Kaum Laki-Laki Makin Doyan Belanja Online, Ini Alasannya

0
56

Suasana program Shopee. Foto: Moch Prima Fauzi/detikcomSuasana program Shopee. Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom

Jakarta – Penjualan perangkat elektronik menjadi salah satu produk yang digemari melalui toko online. Itu terlihat berdasarkan data yang diungkap oleh salah satu toko online, Shopee. Selain itu terindikasi kaum laki-laki makin doyan belanja online.

Menurut Shopee, penjualan perangkat elektronik di website mereka mengalami peningkatan sebanyak 25 kali lipat dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan jenis kelamin, lebih banyak didominasi orang melaksanakan pembelian perangkat elektronik ialah pria.

Direktur Shopee Indonesia, Christine Djuarto, menyampaikan komposisi jumlah laki-laki yang berbelanja elektronik dibandingkan perempuan di Shopee ialah 60% dan 40%.

“Berdasarkan user behavior, di produk elektronik lebih banyak didominasi kita masih pria. Memang kalau elektronik ini tampaknya difavoritkan oleh pria. Tapi kalau kita lihat bersama-sama 40% juga masih wanita,” ujar Christine di JVC Hive, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Para Lelaki Makin Doyan Belanja OnlineFoto: Moch Prima Fauzi/detikcom

Pemerhati e-commerce, Kun Arief Cahyantoro, mengungkap bahwa fenomena itu ialah hal yang menarik. Jika biasanya belanja diidentikkan dengan perempuan, justru sekarang kaum lelaki pun dapat jadi hobi belanja.

Ada beberapa alasan yang mendongkrak tingginya minat lelaki untuk berbelanja online berdasarkan Kun laki-laki yang juga sebagai mahir di bidang siber tersebut.

“Pertama mereka mendapat experience gres dalam hal berbelanja. Kedua mereka sudah memahami bahwa di suatu situs e-commerce itu kondusif dan mendapat review bahwa situs tersebut aman. Kemudian adanya garansi after sales alasannya ialah kalau rusak dikembalikan bahkan hingga 100%,” ujarnya.

Sementara bila dirinci produk yang paling banyak dibeli laki-laki ialah smartphone, peralatan gaming, speaker, dan kamera CCTV. Sementara itu perempuan lebih banyak membeli suplemen ponsel, mesin jahit, mouse, dan kamera polaroid.

Sedangkan berdasarkan sebarannya, Christine mengungkap sebagian besar pembelian berasal dari Pulau Jawa, terutama Provinsi Jawa Barat. Uniknya, barang elektronik terjauh yang sempat dipesan melalui Shopee ialah Mixer yang berasal dari Jambi ke Jayapura.

Sayangnya saat ditanya data yang lebih rinci soal jumlah penjualan produk dan nilai transaksi, pihak Shopee enggan menjawabnya.