10 Tempat Wisata Terbaik di Garut Wajib Anda Jelajah

0
129
Tempat Wisata Terbaik di Garut – Garut merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Garut.

Sedangkan di sebelah selatan terdapat Samudera Hindia. Di sebelah barat kabupaten Cianjur dan Bandung yang membatasi kabupaten ini. Sedangkan di sebelah timur terdapat kabupaten Tasikmalaya.

Garut punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian jelajahi.

Tempat Wisata Terbaik di Garut

Kabupaten kecil ini kondisi geografisnya dikelilingi oleh gunung yang berjumlah 5 buah di sebelah utaranya. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Garut, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan.

Selama ini jika Garut jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Garut ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Tempat Wisata Terbaik di Garut Wajib Anda Jelajah

1). Gunung Papandayan Garut

Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan.

Gunung yang sangat indah, pendakinya masih relatif tidak terlalu banyak jadi tidak ramai. pemandangan sangat indah. banyak anak kecil yang ikut dan bisa mendaki. hutan mati sangat keren kawah aman.

Belerang aman. banyak pemandangan yang mengasyikkan. tiket masuk terhitung murah dan tidak termasuk parkir. jalur pendakian aman. udara sejuk.

Gunung Papandayan Garut

Nama Wisata : Gunung Papandayan
Alamat : Gn. Papandayan, Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

2). Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo.

Terletak di kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata.

Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang.

Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Pantai Santolo Garut

Nama Wisata : Pantai Santolo
Alamat : Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia

3). Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan mati, hutan yang terbakar disebabkan oleh letusan gunung papandayan ini membuat pohon-pohon yang terbakar menjadi pemandangan alam yang mengagumkan.
Tempat yg bagus untuk berfoto ria, bahkan foto pre wedding.

Hutan ini disebut sebagai hutan mati, karena semua daun tanamannya mati, yang tinggal hanya batang pohonnya. Dari info tour guide, pohon-pohon ini mati akibat dari letusan gunung Papandayan. Namun batang-batang yang masih berdiri kokoh itu, yg menjadi keunikan gunung ini.

Hutan Mati Gunung Papandayan

Nama Wisata : Hutan Mati Gunung Papandayan
Alamat : Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

4). Situ Bagendit Garut

Situ Bagendit sebuah tempat wisata yang sangat terjangkau untuk masyarakat , tiket hanya seharga Rp. 5.000,- saja. Hanya saja mungkin butuh penataan yang lebih baik lagi, terutama pedagang kaki lima, supaya lebih rapih, indah dan bersih.

Fasilitas permainan baik untuk anak maupun untuk yang dewasa butuh tambahan lagi. Saung-saungnya dibuat lebih kokoh dan indah, tempatnya nyaman nuansa asri alam dengan arena bermain untuk keluarga sangat cocok disaat berlibur, akses jalan menuju Situ bagus bebas macet area parkir mobil motor sangat luas.

Situ Bagendit Garut

Nama Wisata : Situ Bagendit
Alamat : Jl. Kyai H. Hasan Arif, Sukamukti, Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka : 08.00–17.00 WIB

5). Taman Satwa Cikembulan Garut

Taman Satwa Cikembulan atau bisa di bilang kebun bintang, jalan menuju ke taman satwa ini dapat dijangkau dengan mobil, aksesnya juga mudah karena sudah ada plang/ papan penunjuk jalan.

Apabila ingin rekreasi ke Taman Satwa Cikembulan Garut akan lebih baik membawa kendaraan pribadi, parkiran yg disediakan cukup luas. Satwanya cukup banyak dan sehat. petugasnya pun cukup ramah, taman satwa ini cukup luas,

Di dalam area tempat wisata garut Taman Satwa Cikembulan Garut selain dapat ditemukan satwa ada juga wahana seperti flying fox, atv, kuda. terdapat juga kantin makanan serta fasilitas toilet cukup bersih.

Taman Satwa Cikembulan Garut

Nama Wisata : Taman Satwa Cikembulan
Alamat : Cikembulan, Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB

6). Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang memiliki batu-batu karang besar ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar.

Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun (Bahasa Sunda: curug) yang langsung menghadap ke pantai.

Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak. Lokasinya tidak jauh dari Santolo namun lebih cenderung untuk bersantai menikmati pemandangan alam dari pada berenang atau bermain air.

Pantai Rancabuaya Garut

Nama Wisata : Pantai Rancabuaya
Alamat : Desa Purbayani, Caringin, Purbayani, Kabupaten Garut, Jawa Barat

7). Candi Cangkuang Garut

Candi Cangkuang di daerah Garut ini adalah sebuah candi peninggalan agama Hindu yg kemudian masyarakat sekitarnya di islamkan oleh Panembahan Senopati Mataram. Kemudian leluhur mereka dimakamkan di dekat candi, yaitu makam Arief Muhammad.

Suasananya tenang dan religius. Di sekitar candi terdapat rumah tinggal warga yg juga tidak hiruk pikuk. Dipercaya yang menempati rumah di kawasan candi adalah keturunan sang leluhur, yang terdiri dari 6 perempuan dan 1 lelaki.

Disimbolkan dengan adanya 6 rumah dan 1 musholla. Menuju makam dan candi kita harus melintasi danau menggunakan rakit.

Candi Cangkuang pertama kali ditemukan pada tahun 1966 berdasarkan laporan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan tahun 1893 mengenai adanya sebuah arca yang rusak serta makam kuno di bukit Kampung Pulo, Leles.

Candi Cangkuang Garut

Nama Wisata : Candi Cangkuang
Alamat : Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

8). Curug Orok Garut

Destinasi unggulan Cikajang Garut. Namanya adalah Curug orok. Pemilik pariwisata ini bernama nama Dharma. Orangnya baik dan ramah. Tempat ini cocok untuk kawan kawan yang ingin bersantai.

Bisa juga bermalam disini bersama keluarga. Lebih mantap lagi kalau datang bersama kawan kawan. Soo jangan bilang pernah kecikajang sebelum pernah datang ke tempat ini. Wonderful Cikajang wonderful indonesia.

Di sekitar Curug Orok Garut juga tersedia fasilitas seperti mushola dan tempat parkir dan juga beberapa pedagang kaki lima yang menjajakan beragam jenis makanan khas dari kota Garut, Jawa Barat.

Curug Orok Garut

Nama Wisata : Curug Orok Garut
Alamat : Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka : 08.00 – 20.00 WIB

9). Kampung Sampireun Garut

Kampung Sampireun Resort & Spa lokasinya berada cukup jauh dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 40 menit dengan motor serta akses jalan menuju Kampung Sampireun sudah cukup bagus, di tambah dengan suasana alam yang asri cocok untuk menenangkan hati dan menyegarkan mata.

Biaya masuk untuk bisa jalan-jalan berkeliling Kampung Sampireun Garut sekitar Rp 20.000 per orang. sudah termasuk naik perahu untuk berfoto di sekitar kolam besar yang berada di sekitar kawasan wisata Kampung Sampireun Garut.

Kampung Sampireun Garut

Nama Wisata : Kampung Sampireun Resort & Spa 
Alamat : Jl. Raya Samarang Kamojang Sukakarya, Samarang Garut Jawa Barat,
Curug Orok Garut : (0262) 542393

10). Pantai Cijeruk Indah Garut

Pantai perawan daerah garut selatan yang asik untuk dikunjungi, seperti pantai milik sendiri karena belum banyak pengunjung yang datang, jadi untuk penginapan dan fasilitas lain belum tersedia.

Para pengnjung dapat camping di pinggir pantai, dengan angin yang sangat besar, atau bisa bermalam di ke warung warga. Tapi paginya pantai cijeruk menanti untuk lebih di eksplore menyaksikan keindahan alam ciptaan-Nya tidak akan menyesal mengunjungi pantai yang indah ini.

Pantai Cijeruk Indah Garut

Nama Wisata : Pantai Cijeruk Indah
Alamat : Sagara, Pameungpeuk, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat