Air Terjun Oenesu Tempat Wisata Eksotis Nan Cantik Di Kupang Nusa Tenggara Timur

0
17
Air Terjun Oenesu merupakan air terjun yang tersusun atas empat tingkat dengan tinggi yang mencapai sepeluh meter. Air terjun yang satu ini tak pernah surut meskipun musim kemarau datang. Warna airnya hijau agak kebiru-biruan tetapi tetap cukup jernih. Di setiap tingkatannya terdapat sebuah kubangan air atau biasa kita sebut kolam yang terjadi secara alami.

Di sekitaran air terjun ini, tersaji panaroma alam yang sangat indah. Pohon-pohon berdiri tegak sejajar, melambai kesana-kemari, rindang dan memberikan sensasi kesejukan yang luar biasa ditambah dengan gemercik air yang tiada henti membuat keributan, suasana alam yang lengkapa bisa Anda dapatkan di sini.

1). Lokasi Air Terjun Oenesu

Keindahan alam Mahakarya dari Sang Pencipta tersebut, letaknya hanya sekitar tujuh belas kilometer dari Kota Kupang, tepatnya di Desa Oenesu, Kec. Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ya, jika Anda berkunjung ke Desa Oenesu, maka sempatkan sedikit waktu Anda untuk menikmati wisata alam Air Terjun Oenesu yang begitu mempesona.

Baca Juga : Tempat Wisata di Hawaii Paling Populer Dan Teramai Dengan Pengunjung

Untuk sampai di Air Terjun Oenesu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa kendaraan umum yang biaya sewa transfernya hanya lima ratus ribu rupiah saja. Jalur yang digunakan untuk sampai di Air Terjun Oenesu adalah jalur 40, dimana jalurnya memiliki tingkat aksesibilitas yang cukup baik.

Beraspal mulus akan tetapi agak sedikit rusak di beberapa kilometer menuju gerbang masuk Air Terjun Oenesu. Namun jangan khawatir, jalur tersebut masih tetap aman untuk Anda gunakan dan sudah terbukti tidak mengalami banjir meski baru diterpa hujan yang begitu deras. Jadi, santai saja.

2). Tiket masuk Air Terjun Oenesu

Kawasan Air Terjun Oenesu juga menyediakan tempat parkir yang memadai. Untuk itu tak perlu khawatir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Tarif parkirnya juga relatif murah yakni Rp2000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp1000,- untuk kendaraan roda dua.

Lalu bagaimana dengan tarif tiket masuknya? Tarif tiket masuk ke kawasan wisata Air Terjun Oenesu pun juga relatif sangat murah. Untuk tiap-tiap orang dewasa dikenai tarif Rp1500,-  tiap orangnya dan untuk anak-anak dikenai Rp1000,- tiap orangnya. Murah sekali bukan?

Dari lokasi parkir menuju ke tempat air terjun berada, Anda bisa melalui dua jalan yang tersedia yakni jalur sebelah kanan dan jalur sebelah kiri. Jika Anda memilih jalur sebelah kanan maka Anda harus akan harus melintasi sebuah jembatan kayu yang kondisinya cukup memprihatinkan akibat dari keadaan jembatan yang kayu penyusunnya sudah tak lagi lengkap alias banyak yang hilang.

Silahkan Simak Juga : 14 Tempat Wisata Di Dunia Yang Menarik Dan Populer Di Kalangan Traveller

Tidak hanya melintasi jembatan yang memprihatinkan, Anda juga harus menuruni anak tangga yang curam untuk sampai ke lokasi Air Terjun Oenesu. Sebaliknya jika Anda memilih jalur kiri, Anda akan melalui jalan yang menurun yang cukup kondisinya cukup terjal, tetapi setidaknya lebih baik dari jalur sebelumnya.

Di jalur ini setelah Anda melewati jalan yang terjal, kemudian Anda akan sampai di jembatan yang berada dekat di air terjun utama. Jadi, tinggal terserah Anda saja memilih jalur yang mana, sebab jalur mana pun yang anda pilih akan membawa Anda menuju lokasi Air Terjun Oenesu.

3). Fasilitas di Air Terjun Oenesu

Anda juga tak perlu khawatir karena kawasan Air Terjun Oenesu juga memiliki fasilitas seperti MCK, tempat menjual makanan, loppo dan beberapa gazebo. Jika Anda butuh makanan ada warung, mau buang air dan segala keperluan yang berhubungan dengan air ada MCK.

Jika Anda lelah setelah berjalan kesana-kemari, Anda bisa bersantai sejenak di gazebo. Jadi meskipun termasuk ke dalam kawasan wisata alam, namun fasilitas yang tersedia cukup memadai.

Salah satu kelebihan dan daya tarik tempat wisata ini adalah lokasinya yang masih alami, dengan udaranya yang segar dan asri. Hal ini karena tempat wisata air terjun Oenesu, masih belum terlalu terekspos, jadi tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, kecuali di waktu hari libur atau hari minggu

Jadi, buat anda yang ingin menikmati wisata alam yang masih asli, belum terkontaminasi dengan kemajuan teknologi, dan polusi akibat kendaraan dan sampah, maka tempat wisata Air Terjun Oenesu ini adalah tujuan wisata terbaik untuk merefresh kembali pikiran Anda.