Android P Segera Unjuk Gigi, Ini Bocoran Fiturnya

0
67

Ilustrasi. Foto: Gobekasi/Adi FRIlustrasi. Foto: Gobekasi/Adi FR

Jakarta – Setelah merilis Android versi 8.0 yang diberi nama Oreo, sudah saatnya bagi Google untuk mempersiapkan versi selanjutnya yaitu Android 9.0. Merujuk pada kebiasaan Google yang sesuai urutan abjad, nama versinya akan diawali dengan huruf P.

Berdasarkan bocoran terbaru, Google menargetkan supaya Android P bisa dirasakan oleh para pengembang (versi Preview) pada pertengahan Maret ini. Informasi ini diungkap oleh Evan Blass yang dikenal sebagai pembocor ulung.

“Android P Developer Preview 1 ditargetkan rilis pertengahan bulan,” tulis Blass di akun Twitter-nya @evleaks.

Belum ada informasi nama apa yang akan dipakai oleh Google. Namun perusahaan asal Mountain View, California, AS, itu mempunyai kebiasaan menamai OS Android-nya dengan nama kudapan bagus atau camilan. Ada pihak yang menyampaikan bahwa huruf ‘P’ itu ialah Pie.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, sebagaimana dikutip Gobekasi dari Engadget, Senin (5/3/2018), Android P bakal mempunyai kemampuan soal keamanan. Sistemnya bakal mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel.

Hal itu dilakukan ketika ada sebuah malware yang bisa merekam bunyi latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Kemudian Android P juga bakal mendukung notch (tonjolan) di layar yang ketika ini sudah mulai bermunculan di smartphone Android beserta fitur multiple screen. Namun sayangnya, fitur Dark Mode yang sebelumnya sempat dinantikan, belum ditemukan di versi ini.

Untuk mengetahui fitur lainnya yang terdapat di Android P, ada baiknya kita menunggu versi Preview yang kabarnya bakal dirilis pertengahan bulan ini.