6 Tempat Wisata Bandung Jawabarat Dapat Mengobati Rasa Patah Hati

0
39
Tempat Wisata Bandung Jawabarat – Mungkin dalam hati bertanya-tanya, apa yang membedakan wisata bandung sama tempat wisata Bandung Barat ?. Bandung dibagi menjadi tiga wilayah administratif yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kabupaten Bandung Barat merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bandung pada 2007 silam.

Karna tidak mau repot, kebanyakan orang menggunakan kata Bandung untuk mereferensikan ketiga wilayah tersebut. Di Bandung sendiri sebenarnya ada istilah Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat serta Kota Cimahi. Apapun kita menyebutnya, yang jelas maksud kita adalah sama.

Bandung Barat sendiri merupakan salah satu destinasi wisata favorite. Beberapa tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, De’ranch, Bosscha, hingga yang terbaru “Farm House” berada di bandung barat. Baca Juga Tempat Wisata Bandung Utara Memiliki Pesona Alam Indah Dengan Berbagai Misteri Terdapat Di Dalamnya.

Kalau kamu menganggap tempat-tempat tersebut sudah terlalu mainstream, masih terdapat tempat-tempat lain yang bisa di kunjungi di Bandung Barat. Bagi yang sedang patah hati pasti akan senang mengunjungi tempat-tempat keren di Bandung Barat ini.

Berikut Tempat Wisata Bandung Barat Yang Dapat Dikunjungi : 

1). Curug Tilu 


Walapun tidak tinggi, Curug Tilu punya pesona yang membuat kita menjadi nyaman ketika berada di sana. Tempat ini berada di kawasan Wana Wisata Ciwangun Indah Camp. Dinamakan Curug Tilu karna air terjun yang ada di sana bertingkat-tingkat.

Tinggi maksimal air terjun ini hanya sekitar 10 meter. Berjalan terus ke atas dari Curug Tilu pengunjung akan menemukan air terjun lain yakni Curug Putri Layung. Di kawasan air terjun ini ada beberapa kolam yang bisa kita gunakan untuk berendam dan bermain air.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong.

2). Sendang Geulis Kahuripan 

Sendang Geulis Kahuripan adalah sebuah telaga mini yang airnya berasal dari sumber alami di pegunungan sehingga terasa sangat segar. Tempat ini memang kecil namun memiliki air yang sangat bersih serta udara yang sejuk sehingga menarik untuk dikunjungi.

Di tempat ini para pengunjung dapat berendam sepuasnya sampai kedinginan. Tempat ini sendiri memiliki beberapa versi nama. Ada yang menyebutnya dengan Talaga Cikahuripan, Sendang Geulis Kahuripan bahkan Sirah Cai Kahuripan. Namun, nama yang sering digunakan oleh warga lokal adalah Talaga Cikahuripan.

Lokasi tempat ini berada di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan.

3). Curug Malela 


Kalau kamu ingin mencari tempat camping di sekitar Bandung Barat, Curug Malela bisa menjadi salah satu pilihan. Di sekitar air terjun ini ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Sebenarnya, ada juga sebuah pendopo dan kalau mau kamu juga bisa bermalam di sana. Simak Juga Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Menarik Dan Romantis Wajib Dikunjungi Saat Liburan. 

Curug Malela sendiri sering dijuluki sebagai Niagara mini karna bentuknya yang melebar. Batu-batu alam nan indah akan kita jumpai di sekitar lokasi air terjun. Lokasi air terjun ini berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga. Hulu sungai yang mengalir di air terjun berasal dari lereng Gunung Kendeng

4). Sanghyang Heuleut 


Tempat ini dulu disakralkan oleh warga setempat dan tidak ada berani warga yang datang ke sana pada hari-hari biasa. Namun, kini ketakutan itu sudah tidak ada lagi. Lagipula, tempat sekeren ini terlalu sayang untuk ditakuti.

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah kolam alami yang berada di aliran sungai yang berasal dari Danau Citarum Purba. Kolamnya dikelilingi oleh batu-batu alam berukuran besar dan sangat indah. Tempat ini konon dulu sering digunakan oleh Dayang Sumbi untuk mandi dan membersihkan diri.

Sanghyang Heuleut bukanlah satu-satunya kolam yang ada di sekitar sana. Di kawasan tersebut juga ada Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro.

Lokasi Sanghyang Heuleut dapat kita capai setelah melewati Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro. Lokasi ketiga kolam tersebut berada di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat bandung jawabarat.

5). Curug Anom 


Curug ini katanya adalah curug jodoh. Barang siapa yang datang kesana bersama pasangan maka hubungannya akan langgeng. Airnya memang tidak terlalu deras namun cukup tinggi. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Natural Hills, Lembang.

Mereka yang mengadakan acara di Natural Hills biasanya akan trekking ke air terjun ini untuk menikmati kesegaran alami yang ada. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun kita harus melewati ratusan anak tangga yang tentu saja cukup melelahkan.

6). Stone Garden 


Kenapa dinamakan Stone Garden? Karna di kawasan ini kita akan menemukan pemandangan batu-batu yang berada di atas bukit. Pemandangannya terlihat sangat keren. Kawasan di sekitar Stone Garden ini sebenarnya merupakan kawasan pertambangan.

Namun, khusus untuk kawasan di Stone Garden sudah ditetapkan sebagai geopark sehingga tidak boleh dieksploitasi lagi, Pemandangan yang ada di sekitar Stone Garden ini sangat indah dan cocok banget untuk objek fotografi. Sekitar 1,5 km sebelum lokasi Stone Garden ini ada sebuah goa yang dinaman Gowa Pawon. Yakni sebuah goa yang merupakan situs purba.

Lokasi Stone Garden sendiri berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat.

Itulah daftar tempat wisata bandung barat yang memiliki pemandangan menakjubkan dan di pastikan setiap pengujung yang datang ke tempat ini akan merasakan pemandangan wisata alam yang sangat luar biasa. Ketahui Juga 20 Tempat Wisata di Lembang Bandung Yang Memiliki Pesona Alam Menakjubkan Dan Wajib Dikunjungi.