10 Tempat Wisata di Sawahlunto yang Paling Menarik

0
22
Wisata Sawahlunto-Sawahlunto, kota indah yang berjarak sekitar 95 kilometer ini merupakan kota tua yang memiliki nilai sejarah, pemandangan alam dan bangunan yang dapat menjadi daya tarik wisata berbeda di Sumatera Barat.

Kota Sawahlunto mempunyai banyak bangunan tua peninggalan Belanda yang menjadi situs cagar Budaya yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. 

Berbagai aktivitas wisata menarik dapat Anda lakukan di Kota ini mulai dari mengunjungi bangunan tua, menyusuri lubang tambang yang bersejarah sampai menyaksikan keajaiban keindahan alam Sawahlunto. Jika Anda ke Sawahlunto, beberapa tempat wisata menarik berikut ini layak Anda jadikan tempat persinggahan.

1. Panorama Indah Puncak Cemara

a photo by @wulanindw via instagram

Puncak Cemara merupakan tempat favorit untuk menikmati indahnya kota Sawahlunto dari ketinggian. Tempat wisata yang baru populer ini merupakan tempat yang nyaman dengan udara yang sangat segar.

Berjarak 6 kilometer dari pusat kota, objek wisata ini dapat dengan mudah diakses melaui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Di sepanjang jalan Anda dapat menikmati indahnya alam dan tulisan asmaul husna. Ketika sampai di puncak, pemandangan alam sekitar akan memanjakan mata Anda.

Berbagai fasilitas dapat Anda nikmati di tempat ini mulai dari Gazebo tempat bersantai, area view point saja yang menarik, areal playground bagi anak – anak, kantin, toilet, dan tentunya yang menjadi ikon dari Puncak Cemara itu sendiri yaitu Monumen Kesetiaan. Untuk memasuki area yang eksotis ini dan nyaman ini, Anda tak perlu membayar biaya apapun alias Gratis.

2. Pesona Indah Danau Biru Talawi

sumber :www.infosesumbar.tk

Danau Biru Talawi merupakan salah satu keindahan Sawahlunto yang populer sampai keluar negeri. Warna biru bersinar memancar berpadu dengan keindahan alam sekitar membuat siapa saja akan terpesona.

Danau yang populer dan tersebar di berbagai sosial media ini terletak di Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. Berjarak 118 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau melalui melalui Jl. Raya Lintas Barat Sumatera dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan darat. Lokasinya berdekatan dengan kebun Binatang Kandi sehingga objek wisata ini muda diakses dan selalu ramai pengunjung.

Dari kota Sawahlunto Anda mesti melakukan perjalanan sejauh 13 kilometer dan harus melewati jalanan bebatuan eks area tambang. Ya, danau ini terbentuk karena proses pergalian tambang yang sudah tidak aktif lagi.

Fasilitas di tempat ini sangat minim, yang perlu Anda persiapkan adalah kendaraan pribadi yang siap melewat ijalanan bebatuan yang cukup sulit plus uang parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Setelah sampai di lokasi ini, Anda aka takjub melihat pesona danau indah ini. Mengabadikan setiap moment dengan latar belakang yang begitu cantik tentunya menjadi pengalaman berharga yang bisa Anda bawa pulang dari tempat ini.

3. Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto

sumber : www.homestaysawahlunto.com


Terletak di jalan Ahmad Yani No.4 Kota Sawahlunto, Gedung ini merupakan objek wisata sejarah yang memiliki ciri khas bagunan berupa gedung tua khas bangunan zaman Belanda. Memasuki ruangan gedung ini warna putih cerah bernuansa eropa menyambut kedatangan Anda. Suasana putih bersih tersebut akan menjadi latar indah yang sangat instagramable bagi lokasi foto Anda.




4. Menikmati Pemandangan Indah Puncak Polan

sumber : minangtourism.com

Puncak Polan merupakan tempat terbaik untuk menikmati indahnya kota Sawahlunto. Dari puncak Bukit ini terlihat bangunan-bangunan bersejarah yang indah dan unik. Saat terbaik menikmati pemandangan dari Puncak ini adalah ketika pagi hari di mana Anda dapat menikmati indahnya sunrise dan pada malam hari di mana Anda dapat menikmati gemerlap kota Sawahlunto.


Bukit Polan terdapat di Kecamatan Lembah Segar merupakan bukit-bukit hijau yng mengelilingi kota Sawahlunto. Untuk mencapai puncak indah ini Anda harus melakukan perjalanan sekitar dua jam perjalanan.

5. Waterboom Sawahlunto

sumber : www.pelangiholiday.com

Waterboom ini terletak di Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawah Lunto. Berjarak sekitar 100 kilometer dari kota Padang dan 40 kilometer dari Kota Solok. Waterboom ini merupakan salah satu objek wisata favorit yang terletak di ruas jalan Lintas Sumatera.

Berbagai wahana permainan air dan wahana lainnya dapat Anda nikmati di tempat ini. Untuk memasuki waterboom ini pada hari biasa Anda harus merogoh kocek sebesar Rp10.000,- dan pada hari libur tiket masuk dihargai Rp15.000,-. Tempati ini menjadi salah satu pilihan tepat dan nyaman untuk menikmati kesejukan kota Sawahlunto. Dengan ragam fasilitas yang ada seperti dekat dengan hotel tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan bagi Anda dan keluarga.

6. Masjid Agung Nurul Islam

Masjid Agung Sawahlunto merupakan objek wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi. Objek wisata religi ini adalah salah satu masjid agung tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di kaki perbukitan Kelurahan Kubang Sirakuak Utara, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dengan 4 buah kubah besar di atasnya dan di bawahnya terdapat terdapat lubang perlindungan yang sempat dipakai untuk tempat merakit senjata, granat tangan, dan mortir. Tak hanya unik, masjid ini merupakan salah satu tempat yang nyaman bagi Anda untuk beribadah.

7. Taman Satwa Kandi

sumber : wisatakotasawahlunto.blogspot.co.id

Taman rekreasi yang memiliki luas sekiar 5 hektare ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan waktu libur Anda di Sawalunto. Berada satu kawasan dengan waterboom, taman ini memiliki koleksi satwa mencapai 108 ekor  seperti Gajah Sumatera, Unta, Beruang, Kangguru, burung-burung langka dan satwa lainnya.






8.  Lubang Mbah Suro

sumber : tripadvisor.com

Bagi sebagian masyarakat Sawahlunto, lubang mbah Suro merupakan objek wisata sejarah yang sedikit menyimpan suasana mistis. Objek wisata yang merupakan lubang bekas galian tambang ini merupakan nama seorang mandor dari Jawa yang dipekerjakan Belanda, yaitu Mbah Soerono yang lebih akrab dipanggil Mbah Soero. Lubang ini merupakan salah satu bukti kekejaman tentara Belanda yang menjajah Indonesia pada waktu itu.

Lobang Mbah Suro terletak di jalan Muhammad Yazid kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Untuk memasuki objek wisata bersejarah ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp8.000,- . Dengan membayar tiket masuk tersebut Anda dapat menyusuri setiap sudut lubang yang memiliki daya tarik tersendiri.

9. Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto

sumber : www.thearoengbinangproject.com

Gereja yang terletak di jalan Yos Sudarso No.45, Kec. Lembah Segar, Sawah Lunto, Pasar, Padang, Sumatera Barat ini merupakan bangunan gereja tua yang bersejarah karena merupakan penginggalan zaman Belanda. Bangunan bergaya klasik Eropa ini merupakan salah satu tempat terindah dan instagramable di pusat kota Sawahlunto. Tak ada salahnya jika Anda melewati jalan Yos Sudarso untuk singgah dan berfoto dengan latar gereja yang bersejarah ini.

10. Kincir Air Talawi

sumber : www.thearoengbinangproject.com

Jika Anda ingin merasakan suasana alam dan objek wisata yang agak unik. Kincir air talawi merupakan salah satu objek wisata yang dapat memikat Anda. Kincir Air Talawi ini terletak di Jalan Talawi-Batusangkar, Talawi, Sawah lunto, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Sawahlunto dengan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan. 

Berlatar pemandangan alam yang indah dikelilingi bukit-bukit hijau, kincir air yang sebenarnya merupakan alat-alat untuk irigasi ini mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi untuk menikmati objek wisata ini, Anda tak perlu membayar tiket masuk. 


Sawahlunto memang meninggalkan kesan yang mendalam bagi perjalanan wisata Anda. Kota wisata tambang yang sangat berbudaya dan unik ini layak Anda jadikan tujuan wisata berikutnya di Sumatera Barat. 
Baca juga .