20 Tempat Wisata Pangandaran Paling Indah dan Menawan

0
214
Wisata Pangandaran – Pangandaran, sebuah kabupaten di Jawa Barat yang memiliki wilayah tak begitu luas, namun memiliki pesona yang luar biasa. Pangandaran yang baru dimekarkan menjadi kabupaten pada tahun 2012 ini memiliki sejuta keunikan dan keindahan yang menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pesona pantai dengan panorama yang indah dan budaya yang luar biasa membuat siapa saja yang pernah datang ke tempat ini ingin menikmatinya kembali. 

Bagi Anda yang ingin berlibur ke daerah yang cantik nan eksotis ini berikut pilih tempat-tempat indah yang menarik untuk Anda kunjungi. 

1. Pantai Pangandaran

Sumber : Ulinulin.com

Bicara Pangandaran ya bicara pantainya. Pantai yang indah yang menjadi primadona bagi warga ibukota maupun kota-kota terdekat kabupaten ini. Tak heran setiap hari banjir pengunjung. Kalau diibaratkan, pantai ini adalah pantai Kuta nya Jawa Barat.

Pantai pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik yang ada di Pulau Jawa ini merupakan tempat terbaik bagi Anda untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari. 

Pasir putih agak kecokelatan nan landai dengan air laut yang jernih dan bergelombang halus membuat wisatawan yang mengunjungi pantai ini merasakan sensasi berwisata yang luar biasa.

Fasilitas di pantai ini tak perlu ditanyakan lagi. Di pantai ini tersedia berbagai fasilitas seperti  tempat parkir yang cukup luas, area camping ground, pemandu wisata, money changer, dan fasilitas olahraga air yang menarik.

Di tempat ini juga terdapat jasa penyewaan sepeda dan ban untuk berenang yang hanya disewakan Rp10.000,- sd Rp15.000,-. Selain itu terdapat pula berbagai wahana permainan air seperti Parasailing dan jetski.

Bicara tempat makan disepanjang pantai ini terdapat banyak tempat makan yang menawarkan makanan dan minuman yang enak. Hotel dan penginapan pun Anda tinggal pilih tergantung budget yang Anda miliki.

Pantai Pangandaran pilihan tepat untuk Anda mengisi waktu libur Anda. Pantai ini berjarak 359 kilometer dari ibukota Jakarta dengan watu tempuh sekitar 8 jam. Waktu perjalanan yang cukup lama akan terbayar dengan keindahan dan keeksotisan tempat ini. 

2. Pantai Pananjung 

sumber : http://levitaong.blogspot.co.id/

Pantai Pananjung layak Anda jadikan destinasi wisata utama di Pangandaran. Berada dalam kawasan Cagar alam Pananjung, pantai ini salah satu pantai yang masih sepi dan alami.

Sama halnya dengan pantai di sekitarnya, keindahan pantai ini terletak pada pasir putih kecokelatan nan landai serta pemandangan yang menyejukkan mata. 

Daya tarik lainnya adalah Anda dapat melakukan diving dan snorkeling mengamati indahnya biota laut di air yang biru jernih. Biota tersebut antara lain kuda laut, teripang, tiram dan bintang laut serta berbagai jenis ikan yang cantik.

Bagi Anda yang gemar berselancar, Anda bisa berselancar di tempat ini dengan kondisi ombak yang tak terlalu besar. Fasilitas di pantai ini terbilang masih minim. Namun Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan menaiki kapal untuk berkeliling menyaksikan keajaiban laut yang berada di sekitar pantai ini.

Pantai ini berjarak 94 kilometer dari Kota Ciamis dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Ada dua rute menuju pantai ini yaitu melalui gerbang Cagar Alam Pananjung yang mengharuskan Anda berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter. 

Rute lainnya, Anda dapat menaiki kapal dari Pantai Barat dengan sewa Rp150.000 untuk sewa kapal dengan kapasitas tujuh orang.

Pantai ini sangat layak untuk Anda jadikan destinasi liburan. Apalagi bagi Anda yang senang dengan suasana pantai yang sepi, indah dan nyaman.

3. Taman Wisata Alam Cagar Alam Pananjung 

sumber : bandung.panduanwisata.id

Taman yang merupakan satu-satunya objek wisata hutan yang ada di Pangandaran ini memiliki kekayaan sumber hayati yang luar biasa.

Taman yang berdampingan dengan pantai-pantai indah yang ada di Pangandaran ini memiliki sejuta alasan untuk Anda kunjungi. 

Di taman ini terdapat flora dan fauna langka yang sulit ditemui di daerah jawa pada umumnya. Anda dapat menikmati kehidupan satwa-satwa liar, antara lain tando, monyet ekor panjang , lutung , kalong , banteng, rusa, dan landak. Sedangkan jenis burung antara lain burung cangehgar, tlungtumpuk, cipeuw , dan jogjog. Jenis reptilia adalah biawak , tokek, dan beberapa jenis ular, antara lain ular pucuk.

Di dalam hutan ini terdapat banyak gua-gua yang dapat Anda kunjungi mulai dari gua yang alami sampai gua buatan tentara Jepang.

Untuk masuk ke objek wisata yang satu ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp9.500,- per orang. 

Pantai ini hanya berjarak 4 kilometer dari pantai Pangandaran. Jarak yang sangat dekat tersebut membuat cagar alam ini layak Anda kunjungi setelah Anda menikmati indahnya pantai-pantai di Pangandaran.

4. Objek Wisata Citumang

a photo by @abe_kadebre via instagram

Objek wisata yang satu ini adalah surganya bagi para pencinta rafting. Keindahan sungai Citumang merupakan magnet yang sangat kuat menarik para wisatawan. 

Kondisi sungai biru jernih dengan batu-batu cadas di kiri kanannya membuat siapa saja akan terpesona. Apalagi keadaan alamnya yang hijau, membuat rafting ditempat ini menjadi aktivitas yang tak akan membuat Anda lelah sedikit pun.

Objek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Kira-kira dari Pantai Pangandaran berjarak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sedangkan dari Kota Ciamis berjarak sekitar 95 kilometer. 

Sedikit informasi bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini adalah ada beberapa spot berbahaya yang Anda harus hati-hati ketika rafting melintasinya. 

Agar perjalanan rafting Anda di tempat ini berjalan ancar sebaiknya Anda ikut paket wisata yang telah menyediakan pemandu dengan tarif mulai dari Rp75.000-Rp200.000, perorang.

Perjalanan wisata apapun jika tidak dipersiapkan secara matang, akan membawa ketidaknyamanan bahkan bahaya. Untuk itu persiapkan dengan baik jika ingin rafting ke sungai nan eksotis ini.

5. Curug Bojong 

a photo by @jen8tat via instagram

Air terjun yang juga dinamai Curug Sawangan ini membuat siapa saja akan tertarik untuk mengabadikan moment dengan latar belakang dengan curug yang begitu indah ini.

Curug Bojong terletak di Desa Sukahurip, Kabupaten Pangandaran. Dari pantai Pangandaran melalui jalan raya Cijulang berjarak sekitar 15,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 33 menit. 

Akses jalan menuju lokasi ini belum diaspal. Ada 3 alteratif untuk mencapai lokasi ini. Yang pertama kalau Anda tak ingin berlelah-lelah dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Tapi jika Anda hobi berpetualang, hiking dan aktivitas bersepeda dapat menjadi aktivitas yang membahagiakan bagi Anda.

Sesampai di lokasi Anda dapat melihat Curug dengan tiga tingkatan yang memiliki pesona yang sangat indah. Tiket masuk ke lokasi ini Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000,- dengan biaya parkir Rp2.000,-.

Fasilitas di lokasi air terjun ini cukup lengkap, di tempat ini tersedia fasilitas seperti MCK atau ruang ganti, mushola, camping ground, rest area, pemandu, ban dan pelampung untuk berenang dan lainnya untuk menyamanan pengunjung.

Nah, menarik bukan, Pangandaran tak hanya memiliki pantai yang indah. Namun pesona alam lainnya layak Anda jadikan destinasi wisata bagi Anda.

6. Pantai Batu Karas 

sumber : www.hotelterataibatukaras.com

Tak jauh dari pantai pangandaran, ada sebuah pantai yang sangat menawan dan indah. Pantai Batu Karas, merupakan sebuah perpaduan indah karya Pencipta. Deburan ombak yang mengalun, dengan pasir cokelat landai, batu karang berpadu dengan panorama indah hijau pepohonan di sepanjang pantai.

Pantai ini berjarak sekitar 34 kilometer dari Pantai Pangandaran dengan waktu tempuh 1 jam. Berada tepat di Desa Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang. 

Tempat ini sangat layak Anda jadikan tempat sekedar bersantai, berenang maupun Anda yang ingin berselancar. 

Fasilitas yang dapat Anda nikmati di tempat ini antara lain toilet, tempat ibadah, Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

Tiket Masuk pantai batu Karas yakni pejalan kaki 1(satu) orang Rp5.800,- Sepeda Motor Rp12.500,- kendaraan jenis sedan Rp32.000,- kendaraan jenis carry Rp61.000,- Kendaraan penumpang pesar Rp89.000,- bus kecil Rp118.000,-bus sedang Rp181.000, dan bus besar Rp297.000,-

Keindahan pantai ini akan memberi kesan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

7. Cukang Teunuh

sumber :tendensius.blogspot.com

Ini adalah tempat yang amat populer yang berada di Pangandaran. Cukang Teunuh atau yang kerap disebut Green Canyon nya Indonesia ini merupakan objek wisata yang memiliki sejuta pesona. 

Keindahan alam dan alirannya airnya membuat siapa saja yang datang terpesona keindahannya.  Air hijau dengan bebatuan indah  di kiri dan kanan sungai serta pepohonan hijau merupakan keajaibanya nyata objek wisata ini.

Objek wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Namun, karena jaraknya sangat dekat dengan Pangandaran membuat objek wisata ini salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika ke Pangandaran.

Berjarak sekitar 27 kilometer dari Pantai Pangandaran dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. 

Berbicara fasilitas rasanya tak ada yang perlu Anda khawatirkan, mulai dari tempat makan, hotel, sewa peralatan rafting, dan fasilitas lainnya sudah tersedia di dekat Green Canyon. 

Aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan adalah menyewa rakit kayu untuk menuju spot menarik di Green Canyon dengan tarif Rp75.000,-. 

Untuk menikmati keajaiban alam ini agar berhemat sebaiknya Anda ikut paket wisata yang tersedia mulai dari Rp150.000,-.Dengan paket wisata tersebut Anda dapat menikmati keindahan Green Canyon dan objek wisata indah lainnya di Pangandaran.

8. Pantai Saung Muara 

sumber :tekooo.com

Saung Muara merupakan tempat terbaik bagi Anda yang gemar bersantai. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan lokal. 

Saung Muara merupakan tempat yang sangat indah yang berpadu dengan keunikan aktivitas nelayan setempat. Sejauh mata memandang Anda akan melihat pesona begitu selaras antara pasir pantai yang indah dan hamparan laut dengan kehidupan nelayan yang menrik.

Jika senja tiba terlihat matahari terbenam begitu indah di ufuk Barat. Pantai Sang Muara terletak di Desa Kondangjajar Kec. Cijulang Kabupaten Pangandaran. Berjarak hanya sekitar 21,3 kilometer dari Pantai Pangandaran melewati Jln Raya Cijulang.

Fasilitas di tempat ini terbilang masih belum lengkap namun itu cukup untuk Anda menikmati pantai ini. Terdapat beberapa warung makan yang menjual berbagai menu dan terdapat area Camping Ground. 

Bagi Anda penikmat wisata yang sepi, nyaman, tentram dan damai serta tak menghabiskan uang tempat ini cocok menjadi list kunjungan Anda selanjutnya di Pangandaran.

9. Gua Sumur Mudal 

a photo by @JAWA.BARAT.EKSPLOR via instagram

Gua yang masih berada dalam kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran ini merupakan salah satu tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Di dalam Goa Anda akan menemukan setalakmit dan stalaktit yang unik yang sayang jika tidak dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

10. Pantai Karapyak 

sumber : klikHotel.com

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis. Sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran atau 78 km dari Alun-alun Kota Ciamis. 

Sama dengan pantai-pantai di dekat Pangandaran lainnya, pantai ini menawarkan suasana pantai yang indah dengan gelombang yang menggulung halus seolah-olah menyapa setiap pengunjung yang datang. 

11. Pantai Madasari 

a photo by @purnamasantika11 via instagram

Pantai Madasari merupakan salah satu objek wisata yang baru populer di Pangandaran. Pantai ini menawarkan suasana yang berbeda dari pantai lainnya yang begitu populer di Pangandaran. 

Suasana yang masih alami dan masih sepi pengunjung membuat pantai ini menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang nyaman. Pantai ini terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. 

Berada tak begitu jauh dari pantai batu Karas. Fasilitas di Pantai Madasari memang terbilang masih minim, jadi untuk menikmati pantai ini Anda harus melakukan persiapan yang sedikit ekstra. 

Keindahan ombak di pantai Madasari yang menerjang bebatuan karang menjadi salah satu latar indah untuk Anda mengabadikan moment di tempat ini. 

12. Pantai Lembah Putri 

sumber :foto.merahputih.com

Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Pangandaran. Pantai Lembah Putri terletak di dusun Lembah Putri desa Putrapinggan kecamatan Kalipucang. Berjarak sekitar 13 Km sebelum pantai Pangandaran. 

Pesona indah pantai dapat Anda nikmati dari bebukitan yang berada dekat pantai ini. Hamparan biru laut, sebuah pulau dan garis pantai yang indah menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan mata Anda. 

Dari bukit yang dilengkapi jalanan yang dijuluki miniatur tembok cina Anda dapat menikmati tenggelamnya sinar matahari dengan sendu dan syahdu. 

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pantai lainnya di Pangandaran. Suasana berbeda tersebut menjadi daya pikat yang membuat mengapa pantai ini harus Anda kunjungi ?. 

13. Pantai Batu Hiu 

a photo by @pergidulu via instagram

Berbeda dengan pantai yang ada di Pangandaran lainnya, pantai ini menawarkan lukisan alam yang amat menakjubkan. Dengan tebing bebatuan karang besar yang ditumbuhi pepohonan berpadu dengan alunan ombak nan indah dari Samudera Hindia.

Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Untuk masuk ketempat ini Anda hanya perlu membayar Rp7.500 untuk pejalan kaki dan sepeda motor, dan Rp36.000 untuk Anda pengguna kendaraan roda empat sejenis carry/mini bis.

Dinamakan pantai Batu Hiu karena di tempat ini terdapat sebuah batu yang menjulang ke atas mirip sirip seekor ikan hiu. Di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu laut yang amat menarik untuk dikunjungi. 

Pantai Batu Hiu memiliki fasilitas cukup lengkap dan merupakan salah satu tempat terindah yang dapat dijadikan latar belakang foto Anda di Pangandaran.

14. Santirah River Tubing 

a photo by @senju_uzumaki via instagram

Santirah River Tubing terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Dari Kota Pangandaran objek wisata ini sendiri berjarak sekitar 15 km. 

Objek wisata ini sangat cocok buat Andayang suka tantangan dan keindahan alam. Dengan hanya menggunakan ban Anda diajak melakukan body rafting di Sungai Tubing yang sangat indah. 

Sulit dijalskan yang jelas objek wisata yang belum lama di buka ini sudah termasuk objek wisata paling populer saat ini di sekitar kawasan Pangandaran dan setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, sesekali terlihat wisatawan lokal maupun asing.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya Anda mengikuti paket tour wisata yang tersedia mulai dari harga Rp200.000,-. Selain hemat biaya dan waktu, perjalanan Anda pun dapat terjamin aman dan menyenangkan.

15. Wisata Ciwayang Rafting 

a photo by @igusdiman via instagram

Objek wisata ini di blok Ciwayang Dusun Cikoranji Desa Cimindi kecamatan Cigugur, berjarak sekitar 1 jam dari Pangandaran. Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat terbaik rafting dengan pemandangan alam yang luar biasa.

16. Curug Taringgul 

sumber : curugtaringgulbodyrafting.blogspot.com

Curug Taringgul sangat indah dan mempesona, dengan batu karang hijau yang memancarkan air bak tirai terlihat begitu eksotis. Curug indah ini terletak di desa Kertayasa Kecamatan Cijulang berada sekitar 3 kilometer dari lokasi parkir Green Canyon.

Pesona indahnya membuat Anda akan jatuh hati dan tak akan menyesal mengunjunginya.

17. Pantai Karang Tirta

sumber : sentralpariwisata.xyz

Pantai Karang Tirta berada di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih memiliki jarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Pangandaran. Pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Pangandaran.

Uniknya di tempat ini terdapat sebuah danau air asin. Fasilitas di tempat ini terbilng cukup lengkap seperti tersedianya warung makan, penginapan, hotel, wc umum, juga mushola.

18. Pangandaran Waterpark

sumber : liburananak.com

Jika Anda ingin mencari tempat rekreasi dengan wahana air yang luar biasa. Maka, Pangandaran Waterpark adalah tempat yang tepat. Berbagai wahana permainan air dan permainan lainnya dapat Anda nikmati di tempat ini. Dengan hanya membayar Rp15.000,- pada hari biasa dan Rp20.000,- pada hari libur, Anda telah dapat memasuki taman wisata Air yang satu ini.

19. Desa wisata Selasari

sumber : XYZTempatWisata.com

Desa Selasari merupakan surganya para pencinta alam. Selain dapat menikmati Santirah Water Tubing di tempat ini Anda dapat menikmati indahnya perbukitan dengan hawa yang amat sejuk. 

Desa yang berada di Kecamatan Parigi ini memiliki gua-gua indah seperti Gua Lanang dan Gua Keraton. Kedua Gua tersebut sangat eksotis dan indah.

Trekking di Desa Wsisata ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi Anda. Jadikan tempat ini menjadi daftar tujuan wisata Anda di Pangandaran.

  20. Menikmati kuliner Restoran Rasa Sayang

a photo by @melisa_hob via instagram

Setelah puas menikmati objek-objek wisata alam di atas, sebaiknya Anda memanjakan perut Anda dengan kuliner nan lezat ala restoran Rasa Sayang. 

Restoran ini beralamat di Jalan Kidang Pananjung No. 236., Pananjung, Banjar, Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya berada tak jauh dari Nyiur Beach Hotel. 

Berbagai menu sea food ditawarkan tempat ini dengan rasa yang luar biasa lezatnya. Selain tersedia berbagai makanan dan hidangan dengan bebrabagai harga. Di restoran ini Anda juga dapat membawa bahan mentah untuk dimasak dengan biaya Rp40.000,- permasakan. Tempat ini layak Anda jadikan sebagai tujuan wisata Kuliner Anda di Pangandaran.

Keragaman dan pesona menakjubkan Pangandaran siap memberikan kesan mendalam bagi perjalanan wisata Anda. Tak kalah dengan Bali ataupun Lombok, alam Pangandaran merupakan salah satu surga yang ada di Bumi Jawa Barat.

Baca Juga