10 Tempat Wisata Terbaik di Purwakarta Wajib Anda Kunjungi

0
73
Tempat Wisata Terbaik Di Purwakarta – Propinsi Jawa Barat selain kota Bandung yang terkenal dengan objek wisata yang menarik, dan ternyata di kabupaten Purwakarta terdapat banyak pilihan tempat rekreasi yang menarik dan kekinian yang layak Anda kunjungi.

Purwakarta merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan akan keindahan dan tempat keren yang ada di Purwakarta.

Purwakarta punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun menawarkan pemandangan keren untuk di pajang di media sosial dan sayang jika di lewatkan begitu saja.

Terdapat surga di setiap pelosok Indonesia. Tak ada yang menyangkal bahwa Indonesia dikaruniai tanah yang subur dan keindahan alam yang eksotis di setiap jengkal wilayahnya, tidak terkecuali untuk wilayah kabupaten Purwakarta.

Baiklah, di kesempatan ini Admin dari akan merekomendasikan tempat-tempat wisata terbaik yang berada di Purwakarta, bagi Anda yang tinggal di sekitar Purwakarta atau sekedar bertamu dan berkunjung untuk menikmati wisata menarik di Purwakarta, jangan lewatkan berkunjung ke Tempat Wisata Terbaik Di Purwakarta.

1). Waduk Jatiluhur (Bendungan Jatiluhur)

Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur adalah sebuah waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Waduk yang dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda ini merupakan waduk terbesar di Indonesia.

Panorama bendungan yang memiliki 8.300 hektar ini juga sangat mempesona. Apalagi kita juga dapat melihat stasiun satelit bumi milik indosat. Tentunya tidak hanya berbagai fasilitass yang menarik para pengunjung

Namun suasana diwaduk jatiluhur sendiri terlihat sangat permai dengan perbukitannya, udara sejuk, pepohonan rindang, serta keadaan yang membuat pikiran jadi tenang, aktivitas pengunjung bisa berlayar menggunakan perahu yang sudah tersedia di tepi waduk.

Nama Wisata : Waduk Jatiluhur
Alamat : Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

2). Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata berfungsi sebagai sumber air bagi masyarakat di tiga kabupaten yaitu Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Terletak di Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Waduk Cirata menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang populer dan murah meriah.

Waduk Cirata telah menjadi salah satu waduk populer di Purwakarta karena merupakan waduk terbesar se-Asia Tenggara. Waduk ini membentang luas di tiga kabupaten, antara lain: Bandung, Cianjur, dan Purwakarta.

Nama Wisata : Waduk Cirata
Alamat : Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Jawa Barat

3). Taman Sri Baduga Situ Buleud

Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

Taman Sri Baduga merupakan sebuah danau yang memiliki air mancur berwarna-warni karena diberi sorotan lampu. Air mancur ini seakan bergoyang-goyang untuk menghibur para penonton yang sedang berkunjung ke Taman Sri Baduga.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang paling populer dan wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berada tepat di jantung Kota Purwakarta. Jika Anda pernah berkunjung ke Dubai atau Singapura, tentu tidak asing lagi dengan pertunjukkan ini.

Meski tidak sebesar yang ada di luar negeri, kita tetap bisa berbangga hati, karena di Indonesia pun mampu menyajikan hiburan murah-meriah seperti Taman Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta.

Nama Wisata : Taman Sri Baduga Situ Buleud
Alamat : Negeri Kidul, Purwakarta, Kec. Purwakarta, Kab, Purwakarta, Jawa Barat

4). Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang ini memiliki ketinggian 963 mdpl dan diapit oleh dua bendungan, yaitu Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Cirata. Gunung Parang terkenal dengan kegiatan panjat tebingnya. Bahkan, menurut para pemanjat tebing, rock climbing Gunung Parang merupakan yang terbesar kedua se-Asia.

Selain melakukan rock climbing, Anda juga bisa melakukan via ferrata dan tyrolean traverse. Via ferrata merupakan teknik memanjat gunung dengan menggunakan tangga besi. Teknik ini juga dikenal dengan nama Badega Taraje Beusi.

Anda bisa melakukan kegiatan ini dengan merogoh bujet Rp 150.000 per orang. Selain mendapatkan peralatan mendaki, Anda akan didampingi oleh seorang pemandu.

Nama Wisata : Gunung Parang
Alamat : Kampung Cihuni, Sukamulya, Tegal Waru, Purwakarta, Jawa Barat

5). Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Wisata di Purwakarta yang populer lainnya adalah Giri Tirta Kahuripan. Letaknya di daerah pegunungan sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk.

Suasana yang tercipta di tempat wisata ini begitu romantis sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau Honeymoon.

Giri Tirta Kahuripan dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang dapat membuat wisatawan puas dan nyaman. Di sini tersedia aneka wahana bermain yang pastinya seru seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, skypool, dan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan istirahat wisatawan, telah tersedia penginapan baik villa maupun cottage dengan pemandangan pegunungan yang indah khas pedesaan dari kabupaten Purwakarta.

Nama Wisata : Giri Tirta Kahuripan
Alamat : Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat

6). Gunung Lembu Purwakarta

Gunung Lembu Purwakarta

Berbeda dengan pegunungan pada umumnya yang memiliki keindahan pada bagian puncak, pemandangan paling elok Gunung Lembu ada di bagian bawah, atau lebih tepatnya 50 meter sebelum puncak.

Gunung Lembu Purwakarta tampak seperti lembu atau banteng hutan yang sedang meringkuk. Hal ini semakin diperjelas saat Anda memperhatikan papan informasi yang berada di pos keberangkatan.

Di sini ada sebuah batu berbentuk lembu/punuk lembu yang biasa disebut dengan batu lembu. Garis-garis peta gunung yang dipertebal menunjukkan rupa seekor lembu. Hamparan langit biru, lanskap Kota Purwakata, dan indahnya Waduk Jatiluhur dapat Anda nikmati dari tempat wisata di Purwakarta ini.

Nama Wisata : Gunung Lembu
Alamat : Kampung Panunggal, Ds Panyindang, Kec Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat

7). Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa Purwakarta

Danau seluas 7 hektar ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menenangkan tetapi juga beragam permainan seru yang siap menemani wisatawan bermain seperti kapal bebek kayuh, sepeda air, memancing, dan yang lainnya.

Letaknya yang tak jauh dari Curug Cipurut, menjadikan Situ Wanayasa sebagai tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata ini, terdapat makam RA. Suriawinata yang dipercaya sebagai pendiri Purwakarta, tepatnya di pulau kecil yang berada di tengah danau.

Nama Wisata : Situ Wanayasa
Alamat : Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

8). Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit panenjoan terletak kruang lebih 17 KM dari kota Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Nama Bukit Panenjoan Purwakarta sekarang cukup dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Purwakarta.

Tempat wisata di Purwakarta ini menyajikan pemandangan alam yang indah khas pedesaan, dengan jembatan bambu yang panjangnya mencapai ratusan meter dan menjadi ciri khas dari tempat wisata alam di Purwakarta yang instagrammable.

Nama Wisata : Bukit Panenjoan
Alamat : Kampung Cinangka, Ds Sindang Panon, Kec Bojong, Kabupaten Purwakarta

9). Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut Purwakarta

Di dalam kawasan Curug Cipurut terdapat tiga buah curug. Curug yang paling banyak dikunjungi ialah curug utama yang berada di ujung tebing. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter.

Di tempat wisata ini para pengunjung banyak melakukan aktivitas mandi dan bermain air, ada pula pengunjung yang berfoto-foto. Sementara dua curug lainnya kerap menjadi tempat bersantai atau berseluncur.

Curug Cipurut berada di dalam Cagar Alam Gunung Burangrang, yang berjarak 30 km dari Kota Purwakarta. Karena air terjun ‘curug’ ini masih alami, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung sambil menikmati alam nan indah serta sejuk.

Nama Wisata : Curug Cipurut
Alamat : Babakan, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

10). Gunung Bongkok Purwakarta

Gunung Bongkok Purwakarta

Sesuatu yang menarik ditawarkan tempat wisata di Purwakarta ini adalah panorama yang disajikan. Sesampainya di puncak, Anda bisa melihat keindahan lanskap Kota Purwakarta, Waduk Jatiluhur, dan Gunung Parang.

Keindahan ini bisa Anda nikmati dari dua titik puncak, yaitu Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Batu Datar. Gunung Bongkok merupakan gunung batu dengan pemandangan yang sangat memikat. Untuk sampai ke sana, Anda bisa mencapainya dengan menggunakan kendaraan umum.

Anda bisa menggunakan angkutan kota menuju Pasar Plered, kemudian sesampainya di Pasar Plered, Anda bisa menggunakan angkutan desa menuju Cikandang. Dari Cikandang, Anda masih harus berjalan kaki selama 15-30 menit menuju Pos Munclu.

Gunung bongkok banyak dikunjungi wisatawan yang camping, ataupun sekedar trekking ringan saja. Gunung ini berupa gunung batu dengan pemandangan indah di puncaknya. Ketinggian gunung ini memang tidak terlalu tinggi, hanya 975 mdpl.

Namun, jalur pendakian bisa dikatakan terjal. Jalur yang harus Anda lewati dengan ekstra hati-hati ialah tanjakan 700 mdpl, 800 mdpl, dan 950 mdpl. Untung saja, Gunung Bongkok sudah dikelola dengan baik, sehingga terdapat tali yang sangat membantu pendaki.

Nama Wisata : Gunung Bongkok
Alamat : Kampung Cikandang, Ds Sukamulya, Kec Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat