17 Tempat Wisata Terbaik di Pesawaran Lampung

0
104
Tempat Wisata di Pesawaran – Alam Lampung tak pernah ada habisnya untuk kita eksplor. Gerbang masuk pulau Sumatera ini menyimpan keindahan yang membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya.

Keindahan pantai yang berpasir putih, birunya laut, ragam budaya, kuliner serta keramahan masyarakatnya membuat Lampung menjadi salah satu primadona bagi wisatawan.

Salah satu kabupaten di Lampung yang memiliki keindahan yang begitu memukau adalah Kabupaten Pesawaran. Di daerah ini Anda dapat memandangi beragam keindahan alam yang begitu mempesona.

Sebelum kita membahas tempat wisata mana saja yang bisa kita kunjungi di Pesawaran provinsi Lampung. Sebaiknya kita berkenalan dulu dengan kabupaten ini.

Kabupaten Pesawaran merupakan kabupaten yang baru dimekarkan dari kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2007 silam. Pesawaran merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan kota Bandar Lampung.

Kabupaten yang memiliki ibukota Gedong Tataan ini merupakan salah satu bagian dari Teluk Betung yang mempunyai pemandangan amat memukau.

Apa saja tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Pesawaran. Kali ini pilihkan tempat wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi di Pesawaran.

1. Teropong Laut Muncak Tirtayasa

sumber : @bagus_ramadhan85 via Instagram

Salah satu tempat yang lagi banyak dibicarakan di sosial media adalah Muncak Tirtayasa. Tempat ini menjadi lokasi foto favorit di Pesawaran.

Beragam spot foto dengan hamparan pemandangan laut yang mempesona membuat Muncak Tirtayasa semakin hari semakin ramai dikunjungi.

Tak hanya indah pada siang hari, pada malam hari tempat ini juga menawarkan keindahan yang luar biasa. Gemerlap cahaya lampu di malam hari menyajikan pemandangan yang amat menyejukkan mata.

Akses yang mudah karena dapat diakses kendaraan roda dua dan empat membuat tempat ini sangat sayang Anda lewatkan di Pesawaran. Apalagi fasilitas di tempat ini bisa dibilang cukup. Di tempat ini telah tersedia parkir, toilet, spot foto menarik dan cafe.

Muncak Tirtayasa terletak di Gunung Muncak yang berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Dari pusat kota Bandar Lampung jaraknya amat dekat yaitu sekitar 16 kilometer. 

Akses jalan ke tempat ini terbilang sedikit berlubang dan perlu perbaikan. Walau begitu resiko yang Anda lewati akan terbayar dengan keindahan alam yang Anda saksikan.

Hanya dengan Rp5.000,- untuk tiket masuk dan tambahan Rp3.000,- untuk parkir, Anda sudah dapat menikmati pesona alam Muncak Tirtayasa. Tempat ini adalah pilihan tepat sebagai lokasi pertama yang Anda kunjungi di Pesawaran ataupun Bandar Lampung.

2. Pantai Sari Ringgung

sumber : lihat.co.id

Inilah salah satu pantai favorit di Lampung yang menyimpan keindahan dan keunikan begitu mempesona. Banyak hal spesial yang dapat Anda lihat di pantai Andalan kabupaten Pesawaran ini.

Di pantai Sari Ringgung Anda dapat melihat betapa indahnya masjid terapung, Pulau Pasir Timbul, dan juga kafe terapung. Sajian pasir pantai begitu indah dengan segala fasilitas yang lengkap menjadikan tempat ini salah satu pantai yang wajib Anda datangi di Lampung.

Hamparan pasir putih nan memukau berpadu indah dengan hijaunya bebukitan serta pulau-pulau mungil dihadapannya. Selain itu Anda juga dapat melihat view Krakatau dengan menaiki bukit yang ada di pantai ini.

Beragam wahana dan fasilitas tersedia di tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain :

  • Wahana permainan air : Banana Boat, jet ski dan Speed Boat
  • Gazebo
  • Restoran
  • Children Play Ground
  • Mushola
  • Toilet yang Bersih
  • Hotel dan Penginapan
  • Sewa peralatan berenang
Untuk masuk ke pantai yang sangat indah ini, Anda akan dikenakan biaya masuk Rp5.000,- dan tambahan parkir Rp5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000,- untuk kendaraan roda empat. 

Selain itu Anda akan dikenakan biaya tambahan lainnya seperti sewa gazebo, biaya penyeberangan ke pulau pasir timbul serta biaya untuk sederet fasilitas lainnya.

Jadi bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme pantai ini persiapkan budget yang cukup agar perjalanan wisata Anda di tempat ini lebih menarik.

Pantai ini terletak di Jl. Way Ratai KM. 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Pantai ini hanya berjarak 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

3. Keindahan Pantai Dewi Mandapa

sumber : @muhammad.sandhy via Instagram

Pantai Dewi Mandapa adalah tempat selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di Pesawaran. Pantai Dewi Mandapa ini sangat hits di kalangan anak muda di Lampung.

Pantai Dewi Mandapa terletak di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Berjarak hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Keindahan pantai Dewi Mandapa adalah terletak pada pulau Cinta. Sebuah pulau mungil yang dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu.

Tempat yang indah ini merupakan tempat nongkrong para muda mudi yang lagi kasmaran. Untuk ke tempat ini Anda harus menyediakan budget yang cukup karena banyaknya pungutan yang harus Anda bayar seperti : 

  • Biaya Tiket Masuk Ke Pantai Ini: Rp10.000,- 
  • Parkir Motor: Rp3.000,-  dan Parkir Mobil Rp5.000,-
  • Biaya Masuk jika ingin ke Pulau Cinta: Rp20.000,- 
  • Biaya Masuk ke Dermaga Asmara: Rp20.000,-
Jika dibanding pantai lainnya memang biaya yang dikeluarkan di pantai ini terbilang cukup mahal. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahannya yang begitu mempesona.


4. Marines Eco Park

sumber : pictaram.com

Merupakan salah satu lokasi wisata yang cukup unik karena lokasinya berada di dekat markas marinir. Keindahan pantai akan Anda saksikan bersama aktivitas marinir yang berada di tempat ini.

Pantai ini juga memiliki sebuah spot menarik yaitu jembatan cinta. Pesona keindahan tersebut didukung dengan keberadaan cafe dan fasilitas penunjang lainnya.

Marines Eco Park terletak di jalan Pematang Awi, Desa Sanggi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Mengunjungi lokasi wisata ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

5. Pesona Pantai Klara

sumber : @thisisindonesian via Instagram

Pantai Klara adalah pantai mempesona lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai ini memiliki pasir putih yang landai dan dikelilingi alam yang begitu hijau.

Untuk memasuki pantai ini Anda harus membayar tiket masuk Rp15.000,- untuk sepeda motor dan Rp25.000,- untuk kendaraan roda empat. Keindahan pantai yang memiliki dermaga yang cukup besar ini juga ditunjang fasilitas yang memadai. Dijamin liburan Anda di tempat ini terasa begitu mengasyikkan.

6. Eksotisme Pulau Pahawang

sumber : @mebaginting via Instagram

Pulau Pahawang merupakan pulau cantik yang dijadikan surga menyelam di Lampung. Kekayaan warna-warni karang dan biota laut lainnya membuat pulau ini menjadi tujuan favorit wisatawan ke Lampung.

Pulau ini terletak di Desa Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran. Untuk menikmati eksotisme pulau Pahawang, sebaiknya Anda bergabung bersama agen wisata yang banyak menawarkan paket wisata ke pulau ini.

7. Kesejukan Air Terjun Ciupang

sumber : Tahyuddin Hidayat via webgram

Air Terjun Ciupang merupakan tempat yang cocok bagi Anda pecinta Alam. Salah satu air terjun terindah yang ada di Pesawaran bahkan provinsi Lampung.

Untuk memasuki lokasi air terjun ini tak begitu sulit. Lokasinya berada di daerah pegunungan Desa Sumberjaya Kecamatan Padang Cermin. Dengan berkendara sekitar 2 jam dari Bandar Lampung dilanjutkan trekking Anda sudah dapat menemukan air terjun yang super indah ini.

Rasa lelah Anda akan terbayar apabila melihat tempat yang begitu mempesona ini. Air terjun ini adalah air terjun terindah dari sekian banyak air terjun yang ada di Pesawaran.

8. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

sumber : @inilampungyay via Instagram

Suasana hijau alam, kesejukan, dan ratusan kupu-kupu akan menyapa kedatangan Anda di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Sebuah tempat wisata yang sekaligus menjadi tempat edukasi bagi Anda.

Di tempat ini berbagai jenis kupu-kupu di koleksi dan ditangkar. Dengan beragam fasilitas seperti rumah pohon, kafe, toilet, area bermain anak dan fasilitas lainnya, tempat ini adalah pilihan tepat sebagai tujuan liburan Anda.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada terletak di jalan Way Rahman, Kecamatan Kemiling, Kabupaten Pesawaran. Hanya dengan Rp10.000,- Anda dapat memasuki lokasi wisata ini.

9. Air Terjun Anglo

sumber : @ria_nrvt via Instagram

Air Terjun Anglo merupakan pemandian alami yang begitu menggoda. Air terjun ini terletak di Dusun (Padukuhan) Kaliawi, Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran.


Tak sulit untuk menuju lokasi air terjun setinggi 25 meter ini. Aksesnya sangat mudah karena dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

10. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

sumber : @marvelousme2 via Instagram

Salah satu pantai indah yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Mutun. Pantai eksotis dengan pasir putih dan landai, sangat cocok untuk berenang. Di tempat ini Anda dapat berenang di tengah terik matahari dan birunya air laut yang jernih.

Selain itu, Anda juga dapat menyeberang ke pulau Tangkil yang menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Untuk menuju lokasi wisata ini Anda harus menyiapkan budget khusus dan jangan kaget dengan banyaknya biaya yang harus Anda bayar.

Biaya tersebut misalnya biaya masuk, parkir, sewa gazebo, kamar mandi dan perahu penyeberangan. Di tempat ini juga tersedia warung makan yang menjual makanan cukup enak dan sebuah resort tempat menginap yang nyaman.

Pantai yang termasuk kawasan teluk Lampung ini terletak di Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

13. Islamic Center Pesawaran

sumber : @ilovelampung via Instagram

Bagi Anda yang ke Pesawaran, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke objek wisata religi Islamic Center Pesawaran. Arsitekturnya begitu indah dengan warna hijau muda menyala. Islamic Center Pesawaran ini terletak di jalan Jendral Ahmad Yani, kota Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran.


Masjid Islamic Center Pesawaran ini merupakan salah satu masjid yang menawarkan kenyamanan saat beribadah. Lokasi parkirnya amat luas dan kemegahan masjid ini layak juga untuk dijadikan kenangan-kenangan dalam koleksi foto Anda.

14. Pantai Batu Mandi

sumber : indonesiakaya.com

Pantai Batu Mandi, namanya terdengar sangat unik bukan. Ya, pantai ini merupakan salah satu pantai indah dengan panorama senja yang memukau. Pantai ini terletak di Desa Batu Menyan, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.


Pantai Batu Mandi ini menawarkan hamparan birunya laut dengan pantai yang sedikit berkerikil. Pantai ini kurang cocok untuk aktivitas berenang karena sedikit berlumpur. Bersantai menikmati alam indah tempat ini akan memberikan suasana begitu relaks bagi Anda.

15. Pendakian Gunung Pesawaran

sumber : @k.opet via Instagram

Bagi Anda yang gemar berpetualang, mendaki gunung Pesawaran adalah hal yang cukup menarik untuk Anda lakukan. Gunung yang memiliki ketinggian 1682 meter dari permukaan laut ini menampilkan pesona lain dari kabupaten Pesawaran.

Keindahan alam berupa bentang sawah yang luas dan pepohonan yang mengelilinginya membuat pendakian gunung ini sangat menarik. Gunung ini terletak di jalan Padang Cermin-Kedondong, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran.

16. Eksotisme Pulau Kelagian

sumber : @marlianirosyida via Instagram

Pulau Kelagian juga amat sayang untuk Anda lewatkan. Pulau menawan berukuran mungil ini memiliki pasir putih yang amat indah. Suasana tenang dan damai begitu terasa di Pulau ini. Sebuah eksotisme alam yang benar-benar sayang untuk dilewatkan.

17. Keindahan Gunung Betung

sumber : @indrafir16 via Instagram

Gunung Betung juga amat sayang Anda lewatkan jika berkunjung ke Pesawaran. Sebuah tempat yang menawarkan jalur pendakian dengan pemandangan alam mengagumkan.

Hutan menghijau, air terjun dan trek yang menantang menjadi daya tarik untuk mendaki ke Gunung Betung. Apalagi pemandangan di Puncak Gunung ini benar-benar menawarkan pemandangan yang amat luar biasa.

Lokasinya masuk ke beberapa wilayah kecamatan di Pesawaran dan Bandar Lampung. Pesona Batu Lapis, Hutan Larangan, dan air terjunnya merupakan hal yang menjadi alasan Anda datang ke Gunung ini. Walaupun lokasinya berada bukan di wilayah administretif Pesawaran.

Itulah 17 Tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Pesawaran. Semoga keindahan alam tersebut terjaga keasriannya. Dan jangan lupa untuk tidak mengotori keindahan alam tersebut dengan sampah. Baca juga 15 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan yang Paling Menarik.