25 Tempat Wisata di Sukabumi Paling Hits dan Seru

0
67
Wisata Sukabumi – Keindahan Jawa Barat memang tak ada habisnya. Pesona keindahan alamnya membentang di setiap kota dan kabupaten yang ada di propinsi yang satu ini. 

Kali ini Anda akan melihat pesona yang luar biasa di Sukabumi. Sukabumi merupakan nama kota dan kabupaten yang mempunyai keindahan yang tak diragukan lagi.

Untuk kota Sukabumi letaknya berbatasan langsung dengan kabupaten Sukabumi. Jaraknya hanya 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung.

Beragam objek-objek wisata dapat Anda kunjungi di Sukabumi yang tentunya akan memberikan pengalaman berharga bagi perjalanan wisata Anda. 

Di mana saja tempat-tempat tersebut. Kali ini akan mengupasnya satu persatu untuk Sahabat semuanya.

1. Pesona Kawasan Wisata Ujung Genteng

a photo by @riccocheza via instagram

Ujung Genteng memiliki keindahan laut dan pantai yang luar biasa banyak. Selain pantai, di kawasan wisata ini terdapat juga air terjun yang memiliki keindahan amat luar biasa.

Dari Kota Sukabumi untuk mencapai kawasan ini Anda perlu melakukan perjalanan darat sekitar 106 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. 


Beberapa objek wisata yang terdapat di ujung Genteng memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Jika Anda ingin berselancar dengan ombak yang cukup menantang, Anda dapat memilih pantai Ombak Tujuh.


Pantai Ombak Tujuh sangat cocok bagi Anda penggemar berselancar meskipun letaknya amat memerlukan upaya ekstra untuk mencapainya. 


Untuk mencapai pantai Ombak Tujuh Anda dapat menyewa jasa ojek setempat dengan tarif  Rp200.000,- sampai Rp300.000,- bahkan lebih murah atau mahal, tergantung kemampuan tawar menawar Anda dengan ojek setempat.

Pantai selanjutnya yang tak kalah indah adalah pantai Minajaya. Pantai ini terletak di Desa Pasiripis Kecamatan Surade. Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan pasir putih dan sangat asri. Sangat cocok bagi Anda pencari ketenangan.

Selain kedua pantai tersebut di kawasan ini juga terdapat pantai Pangumbahan yang menjadi lokasi penangkaran penyu hijau (Chelonia mydas). Pada malam hari, Anda dapat melihat langsung penyu-penyu bertelur di Pantai Pangumbahan.

Pantai lainnya yang amat mempesona adalah Pantai Amanda Ratu, Pantai Cipanarikan atau Pasir Putih dan Pantai Cibuaya yang memiliki keindahan pantai dan bawah laut juga amat menakjubkan.

Ujung Genteng merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengisi liburan Anda dengan melihat mulai dari keindahan Pantai, Konservasi,air terjun, Alam, Budaya, Geopark dan masih banyak pesona lain yang dimiliki tempat ini.

Bicara fasilitas, tak perlu khawatir lagi. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat menunjang aktivitas wisata Anda. Tersedia beberapa penginapan dan hotel berkelas di kawasan ini. Walupun terkadang ke objek-objek wisata tertentu jaraknya agak jauh.


2. Suasana Alami dan Damai Situ Gunung 

a photo by @salwahizatullah via instagram

Kalau Anda ingin mencari tempat bersantai dan menikmati segarnya suasana alam. Situ Gunung ini dapat menjadi pilihan Anda yang ingin menikmati ketenangan dan kesejukan alam.

Situ Gunung terletak di desa Sukamanis kecamatan Kudadampit kabupaten Sukabumi ini berada di di ketinggian 850 meter dpl dan lokasinya berada di di lereng Gunung Gede Pangrango ini berlokasi sekitar kurang lebih 16 km dari pusat kota Sukabumi.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di tempat yang amat sejuk ini. Diantaranya Anda dapat berkeliling danau dengan berperahu, foto prawedding, ataupun sekedar bersantai menikmati indahnya pesona situ ini.

Beragam fasiltas tersedia di sekitar tempat ini. Mulai dari losmen berkapasitas empat orang dengan fasilitas lengkap termasuk televisi dan air hangat. Harga sewanya sebesar Rp350.000,- permalam. 

Sampai fasilitas Villa pun tersedia di dekat tempat ini yang memiliki harga sewa Rp1 juta ke atas permalam dengan kondisi memiliki 6 kamar tidur. 

Area camping ground juga ada di tempat ini. Kondisinya sangat nyaman dan bersih. 

Di tempat ini Anda juga dapat menikmati keindahan Curug Sawer yang sangat indah. 

Menarik, nyaman dan tak terlalu mahal. Hal tersebut dapat membuat liburan Anda menjadi menggembirakan.

3. Asyiknya camping di Gunung Sunda 

a photo by @riccocheza via instagram


Gunung Sunda adalah tempat terbaik untuk memandangi panorama Sukabumi dari ketinggian. Tempat yang hits di instagram ini akan menawarkan panorama yang luar biasa jika Anda berhasil mendakinya. 

Gunung yang memiliki view menakjubkan ini terletak di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kec Cisaat Kab. Sukabumi. Hanya berjarak sekitar 3 KM dari alun-alun cisaat.

Setelah itu Anda harus melakukan pendakian selama 15 menit dan tiket masuk sebesar Rp2.000,-. Keindahan alam puncak gunung yang diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 600 meter dpl ini akan terasa indah Anda nikmati jika Anda camping. 

Berwisata tak harus mahal, menikmati kesejukan alam, memandangi landscape kota Sukabumi dan pemandangan indah lainnya tentunya dapat membuat Anda merasa bahagia.

4. Pesona Alami Curug Cikaso

a photo by @agunggary via instagram

Air terjun Cukaso atau Curug Cikaso adalah salah satu air terjun terindah yang ada di Sukabumi. Air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Luhur ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan dinding bebatuan yang melebar.

Air terjun terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi. Memiliki jarak sekitar 110 kilometer dari kota Sukabumi, 15 kilometer dari  Jampang Kulon. 

Sedangkan dari Palabuhanratu air terjun ini berjarak sekitar 70 kilometer dan sekitar 8 kilometer dari Surade serta 32 kilometer dari Ujung Genteng. 

a photo by @juandus via instagram

Untuk mencapai lokasi air terjun ini bisa terbilang cukup sulit. Banyak jalan yang berlubang, serta medan jalan yang berat, di mana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam menjadi tantangan yang amat berat bagi Anda.

Anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter melewati sawah dengan kondisi pemandagan yang luar biasa. Hal lainnya yang menarik adalah Anda dapat melewati jalur sungai Cikaso dengan meyewa perahu warga setempat dengan tarif Rp60.000,-.

Untuk memasuki lokasi air terjun ini Anda dikenakan retribusi sebesar Rp3.000,-. 

Sama dengan kondisi air terjun di tempat lainnya. Di tempat ini fasiltas tersedia amat minim. Hanya terdapat fasilitas toilet yang kondisinya agak kurang bersih dan penjual makanan serta beberapa penjual souvenir. 

Sayang, tempat secantik ini dirusak oleh sampah yang berserakan. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan.

5. Wisata Pantai Pelabuhan Ratu 

a photo by @denden_darian via instagram

Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu tempat yang berada di selatan Jawa Barat yang memiliki pesona keindahan yang amat luar biasa. 

Pantai ini terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Sukabumi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan darat.

Pesona Pelabuan Ratu begitu luar biasa. Pantai yang curam, pantai landai, karang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan dan gunung serta sungai yang aliran derasnya dapat digunakan untuk arena arung jeram akan membuat Anda terpukau dan betah berlama-lama di tempat ini. 

Selain indah, pantai yang terletak sekitar 4 jam perjalanan darat dari Kota Hujan Bogor ini memiliki berbagai kelebihan di banding pantai – pantai lainnya di Indonesia.

Dari pantai timur Anda dapat melihat keindahan matahari terbit. Dari Pantai Barat Anda dapat memandangi indahnya panorama matahari terbenam.

Udara sejuk, segar dan suasana ramah penduduk aan memberikan kesan mendalam bagi liburan Anda di tempat ini. 

Bicara fasilitas Anda tak perlu khawatir. Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas antara lain : 

  • Penginapan dan Hotel
  • Wahana Bermain Anak 
  • Restaurant
  • Tempat Ibadah/Mushola 
  • Tempat Santai 
  • Toko Suvenir Khas Kota Sukabumi 
  • Pos Security 
  • Peta Informasi Wisata Pelabuhan Ratu

Pesona Keindahan tempat ini benar-benar akan memberikan kesan mendalam bagi Anda. Untuk memasuki tempat ini Anda harus membayar Rp2.000,-. Murah namun memukau.

6. Eksotisme Curug Cikanteh 

a photo by @rekafamri via instagram

Curug Cikanteh yang memiliki nama Air Terjun Sodong alias Curug Kembar alias Curug Penganten terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Pesona air terjun ini begitu menawan siapa saja yang mengunjunginya. Air terjun yang memiliki 3 tingkatan ini memiliki akses yang amat mudah.

Jalan beraspal dan sepi serta kendaraan roda dua yang dapat di parkir di dekat lokasi air terjun membuat tempat ini layak Anda jadikan persinggahan di Sukabumi.

Apalagi letaknya yang tak jauh dari kawasan Geopark Ciletuh. Hal tersebut membuat Anda bisa berjalan sekitar 20 menit menuju kawasan super indah tersebut.

Jika anda mandi di lokasi air terjun sebaiknya berhati-hati. Karena kontur tanah di dasar kolam yang tidak landai, ditambah derasnya air membuat orang sulit untuk berenang kembali ke permukaan.

7. Bersantai di Lapangan Merdeka Sukabumi 

a photo by @akmalip via instagram

Salah satu tempat menarik untuk sekedar bersantai adalh Lapangan Merdeka. Ruang terbuka hijau yang terletak di pusat kota Sukabumi.

Tempat yang berfungsi sebagai alun-alun kota ini memiliki rerumputan hijau yang amat bersih. Di sekitar tempat ini terdapat beragam penjual makanan yang dapat Anda cicipi di saat senja dan sore hari.

8. Pesona Eksotisme Pantai Palangpang 

a photo by @rizkiifebriann via instagram

Salah satu pesona lainnya di kawasan wisata Geopark Ciletuh ini adalah Pantai Palangpang.

Pantai yang tak jauh dari puncak Darma ini memiliki pesona yang luar biasa. 

Di pantai ini Anda akan menemukan keindahan yang begitu indah. Tempatnya yang masih belum ramai, perkampungan sekitar yang alami serta pasir putih dan ombaknya begitu membuat pantai ini layak untuk Anda kunjungi selanjutnya.

Beragam fasilitas tersedia di tempat ini. Mulai dari penginapan yang disewakan dengan harga Rp250.000,- untuk sewa perkamar.

9. Pemandangan dari Bukit Sabak

a photo by  @myhats_ via instagram

Bukit indah ini terletak di Desa Semplak Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Pemandangan dari puncak bukit ini begitu memukau. 

Berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Sukabumi, bukit ini merupakan salah satu tempat tepat untuk berkemah. 

a photo by @unsulfuadi via instagram

Untuk menuju tempat ini Anda hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam menggunakan motor ataupun kendaraan roda empat. 

Selanjutnya Anda harus trekking selama satu jam. Anda akan menemui hutan pinus sebelum Anda sampai ke puncak bukit ini. 

Dari bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl ini Anda dapat memandangi kota Sukabumi dan Gunung Gede yang amat menakjubkan.

10. Wisata Geopark Ciletuh

a photo by @endang_sulaiman via instagram

Geopark Ciletuh terletak di Kecamatan Ciemas yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. 

Beragam keindahan yang dapat Anda lihat di tempat yang satu ini. Mulai pemandangan alam yang luar biasa sampai udara sejuk yang mendamaikan. 

Selain itu beragam air terjun juga terdapat di tempat ini. Taman Bumi ini merupakan salah satu keajaiban alam yang begit luar biasa di Sukabumi. 

a photo by @hafsatahiran via instagram

Tempat ini dapat menjadi pilihan tempat bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sukabumi. Apalagi biaya masuk yang tak mahal.

Untuk mengunjungi tempat ini Anda perlu melakukan persiapan yang matang. 

11. Pesona Pantai Cibuaya Ujung 

a photo by @novapry via instagram

Pantai Cibuaya adalah salah satu pantai di Ujung Genteng. Pantai ini berjarak 7 jam perjalanan dari jakarta. Pantai ini terletak di Kecamatan Ciracap Sukabumi.

Perpaduan pasir putih, birunya laut dan panorama asri membuat pantai ini terasa begitu nyaman. Keindahan pantai ini layak menjadi kunjungan Anda selanjutnya di Ujung Genteng.

12. Pemandangan menakjubkan Puncak Darma 

sumber : liburmulu.com

Inilah salah satu tempat yang memiliki view yang menakjubkan. Puncak yang berada di ketinggian sekitar 230 mdpl ini berada di di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Dari puncak bukit ini akan terlihat pemandangan matahari tenggelam yang menakjubkan. Akses ke pantai ini tak begitu sulit. Anda dapat melakukan aktivitas kemah di atas puncak nan eksotis ini.

13. Keindahan Curug Cigangsa 

a photo by @balnyes via instgaram

Curug ini berada tak jauh dari Curug Cikaso. Pemandangan alam di sekitar curug ini begitu terlaihat amat mempesona. Air terjun yang melebar ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Keindahan curug ini layak Anda jadikan tujuan wisata Anda selanjutnya.

14. Romantisme di Pantai Cicaladi 

a photo by @ilham_nur84 via instagram

Pantai Cicaladi adalah pantai yang layak dikatakan lukisan surga di bumi pasundan. Pantai ini terletak di desa Sukatani Kecamatan Surade Kabupanten Sukabumi.

Meskipun akses terbilang agak sulit apalagi saat hujan karena jalannya tanah. Pantai ini menawarkan suasana indah yang begitu romantis. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat nyaman untk berbulan madu. Keindahan pantai ini layak jadi tujuan wisata Anda selanjutnya di Sukabumi.

15. Goa Buniayu Sukabumi 

a photo by @qonitalillahyusuf via instagram

Bagi Anda para pencinta alam, Goa Buniayu harus menjadi salah satu tujuan utama wisata Anda ke Sukabumi. Goa ini terletak di Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Goa ini bisa dibilang salah satu yang terindah di Indonesia. Di dalam Gua ini Anda dapat menikmati senasasi kegelapan abadi. Keindahan ini akan meberikan kesan yang amat mendalam bagi Anda. Apalagi untuk memasuki gua ini Anda harus masuk melalui gerbang gua yang vertikal.

16. Wisata Hemat Curug Bibijilan

a photo by @hmuhamadalfajar via instagram

Nah bagi Anda yang ingin merasakan pemandian alam yang begitu menyejukkan. Curug Bibijilan yang berjarak sekitar 2.5 kilometer dari pintu masuk Goa Buniayu yang di kelola oleh pihak Perhutani ini adalah tempat yang memberikan pesona keindahan tersebut.

Dengan warna air hijau tosca dan pepohona rindang mengelilinginya, air terjun ini akan memberikan suasana yang begitu nyaman bagi Anda. Perjalanan yang melelahkan melewati hutan pinus akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan air terjun ini.

Untuk memasuki Wana Wisata Curug Bibijilan Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp. 4000,- per orangnya, parkir kendaraan roda dua senilai Rp. 2000,- dan Rp.4.000,- untuk roda empat.

17. Pantai di Muara Cipanarikan 

a photo by@ekaputragalih via instagram

Muara Cipanarikan adalah pantai yang terletak di muara sungai Cipanarikan. Keindahan pantai ini begitu luar biasa dan memanjakan mata. Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Pangumbahan.

Keindahan pantai ini begitu memanjakan Anda. Suasana yang alami dan bersih membuat pantai ini menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menyepi dari keramaian kota.

sumber : www.marijelajahindonesiaku.com

Untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya alias gratis. Fasilitas yang tersedia pun masih terbilang minim.

18. Menikmati Kuliner Phopho Cafe & Resto

a photo by @ramdanujang via instagram

Jika Anda mengunjungi pelabuhan ratu  Phopho Cafe & Resto adalah tempat wisata kuliner terbaik yang musti Anda kunjungi. 

Beragam kuliner luar biasa dapat Anda temui di cafe dan resto yang memiliki view yang menakjubkan ini. 

Resto yang berlokasi di Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat ini selain memiliki view yang indah juga makanan yang dijualnya enak dan murah. Sangat tepat bagi Anda yang ingin berkuliner ria di Palabuhan Ratu.

19. Kesyahduan Pantai Cibangban

sumber : liburmulu.com

Tak jauh dari Phopho Cafe & Resto  Anda dapat menikmati keindahan Pantai Cibangban. Pantai ini terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Pantai cantik dengan ombak yang cukup besar ini memiliki pasir putih kecokelatan dan pepohonan asri di sekitarnya. Untuk memasuki pantai ini Anda perlu membayar tiket masuk Rp2.000,-. 

Selain itu Anda harus membayar parkir dengan  biaya Rp. 3000 untuk roda dua, Rp. 12.000 untuk mobil sedan, minibus dan angkutan umum, serta Rp. 22.000 untuk ruk dan bus.


20. Pesona Curug Awang 

a photo by @xaverius_endro via instagram

Curug Awang yang indah dan melebar ini disebut-sebt niagara mininya Sukabumi. Air terjun ini terletak kawasan Ciletuh Geopark, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Pesona air terjun ini sebanding dengan air terjun lainnya yang berada di kawasan ini.  Untuk sampai ke Curug Awang sendiri bisa di tempuh dengan kendaraan roda empat, karena kondisi jalan sudah bagus, namun ada beberapa ruas jalan yang masih didominasi bebatuan. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua.

21. Taman Rekreasi Air Santa Sea Waterpark 

a photo by @santaseawaterpark via instagram

Inilah Taman Rekeasi Air terbesar di kota Sukabumi. Objek wisata ini terletak Jln Pramuka Kel.Gedong Panjang Kec.Citamiang Kota Sukabumi. 

Beragam wahana permainan air dapat memanjakan Anda antara lain kolam anak, pemandian air panas ala Jepang dan Thaiand, Jungle Forest,air terjun buatan, kolam arus, kolam ombak, perosotan air, taman raksasa dan beragam wahana lainnya.

Fasilitas di tempat ini terbilang cukup lumayan. Tersedia toilet yang cukup bersih,  musholla dan tempat makan yang menawarkan makanan cukup enak.

Untuk memasuki tempat wisata satu ini Anda diharuskan membayar sebesar 50 ribu untuk hari Senin hingga jumat dan 70,000 di akhir pekan Sabtu – Minggu dan juga libur nasional.

22. Bukit Karang Numpang 

a photo by @balnyes via instagram

Bagi Anda para pecinta alam bukit ini dapat Anda jadikan salah satu jalur pendakian di Sukabumi. Bukit yang terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan tempat yang amat indah. 

Tak terlalu berat untuk mendaki bukit ini namun keindahannya begitu luar biasa. Tempat yang lagi hits ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Sukabumi.

a photo by @dimasfrh via instagram


23. Kebun Teh Sukabumi 

a photo by @david8js via instagram

Salah satu tempat yang sejuk dengan hamparan perkebunan teh ini layak Anda kunjungi selanjutnya. Kebun teh milik milik PT Perkebunan Nasional VIII Kabupaten Sukabumi memiliki pemandangan yang amat menakjubkan.

24.Wisata Religi Masjid Raudhatul Irfan

sumber : suaramasjid.com

Tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi objek wisata religius yang satu ini. Masjid Raudhatul Irfan yang menjadi kebanggan masyarakat Sukabumi ini terletak Jalur Lingkar Selatan Sukabumi tepatnya di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

25. Menikmati Lezatnya Soto Mie Agih

sumber : Gulalives.com

Kelezatan soto yang satu ini akan menggoyang lidah Anda penikmat kuliner. Kuahnya sangat memiliki citarasa yang luar biasa enak. Terletak di Jl. Pelabuhan 2 No. 82, Kecamatan Warudoyon Kota Sukabumi, sayang rasanya jika tempat ini tak menjadi persinggahan Anda di kota Sukabumi.

Nah itu dia 25 tempat yang dapat Anda nikmati keindahannya di Sukabumi. Benar-benar menakjubkan dan memberikan kebahagiaan bagi perjalanan wisata Anda tentunya. Tetap jaga keindahan alam Indonesia dengan tidak membuang sampah sembarangan ya Guys. Baca juga 17 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat Terbaik untuk Dikunjungi