16 Daftar Tempat Wisata Garut Paling Menarik Untuk Dikunjungi

0
89
Tempat wisata di Garut paling menarik – Bagi Anda yang suka jalan-jalan atau berwisata bersama keluarga bahkan rekan kerja Pada kesempatan ini Admin berbagi tempat wisata yang terkenal di garut yang cocok untuk di kunjungi di akhir pekan, libur sekolah, cuti, libur Natal, tahun baru atau libur lebaran.

Tempat wisata di Garut belakangan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Wisata alam di Garut yang sangat indah dan penduduknya yang ramah membuat para pengunjung tempat wisata di Garut merasa betah, puas, dan ingin rasanya kembali lagi mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Garut.

Selain berbagai tempat wisata, Kabupaten Garut juga memiliki beberapa oleh-oleh khas seperti dodol Garut, opak Bungbulang, Chocodot, burayot, kerupuk kulit atau dorokdok, jaket kulit dan aneka kerajinan kulit dari Sukaregang Garut.

Jadi sepulang mengunjungi tempat wisata di Garut bersama keluarga atau sahabat tercinta, sobat bisa langsung bisa memborong oleh-oleh khas Garut yang tersedia di sepanjang jalan Tarogong arah menuju Bandung. Selain itu, sobat juga dapat menyempatkan waktu untuk berbelanja di Pengkolan, yaitu pusat belanja barang dan pakaian yang ada di Garut.

Berikut tempat wisata di Garut yang paling menarik dan populer wajib dikunjungi: 

1). Gunung Cikuray

Gunung Cikuray berada di ketinggian 2821 mdpl. Gunung Cikuray dikenal dengan julukan “negeri di atas awan” karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah itu. Gunung Cikuray berada di wilayah Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang dan Kecamatan Banjarwangi.

Bangunan tua di puncak gunung Cikuray Garut Terdapat tiga jalur pendakian gunung Cikuray yang biasa digunakan, yaitu jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar Cilawu, jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong dan jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang. Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut, trek pendakiannya lebih terjal apabila dibandingkan dengan trek pendakian gunung Papandayan.

Puncak gunung Cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang relatif singkat yaitu 4 – 6 jam. Di akhir pekan atau hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

2). Situ Bagendit

Situ Bagendit terletak di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit dapat ditempuh dari pusat kota Garut sejauh 13 km dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Situ Bagendit adalah sebuah danau yang di sekelilingnya terdapat persawahan dan rumah-rumah penduduk.

Tempat wisata di Garut yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang menawan dan mempesona. Situ Bagendit Banyuresmi Pengungjung dapat menemukan banyak kegiatan seperti manaiki rakit bambu, sepeda air, canoe, memancing dan jet ski.

Fasilitas tempat wisata di Garut ini lumayan lengkap serta memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak heran kalau situ Bagendit menjadi tujuan wisata keluarga paling menarik dan terkenal di Garut.

3). Gunung Guntur

Gunung Guntur merupakan gunung tertinggi ketiga setelah gunung Cikuray dan gunung Papandayan. Gunung Guntur berada di sekitar Kecamatan Leles. Kalau dari arah Bandung berada sebelah kanan sebelum alun-alun Tarogong Garut.

Gunung Guntur Jalur pendakian gunung Guntur berbeda dengan jalur pendakian gunung Cikuray dan jalur pendakian gunung Papandayan, jarak ke puncak Guntur tidak terlalu jauh tetapi treknya sulit karena melewati jalur pasir. Berjalan dua langkah, bisa kembali satu langkah. Begitulah seterusnya sampai di puncak.

Manfaat mendaki gunung dan peralatan naik gunung yang wajib dibawa Gunung Guntur merupakan tempat wisata di Garut paling gersang, nyaris tidak ada tumbuhan di wilayah gunung yang satu ini. Oleh karena itu, jarang ada pendaki yang melakukan pendakian pada siang hari. Biasanya mereka melakukan pendakian pada sore hari atau malam hari.

Gunung Guntur Di kaki gunung Guntur terdapat air terjun atau sebutan masyarakat setempat yaitu Curug Citiis. Di tempat ini pengunjung bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Guntur yang sangat indah. Dari puncak terlihat jelas Situ Bagendit, gunung Cikuray, objek wisata Cipanas Garut serta rumah-rumah penduduk dan pertokoan di kota Garut.

4). Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Garut bagian selatan, yaitu di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. gunung Papandayan merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Garut. Gunung Papandayan berada di ketinggian 2665 mdpl.

Pesona gunung Papandayan Letak gunung Papandayan tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut. Dari terminal Guntur Garut dapat ditempuh menggunakan angkutan kota sampai alun-alun Cisurupan dengan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam. Dari alun-alun Cisurupan dapat menggunakan ojek atau colt buntung agar cepat sampai di areal publik Taman Wisata Alam Papandayan.

Jalur pendakian gunung Papandayan sangat landai, cocok didaki oleh pendaki pemula maupun anak-anak. Di Taman Wisata Alam Papandayan terdapat beberapa tempat menarik seperti Kawah Papandayan, Hutan Mati, areal camping Pondok Saladah dan padang edelweis Tegal Alun.

Hutan Mati Papandayan Pendaki gunung, pecinta alam atau rombongan keluarga yang datang ke TWA Papandayan tidak hanya dari Indonesia, tetapi banyak juga pengunjung atau wisatawan dari luar negeri. Mereka sengaja datang ke gunung Papandayan karena tempat wisata di Garut ini sering dijadikan tempat shoting acara petualangan beberapa stasiun televisi swasta nasional.

5). Kawah Putih Talaga Bodas

Talaga Bodas artinya danau putih. Kawah Putih Talaga Bodas merupakan tempat wisata di Garut yang memiliki keindahan alam sangat menarik dan memikat. Talaga Bodas Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata di Garut yang menawarkan pesona alam pegunungan, udara segar dan perbukitan hijau yang mempesona.

Di tempat wisata Garut ini, Anda dapat berendam air panas, sebab di Talaga Bodas tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati. Air panas di Kawah Putih Talaga Bodas memiliki kadar belerang yang tinggi dan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah.

6). Tebing Alam Batu Tumpang

Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1 jam. Batu Tumbang akan ditemui saat menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi.

Rumah-rumah warga berada tidak jauh di sekitar objek wisata Batu Tumpang. Pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir mirip dengan kawasan Puncak Bogor. Panjat tebing alam Batu Tumpang Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka makanan dengan harga standar.

Di akhir pekan, para pecinta alam sengaja datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing. Keunikan Batu Tumpang yaitu terdapat pada batu yang menumpang, karena itu pula tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Batu Tumpang.

Kalau Anda hendak berwisata ke Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk, cobalah singgah di tempat wisata menarik di Garut tempat menguji nyali para petualang sejati, tebing alam Batu Tumpang Cikajang. 

7). Situ Dan Candi Cangkuang

Situ Cangkuang terletak di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Di tempat ini terdapat sebuah candi peninggalan Hindu di Garut. Candi Cangkuang berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama. Situ Cangkuang Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang merupakan tempat wisata di Garut paling menarik yang tetap terpelihara hingga kini.

Candi Cangkuang Nama Cangkuang berasal dari nama desa di kecamatan Leles, Garut, yaitu desa Cangkuang. Sedangkan nama desa Cangkuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon bernama pohon Cangkuang yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad. 

8). Pantai Santolo

Pantai Santolo atau pantai Cilauteureun berada di Kecamatan Cikelet Pameungpeuk Kabupaten Garut wilayah Selatan. Pantai Santolo merupakan tempat wisata pantai paling menarik dan populer di Garut. Pantai Santolo Pameungpeuk Di pantai Santolo pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan, terlebih di waktu matahari terbenam.

Di tempat ini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), pengunjung dapat membeli ikan segar lalu dibakar di situ atau membeli ikan bakar yang sudah siap saji. Cilauteureun terdapat pulah kecil yang disebut pulau Santolo. Pulau Santolo dapat dijangkau menggunakan perahu tongkang dengan menyeberangi muara sungai sekitar 10 meter.

Di kawasan pantai Santolo juga terdapat banyak rumah makan yang menawarkan ikan bakar dan makanan laut (seafood) siap saji. Berlokasi tidak jauh dari pantai terdapat penginapan dengan tarif lumayan murah, yaitu sekitar Rp. 200.000, serta terdapat tempat peluncuran roket milik LAPAN. 

9). Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang merupakan tempat wisata di Garut yang berada di wilayah Pameungpeuk, lokasinya tidak jauh dari pantai Santolo. Yaitu berjarak sekitar 87 km dari pusat kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan. Pantai Sayang Heulang Pantai Sayang Heulang tidak kalah menarik dari Pantai Santolo maupun pantai Rancabuaya Bungbulang Garut.

Pasirnya yang bersih dan hamparan karang yang luas membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata Garut yang satu ini. Di bibi pantai terdapat banyak pohon yang rindang, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh sambil menyaksikan deburan ombak laut serta burung-burung terbang di atasnya.

10). Pemandian Air Panas Darajat

Tidak beda jauh dengan pemandian air panas Cipanas, kolam pemandian air panas Darajat juga menawarkan kolam pemandian air panas alami serta penginapan. Darajat Pemandian air panas Darajat berada di dataran tinggi, yaitu di wilayah kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Seperti diketahui bersama bahwa wilayah Samarang ini sering dijadikan tempat shuting FTV.

Dulu ketika saya berkunjung ke Darajat, di sana terdapat wahana outbond flying fox dengan tarif Rp. 10.000, Pemandangan alam di kawasan Darajat yang sangat indah telah menjadikannya sebagai tujuan wisata keluarga yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di Garut lainnya.

11). Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas Cipanas merupakan tempat wisata di Garut paling populer. Air yang dihasilkan dari panas bumi menjadi ciri khas kolam-kolam pemandian di kawasan Cipanas Garut. Cipanas Garut Cipanas berlokasi tidak jauh dari alun-alun Tarogong, pemandian air panas Cipanas dapat ditempuh menggunakan angkot berwarna cokelat dari alun-alun Tarogong dalam beberapa menit saja dengan tarif Rp. 3.000,00.

Di Cipanas terdapat banyak penginapan dan hotel berbintang yang biasa dijadikan tempat pertemuan, diklat atau pelatihan. Fasilitas pemandian air panas Cipanas sudah dilengkapi dengan permainan air modern seperti water boom dan sebagainya. Cipanas adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga, perusahaan maupun anak sekolah.

Kalau akhir pekan atau hari libur, objek wisata Cipanas Garut selalu dipadati oleh pengunjung yang sengaja datang dari luar kota. Cipanas berada tidak jauh dari gunung Guntur, yaitu tepatnya berada di kaki gunung Guntur. 

12). Pantai Rancabuaya 

Pantai Rancabuaya adalah salah satu tempat wisata di Garut, tepatnya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia. Pantai Rancabuaya Bungbulang Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai yang memiliki batu-batu karang besar.

Objek wisata Garut ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi dan yang istimewa dari pantai ini adalah adanya air terjun atau sering disebut Curug yang langsung menghadap ke pantai.

Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak. Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. 

13). Curug Orok (Air terjun anak)

Tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Curug Orok karena menurut cerita masyarakat setempat pada tahun 1968 ada seorang wania muda yang membuang bayinya (orok) dari puncak air terjun. Curug ini memiliki 2 curug, curug besar melambangkan sang ibu sedangkan curug kecil melambangkan bayi naas tersebut.

Curug Orok memiliki ketinggian 45 m, merupakan tempat wisata di Garut yang populer dan memiliki daya tarik wisata sejak 21 April 1996. Curug Orok terletak di desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Objek wisata di Garut ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara dan dimiliki oleh PT. Perkebunan Papandayan. 

14). Taman Satwa Cikembulan 

Taman satwa Cikembulan terletak di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Letaknya berdekatan dengan objek wisata Situ Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Taman Satwa Cikembulan merupakan taman satwa pertama dan satu-satunya di Garut.

Taman Satwa Cikembulan adalah tempat wisata fauna di Garut yang dikelola oleh PT. Andis. Taman Satwa Cikembulan Kadungora Tempat wisata fauna di Garut ini memiliki berbagai jenis species binatang seperti mamalia reptil, burung, serta kera.

Taman Satwa Cikembulan sangat cocok menjadi tujuan wisata edukatif bagi pelajar dan keluarga yang menyukai berkunjung ke kebun binatang. Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin beristirahat dan menikmati liburan di desa wisata Cikembulan, pengelola pun menyediakan fasilitas penginapan di sekitar taman satwa Cikembulan. 

15). Curug Citiis

Curug Citiis adalah tempat wisata di Garut berupa air terjun yang terletak di kaki gunung Guntur. Curug Citiis dapat dijangkau dengan berjalan kaki maupun ikut menampang pada kendaraan pengangkut pasir. Curug Citiis Citiis artinya air dingin. Tidak heran kalau di Curug Citiis airnya sangat dingin karena sesuai namanya yaitu Citiis yang berada di wilayah pegunungan.

Curug Citiis memiliki pesona alam yang mempesona, di curug ini pengunjung bisa berendam atau mandi di bawah derasnya air curug. Kalau di akhir pekan, tempat wisata di Garut ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun pendaki gunung Guntur yang sengaja istirahat atau singgah untuk membawa persediaan air minum di Curug Citiis. 

16). Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta olahraga alam bebas, penyuka arung jeram atau rafting. Arung jeram sungai Cimanuk Jeram-jeram sungai Cimanuk dan aliran air sungainya yang deras dapat mamacu adrenalin dan menghilangkan kejenuhan beraktifitas sehari-hari.
Panorama alam di sepanjang sungai Cimanuk sangat indah sehingga di samping melakukan kegiatan rafting yang mengasyikan, para pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati pemandangan alamnya yang tidak membosankan.