10 Tempat Wisata Jawa Barat Sangat Indah Perlu Anda Kunjungi

0
130
Tempat Wisata Alam Mempesona Di Jawa Barat – Jawa barat merupakan satu propinsi di pulau jawa yang memiliki kekayaan wisata alam yang berpotensi dan sangat mengagumkan. Salah satunya seperti di Bandung, Cirebon, Bogor, Garut, Cimahi, Sukabumi, terdapat beberapa tempat wisata menjadi surga tersembunyi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang berlibur di propinsi jawa barat.

Tetapi keterbatasan promosi serta campur tangan pemerintah setempat untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata yang menarik di wilayahnya sehingga terlihat hanya sebagian besar pengunjung warga dan masyarakat setempat yang lokasi dan jaraknya tidak jauh dari tempat-tempat wisata tersebut.

Walau sebenarnya potensi tempat wisata yang ada dapat dikembangkan begitu besar, sehingga nantinya bisa memberikan masukan ekonomi kepada warga setempat menjadi pengelola di tempat-tempat wisata yang berada di propinsi jawa barat.

Berikut Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang dapat Dikunjungi : 

1). Telaga Remis Cirebon

Telaga Remis Cirebon jawa barat  menjadi surga tersembuyi bagi para wisatawan karena tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Di kelilingi rimba hutan tropis yang hijau bikin situasi di telaga remis Cirebon jawabarat begitu fresh serta sejuk, sangat cocok bagi wisatwan yang senang dengan keadaan alam dengan pemandangan alam yang indah serta ingin menikmati udara yang bersih dan jauh dari populasi seperti di kota-kota besat saat ini.

Pada siang hari pun situasi di telaga remis begitu dingin, bahkan juga panasnya sinar matahari tidak dapat melawan cuaca dingin di telaga remis. Di waktu pagi hari buta telaga remis dapat di pastikan selalu di selimuti oleh kabut yang cukup tebal membuat situasi di tempat wisata Telaga Remis Cirebon ini terasa semakin romantis.

Jarak tempuh menuju talaga remis sekitar 20 km, dari pusat kota cirebon, tempat wisata ini menjadi alternatif bagi warga sekitar wilayah majalengka, kuningan serta kota cirebon tersebut.
Di sini juga terdapt satu legenda atau mitos yang diakui orang-orang sekiatar sebagai asal muasalal mengapa tempat wisata ini di namakan telaga remis.

Konon jaman dulu saat pengeran siliwangi berada ditempat ini untuk meditasi, beliau merasa kehausan. Dan beliau mengumpulkan embun (Reumis dalam bahasa sunda) yang ada di daun berada sekelilingnya untuk di minum.

Raja siliwangi membuang bekas embun selesai meminumnya serta berdoa pada tuhan mudah-mudahan satu waktu nanti embun itu menjadi satu telaga yang dapat bermanfaat untuk warga dan orang-orang sekitar tempat tersebut.

Di balik mitos yang banyak diakui orang-orang, telaga remis hingga sekarang memang di pergunakan oleh warga sekitar cirebon majalengka serta kuningan sebagai sumber air untuk sawah-sawah, pertanian dan menjadi sumber air minum.

2). Puncak Guha Garut 

Pantai puncak guha garut jawa barat merupakan satu tebing di atas pantai yang jaraknya tidak  terlalu jauh dengan pantai rancabuaya. Hingga lebih pasnya lagi saat datang ke puncak guha ini sesudah berkunjung ke pantai rancabuaya untuk sekedar menikmati sunset.

Hal unik yang di dapatkan di puncak guha yaitu terdapat satu lubang raksasa atau goa yang menembus dari atas hingga ke laut menjadi tempat walet dan kelelawar bersarang di dalamnya. terdapat ratusan bahkan ribuan sarang walet dan kelelawar berada di tebin-tebing guha tersebut.

Rute menuju puncak guha tidak terlalu susah. Semuanya jalan akses menuju tempat wisata Puncak Guha Garut telah di aspal dapat di lintasi oleh kendaraan motor maupun mobil, tetapi bila berkunjung ke tempat ini dengan membawa kendaraan roda empat di sarankan agar berhati-hati karena akses jalan masih kecil.

Berjarak kurang lebih 90 km dari pusat kota garut, Wisata alam Puncak Guha ini jadi surga tersembunyi di garut jawabarat yang wajib dikunjungi saat berlibur dan berkunjung ke kota garut. Saat berada di puncak guha sambil melihat pemandangan alam atau sunset di sore hari para pengunjung akan terbawa suasana yang cukup romantis.

Memang pengunjung tempat wisata guha di garut ini masih sepi dengan pengunjung karena masih belum terkenal di kalangan wisatawan pada umumnya, sebagian banyak pengunjung yang datang ke tempat ini adalah hobi dengan fotografi, sunset, dan pemandangan alam.

Untuk masuk di lokasi Puncak Guha pengunjung dikenakan biaya retribusi kepada pengelola tempat sebesar Rp 5. 000/orang. Harga yang cukup murah bila di bandingkan dengan menikmati panorama sunset yang menakjubkan di tempat ini.

3). Pantai Ujung Genteng Sukabumi 

Pantai ujung genteng sukabumi jawabarat salah satu diantara banyak pantai yang berada di propinsi jawabarat. Hingga sekarang pantai ujung genteng termasuk juga pantai yang masih begitu sepi dengan pengunjung, walau sebenarnya pantai ini mempunyai panorama alam dan pemandangan yang begitu indah.

Berada di desa genteng pantai ini mempunyai ciri pantai dengan batu karang serta pasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar, terlihat di tepi pantai serta bibir pantai yang masih terasa dangkal. Membuat para pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasa betah dan berlama-lama berenang dan bermain air di sekitar pinggir Pantai Ujung Genteng.

Sarana dan fasiliatas yang berada di tempat wisata pantai ujung genteng sukabumi dapat di katakan sudah memenuhi dan juga cukup komplit. Dari mulai sarana basic, seperti toilet serta kamar mandi yang bersih. Area parkir kendaraan roda empat maupun roda dua cukup luas dapat menampung kendaraan antara puluhan sampai ratusan para pengunjung.

Untuk memanjakan para pengunjung dan wisatawan untuk memenuhi hasrat kuliner, jangan khawatir terdapat banyak tempat-tempat makan dengan pilihan menu makanan dari berbagai daerah terutama menu masakan khas sunda dengan nasi timbel serta di lengkapi lauk pauk dan sambel bersama lalapan dengan mudah dapat di temukan di tempat makan sekitar pantai ujung genteng.

Untuk wisatawan yang inginkan bermalam terdapat pilihan penginapan dan hotel sekitar pantai dengan pilihan harga yang cukup murah dan dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing para pengunjung.

4). Air Panas Cisolok Sukabumi

Sumber air panas cisolok merupakan surga tersembunyi bagi wisatawan yang berada di sukabumi jawabarat memiliki keunikan tersendiri. Mengapa dapat di katakan unik ?

Umumnya sumber air panas itu berlangsung karena aliran air perut bumi melalui magma yang berada di dalam perut bumi. Namun untuk air panas cisolok ini berlangsung karena air yang keluar bertekanan cukup kuat pada akhirnya menyembur keatas melalui celah-celah bumi atau dimaksud dengan gletser.

Sumber air panas cisolok sama sekali tidak memiliki kandungan belerang seperti pada umumnya sumber air panas yang berada di subang jawabarat. Namun sumber air panas cisolok ini memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi.

Banyak para pengunjung mempercayai bahwa air panas cisolok sukabumi dapat di jadikan obat berbagai penyakit kulit dan jenis penyakit luar lainya, dan tidak sedikit para pengunjung yang datang ke tempat ini sengaja membawa pulang air untuk di jadikan obat.

Untuk sarana dan fasilitas yang tersedia di tempat wisata Air Panas Cisolok termasuk sudah memenuhi standar tempat wisata pada umumnya. Mulai tempat mengganti pakaian hingga toilet dan kamar mandi telah tersedia dan mudah di temukan dekat sekiatar area wisata ini.

Area parkir kendaraan cukup memadai dan tentunya aman karena terdapat pengelola parkir yang terus memantau dan menjaga kendaraan para pengunjung. Tetapi sarana penginapan dan hotel tidak tersedia sekitar wisata air panas cisolok. Dan kebanyakan para pengunjung yang datang ke tempat ini selalu pulang.

Tempat wisata air panas cisolok cukup dekat dengan pantai pelabuhan Ratu sukabumi, berjarak sekitar 15 km jarak tempuh perjalan. Bila Anda sedang berlibur dan berkunjung ke pantai pelabuhan ratu tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Air Panas Cisolok untuk sekedar membersihkan diri setelah berenang di air laut dan berendam air panas yang konon dapat meyembuhkan berbagai penyakit kulit dan lain-lain.

5). Curug Bidadari Bogor

Tempat wisata curug bidadari atau air terjun bidadari yang konon cerita masyarakat setempat memiliki arti tersendiri dan masih dianggap kepercayaan yang turun menurun bahwa pada jaman dahulu tempat wisata ini di jadikan tempat para bidadari mandi.

Dan pada akhirnya masyarakat setempat memberi nama tempat ini Curug Bidadari, setelah mengalami perubahan dan renovasi oleh pengelola perumahan sentul paradise residance cukup lama di buka untuk umum dan di jadikan tempat wisata yang menarik dan nyaman untuk di kunjungi bersama keluarga.

Sarana dan fasiltas yang teredia di kawasan Curug Bidadari Bogor ini cukup komplit, tersedia-nya toilet, kamar mandi bilas, tempat makan serta terdapat bangku dan meja yang berada di sekitar pinggir tempat renang yang cukup memadai bagi para pengunjung dan orang tua yang tidak berenang dan menunggu anak-anaknya sedang bermain air.

Untuk saat ini akses jalan menuju Curug Bidadari Bogor masih bisa di katakan kurang perawatan karena terdapat jalan masih berlubang dan terlalu sempit untuk di lalui dengan kendaraan roda empat.

Mudah-mudahan ke depannya pihak pengelola dan para pemerintahan setempat memerhatikan dan memperbaiki infrastruktur akses jalan menuju tempat wisata surga tersembunyi bogor jawabarat ini, sehingga semakin banyak para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Pengunjung yang datang ke tempat ini di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 /Orang untuk hari biasa (Hari kerja) dan Rp 40.000 /Orang untuk akhir pekan dan hari libur nasional, dengan harga harga tiket tersebut pengunjung dapat menikmati berenang sepuasnya di Curug Bidadari Bogor jawabarat ini.

6). Green Canyon Ciamis

Green Canyon Ciamis menjadi surga tersembunyi di jawabarat yang harus di kunjungi bagi wisatawan yang suka dengan pemandangan alam mempesona dengan udara di sektar sangat sejuk dan juga bersih.

Sekarang ini Green Canyon memang telah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah karena keindahan alam yang memukau serta keseruan dan menantang andernalin bagi siapa saja yang tengah berkunjung dan menikmati wahana yang tersedia di tempat wisata berada di ciamis jawabarat ini.

Green Canyon sebuah sungai serta tebing dengan air sangat jernih terlihat hijaunya lumut yang melekat di batu serta basic sungai memberi nuansa unik dengan keindahan panorama alam terbilang masih alami.

Pengelola wisata Green Canyon begitu memerhatikan kebersihan. Pengunjung akan tidak temukan satupun sampah berantakan di sekitar tempat wisata ini, sarana dan fasiliats yang tersedia di kawasan wisata cukup komplit. Cocok sekali di kunjungi bagi Anda yang gemar sekali wisata petualangan yang seru dan juga menarik.

Aktivitas yang dapat di lakukan di wisata alam Green Canyon pengunjung dapat berlayar dengan perahu yang sudah di siapkan oleh para pengelola, dengan tarif Rp 50.000/Oang pengunjung akan di suguhkan dengan melihat-lihat atau berfoto dengan backround sekeliling pemandangan alam yang hanya dapat di dapatkan di tempat wisata ini.

Atau dapat juga pengunjung mencoba bodyafting dengan memakai ban tarif yang harus di siapkan Rp 30.000 /Orang, Pengunjung dapat menikmati semua wahana dengan sepuasnya. Di setiap titik yang sudah di tentukan para pengelola sudah siap para pemandu dan petugas selalu mengawasi para pengunjung jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Untuk pengunjung yang inginkan untuk menginap di tempat wisata alam Green Canyon, terdapat banyak pilihan penginapan serta hotel dengan tarif yang cukup murah. Di sekitaran wisata juga telah ada tukang ojek untuk mengantar anda ke hotel atau penginapan sambil memberikan referensi penginapan yang nyaman serta harag yang murah.

Sekedar saran bila mengunjungi tempat wisata Green Canyon jangan lupa untuk membawa perbekalan berupa makan dan minuman yang cukup, karena di sekiatar kawasan wisata ini tidak terdapat warung atau tempat makan. Untuk membeli aneka makanan dapat di lakukan sebelum pintu masuk menuju tempat wisata ini.

7). Situ Patenggang Bandung 

Pemandangan alam hijau, dan sejuk karena dikelilingi oleh pohon pinus dari pertama menginjak pintu masuk sampai menuju tempat Situ Patenggang. Dengan perawatan yang cukup oleh para pengelola menghadirkan di sekitar kawasan ini terlihat pemandangan alam yang sangat sejuk, dengan pengelolaan lingkungan bersih dan teratur, menjadikan tempat wisata ini sangat ideal untuk di kunjungi.

Pemerintah dan pemkot bandung tengah berupaya keras untuk tingkatkan pembangunan infrastruktur di tempat wisata yang ada di daerahnya. Salah satunya tempat wisata Situ Patenggan ini sebagai salah satu tempat wisata yang nyaman dan menarik untuk di kunjungi wisatawan dari berbagai tempat di indonesia.

Rute jalan menuju ke Situ Patenggan cukup mudah untuk di lalui berbagai jenis kendaraan roda empat maupun roda dua. Faslitas yang terdapat di Situ Patenggang terbilang cukup komplit, tersedinya kamar mandi serta toilet yang cukup banyak. Terdapat pula sarana dan wahana permainan di khususkan bagi anak-anak.

8). Pantai Rancabuaya Garut  

Pantai ini masih terlihat begitu sepi yang terdapat di selatan kota bandung ini mempunyai panorama yang tidak sama dengan pantai lain di lokasi jawa barat. Pantai ranca buaya dengan ciri khas dermaga ikan serta pantai berkarang in berada di di desa purbayani, kecamatan carigin, kabupaten Garut propinsi jawa barat.

Meskipun pengelolaan wisata pantai ranca buaya dikelola oleh pemerintah setempat namun sarana yang ada di tempat wisata ini terbilang memadai. Seperti ketersediaan toilet serta kamar mandi sebagai tolak ukur kwalitas satu tempat wisata yang berada di jawabarat ini.

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam untuk menikmati suasana sejuk di sekitar pantai jangan khawatir karena untuk saat ini pihak pengelola sudah mempersiapkan tempat-tempat penginapan dan hotel berada tidak jauh di area tempat wisata ini dengan tarif yang berpareasi dari yang murah sampai yang paling mahal.

Atau pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan kemah terdapat pula tempat-tempat yang telah disediakan, tetapi sebelumnya harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari salah satu kordinator pengelola tempat wisata Pantai Rancabuaya.

9). Curug Mulia Bogor 

Curug Mulia terdapat di kaki gunung salak bogor, Curug mulia tetap menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam serta mendengarkan gemuruh air yang jatuh atau bisa juga menimati dingin nya air Curug Mulia Bogor ini.

Sejuta pesona pemandangan alam bisa di dapatkan di kawasan tempat wisata ini, dengan posisi yang berada di pegunungan rimba hujan tropis membuat air di curug ini akan tidak kering walalupun musim kemarau panjang tiba.

Curug mulia yang berada di ciomas bogor ini memang mempunyai kelebihan yang tidak sama dengan air terjun lain yang berada di lokasi bogor. Air terjun curug mulia ini mempunyai dua air terjun dalam satu lokasi wisata. Serta Ke-2 curug ini bentuk nya nyaris sama dengan kata lain kembar.

terdapat 2 jalur untuk menuju ke air terjun curug mulia ini. Rute pertama perjalanan dari mulai bogor kearah kota leuwiliang, setelah tiba leuwiliang dlanjutkan lagi menuju ciampea. selalu menuju ke ke arah gunung salak endah. Ambillah arah ke daerah tenjolaya sampai hingga di daerah curug mulia.

10). Terminal Grafika Cikole Bandung 

Tidak menyangka salah satu obyek wisata yang dulunya berbentuk penginapan yang di gabungkan dengan restoran serta rest ruang ini menjadi obyek wisata yang cukup populer di kota bandung. Terkenal dengan nama Grafika Cikole menjadi pilihan bagi wisatawan untuk memenuhi hasrat berwisata yang cukup menarik.

Terminal Grafika Cikole sebuah tempat di pengunjung yaitu satu rest ruang, restoran yang digabungkan dengan penginapan serta hotel di lebih lagi dengan wisata alam rimba pinus yang berada di pegunungan seluas 9 hektar yang ada pada ketinggian 1. 400 Mdpl. menjadi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di kota bandung jawabarat.

Wisata alam Grafika Cikole dikelilingi beberapa ribu rimba pinus yang masih begitu alami. Suhu saat berada di tempat ini pada siang hari bisa mencapai 20 C. Dan pada malam hari suhu akan berubah sangat draktis bisa mencapai 5 C. Di sarankan jika mengunjungi tempat ini membawa perbekalan yang cukup dan jangan lupa membawa jaket yang cukup tebal agar tidak merasa kedingan.