50 Tempat Wisata di Jogja Paling Hits dan Paling Menarik

0
94
Wisata Jogja – DI Yogyakarta sebuah propinsi yang terletak di pulau Jawa ini merupakan salah satu daerah yang menyimpan pesona yang luar biasa. Tak hanya tersohor di dalam negeri tapi juga tersohor di luar negeri.

Kekayaan budaya yang begitu unik diikuti dengan kecintaan untuk hidup dalam bingkai budaya tersebut membuah propinsi ini terasa sangat menarik. Berwisata ke daerah ini memberikan kesan wisata yang mendalam bagi Anda yang ingin mengelilingi propinsi yang tak hanya indah alamnya saja. 

Berbagai pesona yang dimiliki Jogja akan mengantarkan Anda pada kesan yang amat mendalam. Kali ini akan memilihkan 50 tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi di daerahy ang pernah menjadi ibukota Indonesia ini. Berikut ulasannya !
1. Kalibiru Kulon Progo

a photo by @nitanggriani via instagram

Inilah tempat wisata yang lagi populer dan sangat hits di kabupaten Kulon Progo propinsi DI Yogyakarta. Wisata alam dengan pesona alam keindahan hutan dan bukit hijau ini menjadi tempat yang begitu populer di media sosial. 


Banyak yang mengatakan bahwa Kalibiru adalah spot foto terbaik dengan latar yang begitu memukau. Untuk memasuki tempat yang begitu indah ini Anda dikenakan biaya sebesar Rp10.000,- per orang. Jika Anda ingin berfoto di tempat ini telah tersedia beberapa fotografer profesional yang siap mengampil pose terbaik Anda. 

Anda dapat memilih foto terbaik Anda di berbagai spot yang tersedia dengan biaya Rp15.000, per foto. Perpaduan liuk indah Waduk Sermo dibingkai Perbukitan Menoreh yang memanjakan mata dan menjadi sebuah latar yang menakjubkan untuk Anda pamerkan di akun sosial media Anda tentunya.

a photo by @explorejogja via instagram

Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain areal parkir yang cukup luas, homestay yang nyaman, spot foto menarik, camping ground, outbond area, kios makanan dan toilet yang cukup bersih.


Objek wisata yang berada di ketinggina 450 mdpl ini terletak di jalan Waduk Sermo desa Hargowijis kecamatan Kokap kabupaten Kulonprogo. Berjarak sekitar 31 kilometer dari kota Jogja. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari spot foto dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

2. Hutan Pinus Kragilan

a photo by @jejak.adv via instagram

Tempat selanjutnya merupakan spot foto terbaik yang akan membuat Anda terlihat begitu hits di sosial media. Tempat ini terletak tak jauh dari kota jogja, tepatnya hanya dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Objek wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu desa Pogalan kecamatan Pakis Magelang propinsi Jawa Tengah.


Pohon pinus yang berjajar rapi dengan jalan setapaknya terlihat sangat indah. Tempat yang bernama Top Selfie ini layak dikunjungi bagi Anda pencinta foto dengan latar pemandangan yang unik dan indah.

Untuk memasuki tempat ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.000,- dan biaya parkir sebesar Rp3.000,- untuk motor serta Rp10.000,- untuk mobil.

Karena baru dibuka fasilitas di tempat ini terbilang cukup minim karena hanya tersedia tempat penjual makanan yang sederhana dan toilet yang seadanya. Meski begitu tempat yang super indah ini benar-benar layak menjadi tempat wisata pilihan Anda ketika berlibur ke jogja.

3. Mangrove Jembatan Api-Api Kulon Progo

a photo by Bisnis Istri Cerdas via facebook

Salah satu tempat menarik lainnya di Kulon Progo adalah hutan mangrove yang memiliki jembatan indah dan unik. Tempat yang terletak di desa Jangkaran kecamatan Temon ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang dimiliki Kulon Progo. 


Perpaduan keindahan hijaunya pepohonan pinus, jembatan dan panorama laut menjadikan tempat ini terasa begitu romantis dan indah. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pagi dan sore hari karena saat itu cuaca tak terlalu panas. 

Untuk memasuki objek wisata yang berjarak 45 kilometer dari jogja ini Anda dikenai biaya masuk sebesar Rp4.000,- perorang. Untuk parkir Anda harus membayar Rp2.000,- untuk motor dan Rp5.000,- untuk mobil. 

Pesona keindahan tempat ini tentunya akan memberikan kesan mendalam bagi perjalanan wisata Anda di Jogja.

4. Green Village Gedongsari, Jogjakarta

a photo by Bisnis Istri Cerdas via facebook
Tempat dengan pemandangan yang memukau selanjutnya adalah Green Village Gedongsari, Jogjakarta. Keindahan alam berupa pemandangan indah dari puncak bukit, sunset dan keindahan Jogja serta Klaten menjadi sebuah perpaduan yang begitu indah dan berkesan bagi Anda yang mengunjunginya.

Objek wisata ini terletak di wilayah Guyangan Lor, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di wilayah pertengahan antara desa Watugajah, Desa Tegalrejo dan Desa Mertelu.

5. Puncak Taman Buah Mangunan

a photo by @syekh_arif via instagram

Puncak taman buah Mangunan merupakan tempat indah agrowisata yang begitu indah bak negeri di atas awan. Perpaduan antara perbukitan, kabut dan kelokan sungai berpadu indah memanjakan mata Anda di tengah hamparan kebun buah ini.


Kebun Buah Mangunan terletak di desa Mangunan kecamatan Dlingo kabupaten Bantul DI Yogyakarta. Berjarak sekitar 22 kilometer dari kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 35 menitan. Untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan di tempat ini Anda dapat datng sebelum jam 06.00 pagi. Selain itu, pada senja Anda akan melihat keindahan  sunset yang begitu menakjubkan.

6. Puncak Becici

a photo by @asalpiknik via instagram
Salah satu puncak romantis yang dapat Anda nikmati sembari memandangi jogja dari ketinggian adalah keindahan panorama alam Puncak Becici. Puncak ini terletak di dalam kawasan resort pengelolaan hutan Mangunan yang berada di Desa Gunung Mutuk kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Keindahan sunset saat senja, kabut di pagi hari, perbukitan menghijau adalah perpaduan menakjubkan yang dapat Anda nikmati di Bukit ini.

7. Curug lepo

a photo by @ariwyo via instagram
Salah satu objek wisata alam lainnya adalah Curug Lepo dan Blue Lagoon yang dimiliki Kulon Progo. Alam yang hijau dengan pemandian jernih membuat objek wisata ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengisi waktu libur Anda di Kulon Progo DI Yogyakarta. Bagi Anda para petualang tempat yang agak perlu perjuangan untuk di capai ini merupakan tempat yang amat eksotis dan layak Anda kunjungi.

8. Objek Wisata Sri tanjung

sumber : jogja.co

Objek wisata Sri Tanjung merupakan sebuah keindahan alam yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo Bantul. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood yang berjudul Beyond Skyline. Selain menikmati keindahan alam dari bukit yang begitu mempesona, keindahan air terjun Sri Gethuk merupakan keajaiban alam yang begitu menakjubkan untuk Anda nikmati.

9. Bukit Panguk

sumber : idejalan.com

Keindahan panorama lainnya yang dapat Anda nikmati adalah keindahan bukit panguk. Perpaduan indah hijaunya hutan dan bebukitan merupakan salah satu spot terbaik untuk menjadi latar belakang foto Anda yang begitu menakjubkan. Objek wisata ini terletak di puncak tebing Batu Lawang, tepatnya di pedukuhan Kediwung, Dsa. Mangunan Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta.


10. Gemerlap Malam Alun-Alun Kidul Jogja

Sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Jika Anda ingin menikmati keindahan malam di Jogja, alun-alun kidul dengan gemerlap lampunya dan kehidupan malamnya memberikan suasana tersendiri bagi Anda. Pemandangan kendaraan lampu hias yang unik menjadi sebuah keindahan tersendiri yang memberikan sensasi wisata berbeda bagi Anda. Kendaraan yang dinamakan becak kayuh tersebut dapat Anda sewa dengan tarif sekitar Rp 15.000 – Rp 30.000 untuk 2 kali putaran. Selain keunikan becak kayuh tersebut kuliner malam dan jajanan di tempat yang begitu ramai ini adalah hal yang amat menarik dan seru tentunya untuk mengisi malam Anda.


11. Pantai Watu Lawang Gunungkidul Jogjakarta

sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Pantai Watu Lawang merupakan pantai indah dan eksotis yang terletak di Kecamatan Tepus kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Perpaduan pasir putih, bebatuan (watu=batu dan Lawang = pintu) dan birunya laut begitu menyejukkan padangan mata Anda. 


Fasilitas yang terdapat di pantai yang cukup eksotis ini terbilang cukup. Tersedia  kamar mandi, warung makanan dan minuman, tempat parkir dan tempat berteduh yang akan membuat perjalanan wisata Anda terasa nyaman. Untuk memasuki pantai eksotis ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp5.000,- per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp2.000,-/motor dan Rp5.000,-/mobil. Pantai ini pilihan tepat untuk Anda nikmati dan tempat mengabadikan momen Anda di DI Yogyakarta.
12. Taman Pelangi Monjali

sumber : visitingjogja.com

Taman Pelangi Monjali (Monumen Yogyakarta Kembali) merupakan taman yang berada di depan objek wisata sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang memiliki keunikan dan koleksi sejarah yang lengkap. Dinamakan Taman pelangi karena di malam hari Anda dapat menikmati indahnya Jogja ditemani dengan warna warni lampion bak pelangi. Di tempat ini juga terdapat aneka wahana permainan seperti trampolin, bom-bom car, hingga sepeda tandem. Sebuah area Food Court akan menjadi pilihan kuliner malam Anda yang menambah indahnya suasana malam Anda di Jogja. 

13. Malioboro

sumber : Galerifotojogja.WordPress.com
Nah, ini dia tujuan wisata yang amat identik dan tak bisa di pisah dengan Jogjakarta. Kawasan jalan yang memiliki panjang sejauh 2,5 kilometer ini merupakan tempat wisata paling favorit bagi wisatawan yang datang ke Kota Jogja. Jalan ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang berburu oleh-oleh khas Jogja seperti venir khas mulai dari kaos, batik, blangkon, sandal, kerajinan tangan sampai bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta.
14. Pantai Parangtritis

a photo by @achit_blackhui via instagram

Siapa yang tak kenal dengan pantai yang paling populer di Jogja ini ?. Pantai dengan hamparan pemandangan menakjubkan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Parangtritis, sebuah pantai yang berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Jogja merupakan tempat terindah bagi wisatawan yang ingin menikmati sunset di kala senja tiba. 


Dengan berbagai fasilitas penunjang, pantai ini begitu menakjubkan bagi Anda penggemar wisata bahari nan romantis. Di pinggir pantai ada persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya sekitar Rp. 50.000 – 100.000 per setengah jam. Pantai yang terletak di desa Parangtritis kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah tempat yang tepat untuk mengabadikan momen di Jogja. Untuk memasuki Pantai ini Anda diharuskan membayar sebesar Rp5.000,- perorang.
15. Keraton Yogyakarta

a photo by @kratonjogja_ via instagram

Keraton Yogyakarta merupakan keraton paling terkenal di Indonesia. Keraton ini merupakan refresentasi dari Istana Budaya dan Keindahan Jawa yang amat layak untuk dikunjungi. Menyibak sisi indah kehidupan di Keraton memberikan suasana yang amat berbeda dan unik bagi wisatawan. 


Keraton yang terletak di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta ini merupakan pesona budaya yang menakjubkan dengan arsitektur bangunan unik. Tak ke Jogja rasanya jika Anda belum mengunjungi tempat yang satu ini.

16. Bukit Bintang

Sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Ingin menikati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Bukit Bintang adalah tempat yang tepat bagi Anda menikmati malam dengan view gemerlap kota Jogja. Tempat ini merupakan tempat nongkrong favorit muda mudi Jogja menghabiskan malam. 


Kesan yang romantis dan nyaman akan Anda nikmati di bukit yang memiliki udara sejuk ini. Berbagai fasilitas dapat Anda nikmati di tempat ini mulai dari tempat makan super romantis dan enak, tempat parkir yang cukup luas serta toilet. Tak hanya di malam hari bukit yang terletak di jalan Raya Yogyakarta – Wonosari, tepatnya ada di KM 15, Bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul ini juga sangat indah di siang hari.

17. Plunyon Cangkringan

Sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Objek wisata ini terletak di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman. Jembatan ini merupakan salah satu tempat yang terkena erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 Silam. Berada di tempat ini Anda akan merasakan keindahan alam khas Merapi yang sangat indah dan nyaman Anda nikmati.

18. Pantai Wedi Ombo

sumber : piknikasik.com

Satu lagi objek wisata yang membuat siapa saja terpanah melihat keindahannya adalah Pantai Wedi Ombo. Pantai yang terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul ini merupakan pantai yang di dominasi batu karang dan pasir putih nan eksotis. Di pantai ini terdapat sebuah kolam pemandian alami yang membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini. 


Beragam fasilitas tersedia di Pantai yang berjarak sekitar 73 kilometer dari kota Jogja ini. Fasilitas berupa warung makan, toilet yang bersih, dan tempat ibadah akan membuat perjalanan wisata Anda di pantai eksotis ini terasa begitu nyaman.

19. Candi Ijo

a photo by @explorejogja via instagram
Candi yang terletak sekitar 18 kilometer di sebelah timur kota jogja ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi. Candi yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta ini memiliki keindahan budaya dan pesona alam yang luar biasa. Dari tempat ini Anda juga dapat melihat pesawat hilir mudik di Bandara Adisucipto yang tak terlalu jauh dari tempat ini. 

Candi yang berada di ketinggian 375 mdpl ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Untuk memasuki kawasan candi nan indah ini para wisatawan cukup mengisi daftar hadir tamu di pos satpam sebelum masuk candi dan membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk kotor dan Rp 3.000 untuk mobil.

20. Candi Prambanan

sumber : jogjatranspots.com

Candi Prambanan atau yang juga dikenal dengan Candi Roro Jonggrang merupakan candi terindah yang dimiliki Indonesia. Candi yang dibangun sekitar 875 masehi ini merupakan candi hindu terbesar yang menampilkan mahakarya terindah yang mempesona dunia. Candi ini terletak di Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Untuk memasuki lokasi Candi ini Anda akan dikenakan Rp30.000,- untuk orang dewasa dan Rp12.500,- untuk anak-anak. Dengan area yang tertata rapi dan luas, Anda dapat menikmati keindahan 240 candi yang begitu mempesona ini dengan nyaman dan membahagiakan.

21. Umbul Sidomukti Ungaran
Sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Meskipun terletak di Jawa Tengah, tempat ini layak untuk Anda jadikan persinggahan Anda jika berkunjung ke Jogja. Jaraknya tak terlalu jau hanya sekitar 93 kilometer dengan waktu tempuh satu jam setengah. Pesona wisata Alam Pegunungan ini menyediakan berbagai fasiitas seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.


Pemandian alami dengan latar yang begitu memukau akan membuat Anda betah berlama-lama di lokasi objek wisata yang terletak di desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kab. Semarang, Jawa Tengah ini. Untuk memasuki kawasan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp4.000,- pada hari biasa dan Rp5.000,- pada weekend dan hari libur.

22. Restoran Abhayagiri

Sumber : bisnis istri cerdas via facebook

Perjalanan wisata terasa tak lengkap jika Anda tak menikmati sajian kuliner yang super lezat khas daerah. Salah satu tujuan wisata kuliner menarik nan romantis di Jogja adalah di restoran Abhayagiri. Berbagai menu enak dengan view Indah dan fasilitas restoran sangat baik akan membuat perjalanan wisata Anda begitu mengesankan. Restoran ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 


23. Pantai Indrayanti

sumber : lookjogja.blogspot.co.id

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang memberikan kesan romantis di DI Yogyakarta. Perpaduan bukit batu, garis pantai dengan pasir putih yang memukau serta gradasi air laut yang menakjubkan membuat pantai ini merupakan tujuan favorit para wisatawan.


Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul berada sekitar 47Km selatan kota Jogja. Berkunjung ke pantai ini Anda akan merasakan suasana pantai serasa di Bali. Keindahan pantai ini layak Anda singgahi, apalagi kala senja tiba. Suasana nan romantis yang syahdu berpadu dengan indahnya matahari terbenam di ufuk barat. 

Berbicara fasilitas, Anda tak perlu khawatir. Beragam fasilitas mulai dari penginapan, restoran dan tempat makan dengan menu super lezat, jet ski, tikar dan tenda payung serta fasilitas lainnya dapat menunjang kegiatan wisata Anda di tempat ini menjadi begitu nyaman. Untuk memasuki kawasan pantai ini Anda dikenakan biaya sebesar Rp10.000,- per orang dan jika Anda ingin bermain jet ski sebesar Rp250.000,-. PAntai ini adalah wajah menarik dari wisata Jogaj yang harus Anda kunjungi.

24. Air Terjun Sri Gethuk

sumber : facebook bisnis istri cerdas

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu keajaiban alam yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 34 kilometer dari Kota Jogja melewati jalanan Dlingo Pathuk. Perjalanan menuju air terjun ini terasa begitu mengasyikan apabila Anda memilih opsi melintasi Sungai Oya. Sungai jernih berwarna hijau yang sejuk dengan pepohonan hijau dan kicauan burunh yang menemani perjalanan Anda. 


Air terjun ini sangat menakjubkan. Jika beruntung Anda dapat menyaksikan pelangi indah dengan latar air terjun yang jatuh begitu indah. Air terjun ini indah bak negeri dongeng karena keindahannya sangat menakjubkan. 

25. Embung Banjaroya

sumber : facebook bisnis istri cerdas
Embung Banjaroya merupakan daya tarik wisata terbaru yang dimiliki Kulon Progo. Waduk mini ini memiliki panorama yang indah dibangun di daerah kalibawang, perbukitan menoreh kulon progo Yogyakarta. Kawasan agrowisata ini dikelilingi dengan panorama yang sangat indah dan menakjubkan. Tempat ini layak Anda jadikan wisata edukasi bagi anak-anak Anda.

26. Puncak Gunung Kendil

a photo by @pesonajogja via instagram

Bagi Anda pencinta keindahan alam, Puncak Gunung Kendil adalah tempat yang sangat layak untuk dijadikan jalur pendakian Anda selanjutnya. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk memandang pesona indah Rawa Pening secara utuh. Dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, pemandangan dari puncak ini berasa sangat menakjubkan. 


Gunung Kendil terletak di Dusun Gojati Desa Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Jogja. Trekking dan perjalanan melelahkan akan terbayar ketika Anda sampai di puncak gunung ini.

27. Jam Matahari Pantai Baron 

a photo by @jogja_today via instagram
Pantai Baron merupakan pantai yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Namun ternyata pantai ini tak hanya menawarkan keindahan alam saja tetapi ada hal menarik lainnya yaitu jam matahari raksasa. Kawasan yang bernama Baron Technopark ini merupakan objek wisata edukasi yang menyajikan berbagai wahana pendidikan seperti kincir angin turbin, tanaman energi, solar panel raksasa, mesin pembuat bahan bakar alternatif, hingga mesin pembangkit listrik tenaga ombak.

Pantai ini terletak di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Berjarak sekitar 57 kilometer dari kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Keindahan wisata ini dapat menjadi latar yang indah dan menarik bagi foto Anda selanjutnya. 

28. Air Terjun Luweng Sampang

a photo by @dapotmanurung1009 via instagram
Banyak yang mengatakan bahwa air terjun Luweng Sampang ini merupakan salah satu tempat yang amat indah di Jogja. Air terjun yang disebut-sebut sebagai Green Canyon Mini ala Yogyakarta ini terletak di desa Sampang kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun yang hanya memiliki ketinggian 5 meter ini dan memeiliki relief bebatuan yang terbentuk mirip dengan relief bebatuan Grand Canyon di Sungai Colorado, Arizona. Keindahan air terjun ini layak dikunjungi bagi Anda pencinta alam sejati dan sangat cantik jika dijadikan latar foto Anda.

29. Gunung Kukusan

a photo by @ririnalba via instagram
Gunung Kukusan merupakan salah satu tempat terindah untuk menikmati pemandangan alam luar biasa. Untuk Anda para penikmat tantangan alam dan pendaki, tempat ini merupakan tempat yang layak Anda jadikan jalur pendakian Anda selanjutnya. 

Gunung ini terletak di dusun Wonokerto Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman kabupaten Magelang Jawa Tengah. Berjarak 40 kilometer dari pusat kota Jogja. Pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang dapat Anda nikmati dari puncak Gunung ini.

30. Air Terjun Kedung Pedut

a photo by @explorejogja via instagram
Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang memiliki perpaduan dua warna yang begitu indah. Air ter jun yang memiliki perpaduan putih dan hijau tosca terasa begitu indah dan asri bagi Anda. Keindahan alam yang begitu menakjubkan ini terletak di desa wisata Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Meski belum lama di buka, berbagai fasilitas telah tersedia di lokasi air terjun ini. Untuk memasuki lokasi air terjun ini Anda diharuskan tracking selama 15-20 menit. Rasa lelah akan tebayar ketika Anda menyaksikan keindahan air terjun yang satu ini.

31. Gereja Ayam

a photo by @bukitrhema via instagram
Tak jauh dari Kota Jogja, tepatnya di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah terdapat sebuah bangunan misterius yang bersejarah. Gereja ayam begitu masyarakat menyebutnya. Tempat ibadah ini konon adalah sebuah tempat yang angker. 


Keindahan dan keunikan objek wisata yang merupakan salah satu lokasi suting film AADC2 ini memiliki daya pikat tak hanya bagi wisatawan dalam negerti tapi juga mancanegara. Gereja ini bernama Rumah Doa Bukit Rhema. Berjarak sekitar 45 kilometer dari kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Berfoto mengabadikan di tempat yang begitu unik ini akan memberikan pengalaman wisata berkesan dan tak terlupakan bagi Anda.

32. Pasar Beringharjo

sumber : www.pegipegi.com
Salah satu hal wajib jika Anda ke Jogja adalah mengunjungi sebuah pasar tradisonal Beringharjo di mana Anda dapt berburu batik murah khas Jogja. Pasar yang tak jauh dari jalan Malioboro ini tak hanya menjual berbagai produk batik tetapi juga berbagai varian kuliner, jamu, sembako, peralatan rumah tangga dan sejenisnya. Sayang rasanya jika ke Jogja melewatkan wisata belanja ke pasar yang satu ini.


33. Pantai Pok Tunggal

a photo by @pesonajogja via instagram
Pantai ini merupakan salah satu hidden paradise yang dimiliki oleh Gunungkidul Jogjakarta. Pantai Pok Tunggal merupakan pantai indah dengan pasir putih yang memiliki sebatang pohon yang sangat indah. Pemandangan yang menakjubkan, sunyi dan asri membuat pantai yang satu ini menjadi salah satu pantai yang begitu populer akhir-akhir ini.


Pantai Pok Tunggal terletak terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung yang memiliki pemandangan yang sama cantiknya. Bagi Anda yang menyukai objek wisata bahari terutama pantai yang indah dan asri, tempat ini adalah pilihan tepat untuk Anda kunjungi selanjutnya.

34. Bukit Paralayang Parangtritis

a photo by @explorejogja via instagram
Bukit yang terletak di atas Pantai Parangtritis ini merupakan salah satu spot terbaik bagi Anda pencinta olahraga menantang paralayang. Dari tempat yang memeiliki view yang menakjubkan ini Anda dapat terbang menuju garis pantai dengan tarif sekitar Rp300.000,-. Benar-benar pengalaman berkesan dan tak terlupakan. Apalagi di puncak bukit ini, Anda dapat mengabadikan foto dengan latar yang super indah.


35. Embung Nglanggeran

sumber : bisnis istri cerdas via facebook
Salah satu tempat eksotis selanjutnya adalah merasakan sensasi mandi di telaga buatan yang berada di atas bukit Gunungkidul. Telaga jernih dengan pemandangan yang amat menakjubkan. Embung Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Dari basecamp Gunung Api Purba Nglanggeran embung ini berjarak sekitar 2 km. Keindahan alamnya layak Anda jadikan tujuan utama Anda jika berkunjung ke Jogja.

36. Songgo Langit Mangunan

sumber : imgrum.net
Wisata Alam Sribu Batu Songgo Langit terletak di Dusun Sukarame, Desa Magunan, Kecamatan Dlingo, Bantul DI Yogyakarta. Pepohonan rindang dengan bebatuan besar akan menyambut kedatangan Anda di tempat yang asri ini. Indah, itulah kesan pertama Anda jika melihat objek wisata yang satu ini. 

Untuk memasuki objek wisata Alam Sribu Batu Songgo Langit ini Anda tak perlu merogeh kocek besar. Hanya dengan membayar parkir saja, yaitu Rp. 10.000,- untuk para wisatawan yang membawa mobil dan Rp. 3.000,- untuk para wisatawan yang membawa sepeda motor.

37. Jembatan Nangsri

a photo by @explorejogja via instagram
Jembatan Nangsri merupakan sebuah jembatan indah yang terletak di kecamatan Pundong yang menghubungkan dua dusun yaitu Dusun Nangsri, Srihardono dengan Dusun Nambangan Seloharjo. Pemandangan indah dari atas jembatan ini memberikan kesan dan sebuah pengalaman wisata yang amat berharga. Suasana asri dan alami membuat berada di jembatan ini Anda akan merasakan relaksasi yang amat menenangkan.

38. Monumen Tugu

a photo by @explorejogja via instagram
Inilah landmark dan icon kota Jogja yang tak mungkin Anda lewatkan jika berkunjung ke kota Gudeg ini. Objek wisata bersejarah ini adalah tempat favorit wisatawan untuk berfoto ria. Berada di kawasan pusat kota Jogja, tugu ini merupakan landmark kota Jogja Paling terkenal. Tugu berumur sekitar 3 abad lebih ini terletak tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

39. Masjid Kampus UGM


Universitas Gajah Mada merupakan salah satu kampus terfavorit dan terkenal di Indonesia. Di kampus UGM terdapat sebuah masjid yang memiliki arsitektur unik dan menarik untuk di kunjungi. Dengan suasana yang nyaman dan asri, masjid ini merupakan salah satu objek wisata religius yang layak Anda kunjungi. Selain mengujungi masjid ini Anda juga dapat melihat keindahan kampus UGM yang begitu indah dan megah.

40. Watu Lumbung

a photo by @explorejogja via instagram
Watu Lumbung merupakan salah satu kampung edukasi yang layak Anda kunjungi. Sebuah bukit memiliki pemandangan alam yang sangat indah berpadu indah dengan barisan pohon jati. Dari pohon jati yang ada di bukit ini, dibuat tempat-tempat untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar bukit ini. Bukit ini terletak jalan Panglima Sudirman, Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


41. Candi Borobudur Magelang

a photo by @nusabali via instagram
Jika berkunjung ke Jogja sayang rasanya jika tidak berwisata ke Candi yang tak jauh dari pusat kota Jogja ini. Hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jogja, Candi brobudur merupakan mahakarya yang sayang untuk Anda lewatkan. 


Candi Buddha terbesar dan terindah ii merupakan salah satu warisan budaya dunia yang tak pernah sepi pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda harus membayar sebesar Rp30.000,- untuk dewasa dan Rp12.500,- untuk anak-anak.

42. Pantai Pasir Kadilangu
sumber : bisnis istri cerdas via facebook
Selanjutnya adalah pantai nan romantis perpaduan birunya air laut dan hijaunya pepohonan mangrove. Pantai Pasir Kadilangu terletak tak jauh dari Kota Jogja tepatnya di Desa Jangkaran kecamatan Temon kabupaten Kulon Progo Jogja.


43. Candi Ratu Boko

a photo by @pesonajogja via instagram
Candi yang terletak sekitar 3 kilometer dari Candi Prambanan ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang sayang untuk Anda lewatkan. Tak hanya sekedar Candi, menurut para arkeolog tempat ini dulunya adalah sebuah bangunan istana megah yang amat luas. Pemandangan alam dan kekayaan sejarah membuat tempat ini menjadi salah satu daya tarik yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. 


44. Pantai Sadeng

sumber : imgrum.net
Pantai Sadeng adalah sebuah pantai yang amat indah yang dipercaya sebagai muara Bengawan Solo pada zaman dahulu. Kindahan pantai ini adalah perpaduan serasi antara bukit, birunya laut dan perahu nelayan. Di pantai ini selain menikmati keindahan alam yang menakjubkan,Anda juga dapat bertransaksi ikan segar dengan nelayan setempat. Pantai ini terletak di desa nelayan Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


45. Museum Gunung Berapi

sumber : www.piknikdong.com
Museum Gunung Merapi merupakan bangunan indah dan bersejarah yang dibangun setelah peristiwa dahsyat letusan gunung merapi yang terjadi tahun 2010 silam. Museum ini terletak di Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum yang sangat artistik ini menyimpan rekam jejak sejarah yang lengkap akan kedahsyatan Gunung Merapi. 


Objek wisata edukasi ini merupakan sarana penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif. Mengunjungi museum artistik dan bersejarah ini akan menambah wawasam Anda akan keindahan rekam jejak dan kedahsyatan peristiwa letusan Gunung Merapi.
46. Pantai Siung

sumber : wisatanesia.co
Berbicara keindahan pantai di Gunungkidul tak ada habisnya. Salah satu pantai dengan panorama nan eksotis adalah pantai Siung. Pantai yang terletak di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini, memiliki perpaduan yang begitu indah dan menakjubkan. 


Perpaduan pasir putih kecokelatan, birunya laut, deburan ombak serta batu-batu karang berukuran raksasa yang terbentang di timur dan barat pantai membuat suasana di pantai ini terasa begitu indah. Untuk memasuki pantai indah ini Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp3.000,- per orang.

47. Pantai Ngrenehan

sumber : 1hal.com
Satu lagi pantai indah adalah pantai Ngerenehan yang terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Pantai in memiliki panorama indah dengan lengkungan garis pantai yang begitu menakjubkan. Selain keindahan pasir pantainya, jejeran perahu nelayan di pantai yang tertata rapi menjadi nilai tambah pantai ini yang begitu mengagumkan.


48. Kalidalem

a photo by @explorejogja via instagram
Kalidalem dulunya adalah bumi perkemahan yang terletak dekat dengan gunung Merapi. Dari tempat ini Anda dapat melihat puncak gunung Merapai dari jarak sekitar 2 Km. Tempat ini terkenal dengan lava tour yaitu kegiatan mengamati puncak Merapi. Tempat wisata ini terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


49. Pantai Sadranan

sumber : piknikasik.com
Pesona pantai di Gunungkidul memang tak ada habisnya. Salah satunya adalah pesona indah pantai Sadranan yang begitu eksotis. Pantai yang terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki panorama biru laut kehijauan, pasir putih serta bebatuan karang yang menakjubkan. Pantai ini masih sepi dan sangat asri, sangat cocok bagi Anda para pasangan yang ingin berbulan madu sambil menikmati indahnya suasana pantai nan romantis.

50. Taman Sari Keraton

a photo by @explorejogja via instagram
Taman Sari merupakan objek wisata yang amat menarik untuk Anda kunjungi.Taman yang memiliki luas sekitar 10 hektare ini merupakan taman Raja yang memiliki pesona yang luar biasa. Di tempat ini terdapat gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. 

Kolam pemandian nan indah merupakan tempat favorit para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Lokasi ini kerap dijadikan tempat berfoto para wisatawan yang datang ke Jogja. Untuk memasuki objek wisata Taman Sari Keraton ini Anda harus membayar tiket: Rp 3.000 untuk domestik dan Rp 7000 untuk Mancanegara.

Nah, itulah 50 tempat wisata menarik pilihan . Masih banyak tempat indah lainnya yang bisa Anda kunjungi di Jogja dan sekitarnya. Mengunjungi tempat-tempat wisata Jogja rasanya tak cukup waktu sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun. Keindahan alam, budaya, kuliner dan kearifan lokalnya merupakan refresentatif pesona Indonesia di mata dunia. Sayang rasanya jika Anda tak menyempatkan diri untuk singgah di Jogja. Baca juga 25 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Murah dan Paling Menarik.