17 Tempat Wisata di Berastagi Karo Sumatera Utara Paling Menarik

0
114
Wisata Berastagi – Keindahan alam Indonesia membentang unik di setia daerah yang ditapaki kaki. Perjalanan wisata ke berbagai wilayah Indonesia akan meninggalkan kesan yang berbeda di setiap wilayah yang Anda tapaki. 

Salah satu daerah yang mungkin mampu memberikan kesan yang mendalam bagi perjalanan wisata Anda adalah berkunjung ke Berastagi Karo Sumatera Utara. Salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Karo ini merupakan salah satu tempat yang begitu populer bagi masyarakat Indonesia.

Berastagi berjarak sekitar 67 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan dari Kota Medan. Potensi wisata mulai dari keindahan alam, agro wisata hingga keunikan estetika budaya membuat Berastagi layak menjadi tujuan utama perjalanan wisata Anda. 

Apa saja tempat-tempat wisata menarik dan indah di Berastagi ? Berikut mengajak Anda melihat tempat-tempat indah tersebut. 

1. Puncak Gundaling 

a photo by @syazlysalleh via instagram

Bukit Gundaling adalah tempat terbaik untuk menikmati view Berastagi yang sangat indah. Bukit yang berjarak 66 kilometer dari Kota Medan ini memiliki ketinggian 1.575 meter dari permukaan laut. Dari pusat Kota Berastagi hanya berjarak 3 kilometer.

Bukit Gundaling memiliki keindahan alam yang luar biasa. Perpaduan pepohonan pinus dan pemandangan alam yang indah serta gunung yang koko di hadapan bukit ini membuat segalanya tersa menakjubkan. 

Akses menuju bukit ini terbilang cukup mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jumlah kendaraan umum terbilang minim, untuk itu kendaraan pribadi berupa sepeda motor ataupun mobil dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingi ke tempat ini. 

Untuk memasuki puncak yang terle Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karoini, Anda perlu membayar retribusi sebesar Rp2.000,-. Bagi Anda yang mengunjungi bukit ini, baiknya Anda datang di Pagi hari karena pada saat itu pemandangan dari puncak bukit ini terlihat begitu indah dan mempesona.

2. Pasar Buah Berastagi 

a photo by @kuang_ai via instagram

Bagi Anda yang mendambakan perjalanan wisata yang menyenangkan dan mengenyangkan, wisata belanja di pasar buah Berastagi adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur Anda. Pasar buah ini terletak di Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berbagai jenis buah segar akan membuat perjalanan wisata Anda ke Kota ini terasa sangat berkesan.


3. Desa Peceren 

sumber : wisataindonesia.co.id

Desa Peceran merupakan desa budaya yang terletak di di sebelah utara Berastagi, di jalan kenuju ke Medan. Desa yang memiliki nama asli Desa Sempajaya ini memiliki 6 rumah adat tradisional Karo yang berumur sekitar 120 tahun. 


Desa yang dihuni sekitar 700 kepala keluarga ini terlihat sangat unik dengan perpaduan sejarah yang luar biasa dan budaya serta alam yang mengagumkan. Tempat ini sangat layak Anda kunjungi bagi Anda pencinta kebudayaan nusantara.

4. Danau Lau Kawar

a photo by @harrybanguni via instagram

Danau Lau Kawar adalah danau yang terletak di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran. Dari Kota Berastagi danau ini berjarak sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan. Sesampai menginjakkan kaki di danau ini, suasana begitu terasa indah. Udara sejuk berpadu dengan tenangya air danau serta rimbunnya pepohonan membuat danau ini terasa begitu indah dan mempesona.


5. Taman Alam Lumbini di Desa Tongkoh

a photo by @deliadd via instagram

Taman alam Lumbini merupakan salah satu taman yang ada di sekitar sebuah vihara yang memiliki bangunan dan arsitektur unik. Bangunan Vihara tersebut mirip dengan kuil-kuil yang ada di Thailand. Pagoda berwarna emas seakan-akan menjadi magnet yang luar biasa untuk dijadikan latar belakang foto yang begitu instagramable. Selain bangunan yang berarsitektur unik, taman alam Lumbini juga menawarkan keindahan alam lainnya berupa tanaman yang indah dan tertata rapi. 

Untuk memasuki taman yang terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo ini Anda tak perlu mengeluarkan kocek sedikitpun. Namun karena tempat ini adalah tempat ibadah, maka ada beberapa larangan yang harus Anda patuhi seperti tidak membawa makanan dan rokok. 

Di sekitar Taman Lumbini juga terdapat pedagang yang menjual sayur, buah – buah segar baru dipetik dengan harga terjangkau. Untuk akses memang sedikit sulit, akan tetapi sesulit apapaun perjuangan Anda ke tempat ini, ketika sampai Anda akan merasa bahagia karena melihat tempat ini begitu indahnya.

6. Air Terjun Sikulikap 

sumber : www.perempuannovember.com

Air terjun Sikulikap terletak di tengah hutan Panatapan tepatnya jalan Jamin Ginting Km.54 desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun ini berdampingan lokasinya dengan objek wisata kuliner Panatapan yang berada di Hutan Hujan Tropis Lebat dan banyak monyet Gibon bergelantungan.


Untuk mencapai lokasi air terjun ini, jika Anda dari kota Medan Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 55 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Setelah itu Anda harus hiking selama 15 menit melewati hutan yang sangat asri dan sejuk menyusuri jalan setapak. 

Sesampai di lokasi Anda akan melihat sebuah pemandangan yang luar biasa yaitu air terjun yang sangat indah dikelilingi alam yang menghijau. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini layak Anda jadikan tempat tujuan wisata Anda selanjutnya.

7. Museum Pusaka Karo Berastagi 

sumber : www.perempuannovember.com

Salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Karo adalah museum pusaka yang terletak di Jl. Perwira, Kelurahan Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 


Museum ini menyimpan dan mengkoleksi benda pusaka asli karo yang secara umum memiliki nilai unsur budaya yang tinggi secara turun temurun dari nenek moyang suku Karo. Keindahan benda pusaka tersebut membuat Anda akan terpesona dengan keluhuran budaya Karo yang begitu luar biasa.


8. Gereja Inkulturatif Karo Santo Fransiskus Asisi 

sumber :pegipegi.com

Gereja Inkulturatif Karo Santo Fransiskus Asisi merupakan gereja yang dibangun dengan rancangan arsitektur yang mengagumkan. Arsitektur budaya tradisional Karo membuat banngunan gereja ini terlihat unik dan berbeda dengan gereja lainnya yang berada di Indonesia. 

Gereja Paroki Karo ini terletak di Jl. Let. Jend. Jamin Ginting Berastagi ini memiliki tinggi bangunan 35m dengan panjang bangunan 32m dan lebarnya 24m dapat menampung 1000 dalam mengikuti Perayaan Ekaristi. Gereja ini merupakan salah satu objek wisata religi yang sangat layak Anda kunjungi. Bagi Anda yang tak ingin masuk melihat bangunan gereja ini dari luar sudah merupakan perjalanan wisata yang begitu indah.

9. Gunung Sinabung

a photo by @triarnada via instagram

Tak jauh dari Berastagi dengan jarak sekitar 23 kilometer ada sebuah Gunung yang begitu populer di Indonesia. Gunung Sinabung, sebuah gunung aktif yang berada di tanah Karo ini merupakan salah satu magnet pendakian di Indonesia. Gunung yang baru-baru ini meletus merupakan salah satu tempat terindah yang ada di Sumatera Utara. Bentang alam yang indah dan sejuk membuat tempat ini sangat layak Anda kunjungi jika sudah berstatus aman.

10. Gundaling Farm Berastagi 

sumber : instidy.com

Mencicipi susu sapi segar dapat membuat perjalanan wisata Anda menjadi begitu menarik. Salah satu tempat yang sayang Anda lewatkan adalah Gundaling Farm Berastagi. Di tempat ini selain dapat menikmati kesegaran susus sapi yang sudah dikemas dalam berbagai bentuk, Anda juga dapat mengedukasi diri Anda dengan melihat proses peternakan sapi yang ada di tempat nan sejuk ini.

11. Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk Berastagi 

sumber : medan.panduwisata.id

Jika Anda ingin menikmati suasana yang begitu santai. Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk Berastagi adalah lokasi wisata yang layak untuk Anda jadikan destinasi wisata Anda selanjutnya di Berastagi. 

Hot Spring ini terletak di Desa Daulu,  Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Berjarak sekitar 58 kilometer dari Kota Medan. Sumber Air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Untuk memasuki pemandian ini Anda akan dikenakan biaya antara Rp15.000 sampai dengan  Rp20.000,-. Selain Anda dapat menikmati air panas yang menyehatkan kulit, pemandangan alamnya sangat luar biasa.

12. Kebun Raya dan Holtikultura Tongkoh 

a photo by @fitryrhadiansyahputra via instagram

Nah, ini dia tempat favorit wisatawan di Berastagi, mengunjungi kebun raya di Desa Tongkoh. Di tempat ini Anda dapat menikmati buah-buahan yang bisa Anda bawa dan dijadikan oleh-oleh, dan juga disana banyak kebun masyarakat yang ditanami dengan stroberi, markisa dan jeruk Berastagi yang khas.

13. Funland Mickey Holiday

a photo by @mikiefunland via instagram


Funland Mickey Holiday merupakan arena rekreasi favorit keluarga yang terletak di Jl. Letjend. Jamin Ginting Km. 50, Desa Pecen, Kec Brastagi, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di tempat ini tersedia 40 macam wahana yang dapat dinikmati seharian dengan hanya menggunakan satu tiket saja. Dengan membayar Rp120.000,- Anda dapat menikmati berbagai wahan permainan yang sangat menarik. 

14. Kampung Tradisional Desa Lingga

a photo by @eglasurbakti via instagram

Pilihan selanjutnya adalah mengunjungi desa unik yang bernama Desa Lingga. Desa yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Berastagi ini menympan pesona budaya dan keindahan alam khas Karo yang mampu membuat perjalanan wisata Anda menjadi berkesan.

15. Bersantai di Bukit Kubu Berastagi 

a photo by @adeirmaya_via instagram

Bukit Kubu merupakan sebuah taman yang indah dengan hamparan rerumputan menghijau rapi dan pepohonan yang asri. Objek wisata yang terletak di Jl. Letjen jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini menawarkan berbagai fasilitas dan akomodasi seperti hotel, aneka permainan ataupun tempat-tempat menarik untuk bersantai.

Di tempat ini Anda dapat menikmati permainan seperti berkuda, Flying Fox, berkeliling dengan delman ataupun bermain mobil remot untuk anak-anak. Untuk memasuki tempat yang eksotis ini Anda perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 15 ribu per orang, Rp 30 ribu untuk kendaraan roda 2, dan Rp 100 ribu untuk mobil sedan. 

16. Gunung Sibayak

a photo by @nina_nolasinamo via instagram

Melakukan pendakian ke gunung Sibayak yang menghadap langsung ke Kota Berastagi adalah salah satu hal yang bisa Anda coba. Gunung dengan puncak yang memiliki view yang luar biasa. Gunung yang juga dinamakan gunung raja ini hanya berjarak 50 kilometer dari pusat Kota Medan. Gunung yang masih aktif ini merupakan salah ssatu tempat yang sangat recomended bagi Anda para pencinta petualang di alam bebas.

17. Menikmati Kuliner di Panatapan

sumber : imgrum.net

Pilihan selanjutnya adalah Anda menikmati kuliner santai dengan view dan suasana yang begitu luar biasa. Jagung rebus dan jagung bakar merupakan menu utama yang dapat Anda nikmati dengan suasana alam yang sejuk sehingga membuat hal yang sederhana tersebut menjadi sangat berkesan. Dari ketinggian bukit Anda akan melihat view yang menakjubkan dimana pepohonan hijau berpadu indah dengan birunya langit. Benar-benar perjalanan wisata yang menarik.

Nah, sahabat traveler semua, itulah keindahan Berastagi. Rasanya Anda tak perlu bersusah-susah berlibur ke luar negeri. Indonesia itu kaya dan sangat indah.


Baca Juga