12 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun yang Menarik di Kunjungi

0
77
Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun – Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang didatangi banyak turis dari mancanegara. Keindahan pantai yang berada di gugusan pulau-pulau nan indah menjadi daya tarik tersendiri.

Garis pantai yang indah tersebut ditunjang pula dengan fasilitas wisata berkelas seperti hotel, resort, cafe, restauran dan berbagai fasilitas lainnya yang membuat betah berada di provinsi ini.

Saat ini di Kepulauan Riau, Pulau Batamlah yang paling banyak menarik wisatawan disusul Bintan, kemudian diikuti dengan Karimun.

Kali ini kita akan membahas tentang pesona wisata yang dimiliki kabupaten Karimun. Tak kalah dengan Batam dan Bintan, Kabupaten yang ber-ibukota-kan Tanjung Balai ini memiliki tempat-tempat yang amat mempesona.

Kabupaten Karimun ini memiliki luas wilayah 7.984 km², dengan luas daratan 1.524 km² dengan gugusan pulau sebanyak 198 pulau dan hanya sekitar 70 pulau yang berpenghuni.

Apa saja tempat-tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Karimun, berikut pilihkan untuk Anda.

1. Pesona Menakjubkan Pantai Pelawan

sumber : fotograferkarimun.blogspot.com

Pantai Pelawan adalah tempat pertama yang harus Anda kunjungi karena memiliki pemandangan begitu menakjubkan. Di tempat ini Anda akan menemukan pantai yang tak hanya indah namun juga akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi Anda.


Birunya laut berpadu indah dengan pasir putih pantai, batu besar dan hutan lebat yang mengelilinginya. Beragam fasilitas yang ada di pantai ini juga akan memanjakan Anda. Dari tempat ini, Anda juga akan menikmati indahnya sunset kala senja menyapa yang memberikan suasana amat romantis.

Pantai ini terletak di kelurahan Pangke, kecamatan Meral, kabupaten Karimun. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pelabuhan Tanjung Balai melewati jalan  Jl. Letjen Suprapto.

Di pantai ini Anda tak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar pantai terdapat banyak menjual makanan. Bagi Anda yang ingin bermalam, sebaiknya Anda menginap di kota Tanjung Balai. 

Banyak hotel yang berada di Jalan Nusantara, Teuku Umar, Pertambangan, atau Setiabudi yang dapat menjadi pilihan Anda menginap yang begitu nyaman.

2. Kesejukan Pantai Pongkar

sumber : Otonomi.co.id

Salah satu pantai indah selanjutnya yang dapat menjadi pilihan wisata Anda adalah pantai Pongkar. Di pantai ini Anda akan melihat betapa indahnya sunrise di kala pagi menyapa.

Suasana relaks akan begitu terasa ketika berada di tempat ini. Bebukitan yang sayup-sayup terlihat menambah keeksotisan pantai ini. Sebuah pantai dengan pasir putih berpadu indah dengan birunya laut dan jejeran pohon pinus.

Pantai ini terletak di desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Berjarak sekitar 10 kilometer ke Timur Kota Tanjung Balai. Beragam fasilitas dan permainan air dapat Anda temui di tempat ini pada saat libur dan weekend.

Di tempat ini Anda dapat berenang, sekedar bersantai ataupun melakukan permainan banana boat yang dapat Anda sewa pada waktu tertentu. Untuk memasuki pantai ini gratis. Akan tetapi Anda harus membayar parkir Rp10.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp3.000,- untuk kendaraan roda dua.

3. Keasrian Suasana Alam di Air Terjun Pongkar

sumber : @ilhamyhya via Instagram

Jika Anda berkunjung ke Karimun, Anda tak hanya dapat menikmati pantai dan kuliner saja. Di Karimun, tepatnya berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing terdapat sebuah objek wisata berupa air terjun yang berada di kaki Gunung Jantan.

Berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi pantai Pongkar yang menjadi salah satu objek wisata favorit di Karimun. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya melakukan trekking singkat sejauh 200 meter dari lokasi parkir untuk sampai ke air terjun ini.

Air terjun ini bisa dibilang cukup indah. Namun, sayang tidak dikelola dengan baik. Pos pelayanan dan peristirahatan wisata ini sepertinya tidak dijaga sehingga banyak coretan dibangunannya.

Udara sejuk akan Anda rasakan ketika berada di tempat ini. Sejauh mata memandang terlihat keeksotisan hutan yang begitu mengagumkan. Di tempat ini Anda dapat berbasah-basah dengan air terjun yang bersumber dari gunung.

Di tempat ini juga tersedia kolam mini yang dapat Anda jadikan tempat menenangkan diri. Berkunjung ke tempat ini akan memberikan kesan yang amat menarik tentunya bagi perjalanan wisata Anda.

4. Pantai Ketam yang Unik

sumber : youtube.com

Pantai Ketam adalah salah satu tempat indah lainnya yang dimiliki Desa Pongkar. Sebuah pantai landai yang menawarkan pemandangan laut nan indah berpadu dengan keunikan yaitu banyaknya ketam di sepanjang pantai ini.

Suasana teduh dengan banyaknya pepohonan yang mengelilinginya membuat Anda yang berada di pantai ini merasakan kenyamanan dan kedamaian begitu luar biasa. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai di sebuah pantai indah yang masih sepi.

Ya, pantai ini memang belum ramai dikunjungi dan bisa dibilang fasilitasnya masih seadanya. Hanya ada beberapa penjual minuman dan makanan di dekat pantai ini. Mereka berjualan di pondokan kecil nan sederhana di pinggir pantai.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini persiapkanlah bekal makanan dan minuman. Keindahan tempat wisata ini tentunya akan membuat Anda sejenak kepenatan rutinitas kerja.

5. Wisata Religi Masjid Agung Karimun Meral

Sumber : simas.kemenag.go.id

Tak hanya pantai yang Indah, Karimun juga memiliki objek wisata religi yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Masjid Agung Karimun yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Karimun.


Masjid ini memiliki arsitektur indah khas melayu. Di masjid ini Anda akan merasakan suasana yang amat nyaman beribadah. Masjid terbesar di Karimun ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman – Poros, kecamatan Meral, Karimun. 

Suasana damai dan tentram akan Anda rasakan ketika di tengah perjalanan wisata Anda dapat singgah di masjid nan indah ini.

6. Eksotisme Pantai Telunas

sumber : @lydiarihta via Instagram

Inilah sebuah pantai yang ada di Pulau Sugi dan merupakan surga bagi para wisatawan asing. Pesona pantai pasir putih amat menyejukkan mata yang berpadu indah dengan biru jernihnya air laur bak kaca.

Pesona pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Batam dan Bintan. Pemandangan pantai ini begitu menakjubkan. Meski di Indonesia tak begitu populer, dikalangan wisatawan asing tempat ini sangat populer.

Hamparan bukit nan hijau, pasir putih pantai, birunya laut, dan lengkapnya fasilitas seperti resort berkelas internasional membuatnya pernah memenangkan penghargaan Traveller’s Choice Awards yang diadakan oleh situs traveling terkemuka dunia, Tripadvisor.

Suasana amat romantis akan Anda rasakan setiap saat di tempat ini. Pantai ini terletak di Desa Mentangun, Kecamatan Moro, Pulau Sugi, Kabupaten Karimun. Bagi Anda yang ingin berbulan madu, tempat ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda.

7. Bersihnya Pantai Tanjung Ambat Buru

sumber : @evaasilvana via Instagram

Salah satu pantai indah lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Pantai Tanjung Ambat Buru. Pantai indah ini merupakan salah satu pantai yang memiliki keunikan dan keelokan tersendiri.

Pantai Tanjung Ambat terletak di Pulau Buru, tepatnya berada di kampung Teluk Dalam, Desa Lubuk Puding, kecamatan Buru, Karimun. Suasana pantai yang sangat alami membuatnya terlihat sangat eksotis.

Pasir pantai nan panjang terhampar putih bersih dan asri. Sepanjang pantai ini, Anda dapat berenang sepuasnya dengan jernihnya air laut. Pantai indah ini dapat menjadi pilihan tepat ketika Anda berada di Karimun.

8. Keindahan Pantai Timun Pulau Buru

sumber : @riskywidie via Instagram

Salah satu tempat eksotis lainnya di Karimun adalah Pantai Timun. Sebuah pantai dengan pasir landai dan panorama alami serta sangat mudah diakses. Letaknya sekitar 1 kilometer dari jalan raya yang menghubungkan kota Prayun dengan kota Sawang.

Pantai yang berdampingan dengan pantai Teluk Dalam ini terletak di pulau Kundur yang merupakan salah satu pulau terbesar di Kabupaten Karimun. Lokasi tepatnya berada di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun.

Kala senja menyapa, suasana romantis begitu terasa seiring tenggelamnya mentari di ufuk barat. Dijamin kesyahduan di pantai ini akan menjadi sebuah catatan wisata menarik yang tak akan terlupakan bagi Anda.


9. Eksotisme Gunung Jantan

sumber : @wahyuariyantow via Instagram

Tak hanya pantai, trekking di Gunung Jantan merupakan salah satu hal menarik yang dapat Anda coba di Karimun. Melewati hutan indah Anda akan mencapai sebuah puncak indah dimana pemandangan alam terhampar luas.


Salah satu jalur pendakian gunung ini sama dengan rute pendakian ke air terjun Pongkar. Letaknya di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Rasa lelah akan terbayar ketika Anda sampai di puncak gunung yang amat menakjubkan ini.

10. Coastal Area Tanjung Balai Karimun

sumber : Batamnews.co.id

Inilah salah satu tempat nongkrong terbaik di Tanjung Balai Karimun. Daratan hasil reklamasi ini merupakan salah satu tempat yang terkenal sejak diselenggarakannya MTQ tingkat Propinsi Kepulauan Riau.


Beragam hal dapat Anda lakukan di tempat ini. Mulai dari beragam kuliner lezat yang tersedia di area food court sampai beragam wahana permainan serta lapangan olahraga. Salah satu tempat paling hits di Karimun ini amat sayang Anda lewatkan jika berkunjung ke Tanjung Balai.

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Lokasi ini sangat menarik dijadikan lokasi foto Anda yang tentunya akan memberikan kesan tak terlupakan.

11. Menikmati Kuliner di Long Beach Seafood Restaurant

sumber : lagizi.com

Perjalanan wisata tak lengkap jika belum berkunjung ke restoran setempat. Long Beach Seafood Restaurant Tanjung Balai dapat menjadi pilihan tepat untuk menikmati beragam kuliner khas laut yang amat mengenyangkan. Sebuah tempat makan yang menawarkan sensasi kuliner menggoda.

12. Menginap di Telunas Beach Resort

sumber : TripAdvisor.co.nz

Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi menginap di tempat yang amat romantis atau Anda pasangan yang ingin berbulan madu. Maka Telunas Beach Resort adalah pilihan tepat bagi Anda. Tempat  menginap yang tak kalah indahnya dengan resort-resort yang ada Maladewa.

Wonderful itulah kesan para Bule yang datang ke resort yang berada di Pantai Telunas, Desa Mentangun, Kecamatan Moro ini. Jejeran cottage nyaman yang berada di atas air laut berpadu indah dengan alam yang menyuguhkan suasana yang amat romantis. Menginap di resort ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan seumur hidup Anda.

Itulah tempat wisata di Karimun yang dapat Anda kunjungi. Keindahan alam Karimun akan memberikan sensasi liburan indah bagi Anda. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri bukan, karena alam Indonesia jauh lebih mempesona. Baca juga Lagoi Bay, Tempat Wisata Super Eksotis di Bintan.