6 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Paling Menarik Dikunjungi

0
53
Wisata Aceh – Alam Aceh memang selalu memliki pesona keindahan yang tak dapat Anda lupakan. Ada saja tempat-tempat indah yang Anda temui ketika menginjakkan kaki di bumi serambi mekah ini. Dan yang tak kalah indahnya adalah pesona alam dan budaya Aceh Timur.

Kabupaten yang ber-ibukota Idi Rayeuk ini merupakan daerah dengan penduduk terbanyak kedua di propinsi Aceh. Dengan suku mayoritas yang menghuni daerah ini adalah suku Aceh, suku Gayo dan Suku Tamiang.

Perpaduan antara kearifan lokal di Aceh Timur dengan keindahan alamnya begitu terlihat eksotik dan memiliki daya tarik tersendiri. Di berbagai sisi Aceh Timur terdapat banyak keindahan yang mungkin akan memberikan sebuah kisah perjalanan wisata tak terlupakan bagi Anda. 

Memang Aceh Timur salah satu kabupaten yang cukup jauh dari pusat Kota Banda Aceh. Jarak dari Banda Aceh ke kota Idi Rayeuk yang merupakan ibu kota daerah ini adalah sekitar 366 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung atau sedang berada di daerah ini. Berikut rangkum tempat-tempat indah yang dapat Anda kunjungi. 

1. Air Terjun Weh Hilang


sumber : Sportourism.id

Inilah sebuah lokasi yang layak disebut sebagai surga tersembunyi di Aceh Timur. Air Terjun ini dikenal juga dengan nama air terjun Terujak karena lokasinya masuk ke dalam wilayah administratif Gampong Terujak, Kecamatan Serba Jadi, Aceh Timur.

Seperti kebanyakan air terjun indah yang lainnya, untuk menuju air terjun Weh Hilang ini memang membutuhkan perjuangan yang cukup keras. Dari ibukota kabupaten Anda diharuskan melakukan perjalanan selama 3 jam dengan kondisi jalanan cukup sempit dan sedikit berlubang.

Selanjutnya sesampainya di Gampong Lokop kendaraan Anda harus di parkir dan dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh satu kilometer menyusuri bibir sungai yang airnya sangat jernih. Alamnya terasa begitu indah dengan beragam pepohonan hijau lebat yang menemani perjalanan Anda.

Rasa lelah Anda akan terbayar lunas ketika Anda sampai ke lokasi air terjun Weh Hilang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki kondisi alam amat hijau dengan keindahan yang begitu memanjakan mata.

Tak sabar rasanya untuk menceburkan diri ke kolam pemandian alami di lokasi air terjun ini. Sangat sejuk dan airnya sangat jernih. Untuk menuju lokasi air terjun ini Anda perlu melakukan persiapan yang matang, mulai dari persiapan fisik hingga bekal Anda selama perjalanan.

2. Pantai Kuala Beukah

sumber : @iedareysita via Instagram

Aceh memang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Salah satu pantai yang menyimpan pesona keindahan yang dapat Anda kunjungi di Aceh Timur adalah Pantai Kuala Beukah.

Di Pantai Kuala Beukah Anda akan menemukan panorama laut yang dikelilingi pepohonan cemara yang menambah keindahannya. Pasir pantai yang berwarna kecokelatan berpadu indah dengan ombak yang mengalun menyapa bibir pantai. 

Pantai Kuala Beukah terletak di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Idi Rayeuk dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Tempat ini masih sangat alami dan terjaga. Hal itu membuat tempat ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi di Aceh Timur.

3. Pantai Kuala Parek

sumber : KebudayaanIndonesia.Com

Pantai selanjutnya yang memiliki keindahan yang luar biasa adalah pantai Kuala Parek. Pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Hamparan laut biru dengan pasir pantai yang landai membuatnya terlihat begitu eksotis.

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang masih alami dan terjaga keindahannya. Pantai ini terletak di Gampong Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, sekitar 7 km dari kota kecamatan. Pantai ini dapat dijadikan salah satu tujuan libur Anda di Aceh.

4. Pantai Idi Cut

sumber : klikkabar.com

Ingin menikmati pantai yang tak jauh dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Maka pantai Idi Cut ini dapat jadi tujuan wisata Anda selanjutnya. Hamparan pasir putih dengan sedikit berbatu memiliki perpaduan indah dengan pepohonan cemara di sekelilingnya.

Pantai ini berada tak jauh dari pusat keramaian kota, hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Rasa relaks langsung terasa ketika Anda memasuki kawasan dengan pasir landai ini.

5. Pantai Ketapang Mameh

sumber : @deckygusnardi via Instagram

Pantai Ketapang Mameh merupakan salah satu destinasi favorit bagi warga Aceh Timur. Pesona keindahan pantai indah ini tampak serasi dengan gubuk-gubuk peristirahatan yang ada di pantai ini. 

Pantai Ketapang Mameh letaknya tak jauh dari pusat kota. Tepatnya berada di Gampong Ketapang Mameh, kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Mengunjungi pantai ini adalah alternatif tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan.

6. Situs Kerajaan Peureulak

sumber : misykah.com

Tempat ini merupakan objek wisata sejarah peninggalan kerajaan islam Kesultanan Peureulak. Salah satu peninggalan bersejarah kerajaan tersebut di Aceh Timur adalah makam seorang raja dan sebuah masjid. Lokasinya berada di Gampong Tualang kecamatan Peurelak kabupaten Aceh Timur.

Itulah tempat yang bisa Anda kunjungi di Aceh Timur. Mengunjungi setiap daerah di Aceh akan meninggalkan cerita yang berbeda-beda. Pesona dan keindahannya benar-benar layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan utama perjalanan wisata Anda. Baca juga 7 Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara terbaik.