7 Tempat Wisata Di Maros yang Super Indah

0
58
Wisata Maros – Sulawesi Selatan merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah timur Indonesia. Salah satu provinsi terluas yang ada di Pulau Sulawesi ini memiliki banyak keindahan alam, pesona budaya dan citarasa kuliner yang amat menarik.

Salah satunya adalah di Kabupaten Maros yang tak jauh dari kota Makassar. Kabupaten ini memiliki keindahan alam dan warisan kuliner yang menakjubkan. Daerah yang beribukota Turikale ini hanya berjarak sekitar 44 kilometer dari pusat kota Makassar.

Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi jika melancong ke kabupaten yang memiliki 14 kecamatan ini. Apa dan di mana saja tempat tersebut. Berikut pilihkan untuk Anda.

1. Area Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

sumber : pegipegi.com

Keindahan alam kampung yang dijuluki Rammang-Rammang ini memang tak diragukan lagi. Kampung ini menawarkan latar belakang pemandangan gunung-gunung karst, hamparan sawah dan sungai yang begitu eksotis.

Di kampung ini Anda dapat merasakan sensasi liburan romantis menaiki perahu ataupun rakit di sungai Pute. Kabut yang menyelimuti kampung ini di kala pagi menyapa membuatnya terlihat sangat indah.

Tak sulit untuk menemukan lokasi kampung Rammang-Rammang. Kampung ini secara administratif terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya tak jauh dari jalan raya lintas provinsi.

Kampung ini dapat menjadi salah satu tempat yang sangat instragramable untuk mengisi sosial media kamu. Apalagi di kampung ini udaranya terasa begitu sejuk dan segar. Pastinya Anda betah berlama-lama di tempat ini.

2. Kawasan Karst Maros

sumber : pictacam.com

Masih di lokasi yang sama, Anda dapat mendekat ke pegunungan karst maros yang masih berada di Desa Salenrang. Keindahannya akan begitu terasa apabila Anda melihat keindahan gunung kapur ini dari dekat.

Pegunungan ini dapat menjadi sebuah hal yang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda tentunya. Sebuah karya dan potret keindahan alam yang amat patut kita syukuri. Dijamin berfoto tempat ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

3. Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung

a photo by @basrii29 via instagram

Maros juga memiliki air terjun yang sangat mempesona yaitu air terjun Bantimurung. Air terjun ini sangat ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah. Sangat favorit dikalangan masyarakat Makassar karena jaraknya tak jauh dari kota Makassar.

Letaknya yang dikelilingi hutan hijau lebat dan bebatuan karst membuat siapa saja betah berada di tempat ini. Di lokasi ini Anda dapat meluncur seru dengan ban di aliran air terjun. Tak mungkin rasanya jika Anda ke tempat ini Andatak berbasah-basah.

Lokasinya berada di dalam kawasan  Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Tepatnya berada di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bulusaraung, Kabupaten Maros. Berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Makassar dengan waktu tempuh sekitar satu jam melewati Jl. Tol Insinyur Sutami dan Jl. Poros Maros – Soppeng.

Untuk memasuki kawasan Taman Nasional ini Anda akan dikenakan biaya masuk Rp25.000,-. Sesampai di lokasi tentunya banyak pilihan wisata yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang super eksotis ini.

4. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

sumber : a photo by @adhiputra_p via instagram

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan salah satu tempat tereksotis yang sayang untuk Anda lewatkan. Taman yang memiliki luas sekitar 43.000 hektare ini menyimpan potret keindahan alam yang tak biasa.

Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, tempat yang sering disebut TN Babul ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Tempat ini sangat terkenal dengan kemegahan karst nya. Berbagai macam jenis kupu-kupu ada di tempat ini sehingga dijuluki sebagai kerajaan kupu-kupu.

Di tempat inilah terdapat sebuah taman kupu-kupu yang sangat indah. Anda dapat berdiri dari sebuah jembatan gantung untuk mengamati kupu-kupu dari ketinggian. Jembatan membentang sepanjang 41 meter dengan tinggi sekitar 25 meter.

Melewati jembatan tersebut sekaligus menguji adrenalin Anda. Jembatan berada dalam kuba raksasa yang berfungsi sebagai sangkar kupu-kupu hasil penangkaran. Sayang rasanya jika ke Bantimurung melewati berfoto ria di atas jembatan taman kupu-kupu ini.

5. Eksotisme Alam Sungai Pute

sumber : @reusadi via instagram

Menjelajahi sungai pute dengan rakit adalah pilihan tepat liburan romantis Anda. Sebuah sungai yang menyajikan pemandangan alam yang tak biasa. Dari Dermaga Perintis Rammang-Rammang Anda dapat menyewa perahu untuk menyusuri sungai super eksotis ini.

Harga sewa perahu beragam tergantung muatan penumpang yaitu mulai Rp200.000- sampai Rp350.000,-. Untuk ke tempat ini datanglah pagi hari. Persiapkan topi, sun block dan makanan yang dapat Anda makan di atas perahu. Dijamin menjelajahi sungai ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

6. Tempat Menarik Leang Petta Kere

a photo by @nugrahaningrum via instagram

Bagi Anda pecinta sejarah, tempat yang satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Leang dalam bahasa Maros berarti Gua. Gua ini diperkirakan ada pada tahun 1500 sebelum masehi. Lokasinya berada tak jauh dari air terjun Bantimurung.


Pemandangan alam menuju ke lokasi gua ini merupakan sesuatu yang sangat menyejukkan mata Anda. Di gua ini terdapat lukisan dinding yang merupakan lukisan prasejarah masa lalu. Agar terhindar dari coretan tangan jahil, lukisan dinding tersebut disekat dengan pintu dan dikunci.

Keindahan Gua ini benar-benar akan memberikan pengalaman berbeda dari Anda. Bentuk guanya yang indah dan lokasinya yang berada di ketinggian merupakan keindahan yang tak akan Anda temui di daerah lainnya di Indonesia.

7. Pesona Pantai Kuri

a photo by @sutrisno.abbas via instagram

Tak hanya Karst, Maros juga memiliki pantai yang tak kalah cantiknya. Pantai Kuri adalah pantai yang masih sangat alami yang berdampingan dengan kampung nelayan. Hamparan pasir dan jernihnya air laut membuatnya amat layak untuk Anda kunjungi.

Pantai indah ini terletak Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombala, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dapat ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Cukup dekat bukan ?. Dan keindahannya tak usah diragukan lagi.

Itulah tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi di Maros. Keindahan alamnya benar-benar akan membuat Anda betah ditempat ini. Maros dapat menjadi pilihan liburan Anda jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Baca juga Pesona Menakjubkan Air Terjun Bissapu Sulawesi Selatan.