40 Tempat Wisata di Majalengka Jawa Barat Paling Hits

0
89
Wisata Majalengka – akan senantiasa menyajikan pesona alam Indonesia yang bahkan mungkin belum pernah Anda temui. Kali ini akan pilihkan tempat terindah di Majalengka yang dapat Anda kunjungi.

Majalengka adalah salah atu kabupaten di Jawa Barat yang alamnya sangat indah dan mempesona. Kabupaten ini memiliki ibukota bernama sama yaitu Majalengka. Dari Bandung menuju kota Majalengka Anda harus menempuh jarak sekitar 98 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam lebih.

Keindahan alam Majalengka tak kalah indahnya dengan daerah lain di Jawa Barat. Udara sejuk dan hijaunya alam akan menemani Anda selama berada di tempat ini. Dengan keindahan tersebut seharusnya kaki Anda bertambah semangat untuk mengeksplor keindahan Majalengka.

Apa saja tempat-tempat indah yang dapat Anda kunjungi di Majalengka. Kali ini akan pilihkan tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi saat liburan. Dibaca sampai tuntas ya.

1. Eksotisme Curug Situhiang Majalengka

sumber : @ngetrip_mjlk via instagram

Di pagi yang indah sebaiknya Anda memulai adventure di curug Situhiyang. Kawasan curug ini dikelilingi hutan lebat dan memiliki luas sekitar 30 hektare. Untuk mencapai lokasi ini Anda dapat trekking melalui jalur aliran sungai Cijure yang kurang lebih memakan waktu satu jam untuk mencapainya.


Jalur ini cocok Anda tempuh jika debit air tidak terlalu tinggi ataupun bukan di musim hujan. Jika musim hujan sebaiknya Anda menyusuri jalur darat yang lebih aman. 

Kedua jalur tak begitu sulit, namun di jalur sungai Anda akan menemukan beberapa spot menanjak dan licin. Jadi Anda harus ekstra hati-hati. Sesekali Anda akan memanjat tebing dan bebatuan di sungai Cijure.

Jika Anda memilih jalur Sungai untuk menuju air terjun Situhiang maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Perhatikan sepatu ataupun alas kaki yang Anda pakai. Karena sekali lagi jalannya amat licin.

Untuk trekking menuju situhiang Anda tak boleh tergesa-gesa dan jangan lupa siapkan baju ganti. Gemericik air mulai terdengar mendekati lokasi air terjun Situhiyang. 

Air terjun Situhiang atau curug Situhiang merupakan air terjun yang memiliki tinggkatan-tingkatan yang disekat oleh dinding bebatuan yang benar-benar indah. Rasa lelah akan hilang berganti dengan pengalaman berharga ketika melihat air terjun nan eksotis ini.

Curug Situhiang yang termasuk ke wilayah desa Kulur kecamatan Maja ini memiliki dinding yang unik. Batuan tebingnya memiliki bentuk seperti tangga batu. Curug ini memiliki tinggi sekitar 40 meter.

Ketika sampai dicurug ini Anda tentu tak sabar untuk menceburkan diri di kolam pemandian yang mungil nan jernih. Hal menarik di air terjun ini adalah Anda dapat melakukan rapling. Untuk melakukan kegiatan tersebut Anda harus memiliki peralatan keamanan yang lengkap dan dipandu oleh profesional.

Air terjun Situhiang merupakan potret keindahan alam yang benar luar biasa. Keseruan rapling di tempat ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Untuk memasuki lokasi air terjun ini Anda hanya membayar dengan tenaga melewati jalanan yang ekstrem.

2. Cadas Gantung Majalengka
sumber : @zhrrp via instagram

Kalau di Bandung ada Tebing Keraton untuk melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Di Majalengka ada Cadas Gantung sebagai tempat melihat pemandangan yang begitu menakjubkan.


Wana Wisata Cadas Gantung terletak di desa Mirat kecamatan Leuwi Munding kabupaten Majalengka. Dari pusat kota Majalengka butuh waktu sekitar setengah jam untuk mencapai lokasi ini

Cadas Gantung merupakan tebing batu yang terletak di atas bukit. Cadas merupakan batu yang keras. Dinamakan cadas gantung karena kalau dilihat dari bawah batunya seperti tergantung. Untuk mencapai puncak harus mempersiapkan tenaga ekstra karena Anda akan melewati jalan yang sedikit menanjak.

Tiket masuk Cadas Gantung adalah sebesar Rp2.000,- (kalau belm naik). Melewati jalanan setapak babatuan membuat kaki dan lutut Anda terasa begitu lelah. 

Berbicara fasilitas di tempat ini belum tersedia fasilitas memadai. Di tempat ini hanya tersedia pondokan untuk tempat beristirahat di tengah perjalanan dan jalan setapak yang dibangun swadaya oleh masyarakat setempat. 

Meski begitu jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini sangat ramai. Mungkin karena tiket masuknya sangat murah ya. Bagi Anda yang tak sempat mengisi perut Anda, sebaiknya Anda makan jajanan sepeti lontong dan jajanan lainnya yang banyak dijual di tempat ini.

Jika perut sudah diisi dan tenaga sudah pulih, barulah Anda melakukan pendakian yang menanjak. Ketika sampai di Cadas Gantung Anda akan menemukan batu besar yang dari atasnya dapat melihat pemandangan indah dan menakjubkan.

Hamparan pepohonan hijau, bebukitan dan kota Majalengka terlihat indah dari bukit ini. Tak heran tempat ini dijadikan tempat selfie favorit para pengunjung yang sengaja datang untuk itu.

Ingat karena tebingya curam, perhatikanlah keselamatan dan keamanan saat berfoto ria. Jangan sampai perjalanan wisata berubah jadi musibah.

3. Gantole Gunung Panten Majalengka

sumber :infomajalengka.wordpress.com

Menikmati kota Majalengka dari ketinggian memberikan sensasi yang berbeda. Ada hal menarik yang dapat Anda nikmati ditempat ini yaitu permainan gantole. Anda dapat terbang bak burung sembari menikmati indahnya kota Majalengka.

Menikmati sensasi terbnag gantole lebih menegangkan dibandingkan dengan paralayang. Untung saja di tempat ini Anda terbang didampingi oleh masternya yang akan membuat suasana terbang lebih asyik.

Dari ketinggian ini Anda dapat menikmati pemandangan kota Majalengka, sawah yang luas dan hamparan hutan yang memanjakan mata. 

Gunung Panten atau Bukit Munjul terletak di desa Sidamukti kelurahan Munjul kecamatan Majalengka. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Majalengka. Dari ketinggian ini Anda tak hanya bisa bermain gantole tapi juga paralayang. 

Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat memanjakan perjalanan wisata Anda. Di tempat ini tersedia toilet, warung yang menjual makanan dan kelapa muda serta makanan lainnya. Benar-benar pengalaman yang luar biasa.

4. Indahnya Telaga Nila Majalengka

sumber : @dionwiyoko via instagram

Masih ada keindahan lainnya yang dapat Anda kunjungi di Majalengka yaitu Telaga Nila. Sebuah telaga yang memiliki air berwarna hijau kebiru-biruan yang lagi hits di Majalengka. Telaga Nila memiliki air yang amat jernih sehingga bisa memantulkan bayangan pohon-pohon dan langin disekelilingnya seperti cermin.

Di tempat ini banyak spot-spot yang indah yang sangat cocok bagi Anda yang gemar foto-foto. Telaga Nila ini terletak di Desa Jeruk Leueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Untuk mencapai telaga yang memiliki panjang sekitar 80 meter dan lebar sekitar 20 meter ini sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua. Karena jika Anda menggunakan kendaraan roda empat Anda harus trekking cukup melelahkan karena tempat ini tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat.

Kondisi jalan menuju tempat ini juga tidak terlalu baik. Letaknya yang di tengah hutan dan perkebunan warga membuat tempat ini belum memiliki fasilitas yang membuat nyaman perjalanan wisata Anda. Perlu perhatian pemerintah agar tempat ini semakin mudah diakses dan nyaman dikunjungi.

Air birunya membuat Anda tak sabar untuk menikmati kesegarannya. Tapi hati-hati meskipun kedalamannya sekitar 4 meter, Anda tak bisa melakukan cliff jumping di tempat ini karena di dalamnya terdapat bebatuan yang cadas.

Airnya begitu segar dan Anda dapat berfoto di dalam airnya. Di salah satu bagian telaga ada yang dalam banget yaitu sekitar 10 meter. Air yang segar dapat membuat Anda merasakan sensasi berenang di air biru bak di laut.

Kata penduduk setempat airnya bisa berwarna tosca karena banyaknya akar dan ganggang yang ada di dasar telaga. Buat kalian yang tidak bisa berenang sampai dasar Anda dapat menikmatinya dari atas. Sangat sayang melewatkan tempat ini jika Anda berkunjung ke Majalengka.

5. Cahaya Surga Curug Ibun Pelangi

sumber : @deejase via instagram

Cahaya Surga Majalengka itulah julukan air terjun yang indah dan eksotis ini. Dinamakan Ibun Pelangi karena dipagi hari saat ada embun muncul pelangi di air terjun ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah sekitar pukul 07.00 pagi.

Curug Igun Pelangi terletak di desa Sukadana, kecamatan Argapura, Majalengka. Tak sulit untuk mencapai lokasi air terjun ini karena dapat diakses dengan kendaraan roda empat ataupun dua. 

Untuk mencapai lokasi curug dari jalan raya Anda harus trekking sebentar melewati jalan setapak dan menuruni puluhan anak tangga. Dari atas Anda dapat melihat pemandangan indah berupa sawah dan hutan yang begitu menghijau.

Salah satu yang menantang Anda harus melewati tangga bambu yang licin untuk turun ke bawah. Anda harus benar-benar ekstra hati-hati. Aliran Sungai yang ditemui setelah tangga tersebut berpadu indah dengan tebing tinggi sekitar 20 meter.

Sungai yang jernih tersebut mebuat rasa lelah Anda hilang. Apalagi ketika Anda melihat air terjun indah yang dikelilingi tebing tinggi ini. Benar-benar luar biasa eksotis dan terlihat beda dengan air terjun yang lain.

Sinar putih dari cahaya semakin menambah keindahan air terjun ini. Gradasi cahaya yang masuk terlihat benar-benar indah dan memukau. Cahaya Surga begitulah wisatawan menyebutnya. Nah bagi Anda yang mengunjungi tempat eksotis ini jangan pernah merusak keindahannya dengan mencoret tebing-tebing curug ini.

6. Menengok Keindahan Goa Lalay

sumber : @adisetiadinata via instagram

Melanjutkan perjalanan dari Green Canyon-nya Majalengka ada lagi yang tak boleh Anda lewatkan yang berada dalam satu kawasan yaitu Goa Lalay. Goa kelelawar yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang begitu mempesona.

Letak Goa ini sebenarnya sebelum sampai ke air terjun Ibun Pelangi. Tak ada salahnya jika Anda singgah terlebih dahulu di tempat ini. Keindahannya terhampar dan menyejukkan mata Anda. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen Anda selanjutnya.

7. Keindahan Bukit Panyaweuyan

sumber : @dickyhere via instagram

Sebuah tempat yang memiliki pesona keindahan seperti di ubud Bali juga ada di Majalengka. Pesona keindahan sawah terasering yang begitu eksotis nan menyejukkan mata. Berada tepat di atas bebukitan yang membuatnya terlihat begitu sempurna.

Terasering Panyaweuyan Argapura secara administratif terletak di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Letaknya tak begitu jauh dari air terjun Ibun Pelangi dan Goa Lalay. 

Di tempat ini pengunjung dapat melihat bebukitan indah yang ditanami beberapa tanaman seperti padi, bawang daun, boled (ubi jalar), bawang merah, dan sebagainya. Keeksotisan lainnya adalah kesejukan yang ditawarkan tempat ini dan latar belakan gunung yang mengelilinginya.

Surganya bagi pencinta fotografi. Apalagi kala pagi tiba Anda dapat melihat betapa indah dan sempurnanya matahari terbit di ufuk timur. Untuk menuju tempat ini dari kota Majalengka berjarak sekitar 30 kilometer dengan kondisi jalan sangat baik. Nah, tempat yang indah ini amat sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung ke Majalengka.

8. Kebun Teh Cipasung

sumber : @_cashadi via instagram

Tempat indah selanjutnya adalah kebun teh Cipasung. Kebun teh yang menjadi favorit tujuan wisatawan ke Majalengka ini berjarak sekitar 59 kilometer dari pusat kota. Tepatnya terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih.

Dengan luas sekitar 58 hektare kebun teh ini menyajikan pemandangan yang amat luar biasa. Dengan keadaan tanah berbukit-bukit pepohonan teh tampak begitu anggun dan indah di pandang mata.

Udaranya amat segar dan sejuk sehingga Anda betah berlama-lama di tempat ini. Hanya dengan Rp3.500,- Anda dapat memasuki kawasan kebun teh nan membentang luas ini. Aksesnya terbilang cukup sulit dimana kendaraan roda empat belum bisa memasuki tempat ini.

9. Menikmati Suasana Santai di Curug Cipeuteuy Majalengka

sumber : @deni_kumbala via instagram

Majalengka memang kaya air terjun yang super indah. Salah satunya adalah air terjun Cipeuteuy atau curug Cipeuteuy. Air terjun yang lagi ngehits di Majalengka ini di beri nama curug Cipeuteuy karena dulunya di tempat ini banyak ditumbuhi pohon pete.

Hati dan pikiran Anda akan terasa sejuk apabila Anda sampai di lokasi air terjun yang sangat asri dan alami ini. Curug ini berada dalam bumi perkemahan awi lega tepatnya berada di jalan Dukuh Pasir, desa Bantaragung, kecamatan Sindangwangi, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Tak hanya air terjunnya yang indah, di tempat ini Anda juga dapat menikmati indahnya alam dan satwa liar seperti elang Jawa. Hanya dengan Rp5.000,- Anda sudah dapat memasuki tempat nan indah yang bisa menghilangkan penat di pikiran Anda.

10. Pendakian Gunung Ciremai

sumber : Brilio.net

Hal tak boleh Anda lewatkan bagi Anda para pecinta alam adalah pendakian Gunung Ciremai. Selain dari Kuningan Anda dapat mendaki gunung ini dari Majalengka. Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai adalah jalur pendakian favorit pendaki yang berada di kabupaten Majalengka.

Dengan membayar Rp50.000,- per orang sebagai retribusi Anda dan rombongan dapat melakukan pendakian di gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Beragam hal menarik dan unik akan Anda temui selama perjalanan. Keindahan yang begitu luar biasa.

Untuk melakukan pendakian yang wajib Anda siapkan adalah peralatan yang lengkap untuk mendaki, bekal, jaket, keamanan dan obat-obatan. Jangan lupa bawa mantel siapa tau ketika di atas turun hujan. Pendakian ke gunung ini akan memberikan kesan yang amat mendalam bagi Anda tentunya.

11. Curug Muara Jaya

sumber : @abiyyu_sayyid06 via instagram

Keindahan air terjun selanjutnya yang amat sayang untuk Anda lewatkan adalah Curug Muara Jaya. Curug yang juga dikenal dengan curug Apuy ini terletak di Lereng Gunung Ciremai tepatnya masuk ke dalam wilayah administratif desa Sangiang, kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Dengan luas kawasan sekitar 18 hektare, curug ini menawarkan pemandangan alam yang tak biasa. Curug dengan ketinggian sekitar 73 meter ini dikelilingi hutan lebat dengan udara super sejuk. 

Untuk memasuki wilayah yang indah ini, tak begitu sulit walau jalan berlubang dan Anda harus trekking beberapa menit. Di tempat ini juga telah tersedia fasilitas seperti warung penjual makanan serta minuman, ruang camping ground, tempat parkir, wc, mushola serta ruang taman bermain untuk anak-anak.

Hanya dengan membayar Rp6.000,- Anda telah dapat memasuki lokasi air terjun yang begitu indah ini. Kesegaran dan kesejukan airnya membuat Anda tak sabar menceburkan diri ke tempat ini. Benar-benar tempat  yang eksotis.

12. Sensasi Bermain Air di Jembar Waterpark


sumber : mytrip123.com

Salah satu pusat rekreasi air terbaik di Majalengka adalah Jembar Waterpark. Wana wisata air yang bertema Dinosaurus ini terletak di Desa Ranji Selatan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka.

Berbagai wahana permainan air berpadu indah dengan alam serta patung Dinosaurus. Alam yang amat sejuk karena letaknya yang berada di perbukitan. Selain beragam permainan, pemandangan di sekeliling tempat ini begitu menakjubkan.

Untuk memasuki waterpark ini Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp30.000,- perorang. Sedangkan untuk anak-anak di bawah dua tahun tidak perlu membayar. Beragam fasilitas di tempat ini terbilang cukup baik dan nyaman.

Mushola, toilet, ruang ganti, dan food court terbilang bersih dan nyaman. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin bermain air bersama keluarga di Majalengka.

13. Indahnya Curug Tonjong

sumber : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun selanjutnya maka Anda harus mengunjungi curug Tonjong. Air terjun yang terletak di desa Teja kecamatan Rajagaluh ini merupakan air terjun indah dengan tebing bebatuan yang lebar.

Akhir-akhir ini curug Tonjong amat ramai dikunjungi. Karena pesonanya tempat ini menjadi salah satu tempat wisata paling hits di Majalengka. Penasaran?, silahkan kunjungi curug super eksotis ini.

14. Curug Sawer yang Mempesona

sumber : tempatwisatakotamajalengka.blogspot.co.id

Tak hanya Sukabumi yang memiliki Curug bernama Sawer. Ternytata di Majalengka juga ada dan tak kalah indahnya. Keindahan air terjun ini sulit dilukiskan sesulit untuk mencapainya. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan bebukitan membuatnya sangat jarang dijamah manusia.

Air terjun Sawer terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota Majalengka. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus trekking sekitar satu jam melewati jalan setapak yang memiliki kondisi cukup curam dengan kemiringan sekitar 50 – 70 derajat, licin, rawan longsor dan penuh dengan semak belukar.

Perjalanan menantang akan terbayar lunas apabila melihat keindahannya. Pancaran air yang mengalir berpadu indah dengan alam yang menakjubkan. Anda dapat berbasah-basahan di tempat yang super indah ini. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang suka tantangan.

15. Keindahan Situ Sangiang 

sumber : @dettataa via instagram

Situ Sangiang adalah salah satu tempat terindah yang dapat Anda kunjungi di Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. Danau terluas di Majalengka ini terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, atau berjarak kurang lebih 27 KM dari pusat kota Majalengka.

16. Taman Buana Marga

sumber : www.lemahsugihkec.net

Taman Dinosaurus begitulah sebutan untuk taman buana marga. Taman ini terletak di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih, kurang lebih 37 km sebelah barat daya dari Kota Kabupaten Majalengka.

Keindahan alam dan patung-patung dinosaurus berpadu indah dengan beraga permainan yang tersedia di tempat ini. Tempat ini sangat layak untuk Anda jadikan pilihan Anda bersantai di Kabupaten Majalengka. Tempat yang bersih dan mulai dikeloa dengan baik.

17. Eksotisme Panorama Cikebo

sumber : triptrus.com

Salah satu tempat indah untuk memandangi alam ada di objek wisata Panorama Cikebo Majalengka. Sebuah tempat yang dikelilingi pepohonan nan lebat dan pegunungan yang merupakan view yang amat mempesona.

Panorama Cikebo ini letaknya tak jauh dari pusat kota Majalengka. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dan berada tepat di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja. Salah satu wisata favorit di Majalengka ini menyediakan beragam fasilitas yang membuat perjalanan wisata Anda begitu membahagiakan.

18. Eksotisme Curug Baligo 

sumber : fauziprima.blogspot.co.id

Curug Baligo adalah air terjun indah yang terletak di desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi. Tempat ini meruakan salah satu air terjun alami yang amat sayang untuk Anda lewatkan. Keindahannya akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

19. Pesona Air terjun Cibali 

sumber : Jitunews.com

Air terjun Cibaliterletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari kota Majalengka Anda harus melakukan perjalanan sejauh 39 kilometer untuk mecapai lokasi air terjun ini. Suasana alami, sejuk dan pancuran airnya yang segar membuat rasa lelah Anda akan hilang ketika sampai ketempat ini.

20. Jatiwangi Art Factory di Desa Wisata Jatisura

sumber : @pandurahadian via instagram

Bagi Anda penikma seni maka Anda dapat menemukan itu di sebuah desa yang ada di Majalengka. Sebuah organisasi nirlaba Jatiwangi Art Factory atau disingkat JAF sering mempertontonkan berbagai seni berkelas dari budaya lokal maupun mancanegara.

Beragam pameran kesenian tersedia di Jatiwangi Art Factory yang terletak di jalan Makmur No. 604, Desa Jatisura, Kec. Jatiwangi ini. Beragam program JAF telah mampu membuat desa ini berkembang menjadi sebuah panggung seni yang menakjubkan.

Tempat wisata Hits Lainnya
Keindahan alam Majalengka begitu luas sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk menjelajah keindahannya. Berikut 20 destinasi wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi di Majalengka yang tak kalah menariknya dari tempat hits lainnya di atas.

  • Patilasan Prabu Siliwangi di desa Pajajar Rajagaluh
  • Situs Sanghyang Lingga Desa Banjaran
  • Situs Gunung Ageung
  • Sirkuit Motorcross Gagaraji
  • Bumi Perkemahan Awilega di Desa Bantaragung 
  • Agro Batu Luhur
  • Curug Leles di desa Lengkong Kulon kecamatan Sindangwangi 
  • Curug Sempong di desa Sidamukti kecamatan Majalengka
  • Curug Emas/Cilutung di desa Campaga kecamatan Talaga
  • Situ Cipadung di desa Pajajar kecamatan Rajagaluh
  • Situ Cipanten di desa Gunungkuning kecamatan Sindang. 
  • Situ Cikuda Padaherang 
  • Situ Cibulakan Bantaragung kecamatan Sindangwangi 
  • Keindahan Talaga Herang Desa Jerukleueut 
  • Panorama Ciinjuk di desa Cipulus Kecamatan Cikijing.
  • Panorama Jahim di Desa Cintaasih Kecamatan Cingambul
  • Bendungan Rentang
  • Rumah Adat Panjalin Museum Talaga Manggung 
  • Taman Nasional Sadarehe
Alam merupakan anugerah terindah Tuhan yang diberikan kepada manusia untuk senantiasa kita syukuri. Potret keindahan Majalengka membuat kita semakin bersyukur telah dititipkan di syurga bernama Indonesia. Syukuri terus Anugerah tersebut dengan selau menjaganya. Baca Juga 31 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Paling Hits