10 Tempat Wisata di Konawe Utara yang Paling Menarik

0
70
Tempat Wisata di Konawe Sulawesi Tenggara – Konawe Utara atau yang kerap disingkat Konut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah ini merupakan daerah yang baru dimekarkan pada tahun 2007 silam.

Bagi Anda yang menginjakkan kaki di daerah ini, ada banyak hal menarik dan pengalaman seru yang akan Anda temui. Daerah ini memiliki surga-surga indah yang akan membuat Anda begitu terkagum-kagum.


Konawe Utara memiliki ibukota bernama Wanggudu. Konut memiliki berbagai pulau-pulau nan amat layak dijadikan tujuan wisata bahari. Selain keindahan pulau, di daerah ini Anda juga akan menemukan pesona budaya yang begitu mengagumkan.


Apa saja tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi di daerah yang memiliki luas 3.775,02 km persegi ini. Kali ini akan pilihkan 10 tempat terindah yang dapat Anda kunjungi.


1. Pesona Pantai Taipa


sumber : @dulanode via Instagram

Salah satu keindahan yang sangat sayang untuk Anda lewati ketika pertama kali menginjakkan kaki di Konawe Utara ataupun Kendari adalah Pantai Taipa. Sebuah pantai dengan pasir putih dan birunya laut jernih menyejukkan mata.

Pantai ini memiliki pasir pantai yang sangat luas, cocok untuk dijadikan lokasi bermain bola di pantai. Pantai ini juga sangat cocok bagi Anda yang gemar berenang karena air lautnya amat bersih.


sumber : @rizal.poernama via Instagram

Pantai ini memiliki beragam fasilitas yang tersedia mulai dari pondokan yang berjejer di pinggir pantai, parkir, warung makan dan beragam fasilitas lainnya yang dapat memanjakan Anda.

Pantai Taipa terletak di Kecamatan Lembo, Kabupaten Utara. Berjarak sekitar 65 kilometer dari kota Kendari. Akses yang mudah dengan banyaknya transportasi yang melewati pantai ini, membuat keindahan amat sayang untuk dilewatkan.


2. Air Terjun Lalombundi di Konawe Utara

sumber : @jelajahsultra via Instagram

Pesona air terjun memang sangat sulit untuk dilewatkan bagi para pecinta keindahan alam. Salah satu keindahan air terjun yang terdapat di Konawe Utara adalah Air Terjun Lalombundi.

Sebuah air terjun indah yang terletak dalam hutan rimbun yang sangat sejuk. Air terjun Lalombundi berada dalam wilayah administratif Desa Awila Puncak, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara.


Tak mudah untuk sampai ke lokasi air terjun ini, karena Anda diharuskan trekking sekitar 3 jam lebih untuk sampai ke lokasinya yang berada di tengah hutan.


Rasa lelah akan terbayar ketika Anda sampai ke lokasi air terjun yang sangat indah ini. Air terjun Lalombundi memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan sebuah kolam pemandian biru jernih di bawahnya.


Bagi Anda para pecinta alam, maka tempat ini sangatlah cocok dijadikan arena petualangan Anda selanjutnya. Apalagi keindahan alamnya benar-benar indah dan mempesona.


3. Pemandian Air Panas Wawolesea

sumber : @jelajahsultra via Instagram

Keindahan alam kecamatan Lasolo memang tak diragukan lagi. Tempat lainnya yang menarik dikunjungi adalah Pemandian Air Panas Wawolesea. Indah dan berbeda, begitulah Anda melihat air terjun yang luas berbentuk terasering dan berwarna biru muda ini.

Air panas ini terletak di Desa Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara. Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Kendari. Tempat ini dikelilingi pohon pinus dan menyajikan pemandangan mengagumkan.


Sangat menarik dan intagramable untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Berendam di tempat ini juga diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit.


4. Keseruan Air Terjun Tetewatu


sumber : imagala.com

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun indah dengan jalur yang tak terlalu menantang maka air terjun Tetewatu dapat menjadi tempat yang seru Anda kunjungi.

Air terjun Tetewatu terletak Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara. Untuk mencapai tempat ini kita harus menempuh jarak sekitar 198 Kilometer dari Kota Kendari atau sekitar 4-5 Jam perjalanan.


Sesampai di desa Tetewatu Anda harus memarkirkan kendaraan Anda. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki dengan medan yang tak sulit sekitar 10 menit.


Sesampai di lokasi air terjun ini, Anda akan melihat sebuah keunikan dimana konturnya berundak-undak. Dan suasananya amat sejuk karena dikelilingi oleh rindangnya pepohonan.


Untuk mencapai air terjun utamanya, Anda harus melewati aliran airnya dengan kondisi cukup aman karena bebatuannya tidak licin. Serunya sesampai di lokasi utama air terjun ini adalah Anda dapat meluncur ataupun bermain perosotan. Air terjun ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengisi waktu libur Anda.


5. Keindahan Pulau Labengki


sumber : @welitayusuf via Instagram

Inilah salah satu pulau yang pesonanya tak kalah indah dengan Raja Ampat Papua. Sebuah pulau surga yang terletak di Sulawesi Tenggara.

Hamparan indah birunya laut dan gugusan pulau karang kecil membuat mata enggan terpejam di pulau ini. Banyak hal menakjubkan yang dapat Anda temui di pulau Labengki diantaranya sebuah resort berkelas internasional, pesona teluk cinta dan keajaiban alam lainnya.


Alam bawah lautnya pun sangat memukau, sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan menyelam. Warna-warni karang dan beragam jenis ikan cantik akan menjadi hiburan tersendiri bagi Anda.


Wajar jika pulau yang terletak di Kecamatan Lasolo ini menjadi salah satu destinasi andalan Sulawesi Tenggara. Jika beruntung, di perjalanan ke Pulau Labengki Anda dapat menemui kawanan lumba-lumba yang berenang menyapa Anda. 


Sesampai di pulau ini Anda akan menemukan banyak lokasi foto yang akan membuat terkagum-kagum. Sebuah pesona alam yang dapat melepas segala kepenatan Anda.


6. Telaga Biru Oheo Konawe Utara


sumber : PictaStar.com

Dikelilingi pesawahan dan bebukitan, pesonanya begitu memancarkan keindahan yang amat sulit dilupakan. Sebuah tempat bernama Telaga Biru Oheo Konawe Utara ini sangat layak dijadikan destinasi wisata Anda selanjutnya.


Telaga ini terletak di Desa Sambandete, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara. Berada hanya sekitar 500 meter dari jalan propinsi. Di tempat ini hal yang tak boleh dilewatkan adalah berbasah-basahan dengan air biru jernih yang amat sejuk.


7. Pesona Pantai Panggulawu


sumber : zonasultra.com

Bisa dibilang pantai ini adalah pantai terluas dan terpanjang di Sulawesi Tenggara. Pantai ini terletak di Desa Pudonggala Utama terletak di Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara. Berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Kendari.

Pesona keindahan Pantai Panggulawu ini memang tak diragukan lagi. Meski minim fasilitas, tempat yang amat luas ini bisa Anda jadikan lokasi olahraga yang menyenangkan. Hamparan pepohonan hijau yang mengelilinginya juga membuat pantai ini terasa amat sejuk.


Untuk memasuki pantai ini Anda akan dikenakan tarif Rp25.000,- untuk satu rombongan. Tak dikenakan biaya untuk pribadi. Setelah sampai di pantai ini Anda dapat berfoto dan asyik bermain air dipantainya yang landai.


8. Menginap di Sawah Beach Resort


sumber : www.sawabeachresorts.com

Bagi Anda yang ingin menginap di tempat yang memiliki fasilitas lengkap dan pemandangan menakjubkan. Maka Sawah Beach Resort dapat Anda jadikan pilihan Anda.


Setelah menikmati malam yang indah, dipagi hari Anda dapat menikmati keindahan pantai yang menakjubkan. Resort ini terletak di Desa Matanggonawe, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara. Sebuah desa yang memiliki keindahan alam dan tak jauh dari beberapa objek wisata unggulan Konawe Utara.


9. Bukit Teletubies Wiwirano

sumber : imagala.com

Sebelum tiba di air terjun Tetewatu tak ada salahnya Anda singgah di Bukit Teletubies Wiwirano. Sebuah bukit indah di tengah perkebunan sawit yang ada di kecamatan Wiwirano. Pesonanya tak kalah dengan bukit cokelat yang ada di Filipina walaupun berwarna hijau.


Hamparan pemandangan sekelilingnya membuat bukit ini menjadi salah satu objek wisata yang hits. Banyak yang mendaki bukit ini hanya sekadar untuk mengambil foto menarik dari bukit yang tak terlalu tinggi ini.


10. Pesona Pantai Mowundo


sumber : zonasultra.com

Inilah salah satu pantai yang baru-baru ini ramai dikunjungi wisatawan. Pantai indah yang dikelilingi bebukitan dan pegunungan.

Pantai ini terletak di kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Mengunjungi pantai ini akan memberikan pengalaman menarik tentunya bagi liburan Anda.


Itu dia tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi di Konawe Utara. Pesona keindahannya akan memberikan pengalaman berkesan dan terlupakan bagi hidup Anda. 

Sebuah daerah yang memiliki pesona alam dan budaya memukau. Semoga tetap terjaga kelestariannya. Baca juga 13 Tempat Wisata di Wakatobi Paling Menarik Dikunjungi.