Huawei Pamerkan Chip 5G Pertama Di Dunia

0
24

Perkenalan Huawei Balong. Foto: The VergePerkenalan Huawei Balong. Foto: The Verge

Barcelona – Tak hanya soal gadget, ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 juga menjadi kesempatan bagi vendor infrastruktur untuk merilis teknologi anyar jelang implementasi jaringan 5G. Begitu yang dilakukan Huawei dikala mengumumkan chip 5G untuk consumer di pesta teknologi yang diselenggara di Barcelona tersebut.

Chip 5G yang dihadirkan oleh Huawei, memungkinkan perangkat seluler sanggup mengakses jaringan generasi kelima. Perusahaan asal Tiongkok itu menamakan produk itu dengan Balong 5G01.

Seperti Gobekasi kutip dari The Verge, Senin (26/2/2018) Huawei mengklaim bahwa produknya tersebut memungkinkan untuk mengunduh data dengan kecepatan mencapai 2,3 Gbps.

Dengan kecepatan melesat itu, 5G sanggup dimanfaatkan untuk kebutuhan kendaraan beroda empat otonom atau tanpa sopir, rumah pintar, dan hal lainnya. Diluncurkannya Balong 5G01 menciptakan Huawei jadi perusahaan pertama yang menghadirkan solusi 5G end-to-end, mulai dari urusan jaringan, perangkat, dan chipset.

Untuk menyebarkan 5G ini, CEO Huawei Richard Yu mengungkapkan bahwa perusahaannya menginvestasikan dana hingga USD 600 juta untuk teknologi jaringan.

Keseriusan Huawei di bidang 5G akan menciptakan peta persaingan semakin sengit. Qualcomm dan Intel merupakan perusahaan lain yang juga terjun menyebarkan jaringan 5G.

5G merupakan generasi jaringan berikutnya dari yang ada dikala ini, ialah jaringan 4G LTE, di mana teknologi 5G menjanjikan sebuah lompatan besar dari segi kecepatan.

Semakin dekatnya jaringan 5G untuk dinikmati, tak terlepas dari sudah ditetapkannya standar 5G pada Desember 2017 oleh The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional.

Operator seluler di seluruh negara mulai berlomba untuk menyiapkan infrastruktur pendukung guna mendukung layanan 5G kepada pelanggannya. Begitu juga vendor yang tak ketinggalan menghadirkan smartphone penunjang layanan tersebut.