15 Tempat Wisata Indonesia Menarik & Populer Wajib Disambangi

0
35
Tempat Wisata Indonesia Menarik & Populer – Kepulauan Indonesia adalah kumpulan pulau-pulau yang memiliki kekayaan tak terhitung dalam keragaman budaya, lanskap, dan kota. Dengan hampir 13.500 pulau di bawah yurisdiksinya.

Indonesia menawarkan sebuah petualangan bagi semua orang, mulai dari menjelajahi kuil-kuil kuno dan mendaki gunung berapi yang aktif hingga menyelam di perairan yang belum tersentuh. Anda bisa menyusuri jalanan Jakarta yang ramai, atau melangkah mundur dengan mengunjungi desa-desa terpencil di Tana Toraja.

Menikmati kebahagiaan Bali, atau bertatap muka dengan Anak Krakatau yang mudah menguap. Apa pun yang Anda pilih, pengalaman itu pasti menjadi salah satu yang dipenuhi dengan rasa kagum dan penghargaan terhadap sebuah negara yang penuh dengan sejarah dan kecantikan alami seperti ini.

15 Tempat Wisata Indonesia Menarik & Populer Wajib Disambangi


1). Pantai Bali

Bagi banyak orang, Bali adalah pantai. Diperdebatkan tempat liburan paling populer di Indonesia, Bali memiliki sejumlah landmark budaya dan tradisi yang membuat kunjungan di sini berharga.

Tapi siapa pun yang bepergian ke Bali akan memiliki pasir hangat dan air biru di pikiran mereka, dan pulau itu tidak mengecewakan. Kuta adalah pantai yang paling terkenal, dan sangat bagus untuk mereka yang suka menggabungkan matahari, berselancar, dan bersosialisasi.

Karena popularitasnya, Anda tidak akan kekurangan restoran dan aktivitas di sini. Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih sepi dan kurang ramai, Nusa Dua masih cantik, namun menarik lebih sedikit turis.

Sanur adalah tempat untuk pergi untuk sedikit lebih banyak budaya serta olahraga air yang hebat.

2). Borobudur

Candi Borobudur kuno ini merupakan salah satu landmark paling terkenal dan kultural yang signifikan di Indonesia. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan dibangun dalam bentuk mandala Buddha tradisional. Ini adalah situs Warisan Dunia UNESCO, dan dianggap sebagai salah satu situs Buddhis terhebat di dunia.

Candi besar itu terlupakan selama berabad-abad, ketika diyakini bahwa sebagian besar penduduknya pindah ke Jawa bagian timur karena letusan gunung berapi. Tapi itu ditemukan kembali pada 1800-an dan, hari ini, adalah salah satu daya tarik utama di Jawa.

Kunjungi saat matahari terbit untuk cahaya obor memanjat kuil dan untuk pengalaman menakjubkan saat kompleks mandi dimandikan di bawah sinar matahari. Borobudur terletak di dekat Yogyakarta, sebuah kota tua Jawa yang dikenal dengan persembahan budaya dan sejarahnya yang kaya raya.

3). Orangutan Kalimantan

Tidak ada perjalanan ke Indonesia akan lengkap tanpa melihat beberapa orangutan, dan Borneo adalah tempat yang tepat untuk mengunjungi makhluk-makhluk cantik dan terancam punah ini.

Meskipun orangutan masih hidup di alam liar, beberapa tempat perlindungan menyelamatkan dan melindungi orangutan karena pengembangan lahan melanggar habitat alami mereka.

Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan, merupakan rumah bagi populasi orangutan terbesar di dunia, serta primata lainnya, burung, dan reptil. Jika Anda tidak berhasil sampai ke Kalimantan, Anda juga bisa melihat orangutan di Pusat Orangutan Bohorok di Bukit Lawang, sebuah desa wisata di hutan Sumatra.

4). Kepulauan Gili

Kepulauan Gili merupakan daya tarik utama di Lombok, yang telah semakin populer di kalangan backpacker dan turis dalam beberapa tahun terakhir. Pulau-pulau indah ini menawarkan pantai-pantai yang menyaingi keindahan Bali, serta kesempatan untuk menyelam dan bahkan snorkeling di tempat perlindungan kura-kura.

Jika Anda mencari lebih banyak tindakan kura-kura, Anda bisa melihat penyemaian kura-kura di mana ratusan makhluk ini lahir setiap tahun. Kayak juga populer di Gilis, dan jika Anda mencari tempat untuk berhubungan kembali dengan pikiran dan tubuh Anda.

Anda akan menemukan beberapa pilihan untuk kelas yoga. Kepulauan Gili memberikan alternatif santai, meski masih menstimulasi, alternatif ke Bali yang populer.

5). Taman Nasional Komodo

Siapa yang tidak pernah bermimpi melihat seekor Komodo setidaknya sekali dalam hidup mereka?

Komodo di Indonesia bukanlah makhluk mitos, namun binatang tersebut adalah hewan yang galak dan mematikan. Taman Nasional Komodo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, mencakup lima pulau utama dan sejumlah pulau kecil, serta wilayah laut sekitarnya.

Perairan lepas dari pulau-pulau ini adalah beberapa yang terkaya dan paling beragam di dunia. Komodo adalah bintang pertunjukan pada setiap kunjungan ke taman nasional, namun pengunjung juga dapat mendaki, snorkeling, pergi kano, atau mengunjungi desa-desa kecil di pulau-pulau.

Pengunjung harus tiba dengan kapal, dan ada biaya masuk ditambah biaya tambahan untuk transportasi, layanan panduan, dan kegiatan lainnya.

6). Sacred Monkey Forest, Ubud Bali

Ubud adalah jantung budaya Bali, dan di sinilah Anda akan menemukan Hutan Monyet Suci, sebuah ruang yang tenang dimana Anda bisa merasakan keagungan kuno pulau ini. Di kuil Hindu ini, Anda akan melihat banyak kera ekor panjang, sejenis monyet yang biasa terlihat di seluruh Asia Tenggara.

Candi ini juga membuat kunjungan yang menarik karena Hinduisme Bali menggabungkan beberapa aspek dari berbagai agama, membuatnya unik di antara jenis-jenis Hinduisme yang dipraktikkan hari ini.

Hutan di dekat Padangtegal, sebuah desa kecil yang telah menarik seniman dari semua varietas selama bertahun-tahun, dan pura, kesenian, dan latar belakang alam yang menakjubkan melakukan perjalanan ke hutan dan desa yang harus dilakukan di Bali.

7). Gunung Bromo

Indonesia duduk di Ring of Fire, sebuah daerah dengan beberapa gunung berapi yang paling aktif di dunia. Banyak gunung berapi di negara itu, seperti Gunung Merapi, terkenal dengan letusan dahsyat dan keindahannya yang menakjubkan namun berbahaya.

Gunung Bromo termasuk yang paling dikenal, sebagian besar berkat pemandangannya yang luar biasa, terutama bila dilihat berdiri di atas kaldera saat matahari terbit. Puncak Bromo tertiup angin dalam letusan, dan Anda masih bisa melihat asap putih memancar dari gunung.

Gunung berapi adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang juga termasuk Gunung Semeru, puncak tertinggi di Jawa. Taman ini adalah rumah bagi orang-orang Tengger, sebuah kelompok etnis yang terisolasi yang melacak nenek moyang mereka kembali ke kerajaan Majapahit kuno.

8). Tanah Toraja

Kunjungan ke Tanah Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan tidak hanya akan terasa seperti melangkah jauh ke masa lalu, tapi juga menawarkan keragaman dan keragaman budaya lama di Indonesia.

Gaya arsitektur Tongkonan, rumah-rumah berbentuk kapal dan bangunan lainnya, merupakan standouts langsung, namun orang-orang itulah yang membuat alam surga ini begitu istimewa.

Pendekatan orang Toraja terhadap kematian adalah salah satu penghormatan dan perayaan. Pemakaman adalah upacara yang rumit yang melibatkan banyak makanan dan tarian tradisional, dan orang-orang mati dimakamkan di kuburan yang dibangun di sekitar gua-gua sekitarnya.

Pelancong ke daerah tersebut dapat mengunjungi desa-desa dan terhubung dengan penduduk setempat, atau melakukan perjalanan di pedesaan yang terkenal subur dan murni.

9). Kalimantan, Borneo

Beberapa tempat menunjukkan petualangan liar seperti Borneo. Salah satu tempat yang paling beragam secara ekologis di bumi, Borneo adalah rumah bagi orangutan, burung eksotis, badak sumatera, gajah kerdil, dan berbagai makhluk lainnya.

Di Kalimantan, Kalimantan Indonesia, Anda bisa menyusuri Sungai Kapuas, yang terpanjang di Indonesia. Mengunjungi desa-desa orang asli Dayak, Dan mengamati pengaruh asing dari China, Malaysia, dan bahkan Eropa di pelabuhan dan kota di sepanjang jalan.

Anda juga bisa pergi trekking di hutan hujan untuk melihat beberapa satwa liar Borneo secara pribadi. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya adalah kawasan konservasi di Kalimantan Barat yang mencakup dua gunung tertinggi di Kalimantan dan mendukung satwa liar seperti orangutan, macan tutul, kukang, beruang madu, dan banyak spesies lainnya.

10). Danau Toba

Keajaiban alam Indonesia lainnya, Danau Toba adalah badan air dan gunung berapi super. Danau, yang berada di kawah, terbentuk antara 69.000 dan 77.000 tahun yang lalu dan diyakini merupakan hasil letusan dahsyat. Danau ini 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter.

Aktivitas vulkanik masih tercatat secara teratur di sini dan telah mendorong beberapa pulau di atas permukaan air. Danau Toba adalah studi kecantikan dan kekuatan kuat yang bekerja di planet ini.

Di sini, Anda bisa pergi berenang, bermain ski air, berkano, atau memancing, atau tetap berkeliaran di sekitar kawasan dengan berjalan kaki atau bersepeda.

11). Gunung Krakatau

Tentunya, letusan gunung berapi paling terkenal di Indonesia, Krakatau, pada tahun 1883 adalah yang terbesar dalam sejarah yang tercatat. Letusan tersebut sangat mempengaruhi kondisi iklim di seluruh dunia dan membawa dampak buruk pada kehidupan manusia di sekitar Jawa dan Sumatra.

Anak Krakatau adalah pulau termuda di pulau-pulau yang dibentuk oleh letusan 1883, dan memaksakan diri di atas permukaan pada tahun 1930. Gunung berapi yang muda dan mudah berubah ini terus meningkat lebih tinggi dari laut dan memiliki letusan yang signifikan.

Anak Krakatau masih menyemburkan asap dan api, dan wisatawan dapat mengunjungi anak Krakatau untuk mengingatkan akan kekuatan yang tak terlihat dan tak terlihat di balik permukaan di setiap tempat wisata menarik yang ada di Indonesia.

12). Gunung Rinjani

Gunung berapi yang terkenal di Indonesia, Gunung Rinjani merupakan daya tarik utama di Lombok. Rinjani sendiri tidak melihat letusan dan aktivitas yang dimiliki beberapa orang lain, namun letusan pembentuk kaldera pada akhir abad ke-13 diyakini telah menjadi salah satu yang paling kuat dalam sejarah manusia.

Sebuah danau terletak di kaldera Rinjani, dan di dalam danau duduklah Gunung. Baru, gunung berapi aktif lainnya. Di Taman Nasional Rinjani, Anda bisa melihat binatang seperti monyet daun Ebony hitam langka, kera ekor panjang, kakatua jambul belerang, dan spesies eksotis lainnya.

Dipandu treks tersedia, dan Anda bisa berkemah semalam di taman. Taman ini berhati-hati bahwa treks berat, jadi jika Anda berencana mendaki gunung, Anda harus sehat fisik dan bersiaplah dengan peralatan yang sesuai.

13). Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu kuil paling populer di Bali, dibangun di atas formasi batuan di laut. Formasi asli mulai memburuk pada satu titik, sehingga sebagian dari batu itu sekarang buatan.

Meski begitu, Pura Tanah Lot menarik orang berbondong-bondong, terutama pada saat matahari terbenam. Kompleks candi ini ditemukan di pantai selatan desa Beraban, dan Anda bisa berjalan ke bait suci saat air surut. Begitu matahari terbenam, jelajahi kios-kios di pasar Tanah Lot untuk membeli cinderamata khas Bali.

14). Kepulauan Banda

Bali dan Lombok diupayakan dan tempat liburan yang benar karena suatu alasan, namun Kepulauan Banda yang kurang dikenal memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat liburan yang tidak strategis.

Sekelompok pulau ini berada di tepi Laut Banda, yang kedalamannya mencapai lebih dari 6.500 meter. Bandas telah lama berada di radar mereka yang terlibat dalam perdagangan rempah-rempah, berkat sumber pala mereka yang kaya. Disebut “rahasia terbaik Indonesia Timur,” Bandas terus tak beralasan untuk penyelam dan pelaut khususnya.

Tempat menyelam yang murni menawarkan kesempatan untuk melihat hiu, kura-kura laut, paus, ikan kalajengking Ambon yang endemik, lobster, dan sejumlah besar makhluk lainnya. Anda dapat memesan akomodasi dan wisata sendiri, atau memilih kapal live-aboard, yang mencakup pemberhentian di banyak tempat menyelam yang hebat di sekitar pulau Banda.

15) Sawah Jatiluwih, Bali

Pantai mungkin merupakan hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat Anda memikirkan Bali, tapi sawah yang hijau sudah dekat. Subur dan memberi kehidupan adalah teras dari Sawah Jatiluwih bahwa mereka ditunjuk sebagai Pemandangan Budaya UNESCO sebagai bagian dari Sistem Subak di Bali.

Lahan yang diolah dengan cermat dan irigasi merupakan bukti kekayaan sumber daya alam di Bali, serta keterampilan mengasah hati para petani setempat dengan hati-hati. Tidak ada kunjungan ke Bali yang lengkap tanpa melihat Sawah Jatiluwih yang sangat indah ini.