14 Tempat Wisata di Pulau Lombok Terindah & Menarik

0
29

Tempat Wisata di Pulau Lombok – Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah timur Bali ini masih kalah terkenal di mancanegara dibandingkan tetangganya. Padahal tempat wisata di Lombok tidak kalah bagusnya untuk dikunjungi.

Banyak tempat di Lombok yang menarik mulai dari pantai-pantai yang indah, alam yang menakjubkan, serta wisata kuliner yang enak dan lezat sungguh menggoda selera. Tidak heran menjelang akhir tahun banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

Pantai dewata bali yang terkenal dengan keindahan serta suasana yang begitu nyaman, begitu juga tempat wisata di Lombok tidak kalah indah dan Asri menampilkan pemandangan dan udara yang sangat sejuk, cocok sekali di jadikan tempat bulan madu bagi Anda yang baru menikah.

Pilihan tempat wisata di Lombok cukup strategis dan mudah di jangkau dengan semua jenis kendaraan. Dan terdapat pula beberapa tempat liburan menawarkan paket wisata bermalam dengan fasiliatas yang tergolong komplit.

14 Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Paling Terkenal Dikunjungi

1). Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong hampir menyerupai tempat wisata di bali, yaitu, Pura Tanah Lot maka di Lombok ada Pura Batu Bolong, kedua pura ini memiliki kesamaan pada letaknya yaitu sama-sama berada di pinggir laut.

Keberadaan Pura Batu Bolong ini tidak lepas dari kehadiran seorang pendeta Hindu bernama Dang Hyang Dwijendra yang melakukan perjalanan sucinya ke Lombok. Pura ini di sebut batu bolong karena terdapat lubang ditengahnya sehingga dinamakan Pura Batu Bolong, letaknya tidak jauh dari Pantai Senggigi

2). 3 Gili Lombok

Di sebelah barat laut pulau Lombok ada tiga pulau yang bisa Anda tuju yang bernama Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, dimana gili trawangan adalah pulau yang paling besar. Di ketiga Gili ini tidak ada kendaraan bermotor karena tidak diizinkan, namun anda bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling.

Untuk menuju ke Gili Trawangan Anda bisa sewa perahu dari Pelabuhan Bangsal. Dengan harga setiap perjalanan pulang pergi sangat terjangkau.

3). Pantai Mawun

Pantai Mawun tidak jauh berbeda dengan Pantai Tanjung Aan, bentuknya melengkung serta memiliki pasir putih dan laut yang biru, hanya saja di pantai mawun ini terdapat bukit di ujung barat dan timurnya sehingga terlihat seperti pintu gerbang bagi air laut untuk masuk ke pantai ini.

Pantai Mawun letaknya ada di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

4). Gunung Rinjani

Jika Anda suka mendaki, Gunung Rinjani di Lombok bisa jadi pilihan yang menarik untuk wisata Anda. Ini adalah salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia yang mempunyai ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Hal yang paling eksotis di Gunung Rinjani adalah adanya danau segara anak yang berada di ketinggian 2.800 meter.

5). Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok? Ya, Anda tidak salah, Pantai Kuta ini memang ada di Lombok, letaknya ada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, cukup dekat dari Bandara Internasional Lombok.

Sama seperti Pantai Senggigi di sini juga terdapat banyak akomodasi dan restaurant untuk Anda bersantai.

6). Pantai Tanjung Aan Lombok

Dari Pantai Kuta, tujuan wisata selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan, lokasi kedua pantai ini saling berdekatan sehingga Anda bisa mendatanginya sekaligus. Pantai Tanjung Aan salah satu pantai yang cukup bagus di Lombok, bentuknya melengkung serta memiliki pasir putih dan laut biru.

7). Benang Stokel dan Benang Kelambu

Benang Stokel dan Benang Kelambu adalah nama dua air terjun yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Keduanya berada dalam satu lokasi yang sama hanya butuh perjuangan jalan kaki beberapa kilometer saja untuk menjamahnya.

Air terjun pertama yang akan Anda temukan adalah benang stokel yang mempunyai dua aliran air terjun lalu setelah itu air terjun benang kelambu yang mengalir seperti kelambu, rata dan tipis.

8). Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan kawasan pantai berdataran tinggi dengan topografi berupa tebing-tebing curam, letaknya berada di Ujung Tenggara Pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Untuk menuju ke Tanjung Ringgit dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari Kota Mataram.

9). Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Selain pantai-pantai yang indah, Lombok juga punya objek wisata air terjun yang harus Anda kunjungi yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua Air Terjun ini berada di satu lokasi yang sama tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Saat mencapai tujuan, air terjun yang pertama bisa Anda lihat adalah Sendang Gile lalu kemudian Tiu Kelep.

10). Taman Narmada

Taman Narmada adalah tempat wisata bersejarah di Lombok yang berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Menurut sejarahnya taman namarda ini dibangun pada tahun 1727 oleh Anak Agung Ngurah Karangasem sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan raja, sedangkan nama Namarda sendiri diambil dari nama anak sungai gangga yang dianggap suci di India.

11). Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah tempat dimana Anda bisa mendapatkan pemandangan indah alam Lombok, letaknya berada di sebelah barat pantai senggigi sekitar 5 km.

Dari sini Anda bisa memandangi indahnya pantai malimbu yang ada di bawahnya, Gunung Agung, serta tiga Gili di Lombok. Ada dua view point di Bukit Malimbu yaitu malimbu 1 dan 2, jadi tinggal pilih ingin memandang dari sudut mana.

12). Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di Lombok Barat merupakan pantai yang paling terkenal dikunjungi, selain ombaknya yang cocok untuk berselancar, di Senggigi juga banyak hotel-hotel, tempat hiburan malam dan tempat makan yang bisa anda pilih.

Inilah salah satu alasan mengapa pantai senggigi menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara.

13). Pantai Pink Lombok

Hampir semua pantai di Lombok mampu memikat para wisatawan dan salah satu yang berbeda adalah Pantai Pink. Pantai yang bernama asli pantai tangsi ini berbeda karena pasir pantainya berwarna pink dan hanya ada satu-satunya di lombok.

Jika Anda ingin kesana, lokasi pantai pink ini berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

14). Desa Sade – Wisata Budaya di Lombok

Sade adalah Desa Tradisional masyarakat asli Lombok yang masih mempertahankan keaslian budayanya sampai sekarang, letaknya berada di tepi jalan menuju  ke Pantai Kuta.

Di Desa Sade kita masih bisa melihat rumah-rumah asli tradisional mereka yang sudah ada sejak zaman dahulu, selain itu kita juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan tenun buatan tangan mereka.