Kamera Galaxy S9 Canggih, Ancam Fotografer?

0
78

Foto: Rachmatunnisa/GobekasiFoto: Rachmatunnisa/Gobekasi

Paris – Samsung membekali flagship teranyarnya, Galaxy S9 dan S9+ dengan kemampuan kamera yang semakin canggih. Berbagai fiturnya bisa menghasilkan foto layaknya fotografer profesional.

Fotografer sekaligus CEO SweetEscapes David Soong yang tiba dalam peluncuran Galaxy S9 dan S9+, sempat berkelakar bahwa profesinya bisa terancam, mengingat semua orang sekarang bisa menciptakan konten keren berbekal kamera smartphone.

Namun dikatakannya, profesi sebagai seorang fotografer tidak didefinisikan dari perangkat apa yang dipakai untuk menghasilkan karya.

“Kalau profesional, kita gak nanya pancingnya merek apa, atau kompornya apa? Tapi it’s our ability to create with that device,” kata David di sela program media trip Galaxy Unpacked 2018 di Paris, Prancis.

David Soong, Fotografer sekaligus CEO SweetEscapes.David Soong, Fotografer sekaligus CEO SweetEscapes. Foto: Rachmatunnisa/Gobekasi

Pria yang sudah 20 tahun menjalani profesi sebagai fotografer ini menyebutkan, justru sebagai profesional, dirinya tidak membatasi diri dengan perangkat tertantu.

“Sebagai profesional, kita selalu updated dengan sesuatu yang new and possible. Kalau yang bisa create harusnya daripada merasa terancam, malah make it advantages of this,” ujarnya.

Super Slow-mo di Galaxy S9 dan S9+

Selain fungsi memotret super low light, update signifikan lainnya pada kamera Galaxy S9 dan S9+ yakni kemampuan super slow-mo yang bisa merekam adegan gerak lambat 960 fps yang dramatis.

Sebagai fotografer, David mengapresiasi fungsi tersebut dan menilainya sebagai sebuah terobosan.

“Slow-mo bakal menjadi tren. Slo-mo akan menjadi cara gres mengekspresikan diri. Dengan benda sekecil gini (ponsel) kita bisa membuatnya. Ini epik dan sesuatu yang kita tidak prediksi sebelumnya,” terperinci David.

Kamera Galaxy S9 Canggih, Ancam Fotografer? Foto: Adi Fida Rahman/Gobekasi

Secara keseluruhan, kamera smartphone memang tidak sepenuhnya menggantikan fungsi perangkat fotografer profesional. Namun berdasarkan David, seiring perkembangan teknologi, bukan mustahil kemampuan kamera smartphone terus bertambah.

“Kalau buat all moment, kaya jikalau aku job wedding gitu kan cepat sekali, mungkin belum. Untuk wide angle (Galaxy S9 dan Galaxy S9+) yes, cukup cepat tapi jikalau telenya belum, tapi soon, yes,” tutup David.