11 Tempat Wisata di Lombok Utara yang Paling Menarik Dikunjungi

0
19
Tempat Wisata di Lombok Utara – Berbicara keindahan alam Lombok memang tak pernah habisnya. Sebagai daerah tujuan wisata, Lombok memang memiliki pesona yang begitu memikat. Keindahan bahari, pesona budaya dan kuliner yang lezat membuat daerah ini layak menjadi daerah tujuan utama wisata Indonesia.

Salah satu daerah yang ada di Pulau Lombok adalah Kabupaten Lombok Utara. Kabupaten ini memiliki ibukota bernama Kota Tanjung. Kabupaten termuda di NTB ini memiliki pesona wisata yang menjadi andalan dari propinsi tersebut.

Apa saja tempat-tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Lombok Utara. Kali ini akan pilihkan tempat-tempat wisata paling eksotis dari kabupaten yang dekat dengan Pulau Bali ini.

1. Pesona Gili Trawangan

 Berbicara keindahan alam Lombok memang tak pernah habisnya 11 Tempat Wisata di Lombok Utara yang Paling Menarik Dikunjungi

Siapa yang tak kenal dengan surga wisata bahari bernama Gili Trawangan. Pulau wisata yang menjanjikan perjalanan cukup hemat ini memiliki keindahan yang amat luar biasa. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa pulau ini jauh lebih eksotis jika dibandingkan dengan Bali.


Gili Trawangan memiliki pasir pantai yang memutih halus mengelilingi seluruh pulau. Pantai-pantai berpadu indah dengan gradasi air laut yang begitu jernih dan bebas polusi.

Tempat ini juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat memukau, penduduk yang bersahabat, fasilitas akomodasi yang terjangkau dan bebas dari kemacetan serta udara yang begitu segar.

Hotel ataupun penginapan di Gili Trawangan boleh dibilang semuanya berkelas. Meski harga terjangkau, Anda dapat menikmati beragam fasilitas yang begitu luar biasa ditambah dengan pemandangan yang begitu eksotis.

Gili Trawangan merupakan tujuan wisata yang patut Anda jadikan persinggahan selanjutnya. Surga bahari yang pesonanya dijamin akan membuat Anda betah berada menikmatinya.

2. Keindahan Gili Meno

sumber : @tyas_ekowaty via instagram

Gili Meno merupakan satu dari tiga Gili yang paling mempesona di Lombok. Pulau ini merupakan pulau paling sunyi di antara Gili Trawangan dan Gili Air. Tak kalah indahnya dengan Maladewa, pesona Gili Meno benar-benar memikat hati siapa saja yang mengunjungi pulau ini.


Gili Meno menyajikan pemandangan pasir pantai berwarna putih bersih berpadu indah dengan jernihnya air laut serta keindahan bawah lautnya. Tempat ini merupakan surga diving dan snorkeling diantara tiga gili.

Selain itu, Gili Meno memiliki taman burung dan penangkaran penyu yang amat menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Gili Meno dapat Anda nikmati dengan mengelilingi garis pantainya yang tak terlelau panjang dan begitu indah.

Untuk hotel, Anda tak perlu khawatir. Di Gili Meno terdapat juga hotel yang tak kalah ekslusif dengan hotel di Gili Trawangan dan Gili Air. Untuk biaya penginapan, pulau ini memiliki biaya lebih mahal dibandingkan biaya di dua Gili lainnya.

3. Romantisme Gili Air

 Berbicara keindahan alam Lombok memang tak pernah habisnya 11 Tempat Wisata di Lombok Utara yang Paling Menarik Dikunjungi
sumber : @gotogili  via instagram

Gili Air merupakan pulau teromantis diantara tiga Gili. Pulau ini merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau Lombok dan berada dalam wilayah administratif Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.


Dari atas kapal, Anda dapat memandangi dasar laut tepi pulau yang tembus akibat air jernih bak kaca. Tampak karang-karang indah dengan jelas tanpa harus menyelam.

Kala senja menyapa suasana romantis begitu terasa. Hembusan angin berpadu syahdu dengan matahari yang menguning berangsur gelap.

Pemandangan sunrise tak kalah menarik, pantulan cahaya pagi di pulau ini membuat kita akan selalu bersyukur diberi kesempatan menikmati pulau yang luar biasa ini.

Bicara fasilitas Anda tak perlu khawatir. Gili Air menyajikan beragam fasilitas yang akan memberikan kepuasan bagi Anda selama liburan. Fasilitas tersebut seperti hotel, cafe, bar, karoeke dan restoran berkelas siap memanjakan Anda.
4. Air Terjun Sendang Gile Bayan


Air Terjun Sendang Gile merupakan air terjun terindah yang ada di kaki Gunung Rinjani. Air terjun Sendang Gile terletak di Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Air terjun yang termasuk dalam kawasan Geopark Rinjani ini memiliki pesona alam yang sangat memukau.

Alam nan hijau ditunjang dengan akses yang mudah membuat air terjun ini begitu favorit dikalangan wisatawan. Kesegaran udara dan kesejukan alam menyambut kedatangan anda bersama kicauan burung nan begitu indah.

Beragam flora juga menghiasai sekitar air terjun ini. Sebuah kepuasan tersendiri bagi Anda pecinta alam jika dapat mengunjungi Air Terjun Sendang Gile ini.

5. Danau Segara Anak

sumber : @hidayatnr  via instagram

Berjalan kaki selama sembilan jam lamanya merupakan hal yang harus dilalui untuk mencapai lokasi Danau Segara Anak. Danau ini merupakan sebuah potret pemandangan terindah di Indonesia. Hal tersebut yang membuat danau ini menjadi salah satu primadona dan tujuan favorit wisatawan yang datang ke Lombok.


6. Air Terjun Tiu Kelep

sumber : @siti.mutmainah.1293 via instagram

Tak kalah indahnya dari Air Terjun Sendang Gile, air terjun Tiu Kelep juga amat memiliki pesona yang memukau. Lokasinya berdekatan dengan air terjun Sendang Gile namun letaknya lebih tersembunyi.


Untuk mencapai air terjun ini Anda diharuskan trekking selama 50 menitan lebih. Keindahan air terjun ini akan membayar segala rasa lelah selama perjalanan. Pancuran air yang cukup tinggi berpadu indah dengan alam yang begitu hijau.

7. Air Terjun Gangga

sumber : @isaac_presland via instagram

Satu lagi air terjun yang tak boleh Anda lewatkan di Lombok yaitu Air Terjun Gangga. Air Terjun Kerta Gangga terletak di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Dengan alam yang hijau mempesona dan pemandian alami, air terjun ini mampu memikat wisatawan tak hanya domestik namun juga mancanegara.

Pesona keindahan air terjun yang cukup mudah diakses ini juga memikat beberapa selebriti dunia mengunjunginya. Baca Wow Indahnya Air Terjun Kerta Gangga Lombok yang Pernah Dikunjungi Brad Pitt dan JLo.

8. Pesona Sunset di Bukit Malimbu

sumber : @gotogili via instagram

Tempat wisata terbaik lainnya adalah Bukit dan Pantai Malimbu. Bukit ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Lombok.

Berada di Bukit Malimbu, Anda akan menjumpai pemandangan laut biru dengan hamparan pantai nan memanjang. Begitu cantik dan indah dipandang mata.


Bukit Malimbu terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Berada tak jauh dari Pantai Senggigi atau tepatnya berjarak sekitar 28 kilometer dari kota Mataram. 

Berada di ketinggian sembari memandangi keindahan pemandangan di Bukit Malimbu dijamin akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang sulit terlupakan bagi Anda.

9. Keindahan Pantai Nipah

sumber : @fazrin_dian_pratama via instagram

Tak jauh dari Pantai Senggigi dan Bukit Malimbu terdapat pesona lainnya yang dimiliki Lombok. Pantai Nipah merupakan potret keindahan yang begitu memanjakan mata bagi pecinta wisata pantai.

Kala senja tiba, terlihat pancaran indah matahari terbenam di ufuk barat dari pantai ini. Halusnya pasir putih pantai berpadu serasi dengan air laut biru jernih. Tak heran kalau mandi di pantai ini merupakan aktivitas menarik yang sayang dilewatkan.

Bebukitan hijau yang mengelilinginya, membuat pantai ini merupakan latar yang sangat memukau untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Pantai Nipah terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

10. Desa Kerujuk Menjojak

sumber : hellolombokku.com

Pesona budaya dan kearifan lokal tak dapat dipisahkan dari keunggulan pariwisata Lombok. Beragam keunikan dan kehidupan masyarakat yang tradisional dapat dijadikan objek wisata yang sangat menarik.

Salah satu desa wisata yang dapat dikunjungi di Lombok Utara adalah Desa Kerujuk Menjojak. Desa ini menawarkan keindahan alam yang sangat indah dengan berbagai paket bermain yang amat menarik.

Alam desa yang sangat asri dan sebuah sungai yang sangat jernih merupakan tempat terbaik untuk melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan.

Desa Kerujuk berada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Keindahan desa ini benar-benar layak untuk dijadikan tujuan wisata Anda. Apalagi masyarakat sasak di desa ini sangat ramah dan sopan kepada pengunjung.

11. Kelezatan Sate Tanjung

 www.visitlomboksumbawa.com

Salah satu makanan khas yang dimiliki Lombok Utara adalah sate tanjung. Keunikan sate tanjung adalah bahan dasarnya yang terbuat dari ikan dan memiliki rasa pedas gurih. Makanan khas ini dapat Anda temui di berbagai lokasi di Lombok Utara. Dijamin citarasa sate ikan Tanjung tentunya dapat memuaskan hasrat kuliner Anda.

Demikianlah pesona keindahan Lombok Utara. Semoga kedepannya pariwisata Lombok lebih maju lagi dan mampu bersaing dengan Bali. Baca juga 17 Tempat Wisata di Selong Lombok Timur Paling Menarik Dikunjungi.