Curangi Tkdn, Akta Infinix Zero 5 Dibekukan

0
104

Foto: InfinixFoto: Infinix

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk membekukan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 4G untuk ponsel Infinix dengan tipe X603 atau dikenal dengan nama lain Infinix Zero 5 yang beredar di Indonesia.

Pembekuan ini dilakukan sebab perangkat tersebut dinilai melanggar pemenuhan ketentuan persyaratan teknis atas perangkat yang dimaksud. Dalam siaran pers No.82/HM/KOMINFO/04/2018 perangkat Infinix tipe X603 dengan nomor 52139/SDPPI/2017 ditulis mempunyai kemampuan menangkap jaringan seluler 3G.

Akan tetapi, pihak Kominfo kemudian menemukan fakta bahwa perangkat tersebut ternyata juga mempunyai kemampuan teknologi LTE. Sehingga ini dinilai tidak sesuai dengan persyaratan teknis.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka sertifikat perangkat pesawat telepon seluler brand INFINIX tipe X603 nomor 52139/SDPPI/2017 atas nama PT. Bejana Nusa Agung dibekukan dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis Kominfo menyerupai dikutip Gobekasi dari situsnya, Kamis (5/4/2018).

Atas pembekuan sertifikat dimaksud, PT Bejana Nusa Agung harus menarik produk telepon seluler yang telah didistribusikan serta melaporkan alhasil kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Infinix sendiri sudah usang memasarkan produknya di Indonesia dan saat ada hukum TKDN, vendor ponsel asal China ini tunduk dan mengikuti aturan. Namun, yang ada malah ditemukan banyak kecurangan.

Seperti contohnya yang ditemukan dari aduan masyarkat, dimana saat melaksanakan pembelian di situs e-commerce Lazada Indonesia ternyata ponsel yang dijual bukan buatan Indonesia, melainkan buatan China.

Meskipun hanya ada beberapa produk yang diimpor utuh dari China, tetap apa yang dilakukan oleh Infinix merupakan pelanggaran ketentuan mereka berjualan di Indonesia.