17 Tempat Wisata di Selong Lombok Timur Paling Menarik Dikunjungi

0
82
Tempat Wisata di Lombok – Lombok memang menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Daerah ini seakan-akan menjadi primadona baru bagi dunia pariwisata Indonesia. Tak hanya keindahan alam yang memukau, Lombok juga memiliki kebudayaan, kuliner dan local wisdom yang sangat menarik.

Ada banyak daerah yang terdapat di Pulau Lombok. Salah satunya adalah Kabupaten Lombok Timur yang beribukota di Selong. Lombok Timur memiliki banyak tempat yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

Di Lombok Timur, Anda dapat menemukan pantai-pantai cantik berpasir putih, bukit-bukit memukau, alam bawah laut nan menggoda serta kuliner dan budaya yang mempesona. Selain itu, predikat sebagai Best World Halal Travel membuat daerah ini sangat layak jadi tujuan wisata turis muslim dari seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Lombok Timur, kali ini akan pilihkan tempat-tempat wisata terbaik yang akan menjadi arena petualangan baru Anda. Apa saja tempat tersebut? mohon dibaca ulasannya.

1. Mendaki Gunung Rinjani

sumber : @bena_cawi via Instagram

Salah satu gunung terindah di dunia adalah Gunung Rinjani. Setelah Gunung Kerinci, Gunung  Rinjani merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.


Gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini memiliki pemandangan begitu luar biasa. Hamparan alam bebukitan dan pemandangan Danau Segara Anak akan membuat Anda takjub.

Apalagi jika bisa mencapai puncak Rinjani, tak terbayang betapa kebahagiaan yang Anda rasakan.

Ada dua rute masuk, jika ingin mendaki Gunung Rinjani. Jalur pertama yaitu jalur desa Sembalun Lawang yang berakhir di desa Senaru dan jalur pendakian Desa Senaru.

Jalur Sembalun lebih favorit karena medan yang cukup datar dan melewati padang savana yang begitu indah. Sedangkan jalur Senaru, Anda akan melewati hutan turun naik dan cukup menantang.

Setiba di puncak Rinjani tak terlukiskan betapa indahnya pemandangan awan menari dan asap-asap kawah di Danau Segara Anak. Sebuah potret keindahan alam yang sangat sayang Anda lewatkan jika berkunjung ke Lombok.

2. Pantai Tanjung Ringgit

sumber : @tantyosi via Instagram

Ingin melihat pantai menakjubkan yang berdampingan dengan situs-situs bersejarah, maka Anda dapat mengunjungi Pantai Tanjung Ringgit.


Pantai yang terletak di bagian Timur Pulau Lombok ini berada di Jalan Lingkok Siwaq, Kelurahan Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Hamparan pasir putih, birunya laut, dan bukit savana berpadu begitu indah di pandang mata. Di pantai ini juga terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti meriam Jepang, Goa dan sumur air tawar yang berada di bibir pantai.

Bagi Anda yang ingin ke tempat ini, Anda harus melewati jalan cukup menantang dan sempit. Setelah sampai, Anda akan menyaksikan sebuah pemandangan yang dapat menghilangkan rasa lelah Anda.

3. Pantai Pink Lombok

sumber : @asymzkr via Instagram

Lombok memang identik dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah keindahan Pantai Tangsi yang merupakan salah satu pantai berpasir pink di Lombok.


Pantai Tangsi yang memiliki panjang sekitar 1500 meter ini merupakan pantai indah dengan bebukitan yang membentuk teluk-teluk kecil dan berhadapan dengan beberapa pulau.

Pasirnya yang berwarna merah muda dengan air laut begitu jernih serta panorama memukau membuat pantai ini menjadi tujuan wajib para wisatawan yang datang ke Lombok.

Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Jalanan ke pantai ini juga sangat menantang karena jaraknya yang cukup jauh dari Mataram dan ada beberapa bagian yang rusak.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

sumber : @desyla_echy07 via Instagram

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan salah satu tempat wisata yang hits di Lombok saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan salah satu lokasi foto terbaik di Lombok.

Objek Wisata ini terletak Jl. Wisata Gn. Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Lokasi ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dan memukau. Jadi, sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Gili Kondo

sumber : @karta_trans_lombok via Instagram

Tak harus Ke Gili Trawangan, Gili Kondo juga menyajikan pemandangan tak kalah indahnya. Gili Kondo memiliki pasir putih indah yang berpadu dengan panorama alam yang asri. Selain itu alam bawah lautnya sangat memukau. Berlibur di Gili Kondo, Anda akan serasa memiliki private island.

6. Pantai Tanjung Bloam

sumber : @kakisumpit via Instagram

Salah satu pantai yang sangat populer di kalangan masyarakat lokal adalah Pantai Tanjung Bloam. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih dengan hamparan bukit batu nan indah. Pantai ini terletak di Desa Jerowaru, Kecamatan Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur.


Suasana sunyi dan panorama memukau pantai ini akan memberikan suasana begitu relaks. Pantai Tanjung Bloam merupakan surga bagi Anda pecinta fotografi.

7. Bukit Merese

sumber : @michaelmaithh via Instagram

Inilah Merese Hill atau Bukit Merese yang menawarkan suasana romantis kala mata memandangi indahnya sunrise di pagi hari dan sunset kala senja menyapa.

Bukit ini memiliki pemandangan yang tak biasa. Pasir putih pantai berpadu dengan gradasi air laut yang indah serta hijau alam yang menyejukkan mata.

Letaknya memang dalam wilayah Lombok Tengah, akan tetapi jaraknya hanya 52 kilometer dari Selong. Maka tempat super indah dan romantis ini sangat layak untuk Anda kunjungi.

8. Pantai Segui

sumber : @gembeljalan2 via Instagram

Pantai Segui layak dijuluki hidden paradise of Lombok. Pantai ini memiliki pesona keindahan pasir pantai berwarna pink yang berpadu dengan air laut biru merona.

Pantai Segui yang dijuluki pantai Pink 2 ini terletak di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur. Lokasinya tak jauh dari Pantai Pink 1 atau Pantai Tangsi. Keindahan pantai ini tentunya akan menghibur hati Anda yang sedang terluka atau membuat relaks bagi Anda yang sedang mencari ketenangan dari rutinitas pekerjaan.

9. Pantai Cemara Lombok Timur

sumber : @shelly_adelina via Instagram

Lombok memang kaya dengan pantai-pantai indah yang menyejukkan mata. Pantai Cemara merupakan pesona keindahan lain yang layak dijadikan latar belakang menarik bagi foto Anda.

Dikelilingi hamparan pohon cemara, pantai ini memberikan suasana yang begitu relaks. Anda akan melihat betapa indahnya pasir halus nan putih dari Pantai Cemara yang berpadu dengan air laut biru jernih khas timur Indonesia.

Pantai ini terletak di Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk menuju pantai ini Anda harus melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Mataram dan satu jam setengah dari Kota Selong.

Kondisi jalan terbilang cukup mulus. Bagi Anda yang ingin ke Pantai Cemara, jangan sampai salah alamat karena pantai Cemara juga ada di Lombok Barat.

10. Air Terjun Mangku Sakti

sumber : @litolate via Instagram

Salah satu air terjun terindah yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Barat adalah air terjun Mangku Sakti. Bagi Anda pecinta petualangan air Terjun Mangku Sakti sangat layak menjadi tujuan utama wisata Anda.

Air terjun ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Keindahan alamnya dijamin akan membuat Anda begitu terpesona. Oh ya, air terjun super cantik ini telah ulas sebelumnya di Air Terjun Ajaib Mangku Sakti.


11. Desa Sembalun

sumber : @middiputs via Instagram

Desa Sembalun merupakan salah satu surga kecil yang berada di Lereng Rinjani. Sebuah desa yang menawarkan pemandangan amat menakjubkan.

Desa Sembalun berada di ketinggian sekitar 1100 mdpl dengan hawa sejuk yang begitu khas. Pemandangan sawah, bebukitan dan kehidupan masyarakat setempat menjadi atraksi menarik bagi Anda para wisatawan.

12. Air Terjun Jeruk Manis

sumber : @ariifulminan via Instagram

Salah satu pesona keindahan yang berada di kaki Gunung Rinjani adalah air terjun jeruk manis. Dengan kontur yang unik dan jalur cukup menantang, air terjun ini merupakan salah satu alternatif tempat tujuan liburan Anda di Lombok.


Air Terjun Jeruk Manis terletak di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Untuk sampai ke lokasi air terjun Anda diharuskan trekking sejauh 1 kilometer lebih. Walau melelahkan, pesona keindahan alam tempat ini akan membayar semua rasa lelah tersebut.

13. Air Terjun Dewi Selendang

sumber : bintang.com

Keindahan air terjun yang satu ini tak usah diragukan lagi. Air terjun ini merupakan bukti bahwa sembalun merupakan surga bagi para pecinta keindahan alam. Air terjun ini super cantik dengan bebatuan indah dan kolam pemandian serta pemandangan alam menakjubkan.

Air Terjun Dewi Selendang terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Karena keindahannya, air terjun ini menjadi salah satu lokasi wisata terfavorit di Lombok Timur.

14. Taman Wisata Otak Kokok Joben

sumber : @prasetyo.do via Instagram

Alternatif lainnya untuk dijadikan destinasi tujuan wisata di Lombok Timur adalah Taman Wisata Otak Kokok Jaben. Taman wisata ini menampilkan suasana amat alami dengan pemandian air terjun mininya.

Beragam fasilitas yang terdapat di taman ini seperti kolam renang, gazebo, kamar bilas dan fasilitas lainnya akan membuat liburan Anda menjadi lebih seru. Hanya dengan Rp5.000,- Anda sudah dapat menikmati air taman yang terletak di Pesanggrahan, Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur ini.


15. Bukit Nanggi

sumber : @irsammahdi via Instagram

Bagi pecinta petualangan dan pemandangan begitu indah maka Bukit Nanggi adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Bukit ini terletak di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Dari ketinggian 2300 mdpl Anda dapat memandangi keindahan Rinjani, desa-desa di sekitar, awan menari-nari serta pemandangan lautan laut yang membiru. Untuk sampai di Bukit Nanggi maka Anda harus berjalan sekitar 4 jam.

16. Gili Kapal

sumber : @mutyamasayu via Instagram

Inilah salah satu Gili yang indah sekaligus unik. Uniknya karena Gili cantik berukuran mini ini akan tenggelam jika air laut pasang. Keindahan pasir pantainya dan keajaiban terumbu karang yang dimilikinya membuat Gili Kapal sangat recomeded untuk tujuan berlibur Anda.

17. Kuliner Sate Pusut

sumber : sabunwanita.wordpress.com

Tak lengkap rasanya jika ke Lombok Timur, Anda tak mencicipi kuliner yang satu ini. Sate Pusut merupakan makanan yang sangat lezat yang harus Anda coba. Makanan khas Lombok Timur ini dijamin akan membuat Anda bertambah nafsu makan.

Itulah 17 tempat terbaik yang pilihkan untuk Anda. Tetap jaga kelestarian dan keindahan alam Indonesia ya guys. Baca juga 17 Tempat Wisata di Gerung Lombok Barat Yang Paling Menarik Dikunjungi