7 Tempat Wisata Di Cikampek Jawa Barat Yang populer Dan Harus DiKunjungi

0
56
Tempat Wisata Di Cikampek – Propinsi jawa barat merupakan salah satu tujuan tempat wisata yang selalu di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Selain tempat wisata bandung, garut, lembang dan ciamis ternyata Cikampek memiliki tempat-tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang memukau.

Cikampek juga terkenal sebagai sentra perdagangan Industri di Kabupaten Karawang lokasi berada di bagian timur. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di cikampek berprofesi sebagai pedagang, pegawai negeri, karyawan swasta, dan karyawan pabrik.

Seperti kita tahu cikampek merupakan alternative salah satu akses jalan menuju ke berbagai tempat yang berada di pulau jawa. Tetapi sering terlupakan bahwa di cikampek memiliki tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan liburan bagi masyarakat setempat untuk sekedar mengisi waktu akhir pekan atau waktu liburan anak sekolah.

Dan apabila di sejajarkan dengan kota-kota besar di propinsi jawabarat, seperti bandung, garut, ciamis dan cirebon dengan tujuan tempat wisata yang berada di cikampek belum sebanding, tetpai jangan salah tempat wisata di cikampek memiliki pemandangan serta suasana yang menarik untuk di kunjungi bersama keluarga.

Penasaran ingin tahu tempat-tempat wisata apa saja yang berada di cikampek dan sekitarnya, berikut ulasannya.

1). Alun-alun Kota Cikampek

Alun-alun cikampek menjadi salah satu tempat wisata bagi sebagian besar masyarakat, tempat ini sangat cocok di kunjungi pada saat pagi hari atau sore hari. Dan apabila berkunjung pada pagi hari suasana tempat ini sangat ramai di kunjungi warga setempat.

AKtivitas yang dapat di lakukan disini, pengunjung dapat melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, jogging dan olah raga lainya, selain itu banyak pula yang berkunjung ke tempat ini sekedar nongkrong dan jalan-jalan santai bersama keluarga.

Jangan khawatir bagi pengunjung yang datang ke Alun-alun Cikampek bila merasa lapar atau kehausan, karena banyak para pedangan yang sengaja menjajakan dagangannya entah itu makanan ringan, makanan berat, dan tersedia pula aneka minuman yang menyegarkan yang tersedia di tempat ini.

Dan setiap tahun-nya di lapangan alun-alun ini senantiasa di adakan berbagai acara untuk sekedar menghibur masyarakat yang berkunjung ke tempat ini, untuk warga cikampek sendiri memiliki acara tertentu yang selalu di adakan setiap tahunya, yaitu acara Minggu Raya Cikampek serta Minggu Raya Ramadhan.

2). Museum Lokomotif Kereta (Stasiun Cikampek)

Bagi Anda yang tengah jalan-jalan ke kota cikampek dan ingin mengetahui berbagai pernak pernik kereta api pada jaman dahulu harus menyempatkan berkunjung ke stasiun kereta yang berada di cikampek.

Karena di stasiun ini telah di buka untuk umum sebuah Museum Lokomotif yang di dalamnya terdapat bangkai-bangkai kereta peninggalan jaman belanda terdahulu. Terdapat kurang lebih 10 lokomotif yang tidak dipergunakan lagi dan awetkan untuk sekedar memberi pengetahuan kepda anak-anak tentang sejarah dan pembuatan Lokomotif Kereta api.

Para pengunjung dapat melihat-lihat dan menaiki kereta tersebut serta dapat menikmati suasana di dalam Lokomotif Kereta yang umurnya sudah mencapai puluhan tahun.

3). Rimba Riset Cikampek (Kebon Kembang)

Rimba Riset Cikampek adalah sebuah hutan yang berada di Cikampek atau yang umum dan familiar di kalangan masyarakat setempat dengan nama Kebon Kembang, tempat wisata yang satu ini merupakan hutan rimba lindung yang terdapat di Desa Cikampek, tepatnya di samping timur kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Salah satu yang menarik di tempat adalah kesejukan serta kesegaran udaranya begitu terasa pada saat memasuki kawasan kebon kembang dan terasa masih alami dan bersih, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari pemukiman masyarakat setempat.

Banyak warga sekitar ataupun warga yang datang dari luar daerah berkunjung untuk sekedar nikmati situasi yang sejuk serta fresh. Dapat di perkirakan pada saat akhir pekan dan libur anak sekolah Kebon Kembang menjadi tujuan wisata bagi masyarakat setempat.

4). Situ Kamojing

Situ Kamojing adalah danau buatan dan juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup eksotis berada di perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Desa Kamojing Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Danau yang mempunyai luas kurang lebih 62 hektare, dengan kedalaman air sekitar 10 sampai 14 meter. Menjadi salah satu diantara tempat wisata favorite bagi warga sekitar untuk bersantai, berkumpul bersama keluarga atau saudara, lebih enak di kunjungi pada sore hari karena cuaca tidak terlalu panas.

Selain itu para pengunjung dapat melihat pemandangan sunset dengan jelas ketika matahari mulai turun dan terbenam barada di sebelah timur. Nah, disitulah salah satu yang menarik dari Situ Kamojing dan selalu menjadi tempat teramai di cikampek pada saat minggu sore dan hari libur lainya.

Maksud dan tujuan paling utama pembuatan danau kamojing ini yaitu untuk menyimpan air hujan yang nantinya dapat dipakai untuk kebutuhan jaringan irigasi pesawahan. Ketika musim hujan tiba, genangan air yang ada di situ Kamojing dapat meluber. Serta saat musim kemarau datang, keadaan air di danau buatan ini jadi surut, bahkan air danau menjadi kering.

5). Kolam Renang (Waterpark Playground)

Di kota Cikampek terdapat pula wahana bermain air yang seru dan juga menarik untuk dikunjungi pada saat akhir pekan untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, yaitu wahana kolam renang Waterpark Playground.

Aneka permainan di kolam renang ini terbilang cukup lengkap serta menarik khusunya bagi anak-anak, terdapat beberapa wahana seperti perosotan air, ember tumpah, dan juga terdapat kolam renang khusus bagi anak-anak dengan kedalaman air 20cm sampai 50cm.

6). Taman Rusa Cikampek

Taman Rusa adalah salah satu pilihan bagi warga sekitar cikampek untuk bersantai bersama keluarga. Taman rusa ini terdapat di lokasi Pabrik PT. Pupuk Kujang Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Warga yang berdatangan mengunjugi tempat itu dapat bercengkrama serta memberi makanan untuk rusa-rusa yang dipelihara di lokasi tersebut. Pihak perusahaan PT Kujang juga tidak terasa terganggu dengan hadirnya beberapa warga yang melihat-lihat dan memberi makan rusa-rusa yang berada di area taman.

Di kawasan taman rusa terdapat cukup banyak rusa dengan aneka jenis warna, ada yang belang dengan corak putih, ada yang berwarna coklat polos, dan masing banyak lagi jenis rusa yang terdapat di area taman rusa yang bertempat di cikampek jawabarat.

Umumnya taman rusa selalu ramai dikunjungi warga pada sore hari atau hari minggu pagi, dan lokasi taman rusa menjadi salah satu tempat dimana orang-orang atau masyarakat pada umumnya menghabiskan waktu sore hari jika pada saat bulan puasa tiba, istilah kata ngabuburit.

7). Sirkuit Autocar Dawuan

Sirkuit Autocar Dawuan ada di lokasi Mandala pratama permai, tepatnya kurang lebih 68 km dari tol Cikampek. Ditempat ini kerap di selenggarakan sebagian moment rally, baik itu moment Rally tingkat daerah ataupun tingkat nasional.

Jadi untuk Anda yang hobby dengan otomotif, sebaiknya bila tengah berjalan-jalan ke Cikampek berkunjung ke lokasi sirkuit ini. Walaupun tempatnya yang tidak terlalu bagus untuk sekedar melihat-lihat perlombanaan yang tengah berjalan, tetapi permainan ini cukup menegangkan dan sekaligus memacu andernalin bagi siapa saja yang sedang menontong secara langsung.

Itulah 7 daftar tempat wisata di cikampek yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat, semoga dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang tengah jalan-jalan ke cikampek atau sedang mencari info dimana saja tempat wisata cikampek jawabarat yang asik dan menrik untuk dikunjungi.