21 Makanan Khas Bandung Jawa barat Terpopuler Dan Eksis Sampai Sekarang

0
59
Makanan Khas Bandung Jawa Barat – Indonesia memang memiliki keaneka ragaman kuliner yang enak dan hampir berada seluruh negara-negara di dunia selalu dapat di jumpai dengan mudah. Tentu saja hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan makanan khas dari berbagai kuliner yang ada dan di akui memiliki rasa yang enak pula.

Dengan banyaknya macam dan varian makanan yang ada di negara indonesia membuat banyak wisatawan asing cukup tertarik untuk mencoba makanan khas yang tersaji di setiap wilayah di Indonesia.

Memang benar adanya jika negara indonesia merupakan salah satu negara yang yang terdiri dari banyak sekali kota. Salah satu kota dengan makanan khas yang sangat banyak adalah Kota bandung yang biasa kita sebut dengan kota kembang.

Beberapa di antara makanan khas bandung yang akan kita bahas pada kesempatan ini, tentu saja sebagian besar sudah kita ketahui, dan pernah menikmatinya. Memang dari dulu Bandung sangat terkenal dengan destinasi tempat wisata-nya.

Akan tetapi ternyata makanan khas bandung yang ada di tempat tersebut terkenal sangat lezat dan enak. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan mengajak anda untuk membahas tentang beberapa makanan khas bandung yang paling enak dan populer yang tidak hilang walaupun kemajuan jaman terus berubah.

Berikut Daftar Makanan Khas Bandung yang wajib di ketahui dan juga cukup populer sampai sekarang

1). Peuyeum

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat populer di Kota Bandung, makanan bandung yang kita maksud ini adalah sebuah makanan khas yang bernama Peuyeum.

Bahkan saking khasnya, makanan Peuyeum yang satu ini biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang kebetulan sedang berlibur ke Kota bandung. Peuyeum itu sendiri sebutan nama makanan berasal dari bahasa sunda sedangkan bila beralih ke bahasa indonesia Peuyeum berati yaitu Tape.

Biasanya makanan khas bandung bernama Peuyeum ini di atasnya di berikan toping seperti misalkan coklat, keju atau beberapa toping populer yang lainnya untuk melengkapi dan memberikan warna baru di aneka kuliner bandung jawa barat.

2). Siomay 

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Siomay. Makanan bandung yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan saat kita sedang berlibur ke suatu tempat di Indonesia, hal ini di karenakan memang makanan Siomay yang berasal dari Bandung.

Akan tetapi saat ini Siomay Bandung ini sudah banyak tersebar di kota-kota besar lainnya dan tentunya rasa dan kelezatanya tidak dapat di ragukan lagi. Makanan bandung yang satu ini cukup luar biasa, di karenakan makanan yang di balut dengan bumbu khas bandung ini sangat enak dan di sukai oleh berbagai kalangan.

Biasanya Siomay Bandung ini di buat dari daging ikan, sagu dan juga bumbu kacang yang lezat. Bahkan makanan bandung yang satu ini sangat mudah di jumpai seperti misalkan saja sekolahan, perumahan atau bahkan perkantoran juga tertarik dengan makanan khas bandung yang satu ini.

3). Cimol

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan khas yang tidak hanya populer di bandung saja, akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini Cimol sudah banyak di temukan di kota-kota besar lainya seperti jakarta, bekasi dan bogor.

Cimol mempunyai arti aci di gemul atau jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia yaitu tepung kanji, tentu makanan bernama Cimol ini di buat dengan bahan utama yakni kanji yang di olah menjadi bentuk bulat.

Tentu bulatan kanji tadi kemudian di proses dengan cara di goreng. Dengan bumbu yang hampir mirip dengan bumbu basreng, makanan khas bandung yang satu ini bisa membuat banyak orang ketagihan untuk selalu mencicipi gurihnya Cimol ini.

Jika anda penasaran, sebenarnya Cimol ini mempunyai rasa yang lezat, gurih dan tentunya sangat kenyal, karena pada dasarnya makanan khas bandung bernama Cimol ini di buat dari tepung kanji.

4). Cireng

Makanan khas bandung yang satu ini sepertinya sangat sering di sebut-sebut sebagai cemilan asyik oleh sebagian masyarakat indonesia. Cireng merupakan makanan yang sudah sangat terkenal dan berasal dari Kota Bandung dan merupakan salah satu makanan khas dari bandung jawabarat.

Cireng sendiri merupakan makanan dari sebuah singkatan yaitu aci di goreng, yakni jika di bahasa indonesia berarti tepung kanji yang di goreng dalam penyajiannya.

Saat ini popularitas dari Cireng ini cukup luar biasa, hal ini di karenakan makanan yang satu ini memiliki rasa yang enak dan gurih pada saat berada di mulut. Selain itu untuk harga di bandrol dengan sangat terjangkau.

Bahkan sejak tahun 80an makanan khas bandung yang satu ini sudah terkenal, terdiri dari tepung kanji, garam, kedelai, air, tepung terigu, bawang, minyak goreng dan saus sambal, makanan khas bandung ini bisa di nikmati dengan bersama teman-teman atau orang terdekat sekeliling Anda.

5). Surabi

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang nampaknya sudah sangat populer di seluruh indonesia, khususnya para pencinta kuliner yang sedang berburu makanan lezat dari berbagai daerah.

Surabi merupakan makanan khas bandung yang di buat dari tepung, hingga Surabi ini sangat mirip dengan pancake. Akan tetapi perbedaan antara Surabi dengan pancake adalah Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku dan biasanya sangat tebal ukurannya.

Tentu merupakan salah satu makanan khas bandung yang unik, karena untuk peralatan yang di gunakan untuk membuat Surabi ini dengan menggunakan alat sederhana yakni tungku yang di buat dari cetakan tanah liat, dengan begitu di rasa keaslian dari Surabi ini masih sangat baik.

Saat ini banyak sekali varian topping yang bisa anda pilih untuk Surabi anda seperti misalkan saja keju, pisang, coklat, durian, sosos dan nangka, tentunya akan lebih menambah keaneka ragaman kuliner-kuliner indonesia yang memiliki rasa yang khas dan enak.

6). Bandros

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Bandros. Makanan yang satu ini merupakan makanan atau jajanan khas bandung yang sangat populer.

Di buat dengan bahan utamanya yakni tepung terigu yang di olah sedemikian rupa dengan di campur dengan santan kelapa, makanan khas bandung ini bisa membuat ketagihan.

Bandros adalah sebuah makanan yang di masak dengan menggunakan cetakan cekung khas yang kemudian di beri kelapa parut, sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang sangat lezat khas dari kota kembang bandung.

Biasanya untuk sekedar saran penyajian makanan bernama Bandros ini wajib untuk anda nikmati dan akan terasa lebih nikmat ketika masih baru di masak yaitu masih hangat yang tentu sangat cocok bila di makan bersama dengan minuman seperti kopi atau teh hangat.

7). Lotek

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah tidak asing lagi bagi pencinta kuliner tanah air, pasalnya makanan khas bandung yang satu ini telah tersebar luas di seluruh indonesia. Pada dasarnya makanan khas bandung yang bernama Lotek ini sangat mirip dengan pecel yang sudah biasa kita kenal.

Akan tetapi yang membedakan adalah dalam bumbu lotek terdapat bahan seperti gula merah, bawang putih dan terasi akan menambahkan rasa dan aroma yang khas dari lotek itu sendiri.

Tentu dengan beberapa bahan yang telah di sebutkan di atas menjadi bumbu pelengkap yang tidak bisa terpisahkan sehingga membuat makanan khas bandung ini mempunyai rasa yang lebih manis jika di banding kan dengan pecel yang sudah kita kenal.

Saat menyantap Lotek ini anda bisa memilih di campur dengan nasi hangat atau lontong, akan tetapi jangan sampai lupa kriuknya yakni biasanya dalam makanan Lotek ini di campur pula bawang goreng dan kerupuk.

8). Pisang Coklat

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang di beri nama Pisang Coklat dan merupakan sebuah makanan yang terbuat dari pisang. Untuk proses pembuatan dari Pisang Coklat ini yakni dengan cara melumerkan coklat pada pisang.

Setelah itu anda bisa membungkus pisang dengan balutan coklat tadi dengan kulit lumpia dan silahkan menggoreng Pisang Coklat ini hingga tercium aroma yang khas dan tentunya mengunggah selera terasa ingin mencicipinya.

Pisang Coklat ini sangat lezat apabila di sajikan pada saat masih baru di masak atau masih panas, tentu pisang yang melebur dengan coklat akan membuat anda ketagiahan untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Makanan khas bandung Pisang Coklat ini biasanya di sebut juga dengan Piscok, tentu merupakan salah satu referensi makanan yang wajib untuk anda nikmati apabila anda sedang berada di Kota Bandung.

9). Combro

Makanan khas bandung yang enak dan cukup familiar yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Combro. Makanan yang satu ini merupakan jajanan khas bandung yang sangat enak biasanya makanan ini juga di sebut dengan nama gemet.

Salah satu makanan khas jawa barat yang terbuat dari singkong yang di parut, kemudian di bentuk bulat gepeng yang tentu saja di dalamnya di isi dengan sambal oncom untuk melengkapi rasa yang lebih enak.

Untuk proses pembuatan dari Combro ini yakni dengan cara di goreng, bahkan nama dari Combro ini ternyata juga merupakan sebuah singkatan dari oncom di jero atau jika di artikan dalam bahasa indonesia adalah oncom di dalam.

Makanan khas bandung yang satu ini untuk saran penyajiaannya sangat enak apabila di makan pada saat masih hangat dan merupakan makanan yang wajib untuk anda coba.

10). Batagor

Makanan khas bandung paling populer di seluruh indonesia yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat terkenal dan banyak penjual yang menjual Batagor ini di seluruh indonesia. Karena rasa dari Batagor sendiri sangat enak dan merupakan jajanan khas bandung yang di buat dari perpaduan dari bakso dan tahu goreng.

Yang di masak dengan cara di goreng secara bersamaan oleh karena itu namanya Batagor yang artinya bakso tahu goreng. Batagor merupakan makanan yang di buat dengan bahan adonan ikan, tepung kanji yang kemudian di jadikan satu dan di goreng.

Tentu saja saat penyajiannya di campurkan juga saus kacang atau bumbu kacang yang kental yang memberikan rasa lezat, tentu rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat kita ketagihan untuk menikmati makanan khas bandung yang sudah sangat populer dan menjadi makanan favorit masyarakat indonesia.

11). Mie Kocok

Makanan khas bandung yang berikutnya akan kita bahas sebuah makanan yang terkenal dengan nama Mie Kocok. Makanan yang satu ini tentu sangat mudah bisa kita temukan di Kota Bandung, karena banyak pedagang dengan menggunakan gerobak yang menjajakan makanan khas bandung bernama Mie Kocok ini.

Mie Kocok ini merupakan hidangan mie yang di campur dengan berbagai sayuran. Tentu tidak hanya sayuran saja yang di campurkan di Mie Kocok ini, ada juga seperti misalkan saja kikil sapi. Tentu anda sangat penasaran dengan nama Mie Kocok yang di berikan pada makanan khas bandung ini bukan ?

Sebenarnya nama Mie Kocok ini karena proses sebelum penyajian dari makanan khas bandung Mie Kocok ini yakni pada saat proses pembuatannya mienya di kocok dan di aduk hingga terolah secara sempurna setelah itu baru bisa di hidangkan dan di makan.

12). Gepuk

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang juga mempunyai makanan yang sangat unik, yaitu Gepuk. Makanan atau lebih tepatnya bisa kita sebut jajanan Bandung yang satu ini juga merupakan makanan khas dari jawa barat.

Gepuk merupakan sebuah makanan yang di buat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi yang di kemas dengan rasa sedikit manis dan gurih.

Kenapa di namakan Gepuk ?

Karena makanan khas bandung bernama Gepuk ini di buat dengan cara mengiris daging sapi dengan serat yang searah, setelah itu daging di rebus dan di pukul hingga di rasa sampai lembut yang tentu unik bukan ?

Daging empuk tadi di campur dengan santan dan bumbu rempah, setelah itu di rebus lagi. Sebelum di sajikan, biasanya Gepuk di goreng dengan sedikit minyak dan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

13). Nasi Tutug Oncom

Makanan khas bandung yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang mempunyai nama yang cukup unik yakni Nasi Tutug Oncom. Makanan yang satu ini merupakan sajian yang cukup populer di Kota Bandung, pasalnya makanan khas bandung yang satu ini di buat dengan cara di bakar.

Yang tentunya dilengkapi dengan bumbu oncom yang di campur juga dengan tepung tapioka atau biasa di sebut dengan tepung kerupuk.

Tentu akan menjadi sebuah pengalaman menarik apabila anda menikmati makanan yang satu ini bersama dengan beberapa rekomendasi di dalam penyajian dan cara memakannya menurut masyarakat asli kota bandung jawabarat.

Biasanya Nasi Tutug Oncom ini di sajikan bersama dengan kerupuk dan juga sambal. Tidak hanya itu saja, pada penyajian Nasi Tutug Oncom ini biasanya juga di tambahkan sayuran, selain sayuran tadi itu enak tentu sayuran tersebut juga menyehatkan.

14). Colenak

Makanan bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah Colenak yang tentu saja sudah sering di dengar bagi para pencinta kuliner di wilayah bandung. Makanan yang satu ini mempunyai nama Colenak ternyata mempunyai arti sendiri, yang berarti Colenak singkatan dari cocol enak.

Tentu namanya terdengar sangat unik bukan ? Termasuk makanan khas bandung yang legendaris, pasalnya Colenak ini sudah ada sejak tahun 1930 an yang lalu.

Di gadang-gadang merupakan makanan yang di hasilkan dari revolusi makanan khas bandung lainnya yakni peuyeum. Colenak merupakan sebuah makanan hasil pengembangan dari peuyeum yang pada saat memasaknya di bakar dengan menggunakan arang, setelah itu di beri gula merah berbentuk cair yang cukup kental dan di bubuhkan parutan kelapa.

15). Nasi Timbel

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan bandung yang sering di sebut-sebut dalam berbagai acara, hal ini di karenakan makanan khas bandung yang satu ini mempunyai rasa yang sangat lezat. Seperti apa sebenarnya makanan Nasi Timbel ini ?

Yakni nasi putih yang di bungkus dengan daun pisang, hal ini lah yang membuat rasa dari Nasi Timbel ini mempunyai rasa dan cita rasa yang sangat khas lezatnya.

Nasi Timbel ini sangat sering kita jumpai di rumah makan sederhana yang ada di Kota Bandung, akan tetapi dalam menikmati makanan bernama Nasi Timbel ini anda bisa menambahkan berbagai lauk pauk yang menurut anda sangat enak, seperti misalkan saja ayam goreng, sambal, tahu, tempe dan lalapan yang segar.

Tentu memang sangat mirip dengan lalapan yang biasa kita temukan, akan tetapi yang membedakan adalah nasinya yang di bentuk bulat lonjong seperti lotong tetapi ukurannya cukup besar dan rasanya juga enak dan pulen.

16). Perkedel Bondon

Makanan khas bandung paling enak yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Perkedel Bondon. Makanan yang satu ini merupakan sebuah makanan yang di goreng dengan tungku api yang mana bagian yang di bakar adalah seperti arang atau juga bisa kayu.

Banyak orang yang menilai jika cara memasak dari Perkedel Bondon ini merupakan jurus ampuh untuk membuat Perkedel Bondon yang enak.

Biasanya makanan khas bandung yang satu ini juga kerap di pergunakan sebagai pelengkap lauk pauk pada saat di adakan makan-makan bersama, tentu merupakan sebuah lauk yang sangat pas apabila di campurkan dengan nasi hangat dan juga sambal yang sangat pedas.

Salah satu makanan khas bandung yang wajib untuk anda coba jika kebetulan anda sedang berada di Kota Bandung yang memang sudah sangat terkenal dengan masakan khasnya yang sangat enak.

17). Misro

Makanan khas bandung yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah sangat populer di kalangan para pencinta kuliner di bandung dan sekitarnya. Yakni Misro yang merupakan makanan khas jawa barat yang wajib untuk anda cicipi apabila anda sedang berada di Kota Bandung.

Misro sendiri merupakan makanan yang di buat dari parutan singkong yang di dalamnya di beri gula merah, setelah itu di goreng hingga matang. Banyak orang yang bertanya, kenapa makanan khas bandung yang satu ini di namakan Misro ?

Pasalnya Misro di ambil dari Amis di Jero yang artinya dalam bahasa sunda yaitu manis di dalam. Pada umumnya makanan khas bandung yang bernama Misro ini di buat dengan bentuk yang bulat dan juga lonjong. Tentu saja akan lebih maksimal kenikmatannya apabila di sandingkan dengan kopi atau teh hangat.

18). Basreng (Bakso Goreng)

Jika anda biasa belanja makanan via online, pasti anda pernah melihat sebuah produk dengan nama Basreng atau Bakso Goreng bukan? Makanan khas bandung yang satu ini merupakan makanan yang sangat gurih yang berasal dari baso yang di olah sedemikan rupa.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menggoreng potongan baso tersebut menjadi sebuah krupuk yang gurih dan tentu saja tidak sama dengan baso pada umumnya, Basreng atau Bakso Goreng ini tanpa kuah.

Rasa renyah yang di tawarkan makanan bandung yang satu ini bisa membuat anda ketagihan, bumbu dari Basreng atau Bakso Goreng ini juga berbagai macam rasa. Beberapa rasa yang ada di Basreng atau Bakso Goreng ini seperti misalkan saja rasa asin, manis, pedas dan rasa keju bisa anda pilih sesuai selera.

Akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini rasa Basreng atau Bakso Goreng yang sangat populer adalah rasa pedas. Banyak badan usaha yang membuat Basreng atau Bakso Goreng rasa pedas yang di edarkan di seluruh indonesia.

19). Es Lilin

Ada sebuah makanan khas bandung yang sepertinya sangat layak untuk menjadi salah satu referensi bagi anda apabila anda sedang mencari makanan pelepas dahaga. Salah satu makanan bandung yang bisa melepas rasa dahaga anda adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Es Lilin.

Makanan ini merupakan sebuah kombinasi antara gula, susu dan santan, sehingga menghasilkan sebuah makanan yang bernama Es Lilin.

Saat ini makanan khas bandung ini mempunyai banyak sekali variasi rasa yang tentu saja akan memberikan anda banyak pilihan rasa dari Es Lilin ini. Beberapa rasa yang biasanya di sematkan dalam Es Lilin seperti misalkan saja rasa melon, leci dan strawberry.

Jadi apabila anda kebetulan sedang berada di kota Bandung, tidak ada salahnya apabila mencicipi segarnya makanan bandung yang terkenal dengan nama Es Lilin ini.

20). Cilok

Siapa yang tidak tahu camilan yang sudah satu ini, dan siapa yang menyangka ternyata camilan yang sudah sangat terkenal ini berasal dari Kota Bandung.

Makanan yang populer dengan nama Cilok ini merupakan camilan bertekstur kenyal dan berbentuk bulat hampir menyerupai bakso dan juga merupakan jajanan kebanggan dari masyarakat bandung Jawa Barat.

Hal ini di karenakan makanan yang sudah memasyarakat ini sudah tersebar di seluruh bagian dan pelosok indonesia tercinta kita ini. Biasanya Cilok sangat mudah kita temukan di pinggir jalan seperti saja di area sekolahan, perkantoran dan beberapa tempat lain yang ramai.

Dengan bentuk bulatnya mampu menggoyang lidah anda, di tambah lagi dengan siraman bumbu kacang yang lezat tentu akan sangat nikmat dalam setiap gigitannya. Saat ini Cilok telah di kombinasikan dalam berbagai bahan dan juga saus dalam penyajiannya.

21). Kupat Tahu

Masakan khas bandung yang berikutnya adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Kupat Tahu. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang di campur dengan saus kacang dengan ciri khas saus kacang yang di siramkan pada Kupat Tahu ini sangat kental.

Yang mengenyangkan dalam Kupat Tahu ini adalah di dalamnya terdapat kupat atau lontong, tauge dan tahu yang sangat gurih pada saat di cicipi.

Kupat Tahu ini merupakan makanan legendaris yang berasal dari bandung dan di kota bandung sendiri banyak orang yang menjualnya. Beberapa orang sangat suka Kupat Tahu ini jika lontong atau kupat yang di gunakan cukup kenyal sehingga menimbulkan sensasi mengunyah yang butuh kerja keras.

Kupat Tahu dari dulu hingga saat ini masih menjadi makanan favorit di jawa barat atau bandung, hal ini terbukti banyak juga orang yang menjual Kupat Tahu ini di berbagai tempat dan di berbagai acara.

Itulah 21 daftar makanan khas dari kota bandung jawabarat, mudah-mudah dapat bermanfaat dan memberi sedikit pengatahuan tentang nama-nama makanan khas dari jawabarat yang sering di sebut sebagai kota kembang.