Amankah Samsung Galaxy S9 Dan S9+ Masuk Ke Air Laut?

0
104

Foto: Adi Fida Rahman/GobekasiFoto: Adi Fida Rahman/Gobekasi

Lombok – Duo ponsel flagship teranyar Samsung memang tahan air dan debu. Tapi bagaimana kalau smartphone tersebut masuk ke air laut?

Samsung Galaxy S9 dan S9+ telah mempunyai standardisasi IP68 yang menciptakan keduanya tahan terhadap debu, air, dan pasir. Hal tersebut tentu meningkatkan perlindungan terhadap bahaya kerusakan yang sanggup menimpa duo ponsel tersebut.

Meski begitu, baik Galaxy S9 da S9+ tidak disarankan untuk merasakan asinnya air di laut. Hal ini dikarenakan standar dari IP68 memang tidak mengakomodasi untuk melindungi smartphone dari jenis benda cair tersebut.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung, menyampaikan bahwa kandungan garam menjadi penyebab mengapa air bahari sanggup menjadi bahaya tersendiri bagi keamanan dua ponsel tersebut, dan secara umum untuk smartphone dengan standardisasi IP68.

“Jadi, di dalam port-port itu kan ada karet anti airnya, takutnya lama-lama garam bisa menggerus lapisan itu,” ungkapnya dikala ditemui dalam sebuah kesempatan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Garam itu kan halus banget, takutnya beliau masuk ke port-port yang kebuka lalu beliau akan mengikis seal dari IP68 itu,” katanya menambahkan.

Amankah Samsung Galaxy S9 dan S9+ Masuk ke Air Laut? Product Marketing Manager Samsung Irfan Rinaldi (kiri). Foto: Muhamad Imron Rosyadi/Gobekasi

Meski begitu, ia menawarkan saran bagi para pengguna Galaxy S9 dan S9, baik secara sengaja maupun tidak, yang memasukkan ponsel tersebut ke dalam air laut.

“Kalau mau nekat, cemplungin aja, tapi dibilas lagi pake air mengalir,” pungkasnya.

IP, yang merupakan akronim dari Ingress Protection, yaitu satuan universal untuk mengukur ketahanan suatu perangkat mobile terhadap bubuk dan benda cair. IP68 yang dimiliki oleh S9 dan S9+ menciptakan kedua ponsel tersebut bisa tahan terhadap bubuk dan pasir serta air tawar dengan kedalaman hingga 1,5 meter dalam waktu hingga 30 menit.

Sebelumnya, Samsung sudah menerapkan standardisasi IP68 pada sejumlah lini produk perangkat mobile miliknya, yaitu Galaxy S7 dan S7 Edge, S8 dan S8+, serta Note 8.