15 Air Terjun Tertinggi Dan Terindah Di Dunia Membuat Setiap Wisatawan Terpesona

0
106
Air Terjun Tertinggi Dan Terindah Di Dunia – Berwisata tidak puas dengan hanya melihat-lihat pemandangan tanpa adanya air terjun di suatu tempat. Maniak wisata pasti mencari berbagai macam air terjun yang layak dikunjungi dan memiliki ciri khas dri setiap air terjun tersebut.

Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh dari atas ke bawah dengan aliran yang beragam macamnya tergantung tingkat ketinggian.

Di Indonesia wisata air terjun menjadi hal yang menarik dan banyak dikunjungi oleh para wisatasan dari dalam negeri dan ada juga yang dari luar negeri. Sebut saja air terjun “Si Gura gua” yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang terdapat di Medan.

Tentunya kamu tidak mau hanya sampai di sana. Karena masih banyak lagi air terjun yang harusnya dikunjungi untuk melihat panoramanya. Tinggi dari air terjun Sigura gura setinggi  250 meter, bagaimana jika kamu melihat air terjun yang tinggi lebih dari 500 m ? Tentunya akan terpukau karenanya.

Berikut ini ada 5 air terjun yang tinggi di dunia dan panorama sekitarnya yang memang membuat hati menjadi tenang dan serasa ingin meloncat dari air terjun tersebut.

1). Air Terjun Angel Falls

Air Terjun Angel Falls berada di ketinggian tebing dengan sudut pandang hijau di hutan belantara dengan air terjun yang turun dengan derasnya akan membuat kita merasakan pesona dari air terjun ini. Bernama Air terjun Angel Falls yang berada di Negara Venezuela benua Amerika memiliki ketinggian hampir 1 KM setinggi 979 Meter (3.212).

Ternyata nama Angel Fall ini diambil dari nama seorang pilot bernama James Crawford Angel yang terbang berkeliling untuk mencari tambang dan kemudian melihat air terjun tinggi ini. Penasaran dengan air terjun tinggi ini bukan ?

2). Air Terjun Tugela

Air terjun Tugela ini merupakan rival dari air terjun angel falls karena banyak yang berpendapat urutan yang ditempatkan. Tinggi air terjun ini 948 Meter (3.110 fett) yang terletak di Afrika selatan di Taman Nasional Natal. Air terjun di sini banyak bebatuan dan berhati-hati jika mendakinya. Aliran air terjun ini berasal dari sungai Tugela River.

3). Air Terjun Las Catararas Tres

Air Terjun Las Catararas Tres, Jka ingin merencanakan jalan-jalan ke tempat ini di jamin asyik karena air terjun ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang hampir mencapai 100 kaki. Terletak di Peru tepatnya di daratan tinggi Andean di wilayah Ayacucho dengan ketinggian yang cukup menabjubkan yaitu setinggi 914 M, ternyata air terjun ini memiliki 3 kembarannya. Sungguh keajaiban alam yang luar biasa.

4). Air Terjun Olo’upena

Pernah mendengar “Hawai”, ? Jika iya maka kamu beruntung karena air terjun ini berada di Hawai, pemandangan yang luar biasa lautan lepas membuat betah bagi wisatasan yang berkunjung. Tinggi dari air terjun ini mencapai 900 meter, bisa dibayangkan bagaimana jika kamu berada di puncak tertinggi dari air terjun ini.

5). Air Terjun Mongefossen

Berdiri di ujung air terjun akan membuat kamu histeris, bagaimana dengan puncak air terjun yang kemilau bernama air terun mongefossen yang siap membuat jantung berdebar dengan ketinggian 773, air terjun yang bentuknya curam memang membuat ciri khas dari air terjun ini sehingga menarik wisatawan yang banyak. Air terjun mongefossen terletak di Norwegia.

6). Air Terjun Golden – Gullfoss Iceland

Gullfoss adalah air terjun bertingkat, dengan total ketinggian 105 kaki (32m). Berasal dari Sungai Hvítá, terlihat celah tersembunyi dari pandangan jarak dekat, sehingga muncul seolah-olah sungai masuk ke dalam bumi.

Silahkan Baca Juga : 14 Tempat Wisata Di Dunia Yang Menarik Dan Populer Di Kalangan Traveller

Ada cerita terkenal tentang seorang gadis yang berjalan tanpa alas kaki dari Reykjavic ke Gullfoss untuk memprotes penggunaan air terjun untuk tujuan menghasilkan energi listrik tenaga air. Dengan demikian, patung telah didirikan untuk menghormatinya di dekat air terjun.

7). Air Terjun Plitvice – Kroasia

Air terjun Plitvice adalah kumpulan danau dan air terjun bertingkat, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Plitvice Lakes di Kroasia. Dianggap sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di dunia, Plitvice Lakes National Park dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979.

Dengan luas 296 km persegi, merupakan taman nasional tertua di Eropa Tenggara, yang telah didirikan pada tahun 1949. Lebih dari 1,2 juta kunjungan dicatat setiap tahun, menjadikannya salah satu taman nasional di Kroasia dengan wisata terbesar.

8). Air Terjun Kaieteur Falls – Guyana

Air Terjun Kaieteur dengan volume air tinggi, air terjun terjun yang terletak di Guyana Kaieteur bagian dari Taman Nasional. Pada ketinggian 741ft (226m), memiliki curah air terjun terbesar di dunia. Ketinggiannya lima kali lebih tinggi dari Niagara Falls, dan dua kali lebih tinggi dari Air Terjun Victoria.

Dalam bahasa Amerindian, Kaieteur berarti ‘orang tua jatuh’, diceritakan karena seorang tua yang didorong di atas jatuh dari perahu oleh kerabatnya.

9). Air Terjun Dettifoss – Iceland

Dettifoss, air terjun yang paling deras di Eropa, ketinggian 148 kaki (45m) ke canyon yang merupakan terbesar di Islandia yaitu Jokulsargljufur Canyon. Terletak di Jökulsá sungai Fjöllum, yang mengalir dari gletser Vatnajokull, Dettifoss terletak dalam Taman Nasional Vatnajokull. Dalam hal debit volume, itu adalah air terjun terbesar di Eropa.

10). Air Terjun Iguazu Argentina – Brazil

Dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984, Iguazu Falls terletak di perbatasan wilayah selatan Brasil dan provinsi Misiones Argentina, dan sering dipuji sebagai air terjun paling spektakuler di dunia.

Iguazu Falls mencakup 2.7km (1.7m) lebarnya, dan memiliki 275 air terjun kecil, dengan ketinggian mulai dari 60-82m. Nama ‘Iguazu’  diterjemahkan dari bahasa Guarani adat sebagai “air besar”.

Iguazu Falls  dengan 275 air terjun nya dengan lebar yang mengesankan dan mendalam, memiliki iklim tropis yang beragam, tidak diragukan lagi salah satu harta yang paling spektakuler di alam dunia kita.

11). Air Terjun Victoria, Zambia – Zimbabwe

Air Terjun Victoria, terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, mungkin merupakan air terjun yang paling terkenal di dunia. Berasal dari Sungai Zambezi. Pada tahun 1989, air terjun dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Victoria Falls kadang-kadang disebut dengan nama pribumi, ‘Mosi-oa-Tunya’, yang berarti dalam bahasa inggris  ‘The Smoke The Thunders’.

12). Air Terjun Angel – Venezuela

Angel Falls, merupakan air terjun tertinggi di dunia, memiliki ketinggian 3212ft (979m). Dan penurunan jatuh total sepanjang 2648ft (807m) di sisi Gunung Auyantepui. Nama, ‘Angel Falls’, diambil dari Jimmie Angel, seorang penerbang yang terbang di atas gunung pada tahun 1933.

Air terjun juga dikenal sebagai Kerepakupai Vena, dalam bahasa Pemon, yang berarti ‘air terjun tempat terdalam’. Angel Falls adalah bagian dari Taman Nasional Canaima di Venezuela, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, ditunjuk pada tahun 1994.

13). Air Terjun Huangguoshu – China

Huangguoshu Waterfall, terletak di provinsi Anshun, adalah salah satu air terjun terbesar di Cina, dengan tinggi 255ft (77.8m). Nama itu, ‘Huangguoshu’, secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘pohon buah kuning’. Dikenal sebagai Huangguoshu Waterfall National Park.

14). Air Terjun Niagara USA – Canada

Air Terjun Niagara terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, memisahkan Kota New York dari provinsi Ontario. Ini terdiri dari tiga air terjun yang berbeda; Horseshoe Falls, American Falls dan Bridal Veil Falls.

Hebatnya, enam juta kaki kubik air mengalir dari Air Terjun Niagara setiap menit setiap hari. Air Terjun Niagara tidak diragukan lagi menawarkan salah satu pemandangan paling spektakuler di Amerika Utara.

15. Air terjun Yosemite – USA

Yosemite Falls (Air Terjun Yosemite) dengan 3 tingkatan dengan total ketinggian 2425 ft, terletak di Taman Nasional Yosemite, California. Jika tiga tingkatan dianggap sebagai keseluruhan, Yosemite Falls adalah air terjun tertinggi di Amerika Utara dan tertinggi kelima di dunia.

Tiga tingkatan termasuk bagian Atas (1430ft), cascades tengah (675ft) dan yang paling lebih rendah (320ft). Air terjun ini hampir seluruhnya dari pencairan salju, yang dapat menyebabkan air menjadi lebih sedikit  atau bahkan berhenti, pada waktu tertentu dalam setahun.

Bagi para traveller yang gemar jalan-jalan menikmati liburan di air terjun dan wisata jangan sampai ketinggalan momen momen penting yang ada di depan mata dengan berbagai keajaiban alam. Jika berjalan di Indonesia dengan air terjun yang menarik mata untuk memandang dan menikmati suasananya.

Demikian sedikit ulasan mengenai Air Terjun Tertinggi Dan Terindah Di Dunia, semoga dengan ulasan ini memberikan manfaat dan menjadi rekomendasi untuk menjelajah keindahan-keindahan yang berada di alam semesta ini.