Daftar Wisata Anak Di Bandung Seru Dan Menarik

0
135


Daftar Wisata Anak Di Bandung Seru Dan Menarik – Kota Bandung memiliki daya pikat bagi setiap wisatawan seperti anak muda, orang dewasa bahkan juga bagi anak-anak. Kota Bandung dirancang sedemikian rupa agar menjadi Kota yang ramah untuk anak-anak. Salah satu cara untuk menjadikan Bandung Kota yang ramah untuk anak adalah menyediakan tempat bermain dan liburan untuk anak. Kali ini kami akan berbagi tempat wisata anak di Bandung yang menyenangkan untuk bermain.


Beberapa tempat wisata anak di Bandung yang terkenal diantaranya seperti dusun bambu, kampung gajah, Kampung Batu Malakasari dan lain sebagainya. Admin berhasil merangkum setidaknya ada 15 objek wisata anak di Bandung yang bisa anda kunjungi, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Anak di Bandung

1). Phantasia Barbie Gallery di the Balcony Restaurant

Tempat wisata anak di Bandung yang pertama dari kami adalah sebuah restoran di Bilique Hotel. Balcony Restaurant menyediakan tempat bermain untuk anak-anak terutama anak perempuan karena disini ada banyak koleksi boneka.

Ada banyak koleksi boneka barbie disini, dengan beragam bentuk, gaya dan tema. Setidaknya ada sekitar 300 boneka di display, gallery ini tentu saja akan memberikan imajinasi tertentu bagi putri-putrimu.

Tiket masuk : Pembelian minimal Rp. 20.000 (gratis untuk tamu hotel)
Alamat: Jl. Sersan Bajuri No.100, Bandung, West Java, Indonesia
Tlp: (+62) 22 201 1330
Jam operasional: Pk. 09:00-22:00

2). Park Hopping Bandung

Tempat wisata anak di Bandung yang kedua adalah Park Hopping atau kalau dalam bahasa kita taman harapan. Taman ini selain asri juga sangat indah sekali karena hamparan bunga ditanam dan dirawat dengan baik. Ada ribuan jenis bunga disini. Selain untuk tempat rekreasi keluarga, anak-anak pasti akan sangat senang sekali bermain disini, tapi jangan sampai ada yang merusak tanamannya.

Masih ada banyak sekali taman-taman di Bandung yang bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta, seperti Taman Fotografi, Taman Musik, Taman Kota Babakan Siliwangi, Taman Lalu Lintas, Taman Persib, Taman Pasupati.

Taman-taman yang ditata dengan apik ini cocok untuk piknik keluarga di kahir minggu, terutama keluarga dengan balita yang baru mulai mengenal sekelilingnya. Ada banyak kebun-kebun untuk berfoto-foto juga, kamu pasti suka.

3). Wisata Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park

Jika anda ingin liburan berkualitas bersama anak dan anggota keluarga yang lainnya, maka Dusun Bambu Family Leisure Park adalah tujuan yang sangat tepat.
Taman ini sangat indah dan sejuk sekali, jauh dari hiruk pikuk keramaian. Taman ini layaknya sepenggal surga yang dianugerahkan untuk kota Bandung.

Lokasi Dusun Bambu Family Leisure Park ada di di kaki gunung di kawasan Situ Lembang dengan udara yang begitu bersih. Bahkan untuk menuju taman ini Anda masih harus naik shuttle dari tempat parkir.

Ada beragam wahana dan permianan yang disediakan disini seperti balon udara hingga mendayung kano sembari menikmati segarnya udara pegunungan. Karena taman ini tutup jam 10 malam, bila masih belum puas menghabiskan waktu di sini, Anda dapat menginap di pondok di tepi danau yang bangunannya terbuat dari kayu. Bagi mereka yang lebih berjiwa petualang, bisa juga menyewa tenda berkapasitas 6 orang dengan harga Rp 1.400.000,- per malam.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40551
Telepon: (022) 82782020
Tiket Masuk: Rp 15.000,-
Jam Operasional: 08.00-22.00

4). Kampung Gajah Wonderland Bandung

Selain Dusun Bambu Family Leisure Park, tempat wisata anak di Bandung yang tidak kalah terkenal adalah Kampung Gajah wonderland. Objek wisata yang satu ini memiliki permainan yang lebih banyak dan lebih menyenangkan. Setidaknya ada 20 wahana permainan disini. ini adalah tempat ideal untuk bermain bersama seluruh anggota keluarga.

Ada Segway yang bisa disewa untuk berkeliling tempat sebesar 60 hektar ini. Kampung Gajah memang lebih cocok untuk anak-anak yang sudah lebih besar, bukan cuma memiliki aktivitas wisata paling banyak di Bandung, Kampung Gajah juga menghadirkan banyak permainan dengan skala yang lebih besar lagi.

Ada permainan zip line yang membentang sejauh 500 meter ke lereng Lembang, atau ada juga mobil buggy dan ATV untuk berkeliling area berlumpur disana.
Anak-anak juga akan menikmati kebun ala Teletubbies dan mengendarai perahu ber-bumper.

Kampung gajah juga memiliki tempat permaian air atau waterpark yang tidak kalah dari di tempat-tempat lain,fasilitasnya juga sangat seru seperti Tornado Slide, Octopus Slide, dan juga tabung perosotan sepanjang 100 meter sementara anak-anak yang lebih kecil bisa bermain air di kolam anak-anak atau kolam bergelombang.

5). Kampung Dago Pojok

Kalau tadi kita bermain dengan alam, sekarang saatnya kita asah nilai seni dalam diri kita. Nah, kalau anda ingin mengajak dan mengajarkan anak tentang nilai-nilai seni. Awalnya Dago Pojok merupakan komunitas yang menyediakan sekolah gratis untuk anak-anak yang tidak mampu yang memfokuskan kegiatannya terhadap seni sebagai tambahan dari mata pelajaran sekolah standar.

Komunitas ini dimulai oleh Rahmat Jabaril yang dalam waktu singkat telah menarik banyak orang untuk ikut serta dalam banyak kegiatan seni.

Saat memasuki Kampung Dago Pojok, pengunjung akan disambut dengan murals berwarna-warni di dinding-dindingnya. Intiplah jalan-jalan kecilnya dan kamu akan menemukan banyak gadis kecil sedang belajar menari jaipong, atau anak-anak lelaki sedang berlatih pencak silat.

Ada juga workshop yang khusus membuat wayang, instrument bamboo, hasta karya, juga pembuatan kue-kue tradisional yang terbuka bagi siapa aja yang tertarik.

Kampung Dago Pojok

Tiket masuk : Berbentuk donasi
Alamat : Jl. Dago Pojok RW 03 Coblong, Bandung
Jam operasional : Pk. 08.00 – Pk. 22.00

6). Kebun Binatang Mini Bandung

Satu lagi tempat bermain anak di Bandung yang memiliki konsep unik, yaitu mini zoo atau kebun binatang mini. Yang lebih uniknya lagi, kebun binatang ini berada di atap sebuah pusat perbelanjaan, mal Paris Van Java. Ada dua kebun binatang mini di areal rooftop Paris Van Java, yaitu Lactasari Mini Farm dan Bird Park.

Keduanya sangat cocok sebagai tempat untuk mengajarkan anak-anak Anda agar lebih menyayangi binatang. Disini anak anda akan diajak mengenal binatang, memberi makan, memburi minumanan, susu dan lain sebagainya. Ada banyak koleksi burung di taman burung ini, anda akan diberi semangkuk belalang, yang kemudian bisa diberikan untuk makanan bagi burung-burung yang ada di dalamnya.

Di Bird Park ini Anda juga dapat melihat burung-burung langka Indonesia, seperti berbagai jenis Nuri dari Nusa Tenggara dan Burung Enggang dari Kalimantan.
Nah, untuk peternakan mini disini, ada lima jenis hewan ternak yaitu kambing, domba, sapi, kelinci, dan anjing Siberian Huskies.

Ketika memasuki peternakan mini ini Anda akan diberikan celemek, sayur-sayuran dan sebotol susu untuk diberikan kepada hewan-hewan di dalamnya.
Peternakan mini ini begitu bersih dan terawat dengan baik, sehingga Anda bisa mengunjunginya dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan terkena kotoran binatang.

Paris Van Java

Lokasi: Jl. Sukajadi no. 131-139, Bandung, Jawa Barat 40162, Indonesia
Telepon: (022) 2060800
Tiket Masuk: Bird Park Rp29.000,- Lactasari Mini Farm Rp60.000,-.
Jam Operasional: 10.00-22.00

7). Tempat Wisata Edukasi Anak di Padepokan Dayang Sumbi Bandung

Tempat wisata edukasi anak di Bandung yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah padepokan dayang sumbi. Bagi masyarakat kita, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama dayang sumbi. kalau padepokana dayang sumbi ini merupakan sentra penghasil benang sutra.

Disini anda akan melihat bagaimana proses pembuatan benang sampai kain sutra yang bernilai ekonomis tinggi itu. Selain belajar membuat kain sutera, kamu juga bisa belajar bagaimana cara memperlakukan kain ini, mengetes keasliannya, dan tentu saja berbelanja produk sutera berbentuk kain, sampai baju jadi, termasuk juga accessories seperti anting dan gelang.

Padepokan Dayang Sumbi

Tiket masuk : Rp. 65.000
Alamat: Jl. Arcamanik Sindanglaya KM. 4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik
No tlp : +62 813 2003 8686
Jam operasional : Pk. 08.00 – Pk. 13.00 (reservasi terlebih dahulu)

8). Tempat Wisata Alam di Ranca Upas, Ciwidey Bandung

Ranca upas merupakan tempat penagkaran rusa sekaligus bumi perkemahan yang seru untuk liburan camping bersama keluarga. Lokasi ranca upas sendiri ada di Ciwidey, tepatnya di kawasan Ranca Upas juga terdapat Balai Konservasi Penangkaran Rusa dan Bumi Perkemahan.

Untuk dapat memberi makan rusa, anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 saja. Selain memberi makan rusa, aneka kegiatan outdoor (lengkap dengan rumah pohon!), serta bermacam aktivitas air yang bisa dinikmati oleh anak-anak sementara Anda memanjakan diri di pemandian air panas.

Dan jika Anda tiba-tiba memutuskan ingin bermalam, di sini juga terdapat toko-toko yang menyediakan perlengkapan berkemah yang bisa disewa dengan biaya terjangkau.

Ranca Upas, Ciwidey

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Tiket Masuk: Rp10.000,-/orang (hari biasa), Rp15.000,-/orang (akhir pekan), bila Anda ingin menginap dan berkemah di sini, ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000,-/orang.

Jika Anda membawa  kendaraan, maka untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya Rp2.000,- sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,-.

9). Tempat Wisata Anak Terbaru Bandung Carnival Land

Bandung carnaval Land merupakan salah satu tempat wisata anak di Bandung yang baru dibuka. Konsepnya hampir sama dengan tanstudio, namun ini yang versi ‘merakyatnya’. Meskipun tidak semewah dan sebagus tanstudio, namun Bandung Carnaval Land ini bisa menjadi alternatif liburan bersama anak dan keluarga.

Ada banyak wahana permainana disini, ada Dragon Swing atau Mangkok Tsunami untuk tes adrenalinmu. Selain ituanda juga bisa masuk ke rumah hantu untuk uji nyali.

Bandung Carnival Land 

Tiket masuk : Weekday Rp. 40.000 | Weekend Rp. 50.000
Alamat : Jl. Sirnagalih No 15 Bandung, Jawa Barat
Telepon : +22 22 2038634
Jam operasional : Weekday : Pk. 11.00-19.00 | Weekend : Pk. 11.00-20.00

10). Jendela Alam Farm

Jendela Farm berlokasi di Jl. Sersan Bajuri, Lembang. Disini anak-anak akan diajari cara beternak dan mencintai hewan peliharaan. Kamu dapat berkeliling mengajak anak-anak mengitari lereng dan mungkin kamu akan menemukan aneka binatang!, pengunjung bahkan bisa juga ikutan memandikan, memberi makan, dan memberi susu untuk binatang-binatang ini.

Anak-anak dapat belajar cara bertani dengan menggunakan sekop dan garpu tanah sambil membiarkan tangannya kotor. Mereka juga bisa belajar tentang metode bertani yang modern seperti Vhydopronics dan Aquaponics

Jendela Alam farm

Tiket masuk: Weekday : Rp. 10.000, Weekend : Rp. 15.000
Alamat : Jl. Sersan Bajuri Km 4,5 Ledeng Lembang, Bandung, Jawa Barat
No Tlp : +62 22 2788482 / 2788513
Jam operasional : Weekday : Pk. 09.00 – Pk. 16.00 | Weekend Pk. 08.00 – Pk. 16.00

11). Kafe Unik dan Menarik

Ada banyak kafe unik dan menarik yang bisa kita kunjungi bersama keluarga. Anak-anak perempuan akan senang dibawa makan ke Nanny’s Pavillon, yang juga terkenal dengan peach pancakenya plus eskrim vanilla juga blueberry pancake cheese roll.  Biarkan mereka memilih ruangan dengan tema berbeda-beda, mulai dari tema kamar tidur sampai ke tema kamar mandi (lengkap dengan kursi berbentuk toilet)

Sebagai alternatif aja, apakah kamu pernah membayangkan menangkap lobster hidup langsung dari kapal/perahu? Atau mungkin tujuan kamu ke Bandung adalah untuk mencoba semua café-café asik ini!

Satu tempat yang jangan sampai terlewat adalah Kampung Daun. Selain makanan khas tradisional Sunda, kamu juga dapat menikmati makananmu di gasibu dari bamboo, dikelilingi pepohonan dan suara air terjun.

12). Kampung Batu Malakasari

Kampung batu mekarsari menjadi salah satu objek wisata yang digemari anak-anak, dulunya kampung ini adalah area penambangan yang terbangkalai tidak dilakukan reklamasi. Namanya juga orang kreatif, sampah bisa jadi duit. Sim salabin, area bekas penambangan ini kini menjadi objek rekreasi keluarga yang menyenangkan.

Cobalah naik kano menyebrangi danau yang dikelilingi oleh bebatuan yang bergerigi, akan mengingatkanmu akan proses terbentuknya dataran dari gempa tektonik jaman dulu.

Nggak merasa menguasai Geografi? Ada tour guide yang akan menceritakan padamu tentang begitu banyak keajaiban alam dan memberikan anak-anak pengetahuan sekaligus kesenangan dalam waktu yang bersamaan.

Di dalam satu permainan yang ada di sana, kamu dapat bermain di tanah, kotor-kotoran bersana anak-anak di peternakan bersama binatang-binatang seperti ayam, sapi dan rusa. Perhatikan bagaimana organisme terkecil pun dapat membantu menyeimbangkan ekosistem yang ada.

Ini juga merupakan kesempatan baik untuk mengajarkan anak-anak tradisi Sunda melalui tarian dan permainan tradisional Sunda yang akan membuat mereka lebih menghargai lingkungan – sesuatu yang sering jadi masalah belakangan ini.

Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan Tectona Waterpark, yang merupakan area berenang untuk anak-anak dari segala umur. Jangan khawatir karena ada lifeguards dan tim medis yang sesalu bersiaga untuk menjaga keamanan bermain anak-anak.

Kampung Batu Malakasari

Harga tiket masuk : Rp. 10.000
Educational Tour : Rp. 75.000
Tektona Waterpark : Rp. 25.000
Alamat : Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari Kec. Baleendah, Kab. Bandung
No Tlp : 022 72591042 / 022 5947823

13). Ciwidey Valley Waterpark Resort 

Ciwidey memiliki banyak objek wisata yang bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Satu lagi tempat wisata di Ciwidey yang bisa anda kunjungi yaitu Ciwidey Valley Waterpark Resort. Waterpark ini memiliki air panas yang membuat bermain jadi makin seru. Disini juga ada kandang burung yang sangat besar di resort ini, sangat menarik!

Tiket masuk untuk pengunjung tanpa menginap : Rp. 10.000, dan Rp. 25.000 untuk menggunakan fasilitas kolam renang.
Alamat : Jl. Raya Batununggul, Ciwidey, KM 17 Kab Banndung, jawa Barat, Indonesia
No Tlp : +62 819 1057 2241 / +62 22 95920222

14). The Farm House (Rumah Hobbit)

Satu laig farm yang bisa anda jadikan seabgai tempat untuk liburan bersama keluarga. Uniknya The farm house ini berukuran serba mini. Lokasi The farm house ada di Jl Raya Lembang, dapat ditempuh berkendara sekitar satu jam dari pusat kota. Tempatnya tidak sulit ditemui karena ada di pinggir jalan raya.

Wisatawan yang berkunjung ke Bandung biasanya mampir ke tempat ini, suasana yang ditonjolkan adalah suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa dan rumah kurcaci (hobbit) yang selama ini kita lihat di New Zealand.

The Farm House adalah tempat yang cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga, anak-anak bisa berlarian di areal kebunnya yang luas, orang tua bisa berfoto dan mengambil foto anak-anak (psst, areanya sangat instagram material!), dan anggota keluarga yang lebih tua bisa duduk santai menghidup udara pegunungan yang sejuk sambil minum susu segar.

The Farm House

Alamat: Jl. Raya Lembang No 108 Lembang Bandung
No Tlp: +62 22 82782400
Tiket masuk: Rp. 20.000 yang dapat ditukar dengan makanan / minuman
Jam operasional: Setiap hari Pk. 09.00 – Pk. 21.00

15). Saung Angklung Mang Udjo

Mengenal budaya itu sangat penting, hal ini akan menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap bangsa ini, apalagi terhadap budaya lokal sunda. Nah, anda bisa mengenalkan budaya sunda kepada anak di Saung Angklung Udjo. Saung ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk anak mengenal kebudayaan sunda yang sangat kaya itu, anda bisa memperkenalkan Tari Jaipong dan Kuda Lumping yang disertai dengan instrument tradisional berupa Angklung, Degung, dan Suling.

Saung Angklung Udjo juga mempunyai workshop yang terbuka untuk umum. Angklung adalah instrument unik yang berasal dari Jawa barat, dibuat dari tabung bamboo yang dibentuk desemikian rupa sehingga dapat menghasilkan nada-nada musik Sunda, yaitu Do Re Mi khas Jawa Barat.

Saung angklung Udjo adalah sebuah yayasan yang dimulai oleh Udjo Ngalegana pada tahun 1966 sebagai baktinya terhadap komunitas, di tengah perjalanannya, Saung Udjo banyak membantu proses edukasi anak-anak yang tinggal di daerah situ.

Saung Angklung Udjo

Tiket masuk : Rp. 100.000
Alamat : Jl. Padasuka No 118, Bandung, Jawa Barat 40192
No Tlp : +62 22 7271714
Jam operasional : Pk. 07.00 – Pk. 17.30.