8 Tempat Wisata di Pelalawan Riau Terbaik untuk Dikunjungi

0
103
Tempat Wisata di Pelalawan – Keindahan alam Indonesia menyimpan keunikan dan cerita berbeda di setiap langkah perjalanan wisata. Ada saja hal menarik dan seru yang dapat kita temui di setiap pelosok negeri yang dapat menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan.

Salah satu daerah yang menyimpan keindahan yang begitu mempesona adalah Pelalawan Riau. Salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau ini dijamin bakal membuat perjalanan wisata Anda menjadi sangat berkesan.

Pelalawan merupakan salah satu daerah di Riau yang memiliki wilayah cukup luas. Luas kabupaten yang memiliki ibukota bernama Pangkalan Kerinci ini adalah 13.924,94 km².

Daerah yang dibelah oleh sungai Kampar dan memiliki beberapa pulau ini sangat layak Anda jadikan tujuan berwisata Anda. Di daerah ini Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang telah dikenal luas oleh dunia yaitu ombak Bono.

Selain ombak bono, kuliner dan budaya Pelalawan juga memiliki daya tarik tersendiri. Tempat apa saja yang dapat Anda kunjungi di Pelalawan. Berikut akan mengulasnya untuk Anda.

1. Keajaiban Ombak Bono

sumber : worldsurfin9.blogspot.com

Ombak Bono merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di Pelalawan. Pemandangan ombak besar biasanya dapat kita saksikan di lautan yang amat luas. Tapi di Pelalawan Anda dapat melihatnya di sebuah sungai.

Ombak Bono atau yang lebih populer dengan nama Bono Wave dikalangan peselancar dunia ini merupakan salah satu lokasi selancar terbaik dunia. Ombak yang berada di muara Sungai Kampar ini merupakan pertemuan antara arus pasang laut dan sungai.

Ombak yang dikenal dengan ombak tujuh hantu ini menjadi tujuan wisata Andalan propinsi Riau. Bagi Anda yang ingin menyaksikan ombak Bono yang besar, Anda dapat datang pada bulan November ataupun Desember.

Selain di dua bulan tersebut Anda juga dapat menyaksikan Ombak Bono pada waktu-waktu tertentu di bulan lainnya. Menurut masyarakat setempat, si Gelombang Hantu ini datang bertepatan pada pertengahan bulan pada kalender hijriyah ataupun saat terjadi bulan purnama.

Untuk menuju lokasi Ombak Bono dari ibukota Riau yaitu kota Pekanbaru Anda diharuskan menuju kota Pangkalan Kerinci. Untuk sampai ke kota ini, Anda harus menempuh perjalanan darat sejauh sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih melewati jalan Lintas Timur Sumatera.

Dari Pangkalan Kerinci ada dua alternatif jalur yang bisa Anda lewati untuk sampai ke lokasi Ombak Bono di Teluk Meranti. Jalur pertama adalah jalur darat dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Pilihan kedua adalah jalur sungai. Melalui Pelabuhan Jembatan Pangkalan Kerinci Anda dapat melakukan perjalanan dengan speed boat yang memakan waktu tempuh sekitar dua jam.

Biaya menaiki speed boat untuk sampai ke Lokasi Bono adalah sekitar Rp170.000,- sampai Rp250.000,-. Jalur sungai ini merupakan salah satu jalur favorit karena selain cepat, Anda juga dapat melihat indahnya pemandangan di Sungai Kampar.

Beragam fasilitas di Teluk Meranti terbilang cukup. Di tempat ini terdapat hotel dan penginapan dengan fasilitas sederhana. Ada juga masyarakat yang menawarkan jasa home stay. Untuk urusan kuliner di tempat ini tersedia beberapa warung makan yang menawarkan makanan khas melayu.

2. Keindahan Danau Tajwid

sumber : RiauGreen.com

Keindahan objek wisata danau diyakini mampu menghilangkan berbagai kepenatan yang terjadi dalam hidup Anda. Keindahan alam yang hijau dan teduh mampu memberikan suasana yang sangat rileks.

Di Pelalawan terdapat sebuah danau yang mulai diminati oleh para wisatawan. Danau tersebut adalah Danau Tajwid atau Danau Kajuid yang terletak di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Di danau yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Pangkalan Kerinci ini banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan. Mulai bersantai menikmati indahnya alam, memancing, berperahu ataupun aktivitas kemah.

Keindahan danau ini sangat layak untuk menjadi persinggahan menarik di Pelalawan. Meski fasilitas masih terbilang minim, tempat ini tetap saja memancarkan pesona wisata yang amat menarik.

3. Eksotisme Danau Wisata Betung

sumber : imgrum.net

Salah satu pesona alam yang saat ini mulai dilupakan adalah Danau Betung. Danau yang juga menawarkan hamparan indah nan menyejukkan mata. Di tengah danau ini terdapat rumah adat Petalangan yang menjadi saksi bisu berdirinya Kabupaten Pelalawan.


Objek wisata ini terletak di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau ini merupakan salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin berlibur murah di Pelalawan. Untuk memasuki danau ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Meski fasilitas di tempat ini masih terbilang minim, pesona indah danau ini tentu akan membuat Anda bahagia. Di tempat ini Anda dapat merasakan segarnya air danau, memancing ataupun bermain perahu mengelilingi danau.

4. Pesona Taman Nasional Tesso Nilo


sumber : @arifinputra_ via Instagram

Bagi Anda yang ingin melihat flora dan fauna khas hutan hujan tropis, maka Anda dapat mendatangi Taman Nasional Tesso Nilo. Taman yang memiliki luas sekitar 38.576 hektare ini dihuni oleh ratusan jenis flora dan fauna.


Taman Nasional yang terletak di Kebupaten Pelalawan dan Indragiri ini salah satu tempat cocok untuk melakukan petualangan. Di tempat ini Anda dapat menikmati indahnya kicauan burung nan merdu dan gajah-gajah liar serta satwa lainnya. Benar-benar pengalaman menarik dan berkesan.

5. Istana Sayap Pelalawan

sumber : @infopkc via Instagram

Salah satu bukti kejayaan kerajaan Pelalawan adalah keberadaan Istana Sayap Pelalawan. Istana ini terletak di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Istana megah berwarna kuning yang ada di Desa ini merupakan bangunan istana baru yang dibangun oleh pemerintah.


Bangunan asli saat di tempat ini hanyalah dua bangunan sayap yang mengapit bangunan utama. Keindahan bangunan bergaya melayu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat salah satu kemegahan budaya melayu.

6. Masjid Agung Pelalawan

sumber : @gbmn_ via Instagram

Salah satu tempat wisata religi di Pelalawan adalah Masjid Agung Ulul Azmi Pelalawan. Desainnya yang begitu megah membuat kondisi beribadah di masjid ini terasa begitu nyaman. Masjid ini terletak di kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, tak jauh dari kantor Bupati Pelalawan.


7. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan

sumber : indo.wsj.com

Pesona indah hutan tak lepas dari kabupaten Pelalawan. Salah satu tempat tepat dan indah bagi Anda pecinta alam adalah Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan. Hutan yang merupakan hutan yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer dunia ini merupakan salah satu tempat wisata alam menarik.


Beragam flora dan fauna menarik khas lahan gambut terdapat di tempat ini. Anda akan menemui flora langka dan menarik seperti kantung semar, meranti, punak, perupuk, nipah, rengas, pandan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Faunanya juga begitu mengagumkan. Jika beruntung Anda dapat melihat berbagai macam satwa liar di tempat ini seperti burung enggang, monyet ekor panjang, harimau dahan, beruang madu kuntul putih, ikan arwana, owa, itik liar, dan buaya sinyulong. 

Hal menarik dan langka lainnya adalah di tempat ini Anda dapat melihat ribuan burung yang melakukan migrasi. Oleh sebab itu Kerumutan ditetapkan juga sebagai wilayah kawasan Importan Bird Area (IBA) dan Endangered Bird Area (EBA).

8. Eksotisme Pantai Ogis

sumber : pekanbarugallery.blogspot.com

Salah satu pantai yang cukup indah dapat Anda kunjungi di Pelalawan adalah Pantai Ogis. Pantai yang berada dekat dengan lokasi Ombak Bono ini menawarkan sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Pelalawan. Semoga alam Pelalawan senantiasa terjaga kelestariannya. Hutan yang selama ini menjadi paru-paru dunia yang ada di Pelalawan tak berkurang luasnya. Baca juga 7 Tempat Wisata di Dumai Paling Menarik.