15 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan yang Paling Menarik Dikunjungi

0
77
Tempat Wisata di Lampung Selatan – Seru dan menyenangkan, hal itulah hal yang harus kita ciptakan di sepanjang perjalanan wisata. Apalagi jika menjelajahi keindahan alam Indonesia, dijamin pengalaman seru akan kita temui di setiap daerahnya.

Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah pesona keindahan Lampung Selatan. Kabupaten Lampung Selatan merupakan tempat di mana pelabuhan Bekauheni berada. Hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi daerah yang memiliki ibukota Kalianda ini.

Pastinya jutaan manusia yang menyeberang ke Jawa ataupun sebaliknya melewati daerah ini. Hal tersebut merupakan sebuah posisi yang sangat menguntungkan bagi daerah Lampung Selatan.

Lampung Selatan memiliki keindahan alam, budaya, dan kuliner yang akan menjadi cerita menarik bagi Anda. Sangat sayang rasanya, jika berkunjung ataupun singgah di Lampung Selatan tanpa singgah di tempat-tempat wisatanya yang Indah.

Apa saja wisata yang dapat Anda jelajahi di Lampung Selatan. Berikut ini tempat-tempat menarik tersebut yang tentunya akan memberikan kesan mendalam bagi Anda.

1. Grand Elty Krakatoa

sumber : @elty_krakatoa via Instagram

Salah satu pilihan wisata terbaik adalah menginap di tempat super eksotis ini. Grand Elty Karakatoa menawarkan pengalaman indah di mana di kala pagi tiba Anda akan melihat betapa indahnya matahari terbit di ufuk timur.

Perpaduan indah lainnya adalah dari tempat ini Anda dapat mengamati sayup-sayup Gunung Rajabasa. Pesona pantai Merak Belantung juga sangat indah dengan pasir putih dan air laut biru jernih. 

Kawasan wisata ini amat dekat dengan Krakatau, letaknya berada di Jalan Trans Sumatera KM. 45, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda. Berjarak sekitar 40 kilometer dari Pelabuhan Bekauheni dan dari kota Bandar Lampung berjarak sekitar 60 kilometer.

Tempat ini juga menyediakan beragam fasilitas seperti restoran, kolam renang, penyewaan sepeda, kano, dan paket snorkeling. Di jamin menginap di hotel dan resort ini memberikan pengalaman yang amat menyenangkan bagi Anda.

2. Kampung Wisata Tabek Indah

sumber : Malahayati.ac.id

Inilah salah satu tempat yang menawarkan beragam arena permainan menarik. Beragam wahana menarik tersebut menjadi hiburan amat menarik bagi Anda. Fasilitas tersebut antara lain waterboom, outbound, flying fox, cottages, kolam pemancingan dengan berbagai fasilitas lengkap yang dibutuhkan pengunjungnya.

Selain itu, di tempat ini juga menyediakan arena petualangan yang dijamin membuat liburan Anda menjadi seru. Arena petualangan tersebut seperti Paint Ball, sepeda air, dan skuter matic.

Tempat Wisata Tabek Indah ini terletak di Jalan raya Natar. Tepatnya berada di Desa Serba Jadi Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Berjarak sekitar 99 kilometer dari pelabuhan Bekauheni dan 12 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Beragam fasilitas tersebut tentunya dapat memanjakan Anda. Dengan tersedianya fasilitas seperti resort, restoran dan fasilitas lainnya tentu akan membuat Anda semakin betah di tempat ini. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik jika Anda berwisata ke Lampung Selatan.

3. Pemandian Air Panas Way Belerang

sumber : kotakecillampung.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana relaks yang menyegarkan. Di Lampung Selatan terdapat sebuah pemandian air panas yang sangat layak dikunjungi. Pemandian air panas tersebut adalah pemandian Air Panas Way Belerang.

Pemandian yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit ini juga dikelilingi pemandangan yang amat indah. Hutan hijau yang mengelilinginya membuat tempat ini terasa amat sejuk.

Untuk memasuki lokasi hot spring ini Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp3.000,- saja. Lokasinya berada di kaki Gunung Rajabasa dan aksesnya hanya sekitar 5 kiometer dari Kota Kalianda. Untuk sampai ke lokasi ini Anda harus melewati Jl. Lintas Timur/Jl. Soekarno Hatta dan Jl. Kusuma Bangsa.

4. Desa Wisata Kunjir

sumber : @desawisatakunjir via Instagram

Desa Kunjir merupakan salah satu desa terindah di Lampung Selatan dan memang layak dijadikan sebagai desa wisata. Hamparan sawah luas, Gunung Rajabasa, pantai dan alam bawah laut merupakan pemandangan menakjubkan yang dapat Anda saksikan di tempat ini.

Desa Kunjir termasuk ke dalam wilayah kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Tempat ini merupakan tempat wisata komplit yang menawarkan pemandangan indah dari daratan sampai lautan. Sayang rasanya jika ke Lampung Anda melewati desa nan indah ini.

5. Air Terjun Way Kalam

sumber : @beni_benian via Instagram

Salah satu hal tak boleh Anda lewatkan adalah pesona indah Air Terjun Way Kalam. Sebuah air terjun yang amat dekat dari pelabuhan Bekauheni dengan akses yang cukup mudah.

Air Terjun Way Kalam ini terletak di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Berjarak 15 kilometer dari kota Kalianda dan sekitar 16 kilometer dari pelabuhan Bekauheni.

Untuk menuju lokasi ini Anda dapat mengaksesnya dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Biaya masuknya pun murah. Untuk memasuki tempat ini sangatlah murah, hanya dengan Rp5.000,- Anda akan menemui keindahan alam yang luar biasa.

6. Menara Siger Lampung

sumber : @rockyhardiseno via Instagram

Menara Siger Lampung merupakan sebuah Landmark kebanggaan masyarakat Lampung Selatan. Menara ini merupakan simbol titik nol pulau Sumatera.

Menara Siger Lampung memiliki bentuk yang unik dan warna khas yang mencolok. Dari tempat yang terletak Jl. Lintas Timur Sumatera, Bakauheni ini Anda dapat memandangi indahnya lautan dan gugusan pulau serta lalu lalang kapal Ferry.

Bagi Anda pecinta fotograpi, tempat ini benar-benar amat sayang untuk Anda lewatkan. Untuk memasuki lokasi ini juga terbilang tak mahal, hanya dengan Rp5.000,- Anda dapat memasuki tempat nan indah ini.

7. Pantai Pasir Putih Lampung Selatan

sumber : lihat.co.id

Pantai Pasir Putih Lampung Selatan merupakan salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata bahari. Perpaduan antara pasir putih nan landai dengan jernihnya air laut membuat aktivitas berenang terasa begitu mengasyikkan.

Dari pantai ini Anda juga dapat menikmati pemandangan beberapa pulau di hadapannya. Sangat menarik, apalagi saat senja tiba Anda akan merasakan pesona alam yang begitu menenangkan.

Pantai Pasir Putih Lampung Selatan ini terletak di Desa Rara Tri Tunggal, Kecamatan Katibung. Akses yang cukup mudah dan failitas yang terbilang cukup membuat tempat ini menjadi pilihan tepat untuk liburan Anda.

Baca juga Objek Wisata Paling Menarik dan Hits di Lampung, Pantai Pasir Putih.

8. Pantai Sebalang

sumber : lihat.co.id

Pantai yang tak kalah indah lainnya adalah pesona pantai Sebalang. Meskipun pasir pantainya tak terlalu putih, keindahan sunset dari pantai ini begitu menarik untuk dipandang mata.


Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berenang. Lautan yang biru dan suasana yang masih sepi membuat betah berlama-lama di tempat ini.

Pantai ini terletak di Dusun Sebang, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Tak sulit untuk menuju lokasi pantai ini. Namun, untuk ke tempat ini Anda harus membawa bekal yang cukup karena fasilitas di tempat ini terbilang masih minim.

9. Pantai Krakatau Kahai

sumber : @luckyferdianto_ via Instagram

Inilah salah satu pantai yang recomended lainnya untuk Anda kunjungi. Sebuah pantai dengan pemandangan indah dan fasilitas yang sangat lengkap. Bayangkan di kawasan pantai ini telah tersedoa fasilitas seperti resort, kolam bebek, kolam renang, gazebo dan sederet fasilitas lainnya yang akan memanjakan Anda.


Pemandangannya benar-benar menajubkan. Meski ombak cukup besar, Anda tetap dapat mandi di kolam laut seluas 15 meter persegi yang telah dikelilingi batu besar agar aman. 

Pantai Kahai terletak di Desa Batu Balak kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Pantai indah ini tentunya amat sayang untuk Anda lewatkan karena tempat ini menawarkan suasana liburan yang asyik dan seru.

10. Pantai Tanjung Tua

sumber : @adhyatmika_ via Instagram

Di Bekauheni, Anda juga dapat mengunjungi pantai Tanjung Tua yang dikelilingi bebukitan yang menawarkan view yang indah. Pesonanya amat sayang dilewatkan dan dapat menjadi tempat persinggahan tepat bagi Anda yang ingin menyeberang ke pulau Jawa.

11. Eksotisme Pulau Mengkudu


sumber : @i.h.irfan_hidayatullah via Instagram

Siapa yang tak kenal Pulau Pahawang, pulau tersebut telah menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke Lampung. Ternyata Lapsel juga memiliki pulau tak kalah indah dengan pulau Pahawang. Namanya adalah Pulau Mengkudu.

Pulau mungil tak berpenghuni di kecamatan Bekauheni ini menawarkan sebuah keindahan yang luar biasa. Gradasi indah birunya laut berpadu indah dengan pasir pantai serta batu karang di pinggirnya.

Berada di pantai ini Anda akan merasakan berada di pulau pribadi. Lokasinya pun sangat dekat dengan Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung selatan. Untuk ke pulau ini Anda dapat menyewa perahu warga setempat dengan hanya membayar Rp15.000,-.

12. Pantai Batu Lapis

sumber : @arbhafebrian via Instagram

Ini dia tempat yang kerap dijuluki Tanah Lot nya Lampung. Sebuah pantai yang memiliki batu berlapis-lapis dengan pemandangan menakjubkan. Lokasinya berada berdampingan dengan pulau Mengkudu yaitu di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.


Tempat ini begitu hits menghiasi sosial media akhir-akhir ini. Walaupun tempat ini begitu populer, fasilitas di tempat ini terbilang masih amat minim. Jadi persiapkan diri Anda jika ingin berkunjung ke tempat ini.

13. Pantai Ketang


sumber : @pras_welly via Instagram

Pantai Ketang terletak di kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Kemudahan akses, keindahan alam dan aktivitas berenang yang begitu asyik membuat pantai ini sangat layak Anda kunjung.


14. Pantai Marina Kalianda


Dulunya pantai merupakan pantai favorit yang dijadikan tujuan wisata. Namun, akhir-akhir ini pantai ini mulai sepi pengunjung. Pantai indah dengan pasir putih dan karang besar di pinggirnya ini memang menawarkan panorama begitu indah. 

Ombak yang begitu besar merupakan salah satu pemandangan menakjubkan yang dapat Anda saksikan di tempat ini. Pantai Marina Kalianda terletak Jl. Lubuk Timbangan No.135, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. 

15. Pulau Condong

sumber : @instameetlampung via Instagram

Salah satu pulau yang amat layak Anda kunjungi adalah pulau Condong. Pulau ini memiliki perpaduan indah pasir putih nan bersih dengan pemandangan senja yang memukau.

Di pulau ini Anda akan merasakan liburan yang amat nyaman dengan suasana laut begitu mempesona. Jika ke Lampung Selatan, maka sangat sayang rasanya Anda tak menyeberang ke Pulau Condong ini. Di pantai ini juga terdapat sebuah resort yang dapat Anda jadikan tempat menginap yang nyaman.

Itulah keajaiban Lampung Selatan. Pesona alam indah, kuliner, budaya dan kearifan lokal masyarakatnya membuat daerah ini sangat layak jadi persinggahan Anda. Semoga alam yang begitu indah tetap terjaga kelestariannya. Baca juga 10 Tempat Wisata di Lampung Timur yang Paling Menarik Dikunjungi.