinya Ayam Cincane ini merupakan makanan yang berasal dari Samarinda dan di Kota tersebut Ayam Cincane ini sangat favorit.

Biasanya Ayam Cincane ini di hidangkan pada saat acara penyambutan tamu besar atau untuk pesta pernikahan. Setidaknya jika Anda sedang berada di Samarinda atau akan pergi ke samarinda, tidak ada salahnya buat kamu untuk mencoba mencicipi makanan khas indonesia bernama Ayam Cincane ini.

Untuk warna dari Ayam Cincane ini agak kemerah-merahan dan biasanya ayam yang di gunakan dari makanan Ayam Cincane ini adalah daging ayam kampung.

4). Pempek

Makanan yang di namakan Pempek dan makanan ini merupakan makanan andalah dari Palembang. Mempunyai popularitas yang baik di Indonesia, tentunya tidak ada salahnya apabila anda mencicipi makanan ini.

Rasanya kurang pas apabila anda seorang pencinta kuliner akan tetapi belum pernah merasakan lezatnya masakan yang berasal dari salah satu wilayah yang ada di Indonesia ini.

Berbahan dasar ikan dan di olah dengan tepung akan membuat Pempek mempunyai bentuk yang cukup menarik. Biasanya pempek ini di padukan dengan kuah encer perpaduan antara gula dan saus cuka.

Kemudian segera konsumsi pempek anda selagi masih hangat. Rasa yang sangat gurih yang di dapat dari ikan yang telah di olah tersebut membuat banyak orang rela untuk mengeluarkan uangnya demi dapat melahap makanan khas indonesia ini.

5). Seblak

Tentu saja makanan khas indonesia yang selanjutnya ini merupakan sebuah makanan yang bisa di katakan masih sangat baru, makanan ini  cukup populer di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini.

Seblak merupakan makanan khas indonesia yang kita maksud dalam bahasan kita kali ini. Meskipun tergolong makanan khas indonesia yang masih baru, Seblak ini mempunyai kelezatan yang tidak bisa di pungkiri oleh orang yang mengkonsumsinya.

Seblak ini merupakan makanan khas indonesia yang di buat dari beberapa bahan seperti misalkan saja mie, makaroni, sayur, kerupuk basah dan perpaduan bumbu rempah yang memberikan cita rasa khas untuk makanan khas indonesia yang satu ini.

Banyak orang yang gemar menikmati makanan khas indonesia yang populer dengan nama Seblak ini, selain rasanya yang bisa menggoyang lidah anda, Seblak ini juga mempunyai harga yang cukup terjangkau alias murah meriah.

6). Otak-Otak

Makanan khas indonesia yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat populer dengan nama Otak-otak yang tentu saja mempunyai cita rasa yang sangat enak.

Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah makanan khas riau yang tentu saja sudah sangat populer di seluruh indonesia, bahkan di beberapa bagian di indonesia banyak pedagang yang menjual Otak-otak ini.

Banyak orang-orang yang sangat suka dengan makanan yang bernama Otak-otak ini, pasalnya Otak-otak ini merupakan sebuah makanan khas indonesia yang terbuat dari cumi-cumi dan juga ikan.

Biasanya Otak-otak ini di bungkus dengan janur atau daun kelapa, untuk cara pengolahan dari makanan khas indonesia ini yakni dengan cara di bakar hingga menimbulkan aroma yang membuat anda tertarik untuk mencicipi Otak-otak.

7). Horok-Horok

Termasuk makanan khas indonesia yang tradisional, sepertinya sebuah makanan yang terkenal dengan nama Horok-Horok ini wajib untuk di masukkan kedalam daftar makanan khas indonesia.

Pasalnya Horok-Horok ini merupakan makanan ringan yang berasal dari Jepara dan merupakan makanan indonesia yang di buat dari tepung pohon aren, untuk rasa dari Horok-Horok ini sedikit asing dan mempunyai tekstur yang sangat kenyal.

Akan tetapi jika anda beruntung, biasanya ada saja orang yang menjual Horok-Horok ini di pinggiran jalan. Meskipun di jual di pinggiran jalan, akan tetapi rasanya tidak kalah dengan makanan-makanan yang di jual di rumah makan.

Untuk mendapatkan rasa yang manis, biasanya masyatrakat indonesia mencampur Horok-Horok ini dengan gula pasir dan ternyata Horok-Horok ini termasuk makanan yang sangat mengenyangkan.

8). Ayam Taliwang

Makanan khas indonesia yang satu ini mungkin sangat populer di telinga para pemburu makanan enak, pasalnya makanan yang populer dengan nama Ayam Taliwang ini merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan rasa yang sangat enak dan di jamin bisa bikin lidah kamu bergoyang keenakan.

Ayam Taliwang, namanya saja Ayam Taliwang ya pasti bahan dasar dari Ayam Taliwang adalah ayam yang di campur dengan beberapa bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah kering, terasi goreng, gula jawa, kencur, tomat merah dan jangan sampai lupa dengan penambah rasa asin dari masakan ini, yakni garam dan rasanya begitu maknyus saat berada di lidah.

9). Pepes

Ada lagi salah satu makanan yang sangat khas yang wajib untuk kita bahas pada pembahsan makanan khas indonesia kali ini, makanan khas indonesia yang di maksud adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Pepes.

Makanan yang satu ini di jawa sangat mudah untuk di temukan, pasalnya makanan ini biasanya di jual di penjual lauk pauk yang tentu saja mempunyai rasa yang sangat enak, hal ini merupakan keajaiban di dalam tampilannya yang terlihat kurang menarik.

Pepes ini bisa anda nikmati bersama dengan nasi putih hangat dan bisa di nikmati oleh setiap orang, pasalnya dari segi pembuatannya juga sangat mudah. Biasanya Pepes ini di bungkus menggunakan daun pisang dan untuk aroma dari makanan khas indonesia yang satu ini sangat sedap.

Bahkan makanan ini tersedia dalam berbagai macam isi seperti pepes tahu, pepes ikan, pepes ayam, pepes telur dan berbagai jenis macam pepes lain sesuai dengan selera anda.

10). Bubur Tinutuan

Satu lagi makanan indonesia yang sangat khas yang berasal dari Kota Manado, makanan khas indonesia yang sangat ini cukup terkenal di seluruh indonesia, pasalnya Bubur Tinutuan ini banyak di jual di setiap tempat di indonesia.

Bubur Tinutuan biasanya sangat cocok apabila di hidangkan di pagi hari untuk sarapan dan untuk lauk pendamping dari Bubur Tinutuan ini anda bisa menggunakan ikan tuna, ikan cakalang, sambal dabu-dabu roa dan perkedel.

Bubur Tinutuan ini merupakan makanan favorit masyarakat lokal, akan tetapi juga tidak sedikit wisatawan mancanegara yang doyan makan Bubur Tinutuan ini. Di dalam Bubur Tinutuan ini terdapat daging dan berbagai jenis sayuran.

Kebiasaan masyarakat juga ada yang menghidangkan Bubur Tinutuan ini dengan midal, yakni sebuah makanan yang berjenis mie. Jadi bagi anda yang penasaran dengan masakan khas indonesia ini segera berburu di sekeliling anda. Baca Juga 13 Makanan Khas Jepang Populer Di Kalangan Penikmat Wisata Kuliner Indonesia

11). Sup Konro

Makanan khas indonesia yang tidak kalah populer dari makanan khas indonesia yang lainnya adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Sup Konro. Makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah masakan yang berasal dari Makassar dan Bugis yang tentu saja mempunyai rasa yang sangat luar biasa enaknya.

Dengan bahan dasar yang di gunakan adalah iga sapi atau bisa juga daging sapi, kemudian di campur dengan ketupat dan biasanya Sup Konro ini mempunyai kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Tentu saja warna kuah dari makanan khas indonesia ini seperti itu, pasalnya di dalam Sup Konro ini terdapat salah satu bahan yang terkenal dengan nama buah kluwek.

12). Papeda / Bubur Sagu

Makanan khas indonesia yang selanjutnya menjadi bahasan dalam ulasan ini adalah sebuah makanan yang sangat sering di liput oleh media televisi karena makanan ini memiliki keunikan tersendiri.

Makanan khas indonesia yang berasal dari Papua dan Maluku ini populer dengan nama Papeda atau Bubur Sagu yang populer di Maluku dan Papua. Makanan bernama Papeda atau Bubur Sagu merupakan sebuah makanan yang di buat dari tepung sagu yang tentu saja di dapat dari pohon sagu yang sudah mempunyai umur 3 sampai sekitar 5 tahun.

Pada saat penyajian dari makanan khas indonesia yang satu ini di padukan dengan ikan tongkol dan tidak lupa di campur juga dengan kuah kuning agar aroma makanan ini khas tercium pada saat sedang di nikmati.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Indonesia di atas bisa menjadi santapan anda saat anda sedang di Indonesia. Beberapa makanan khas indonesia terkenal lainnya belum bisa di list bersamaan dengan makanan-makanan khas Indonesia di atas, karena saking banyaknya makanan khas Indonesia.